Makin berkembangnya zaman, makin banyak pula mobil-mobil dengan teknologi canggih yang bermunculan. Apalagi, setelah melewati masa kritis covid, banyak mobil terbaru 2023 yang dirilis di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa pasar otomotif sudah mulai stabil dengan meningkatnya penjualan mobil-mobil baru.

Penasaran dengan daftar mobil terbaru 2023? Ada yang berjenis SUV, LCGC, sampai dengan mobil-mobil hybrid atau yang mengusung teknologi elektrifikasi. Berikut ini ulasan dari Portal Otomotif Otoklix.

Daftar Mobil Terbaru 2023 di Indonesia

Tujuh mobil di bawah ini adalah sejumlah kecil mobil terbaru 2023 yang dirilis di Indonesia. Baru memasuki pertengahan tahun, tetapi persaingan makin ketat dengan rilisnya mobil-mobil baru yang memiliki banyak keunggulan.

1. Mitsubishi XFC

Mobil yang pertama bakal kita bahas adalah Mitsubishi XFC. Mobil ini berjenis compact SUV crossover. Mitsubishi XFC pertama kali diperkenalkan pada akhir 2022 di Vietnam Motor Show. Kemudian, pada awal 2023 baru masuk ke Indonesia pada ajang IIMS 2023.

Mobil SUV ringkas ini bersaing dengan Toyota Raize dan Honda WR-V di kelasnya. Bahkan, dikatakan bahwa bisa juga menjadi rival Honda HR-V dan Hyundai Creta.

2. Honda CR-V Hybrid

Meskipun generasi pertamanya sudah dirilis bertahun-tahun silam, tetapi rupanya Honda CR-V tidak kehilangan pesonanya. Bahkan pada 2023 diluncurkan Honda CR-V Hybrid. Honda CR-V generasi terbaru ini menggunakan mesin 2.0 Liter yang dikombinasikan dengan dua motor listrik berteknologi anyar.

Sehingga, perfomanya jadi meningkat tajam. Tenaga maksimalnya saj amencapai 204 hp dengan rotasi 335 Nm. Kecepatan maksimal yang ditempuh bisa mencapai 185 km/jam. Meskipun begitu, mobil ini tetap mempertahankan mesin konvensional turbo dengan kapasitas 1.5 liter.

Baca juga: Harga Mobil Toyota Terbaru 2022 dan Spesifikasinya

3. Mitsubishi Xpander Hybrid

Mobil terbaru 2023 berikutnya yang bakal kita bahas adalah Mitsubishi Xpander Hybrid. Berita tentang peluncuran mobil ini sudah bocor sejak 2020. Kabarnya, Xpander Hybrid ini bakal dibekali mesin dengan teknologi e-Power dari Nissan. Sebab, Nissan dan Mitsubishi memang punya aliansi.

Bukan tidak mungkin kalau Livina dan Xpander generasi terbaru bakal dapat mesin hybrid e-Power. Mesin ini menjadikan Xpander Hybrid menjadi seperti mobil listrik. Pasalnya, roda mobil digerakkan langsung oleh motor elektrik. Sementara itu mesin bensinnya hanya berfungsi sebagai generator yang mengisi ulang baterai. 

4. Chery Omoda 5

Setelah sempat berhenti memproduksi mobil di Indonesia, perusahaan mobil Chery kembali memberikan gebrakan dengan meluncurkan Chery Omoda 5. Mobil ini diprediksi bakal jadi saingan berat mobil-mobil di kelas SUV seperti Honda HR-V. Selain spesifikasinya yang bersaing, harganya pun kompetitif. Namun, Chery Omoda mengeklaim bahwa harganya lebih murah dibandingkan kompetitornya. 

Chery Omoda 5 dibekali dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.5 L turbo dan 1.6 L turbo. Mobil ini juga dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Di antaranya ada fitur EBD, BAS, Cruise Control, dan fitur canggih lainnya. 

5. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Gen-2

Sejak peluncuran generasi pertama, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla selalu ramai peminat. Pada IIMS 2023, Toyota dan Daihatsu kembali meluncurkan Ayla dan Agya generasi kedua. Toyota akan meluncurkan 2 tipe, yaitu Toyota Agya dan juga Toyota Agya GR Sport untuk pasar pelanggan yang menyukai gaya sporty. 

Pada generasi kedua ini, bakal dilakukan pembaruan pada Toyota Agya. Tidak hanya desain dan dimensi, tetapi juga sampai ke spesifikasi lainnya. 

Mesin yang digunakan pada Toyota Agya generasi terbaru ini tetap 1.200 cc. Namun, mobil ini bakal memakai mesin 3 silinder yang diklaim punya torsi yang lebih besar. Mesin ini sama dengan yang dipakai pada Raize dan Rocky. Mesin ini bikin mobil ini jadi lebih irit. Untuk pilihan transmisinya tersedia dua pilihan, yaitu CVT dan manual. 

Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan bahwa Agya dan Ayla generasi terbaru ini memakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Platform ini sudah dipakai oleh mobil-mobil terbaru keluaran Toyota dan Daihatsu. Mesin ini diklaim lebih ringan sehingga lebih nyaman saat dipakai berkendara.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda Terbaru, Termasuk WR-V yang Segera Rilis

6. Wuling Alvez

Mobil terbaru 2023 berikutnya adalah Wuling Alvez. Perusahaan asal Tiongkok ini tidak melewatkan kesempatan untuk meluncurkan mobil teranyarnya, yaitu Wuling Alvez yang berjenis SUV. Mobil ini dibekali mesin 1500 cc. 

Sebelum dibawa ke Indonesia, model ini sudah lebih dahulu diperkenalkan di Tiongkok. Wuling Alvez dijual dengan kisaran Rp120 juta sampai dengan Rp185 jutaan. Tersedua dua pilihan mesin Wuling Alvez, yaitu 1.500 cc dan turbo. 1.500 cc. 

7. Esemka Bima EV

Mobil terbaru 2023 yang bakal kita bahas adalah mobil produksi dalam negeri. Mobil listrik ini turut hadir di IIMS. PT Solo Manufaktur Kreasi selaku produsen mobil ini tidak ingin melewatkan kesempatan untuk bersaing dengan mobil-mobil yang rilis pada 2023. 

Bicara soal spesifikasi, Esemka Bima EV dibekali dengan fitur-fitur seperti AC, sistem pengereman ABS+ EBD, digital panel instrumen, serta Hill Start Assist Control. Mobil ini rilis dalam dua tipe, yaitu Esemka Bima EV Passenger Van dengan harga Rp540 jutaan dan Esemka Bima EV Cargo Van dengan harga sedikit lebih murah, yaitu Rp530 juta. 

Daftar Mobil Terbaru 2023 Lainnya

Selain ketujuh mobil terbaru 2023 yang sudah kita bahas di atas, masih banyak lagi mobil terbaru 2023 yang dirilis di Indonesia. Semuanya bersaing dari segi harga dan spesifikasi. Berikut ini daftarnya. 

Baca juga: Mobil Honda Civic Terbaru: Harga dan Spesifikasi

1. Suzuki Grand Vitara

2. Subaru WRX

3. Toyota Corolla Cross GR Sport

4. Hyundai Creta Black Edition

5. MG 4 EV

6. DFSK SUV dan Pick Up

7. Esemka Neta U dan Neta V

8. Mazda CX-5 dan Mazda 6 Edisi Khusus

9. Mercedes-AMG G 63 Edition 53

10. All Lexus RX

11. Wuling Formo Max

12. New Range Rover Sport

13. MG HS Facelift

14. Toyota New Hilux Box

15. New Nissan Terra

16. Renault Megane E-Tech

17. All New Honda Civic Type R

18. New Honda Brio

19. New Brio Satya

20. New Brio RS

21. Toyota Yaris Cross

22. Honda WR-V Manual

23. Kia Carens 1.5L 6 Seater

24. Mazda CX-60 Hybrid

25. Nissan Serena C28

26. Suzuki XL7 Hybrid

27. SUV Daihatsu D66B

28. Toyota Yaris Cross

29. DFSK Mini EV

30. Hyundai Ioniq 6

Itu dia mobil terbaru 2023 yang sudah kita bahas pada artikel di atas. Sudah menentukan mau pilih yang mana? 

Tentunya, memiliki mobil artinya juga harus menjaga kondisinya agar tetap prima ketika digunakan. Tidak hanya mesinnya yang perlu diberi perhatian, tetapi juga tampilan bodinya. 

Dapatkan layanan servis mobil yang lengkap di bengkel flagship Otoklix yang tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek. Ada servis oli, AC, tune up, dan lainnya. Otoklix telah berdiri sejak 2019 dan menangani 50.000+ mobil. Unduh aplikasinya di PlayStore. Booking servis lebih mudah dengan aplikasi maupun WhatsApp di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Mobil Terbaru 2023

Banyak mobil terbaru 2023 yang telah dirilis. Di antaranya ada Mitsubishi XFC, Honda CR-V Hybrid, Mitsubishi Xpander Hybrid, Chery Omoda 5, Toyota Agya dan Toyota Ayla, Wuling Alvez, dan Esemka Bima EV.

Indonesia juga memproduksi mobil dari sejumlah merek berikut: Maleo, Kancil, Tawon, Esemka, Mahesa, Beta 97, Timor, AMMDes, Tucuxi, Si Elang, Selo.

Beberapa mobil murah yang termasuk LCGC di Indonesia adalah Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Datsun Go Panca.