Mobil tua perawatan mudah dan murah saat ini masih banyak diminati sebagian kalangan, terutama mereka yang menyukai mobil lawas. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan, mobil tua banyak dicari para pecinta otomotif. 

Mobil tua memang memiliki daya tariknya tersendiri, apalagi perawatannya juga cukup mudah dan murah. Meskipun mobil tua sudah berumur atau produksi tahun 80 sampai 90-an, tetapi masih memiliki bodi dan mesin yang prima. Tak kalah dengan mobil-mobil keluaran terbaru.

    Oleh karena itu, jangan remehkan mobil-mobil tua. Sebab, banyak mobil yang sudah berumur tetapi memiliki kualitas mesin yang bagus jika dirawat dengan benar.

    Daftar Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

    Jika OtoFriends mengincar mobil tua, pilihlah mobil tua perawatan mudah dan murah. Hal ini dilakukan agar kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lagi untuk perawatannya. Berikut Otoklix berikan beberapa rekomendasi mobil tua perawatan mudah dan murah yang masih banyak peminatnya.

    1. Toyota Kijang Super

    Toyota Kijang Super menjadi mobil tua perawatan mudah dan murah yang digemari masyarakat Indonesia. Mobil sejuta umat di tahun 90-an ini melakoni debutnya di Indonesia pada 1986. 

    Seperti diketahui, Kijang merupakan singkatan dari Kerjasama Indonesia-Jepang. Meski Toyota sudah menghadirkan generasi terbaru dari Kijang, tidak mengurangi peminat terhadap Toyota Kijang Super.

    Harga Toyota Kijang Super saat ini di pasaran berkisar Rp20 juta hingga Rp45 juta tergantung tahun produksi dan kondisi mobil. Banyak orang yang masih mengincar Toyota Kijang Super karena terkenal memiliki mesin bandel.

    Selain itu, perawatan Toyota Kijang Super sangat mudah karena masih menggunakan mesin karburator. Tak hanya itu, suku cadang Toyota Kijang Super juga masih cukup banyak dan murah untuk kategori mobil.

    2. Honda Civic Wonder

    Mobil tua perawatan mudah dan murah berikutnya yang masih menjadi incaran masyarakat adalah Honda Civic. Dari sekian series Honda Civic, model Wonder-lah yang yang paling banyak diminati. Selain punya mesin bandel, Honda Civic Wonder memiliki desain yang tak habis dimakan zaman meski saat ini sudah banyak pabrikan mobil yang menghadirkan pesaingnya. 

    Perawatan mesin Honda Civic Wonder ini juga cukup mudah dan murah. Cukup melakukan pergantian oli dan filternya saja secara berkala sudah membuat Honda Civic Wonder panjang umur.

    Harga jual Honda Civic Wonder di pasaran cukup bervariasi, mulai dari Rp30 juta sampai Rp50 jutaan tergantung kelengkapan surat-surat dan kondisi mobilnya.

    3. Suzuki Baleno

    Suzuki Baleno generasi pertama menjadi salah satu mobil tua perawatan mudah dan murah yang masih banyak diincar penikmat mobil lawas. Mobil tua yang diluncurkan pertama kali pada 1997 ini dikenal memiliki mesin yang bandel, responsif dan juga irit bahan bakar mobil (BBM). 

    Meski tergolong mobil lawas, Suzuki Baleno ini terkenal memiliki tarikan yang kuat dan tidak rewel. Lantaran masuk kategori mobil tua perawatan mudah dan murah, harga Suzuki Baleno generasi pertama dibanderol sebesar Rp29 juta hingga Rp45 jutaan.

    4. Toyota Starlet

    Sama seperti Honda Civic Wonder, Toyota Starlet juga menjadi mobil tua perawatan mudah dan murah yang masih dikagumi penggemar mobil-mobil lawas lantaran desainnya tak lekang oleh waktu. 

    Toyota Starlet yang paling banyak dicari adalah yang desainnya kotak karena harganya mencapai Rp30 jutaan. Sedangkan untuk model dengan bentuk bulat, harganya tembus diangka Rp50 jutaan sampai Rp70 jutaan.

    Seri Toyota Starlet ini dikenal memiliki mesin yang bandel dan tidak mudah rusak. Perawatannya juga cukup mudah seperti ganti oli, busi, filter udara maupun fan belt. Selain itu, biaya perawatan mesin dengan karburator ini juga tergolong murah dibandingkan mobil-mobil keluaran terbaru.

    Baca juga: Cari Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatannya? Ini Rekomendasinya

    5. Isuzu Panther

    Termasuk dalam kategori mobil tua perawatan mudah dan murah, Isuzu Panther yang masih banyak dijual yakni dengan tahun produksi 1991-1995. Mobil bermesin diesel ini dikenal memiliki mesin yang tangguh dan bandel di berbagai cuaca, termasuk anti banjir. Faktor ini yang membuat Isuzu Panther masih banyak berkeliaran di jalanan meskipun umurnya mencapai 30 tahun.

    Mesinnya juga terkenal sangat irit karena berbahan bakar biosolar. Selain mesin yang tangguh, perawatan Isuzu Panther juga tergolong mudah dan murah. Karena cukup melakukan perawatan rutin seperti ganti oli, busi, filter udara maupun fan belt.

    Keunggulan lainnya, suku cadang Isuzu Panther juga murah dan masih melimpah di pasaran. Soal harga, Isuzu Panther dibanderol mulai Rp40 juta hingga Rp60 jutaan.

    6. Toyota Great Corolla

    Mobil tua perawatan mudah dan murah berikutnya adalah Toyota Great Corolla. Mobil yang diproduksi pada tahun 1992 ini dibekali mesin tipe 4A yang terkenal bandel dan mudah perawatannya.

    Selain itu, suku cadang Toyota Great Corolla juga mudah ditemui di pasaran dengan harga yang tidak terlalu mahal. Harga Toyota Great Corolla dibanderol mulai Rp30 jutaan hingga Rp40 jutaan tergantung tahun produksi dan kondisi mobil.

    7. Daihatsu Espass

    Pada era 90-an, mobil tua perawatan mudah dan murah ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebab, Daihatsu Espass menjadi mobil jenis MPV yang paling laris di pasaran bersama Toyota Kijang.

    Mobil produksi tahun 1995 berkapasitas 1.300 cc ini memiliki konsumsi BBM sekitar 12 km/liter. Soal harga, Daihatsu Espass pun tidak begitu mahal di kelasnya. Harga Daihatsu Espass yang ditawarkan di pasaran bervariasi tergantung dari tahun produksi dan kondisi mobil, yakni sebesar Rp15 juta hingga Rp45 juta.

    Tips Perawatan Mobil Tua

    Apabila saat ini OtoFriends berencana membeli salah satu dari daftar mobil tua perawatan mudah dan murah di atas, maka ada beberapa perawatan rutin yang perlu dilakukan agar mobil tersebut kondisinya tetap prima dan performanya optimal. 

    Ganti oli secara rutin

    Oli berperan penting dalam memastikan performa mesin mobil. Agar mesin bekerja secara optimal, kita perlu melakukan penggantian oli secara berkala dan teratur.

    Jangan biarkan oli mobil tua mengendap terlalu lama, terlebih pada mobil tua perawatan mudah dan murah. Pasalnya, hal itu akan membuat mesin terasa kering dan bisa menimbulkan gesekan antara komponen mobil. Kondisi tersebut nantinya dapat membuat mesin mobil cepat rusak.

    Baca juga: Ganti Oli Mesin Berapa KM? Ini Aturannya!

    Periksa komponen mesin

    Kondisi komponen mesin mobil tua tentu berbeda dengan mobil terbaru. OtoFriends harus sering-sering memerhatikan komponen mobil seperti pada bagian kaki-kaki, ban, rem, dan lain sebagainya.

    Pemeriksaan ini bertujuan agar kondisi mobil tua perawatan mudah dan murah tetap terjaga. Biasanya, komponen yang diganti pun memang komponen yang rusak akibat usia pakai dan masih termasuk dalam kategori wajar.

    Cek kondisi kabel, ring, dan karet penyangga

    Salah satu kondisi yang sangat dikhawatirkan pada mobil tua ialah mengelupasnya kabel. Kabel yang mengelupas dapat menyebabkan konsleting dan membuat mesin tidak dapat dinyalakan.

    Tidak hanya kabel, komponen-komponen lain seperti ring dan karet penyangga perlu dicek kondisinya secara teratur. OtoFriends sebaiknya segera mengganti ring yang telah berkarat untuk memperlancar aliran bensin serta meredam suara mesin agar tidak kasar dan bising.

    Periksa radiator

    Radiator mobil merupakan komponen penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Maka dari itu, menjaga performa radiator sangatlah penting. Sebagai pemilik kendaraan, kita harus tahu bagaimana tips perawatannya agar suhu mesin tetap terjaga untuk menghindari kerusakan pada komponen kendaraan lainnya.

    Tune up berkala

    Tune up untuk mobil tua perawatan mudah dan murah tujuannya untuk memberikan energi baru kepada mobil kita. Beberapa bagian yang akan diberikan tambahan energi diantaranya penyetelan ulang bagian celah katup, pengapian, idle pada mesin hingga membersihkan sensor-sensor pada mobil.

    Demikian, rekomendasi mobil tua perawatan mudah dan murah yang bisa kamu pilih. Faktor penting yang perlu kamu perhatikan saat memiliki mobil tua, adalah perawatan secara berkala untuk mencegah kerusakan. Pilihlah bengkel terdekat dan terpercaya untuk perawatan mobil tua kamu. Unduh aplikasi Otoklix, untuk memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

    Pertanyaan Seputar Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

    Mobil tua sebaiknya tidak perlu dipanaskan setiap hari. Cukup panaskan mobil antara 7 sampai 10 hari saja agar aki tetap terisi listrik.

    Memanaskan mesin mobil tua merupakan salah satu bentuk perawatan agar tidak terjadi penumpukan bahan bakar dan oli.

    Beberapa perawatan rutin yang perlu dilakukan agar mobil tersebut kondisinya tetap prima dan performanya optimal, yaitu:
    Ganti oli secara rutin
    Periksa komponen mesin
    Cek kondisi kabel, ring, dan karet penyangga
    Periksa radiator
    Tune up berkala.