Pabrik mobil asal Korea, Hyundai, kembali merilis mobil Creta terbarunya pada event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 bulan Februari. Hyundai Creta Dynamic Black Edition atau lebih terkenal dengan julukan Hyundai Creta Black Edition.

Mobil Creta design black ini sebelumnya tekan diperkenalkan di India dengan nama Hyundai Creta Knight Edition pada 2022. Setelah new Creta India tersebut diluncurkan, giliran konsumen Indonesia yang memiliki kesempatan untuk merasakan sensasi mengendarai Hyundai Creta berdesain full black.

Bedanya dengan Hyundai Creta black 2022 dengan Black Edition terlihat jelas mulai dari Hyundai creta interior, eksterior, hingga aksesorisnya full menggunakan warna hitam. Beberapa di antaranya ada Black Front Grille dan Black Front Grille Garnish. Penasaran seperti apa bentuknya? Yuk, kita intip!

Baca juga: Hyundai Creta 2022: Spesifikasi Lengkap dan Harga

Desain eksterior

Dimensi mobil Creta Black edition memiliki panjang 4315 mm, lebar 1790 mm, dan tinggi 1630 mm. Mobil ini memiliki kapasitas maksimal penumpang sebanyak 5 penumpang dan kapasitas maksimal bagasi sebesar 416 liter.

Tampilan luar mobil Creta terbaru ini serba hitam, bahkan hingga ke bagian grille dan bumpernya. Terdapat Black Front Grille Garnish dan Black Front Grille yang menggunakan lampu Parametric Jewel Hidden tipe DRL.

Bagian logo dan emblem ciri khas Hyundai, yaitu logo H, berdesain Dark Monochrome Front H-emblem. Sedangkan di bagian bawahnya ada Black Front Bumper Garnish dan Black Front Body Kit.

Adapun Hyundai menyematkan LED Multi Focus Reflector (MFR) pada bagian lampu depan dan LED Rear Combination Lights pada bagian lampu belakang. Kedua jenis lampu ini memberikan visibilitas jarak pandang maksimal.

Sedikit bergeser ke bagian samping mobil, kita bisa melihat bagian pilar memiliki desain Black C-Pillar Garnish yang dikawinkan dengan velg yang memiliki kelir hitam yang semakin mempertegas kesan tangguh dan gaharnya. Velg Creta Black Edition berukuran 17 inch.

Meskipun ciri khas Hyundai Creta panoramic sunroof tidak dimiliki mobil Creta Black Edition, akan tetapi Hyundai membekali Black Roof Rail pada bagian atap mobil.

Baca juga: Terlihat Mewah, Ini Harga Pasang Sunroof Mobil

Desain interior

Seperti yang sudah disebutkan bahwa bukan hanya tampilan eksteriornya saja yang full hitam, melainkan tampilan interior mobil ini juga bernuansa hitam. Secara keseluruhan tidak ada yang berbeda antara Hyundai Creta Black Edition dan Hyundai Creta lainnya selain warna hitamnya.

Hyundai menerapkan desain trend untuk mobil Black Editionnya ini. Untuk OtoFriends ketahui bahwa mobil Creta memiliki 4 tipe desain yakni Active, Trend, Style, dan Prime.

Adapun konsep desain trend yang dimaksud adalah tipe tengah antara desain lainnya yang minim akan fitur tambahan alias fitur yang dibekali Hyundai terbilang standar layaknya mobil SUV sport.

Beberapa di antaranya yang bisa kita temukan adalah Electric Parking Brake with Auto Hold, Full Automatic Temperature Controls, Wireless Smartphone Charger, Push Start Button, dan display audio with Smartphone Integration berukuran 8 inch.

Baca juga: Hyundai Palisade Indonesia 2022 Harga dan Spesifikasinya

Fitur

Meskipun mengusung tipe desain trend, namun fitur pada mobil Creta Black Edition ini tak bisa dianggap remeh. Berikut ini fitur-fitur keamanan dan keselamatannya, antara lain:

  • Airbag
  • Pengingat pemakaian sabuk pengaman
  • Vehicle Stability Control System
  • Crash Sensor
  • Engine Check Warning
  • Electronic Brake Distribution (EBD)
  • Speed Sensing Door Locks
  • Hill Start Assist Control
  • ISOFIX Child Seat Mounts
  • Child Safety Locks
  • Sensor Parkir
  • Kamera belakang
  • Emergency Stop Signal
  • Electric Parking Brake
  • Brake Assist
  • Pelindung benturan depan dan samping
  • Anti Lock Braking System
  • Power Door Locks
  • Anti Theft Device
  • Central Locking
  • Engine Immobilizer
  • Keyless Entry

Sementara itu, fitur-fitur lainnya yang mendukung kenyamanan kita selama berkendara antara lain Bottle holder in front and rear, Armrest Konsol Tengah, Wireless Charger, Lampu baca, Head Unit touch screen berukuran 8 inch, Smartphone Connectivity BlueLink, konektivitas bluetooth hingga radio AM/FM.

Pada bagian setir kemudinya terdapat button khusus multifungsi. Black Edition memiliki 4 drive mode yakni mode Eco, Comfort, Smart dan Sport.

Spesifikasi mesin

Bagian terpenting dari mobil adalah mesin seperti apa yang dibekali pabriknya. Cukup menakjubkan karena bukan hanya desain eksterior dan interior yang terkonsep, melainkan Hyundai juga membekali Creta Black Edition dengan mesin yang cukup gahar dan tangguh untuk kelasnya.

Hyundai Creta Dynamic Black Edition memiliki mesin SmartStream G1.5 Gasoline IVT yang dikawinkan dengan transmisi 4-percepatan sehingga menghasilkan tenaga maksimal 115 ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sebesar 143.8 Nm pada 4.500 rpm di atas kertas.

Dengan detail mesin seperti itu, Creta Black Edition diklaim memiliki mesin yang responsif dan tangguh.

Bahan bakar yang digunakan adalah bensin dengan kapasitas tangki sebesar 40 liter. Adapun sistem suplai bahan bakarnya, Hyundai mengandalkan teknologi MPI, sedangkan suspensi depannya menggunakan MacPherson Strut.

Sementara itu, sistem pengereman Hyundai Creta Black Edition menggunakan Ventilated Discs untuk sistem pengereman depan dan Drums untuk rem belakang.

Harga Hyundai Creta Black Edition

Biasanya Hyundai Creta pada tipe desain trend memiliki harga yang tidak terlalu mahal tidak sampai Rp400 juta, umumnya berkisar antara Rp300 juta sampai Rp370 juta. Bagaimana dengan Hyundai Black Edition ini?

Hyundai memperkenalkan Black Edition di event IIMS 2023 dengan harga Hyundai Creta Black Edition on the road Jakarta sebesar Rp350 juta.

Setelah mengetahui spesifikasi mobil Hyundai Creta Dynamic Black Edition secara terperinci, apakah OtoFriends tertarik untuk membeli mobil SUV full black monokrom ini?

Hal utama yang perlu OtoFriends ketahui selain harga mobil dan spesifikasi, saat membeli mobil pastikan kita mengetahui bagaimana cara perawatan mobil. Misalnya saja perawatan standar seperti waktu yang tepat untuk ganti oli mobil, rutin cuci mobil, hingga membawa mobil ke bengkel resmi untuk melakukan servis rutin secara berkala.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat


Harga Hyundai Creta di Indonesia mulai dari Rp290 jutaan untuk mobil Creta Active MT, Creta Trend MT Rp313 juta, Hyundai Creta Trend IVT Rp333,5 juta, Hyundai Creta Black Edition Rp350 juta, Hyundai Creta Style IVT Rp376 juta dan Hyundai Creta Prime IVT Rp408 jutaan.


Harga mobil Hyundai Creta Black Edition on the road Jakarta sebesar Rp350 juta.


Bedanya dengan Hyundai Creta black 2022 dengan Black Edition terlihat jelas mulai dari Hyundai creta interior, eksterior, hingga aksesorisnya full menggunakan warna hitam. Beberapa di antaranya ada Black Front Grille dan Black Front Grille Garnish.