Nissan Terra Facelift 2023 kabarnya bakal diluncurkan pada Maret mendatang setelah sebelumnya diperkenalkan pada pameran GIIAS pada 2022 silam. SUV ladder frame ini agaknya bakal jadi saingan berat Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, maupun Isuzu MU-X.

Sebelumnya, Nissan Terra memang sudah hadir sejak 2018 lalu. Kali ini, Nissan melakukan pembaruan dan menyematkan nama Nissan Terra Facelift 2023 untuk versi terbarunya. Penasaran dengan spesifikasi dan fiturnya? Simak informasi lengkapnya pada artikel ini.

Spesifikasi Nissan Terra Facelift 2023

Sebagai SUV dengan harga Rp700 jutaan dan jadi saingan berat Fortuner serta Pajero, spesifikasi Nissan Terra Facelift 2023 pastinya tidak akan kalah dengan kedua mobil tersebut. SUV ini didesain dengan sporty dan tampak elegan.

Eksterior menawan

Dari sisi eksterior, kita bisa melihat sentuhan yang lebih sporty dan elegan dengan desain yang lebih agresif pada Nissan Terra Facelift 2023. Terdapat grille V-Motion. Lampu depannya sudah dilengkapi dengan quad LED projector dan LED DRL. Desain lampunya terlihat menyipit, menjadikannya terlihat lebih tajam daripada versi sebelumnya. Bagian rumah foglamp dibuat berbentuk persegi panjang dengan aksen krom.

Melihat sisi samping, Nissan Terra Facelift 2023 masih menggunakan desain versi lama. Masih ada garis over fender yang besar. Selain itu, kaca spion dan lampu seinnya juga diberi aksen krom. Pada bagian ban, Nissan Terra memakai velg dengan diameter 18 inci dengan desain yang lebih baru dan fresh, yaitu dual tone.

Sisi belakangnya terlihat lebih modern. Terdapat spoiler atas yang lebih pipih dan kaca bagian bawahnya juga diberi aksen krom dengan garis melengkung. Dimensinya adalah panjang 4.890 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.865 mm. Jarak sumbu rodanya 2.850 mm dengan ground clearance 224 mm. Dengan ukuran ini, Nissan Terra Facelift 2023 memiliki ukuran lebih tinggi dan panjang daripada Fortuner maupun Pajero Sport.

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

Interior premium

Setelah terkagum-kagum oleh tampilan eksteriornya, tampilan interiornya juga tidak kalah menawan. Banyak perubahan daripada versi sebelumnya. Dari bagian dashboard saja sudah terlihat aksen stainless yang memberikan kesan mewah dan berkelas. Interior mobil ini dipengaruhi unsur Timur Tengah yang membuatnya terlihat eksentrik.

Pada bagian setirnya terdapat palang 3 yang dilengkapi dengan fitur kontrol penggerak 4×4, speedometer full digital, audio steering switch, serta menggunakan tombol. Terdapat layar sentuh 9 inci yang bisa menggunakan voice command dan terkoneksi dengan iOS maupun Android. Selain itu, terdapat pula fitur wireless charging.

Ketika duduk di jok pengemudi, terasa sangat nyaman karena menggunakan busa empuk serta pengaturan elektrik untuk menyetel posisi sesuai keinginan. Sudah ada juga fitur Auto Tumble. Fitur ini memungkinkan kursi baris kedua bisa dilipat hanya dengan menarik switch pada konsol tengah di dekat kemudi.

Fitur istimewa lain bagi pengemudi adalah adanya Smart Rear View Mirror. Kaca spion atas di dalam kabin bisa melihat objek di belakang mobil melalui kamera yang terpasang di pintu belakang. Jadi, pandangan pengemudi tidak akan terhalangi ketika kondisi penumpang penuh.

Fitur canggih dan modern

Selain fitur-fitur di dalam interior yang sudah dibahas di atas, ada juga fitur-fitur lainnya yang disematkan pada Nissan Terra Facelift 2023. Di antaranya adalah sejumlah fitur keselamatan yang termasuk ke dalam Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) sebagai berikut.

  1. Intelligent Forward Collision Warning
  2. Lane Departure Warning
  3. Intelligent Rear View Mirror Camera
  4. Intelligent Emergency Braking
  5. Rear Cross Traffic Alert
  6. Blind Spot warning
  7. Intelligent Around View Monitor with MOD
  8. Intelligent Driver Alertness
  9. Intelligent Stability Control
  10. Vehicle Dynamic Control

Baca juga: Spesifikasi dan Harga SUV Tangguh Nissan Magnite 2022

Selain itu ada juga fitur-fitur sebagai berikut untuk menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara.

  1. 6 airbags
  2. Hill Start Assist
  3. Hill Descent Control
  4. Traction Control
  5. Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection
  6. BOSE audio system, 
  7. Headunit dengan Apple CarPlay dan Android Auto
  8. Wireless charger
  9. Kick sensor untuk membuka bagasi belakang

Mesin unggul dan tangguh

Versi Facelift dari Nissan Terra ini akan dipasarkan dalam satu tipe, yaitu VL 4×4. Tidak seperti versi sebelumnya yang tersedia dalam beragam tipe, termasuk penggerak 4×2. Mobil ini dibekali dengan mesin diesel turbo berkapasitas 2.500 cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal sampai dengan 190 hp dan torsi 450 Nm. Mesin diesel ini juga dikombinasikan dengan transmisi otomatis 7 percepatan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Lengkap Nissan X Trail 2022

Kekurangan Nissan Terra Facelift 2023

Meskipun dilengkapi dengan fitur premium, tetapi Nissan Terra Facelift 2023 masih memiliki kekurangan. Meskipun kekurangan tersebut masih tergolong minor jika dibandingkan dengan fitur melimpah lainnya.

Pada bagian setir Nissan Terra Facelift 2023, pengaturannya hanya tilt, belum ada telescopic. Sehingga, setir hanya bisa diatur naik turun, sedangkan pengaturan telescopic memungkinkan setir bisa maju mundur pada lingkar setir. Sehingga, berkendara jadi lebih nyaman.

Harga Nissan Terra Facelift 2023

Harga Nissan Terra Facelift 2023 memang belum diumumkan secara resmi. Akan tetapi, kita sudah bisa mendapat bocorannya. Harganya berkisar antara Rp725 juta sampai dengan Rp745 jutaan. Tentunya harga Nissan Terra Facelift 2023 bakal diumumkan saat peluncuran resminya.

Itu dia informasi seputar spesifikasi Nissan Terra Facelift 2023, SUV ladder frame yang bakal jadi saingan berat di kelasnya. 

Lakukan perawatan rutin untuk menjaga performa mobil agar berkendara lebih aman dan nyaman. Temukan berbagai layanan servis mobil, seperti servis rem, ganti ban, dan lainnya sampai dengan detailing di aplikasi booking service Otoklix! Ada 2.000+ bengkel se-Jabodetabek tersedia untuk OtoFriends.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Nissan Terra Facelift 2023


Harga Nissan Terra Facelift 2023 memang belum diumumkan secara resmi. Akan tetapi, ditaksir mencapai sekitar Rp725 juta sampai dengan Rp745 jutaan. Harga ini bakal diumumkan secara resmi pada peluncurannya di Maret 2023.


Belum diketahui berapa konsumsi BBM Nissan Terra Facelift 2023. Akan tetapi, untuk versi sebelumnya, yaitu Nissan Terra 2.5 VL AT 4×2, konsumsi BBM-nya adalah 8,8 liter/km.


Nissan Terra Facelift 2023 bakal diluncurkan pada Maret 2023 mendatang. Sedangkan mobilnya dijadwalkan akan dikirimkan pada April 2023. Siap-siap untuk pre order.