Toyota Pixis Truck kini sudah beredar di Jepang. Konsumsi mobil niaga ini diklaim mencapai 21 km/liter. Produk mobil ini menyasar konsumen yang butuh kendaraan niaga. Lantas, seperti apa spesifikasi Toyota Pixis Truck? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Spesifikasi Toyota Pixis Truck

1. Eksterior

Toyota Pixis Truck merupakan mobil niaga yang memiliki tampilan seperti mobil Kei Car, yakni mobil mungil yang sangat populer di Jepang. Pada tampilan depan, tampak headlamp dan bagian grill yang selaras. Kemudian, di bagian bumper juga ada foglamp dengan aksen krom, serta terdapat lubang ventilasi udara yang memperindah tampilan.

2. Interior

Di bagian kabin, Toyota Pixis Truck tampak sederhana seperti halnya tampilan mobil niaga pada umumnya. Mobil ini dilengkapi AC dan perangkat audio. Untuk tipe yang paling bagus, mobil ini juga dilengkapi head unit touchscreen model floating.

Baca juga: Beli Mobil Besar Buat Mudik Keluarga? Ini Rekomendasinya!

3. Spesifikasi mesin

Toyota Pixis Truck dibekali mesin 3 silinder 658 cc DOHC 12 dengan katup berteknologi injeksi. Selain itu, mesin Toyota Pixis juga dapat menghasilkan tenaga 45,5 hp di 5.700 rpm dengan torsi puncak 60 Nm di 4.000 rpm.

Toyota Pixis Truck juga tergolong mobil niaga yang irit bahan bakar. Efisiensi mobil ini bisa mencapai 21 km/liter hingga 16,5 km/liter.

4. Perangkat keselamatan

Tidak hanya irit bahan bakar, mobil niaga ini juga dibekali beberapa fitur modern. Di antaranya rem berteknologi ABS + EBD hingga Smart Assist yang memiliki 13 fungsi keselamatan preventif di semua varian Pixis Truck.

Selain itu, dimensi bak belakang mobil ini juga cukup luas walaupun tergolong kompak. Mobil ini sangat cocok digunakan oleh para pengusaha. Mobil ini memiliki dimensi panjang 2.030 mm, lebar 1.410 mm, tinggi 285 mm, serta jarak dari lantai bak ke tanah sekitar 660 mm.

5. Pilihan varian Pixis Truck

Pixis Truck hadir dalam beberapa varian, di antaranya varian berpenggerak 2WD atau 4WD, serta pilihan transmisi manual 5 percepatan atau CVT. Untuk varian 4WD bisa dikatakan tangguh saat melewati berbagai medan jalanan. Tentu hal itu akan mempermudah para pengusaha saat mengangkut barang.

Soal harga, Toyota Pixis Truck yang paling murah dibanderol sekitar Rp117,9 jutaan, sementara yang paling mahal (varian 4WD CVT) dibanderol sekitar Rp148,4 jutaan.

Baca juga: 14 Jenis Mobil yang Dipasarkan di Indonesia, Wajib Tahu!

Tips membeli mobil truk

Saat membeli mobil truk seperti Toyota Pixis ini, ada beberapa hal yang layak dipertimbangkan. Misalnya, akankah membeli mobil truk bekas atau truk baru? Dalam situasi tertentu, membeli truk bekas dapat membuahkan Return on Investment (ROI) dibandingkan membeli mobil truk baru.

Berikut beberapa tips membeli mobil truk yang dapat OtoFriends pertimbangkan:

1. Kenali fungsi mobil truk

Pertama-tama, kenali terlebih dahulu fungsi mobil truk. Jika OtoFriends adalah pengusaha, coba pikirkan muatan apa yang akan dimuat sehari-hari, apakah muatan tersebut berat atau ringan, apakah muatan padat atau cairan, serta jarak tempuh yang bakal dilalui oleh mobil truk. Dengan mempertimbangkan berbagai hal itu, OtoFriends dapat memilih jenis mobil truk yang tepat.

2. Pastikan kondisi masih prima

Bila OtoFriends akan menggunakan mobil truk dalam jangka panjang, tentunya OtoFriends akan membeli mobil truk yang bisa digunakan dalam waktu lama. Apalagi truk untuk keperluan bisnis pastinya harus dalam kondisi prima serta awet. Sehingga, truk tersebut tidak mengganggu aktivitas bisnis.

3. Sesuaikan dengan kondisi finansial

Ada berbagai merk truk di Indonesia. Mulai dari Hino, Mitsubishi, isuzu, Nissan UD, Scania, Tata, Volvo, Renault, Toyota, hingga Mercedes-Benz. Apabila ingin membeli mobil truk baru, siapkan down payment (DP) sekitar 20% hingga 40% dengan bunga 8% per annum untuk tiga tahun tenor. Sementara, apabila memilih truk bekas, DP yang harus dipersiapkan sekitar 30% dengan bunga 16% per annum untuk tenor tiga tahun. Terpenting, sesuaikan dengan kemampuan finansial.

Apabila belum mampu membeli truk baru, tidak masalah membeli truk bekas. Bahkan, banyak keuntungan yang didapatkan apabila memilih truk bekas. Selain harganya yang lebih murah dibandingkan truk baru truk bekas juga tidak mengalami depresiasi secepat truk baru.

Baca juga: Jangan Asal Beli! Tips Beli Mobil Seken

Itulah penjelasan mengenai spesifikasi Toyota Pixis Truck serta estimasi harganya. Apabila OtoFriends tertarik memiliki truk, jangan lupa untuk melakukan servis atau perawatan mobil secara rutin, ya. OtoFriends bisa memanfaatkan aplikasi Otoklix untuk memilih bengkel terdekat. Lakukan booking secara online agar terhindar dari antrian panjang.

Pertanyaan seputar Toyota Pixis Truck

Harga Toyota Pixis Truck yang paling murah dibanderol sekitar Rp117,9 jutaan, sementara yang paling mahal (varian 4WD CVT) dibanderol sekitar Rp148,4 jutaan.

Toyota Pixis Truck memiliki tampilan seperti Kei Car, dengan dibekali perangkat keselamatan modern, serta irit bahan bakar.

Toyota Pixis Truck juga tergolong mobil niaga yang irit bahan bakar. Efisiensi mobil ini bisa mencapai 21 km/liter hingga 16,5 km/liter.