Sepertinya awal tahun 2023 bertabur peluncuran mobil-mobil baru. Salah satunya adalah Suzuki Grand Vitara yang bakal rilis pada IIMS 2023. Meskipun sudah ada versi sebelumnya, kali ini Suzuki Grand Vitara hadir dalam versi baru yang telah dilengkapi dengan mesin hybrid. 

Mobil SUV ringkas ini bakal bersaing di kelasnya dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V. Selain bersaing dengan kedua mobil tersebut, Grand Vitara versi baru juga bakal bersaing dengan Wuling Alvez yang merupakan SUV kompak yang rilis di awal tahun ini juga.

Penasaran dengan spesifikasi lengkap Grand Vitara Hybrid 2023? Mari simak selengkapnya.

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023

Suzuki pertama kali memasarkan Vitara pada 1992 silam. Sudah lebih dari tiga puluh tahun yang lalu. Saat itu responnya sangat baik. Salah satu penyebabnya adalah desain eksteriornya yang stylish dan modern pada zamannya. Sebaiknya versi terbaru ini juga mendapatkan respons yang baik.

Mobil ini lebih dulu rilis di India pada 2022 lalu. Mesin dan fiturnya diklaim bikin ngiler dengan harga yang kompetitif. Sebelum memutuskan ingin membeli Suzuki Grand Vitara 2023, catat dulu spesifikasi lengkapnya sebagai berikut.

Eksterior futuristik

Tidak mau kalah dengan pendahulunya, Vitara versi baru ini juga mencerminkan mobil modern dan futuristik. Tidak ada lagi tampilan model lawas era 90-an. Secara keseluruhan, tampilannya terlihat kokoh dan berotot. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.345 mm x lebar 1.795 mm x tinggi 1.645 mm. Ground clearance-nya 210 mm dengan jarak sumbu roda 2.600 mm. Ukuran bannya adalah 215/60 R17. Velg berukuran besar ini mirip Suzuki XL7.

Pada bagian depannya terdapat lampu depan yang terletak agak ke bawah. Di atas kap mesinnya ada lampu posisi. Mayoritas sistem penerangan Vitara menggunakan LED, termasuk LED Daytime Running Light dan LED Position Lamp. lampu depannya didesain berbentuk lancip. Sementara lampu belakang dibuat memanjang secara horizontal.

Kesan tangguh SUV diperkuat dengan adanya skid plate di depan dan belakang kendaraan. Vitara juga sudah dilengkapi dengan fitur panoramic sunroof meskipun hanya ada pada tipe GX, yaitu tipe tertingginya. 

Bicara mengenai warna, mobil ini hadir dalam pilihan dual tone. Pada varian GC tersedia empat pilihan warna, yaitu Pearl Splendid Silver and Black, Pearl Celestial Blue, Pearl Arctic White and Black, serta Pearls Midnight Black. Sedangkan varian GL tersedia tiga pilihan warna, yaitu Prime Grandeur Grey, Pearl Arctic White, serta Pearl Midnight Black.

Interior luas

Grand Vitara bisa menampung sampai dengan 5 penumpang. Semua joknya sudah dilengkapi dengan headrest yang bisa disesuaikan sehingga berkendara jadi lebih nyaman. Selain itu, kursi belakangnya juga sudah dilengkapi dengan armrest yang bisa dilipat ke sandaran jok.

Bentuk joknya juga melebar di bagian belakang dan samping sehingga lebih nyaman bagi tubuh. Bicara mengenai material, jok untuk varian GX sudah dibalut kulit, sementara varian GL masih menggunakan kain. Varian tertinggi dari mild hybrid memakai kulit berwarna Bordeaux, sedangkan pada strong hybrid warna kulitnya adalah hitam.

Bagian dashboard dibuat bertingkat dengan garis lekukan yang tegas. Lekukan ini juga terlihat pada bagian dalam pintu atau door trim. Di samping itu, pada varian GX sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof. Bagasi mobil ini bisa menampung sampai dengan 373 liter.

Performa mesin mumpuni, dilengkapi teknologi hybrid

Model yang bakal dipasarkan di Indonesia adalah mobil yang dibawa masuk dari India. Mobil ini menggunakan sistem hybrid untuk semua varian, baik mild hybrid maupun strong hybrid. Pada sistem mild hybrid-nya disebutkan bakal mirip dengan Suzuki Ertiga Hybrid.

Kapasitas mesin Suzuki Grand Vitara adalah 1.462 cc dengan kode K15C Dual Jet. Mesin ini sudah ramah lingkungan dan efisien karena ditunjang dengan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Teknologi ini bisa mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan menekan emisi gas buang. 

Teknologi SHVS ini juga bisa mengoptimalkan kinerja mesin karena adanya ISG (Integrated Starter Generator) dan penggunaan Lithium-ion Battery. Dengan adanya teknologi SHVS menjadikan Suzuki Grand Vitara sebagai mobil dengan teknologi elektrifikasi di kelas MSUV (Medium Sport Utility Vehicle).

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal sekitar 103,2 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 138 Nm/4.400 rpm. Dapur pacunya didukung dengan sistem transmisi otomatis konvensional (torque converter) 6 percepatan yang sudah dilengkapi dengan paddle shift pada kemudinya. 

Fitur canggih

Tentu saja varian tertinggi yang punya fitur paling lengkap, tetapi bukan berarti varian menengah dan terendahnya punya fitur yang buruk. Pada varian tertinggi mild hybrid sudah ada cruise control, paddle shifter, dan USB port fast charging di bangku belakang.

Sementara itu untuk varian tertinggi dari strong hybrid bahkan sudah dilengkapi dengan wireless charging, head up display, sampai dengan ventilated seat yang membuat bokong dan punggung tetap sejuk meskipun duduk dalam waktu yang lama. Fitur lainnya yang ada di Suzuki Grand Vitara adalah head unit berukuran 9 inci yang sudah bisa terkoneksi dengan smartphone, digital MID, dan Auto Dimming Mirror.

Sementara itu, fitur keselamatan mobil ini sudah lengkap dan hampir merata untuk semua varian. Sebut saja sudah ada 6 airbags, sensor parkir mundur, Electronic Stability Program (ESP), serta Hill Hold Assist.

Jika mengikuti Suzuki Grand Vitara versi India, bakal ada juga fitur telematika dengan nama Suzuki Connect. Di dalamnya ada berbagai fungsi, seperti emergency alerts, breakdown notification, geo fence, time fence, stolen vehicle notification and tracking, dan banyak lagi.

Pada varian tertingginya ada tambahan fitur kamera 360 derajat, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), kantong udara samping, dan Hill Descent Control.

Tersedia dua varian

Kabarnya, Suzuki Grand Vitara yang bakal diluncurkan di Indonesia memiliki dua varian, yaitu varian GX untuk tipe tertinggi dan GL untuk tipe terendah.

Itu dia spesifikasi dari Suzuki Grand Vitara. Lantas, bagaimana kesimpulan kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Vitara 2023?

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara 2023

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Vitara menurut pengulas otomotif di India adalah sebagai berikut.

Kelebihan

  • Menggunakan sistem hybrid yang bisa diandalkan.
  • Efisiensi bahan bakar lebih tinggi.
  • Mobil yang sudah menyediakan sistem AWD, yang bisa membantu mobil tetap tangguh meskipun di medan yang sulit.
  • Rendah emisi gas buang
  • Fitur tergolong lengkap.

Kekurangan

  • Mobil kurang praktis akibat kapasitas bagasinya berkurang.
  • Interior dan finishing masih bisa dioptimalkan.
  • Performa mesin masih kurang greget.
  • Kabin kurang senyap.
  • Kurang fitur premium, misalnya sensing wiper, premium audio, electric seat, electric parking brake, dan lainnya.

Harga Suzuki Grand Vitara 2023, Rp300 jutaan

Harga Suzuki Grand Vitara 2023 memang belum diumumkan secara resmi. Namun, kabarnya harga Suzuki Grand Vitara bakal berada di bawah Rp400 juta, yakni berkisar antara Rp360 juta sampai dengan Rp390 jutaan.

Itu dia informasi tentang spesifikasi lengkap Suzuki Grand Vitara yang bakal rilis dalam waktu dekat. Tentu sudah tidak bingung untuk menentukan pilihan, bukan?

Kalau OtoFriends butuh bengkel terpercaya untuk servis mobil, segera install aplikasi Otoklix. Ada 2.000+ pilihan bengkel terdekat lokasimu dengan berbagai pilihan servis mobil. Harganya juga transparan dan kompetitif, tidak khawatir biaya servis membengkak.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Suzuki Grand Vitara


Harga Suzuki Grand Vitara 2023 memang belum diumumkan secara resmi. Namun, kabarnya harga Suzuki Grand Vitara bakal berada di bawah Rp400 juta, yakni berkisar antara Rp360 juta sampai dengan Rp390 jutaan.


Suzuki Grand Vitara adalah mobil dengan jenis Medium Sport Utility Vehicle (MSUV). Mobil ini punya kapasitas 5 penumpang dan dilengkapi fitur-fitur tangguh khas SUV yang bisa melibas medan berat.


Sampai artikel ini dibuat, belum ada data pasti tentang efisiensi konsumsi bahan bakar dari Suzuki Grand Vitara versi terbaru. Namun, versi lamanya memang terbilang cukup boros, hanya 1:6 sampai 1:7 liter/km. Hanya saja, pada versi hybrid ini sudah ada teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) dan juga ditunjang dengan mesin hybrid. Kombinasi ini menjanjikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.