Setelah meluncurkan Toyota Altis Hybrid, Toyota kembali meluncurkan Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid di pembukaan IIMS 2023. Model ini menyemarakkan deretan mobil-mobil hybrid dari Toyota, sehingga pelanggan punya lebih banyak pilihan. 

Apalagi Toyota Corolla Cross GR Sport ini merupakan model line up Gazoo Racing pertama yang sudah dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi atau hybrid. Dengan adanya inovasi teknologi diharapkan bisa menyumbang pertumbuhan penjualan tahunan keseluruhan unit mobil Toyota. 

Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023

Secara tampilan, eksterior Corolla Cross GR Sport ini terlihat lebih sporty daripada versi non GR. Versi non GR dari Corolla Cross ini diluncurkan dua tahun yang lalu. Setelan suspensinya juga berbeda. Selain itu, versi GR ini juga sudah dilengkapi teknologi safety advance. 

Ingin tahu bagaimana spesifikasi dan berapa harga Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023? Simak selengkapnya. 

Mesin Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

Mengintip kepada dapur pacu, Toyota Corolla Cross GR Sport ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.798 cc 4 silinder DOHC dengan kode 2ZR-FXE. Mesin ini menggunakan teknologi VVT-i. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 98 PS pada 5.200 rpm. Torsinya 14,5 Kgm pada 3.600 rpm. Selain itu, mesin ini juga didukung dengan motor listrik yang bisa menghasilkan daya 72 PS dan torsi 16,6 Kgm. Kombinasi dari kedua mesin ini dikawinkan dengan penggerak roda depan melalui sistem transmisi CVT yang dijamin halus serta responsif. 

Terdapat tiga pilihan mode berkendara atau driving mode, yaitu EV (Electric Vehicle), ECO, dan SPORT. Mode EV digunakan untuk berkendara halua tanpa bensin dan tentunya zero emission. Mode berkendara ECO digunakan untuk berkendara hemat bensin. Sedangkan SPORT adalah mode berkendara dengan menggunakan daya secara maksimal. Sementara itu, konsumsi BBM-nya terbilang irit, yaitu diklaim mencapai 23,3 km per liter. 

Baca juga: Lengkap! Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid dan Harganya

Eksterior Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

Melihat dari eksterior, sesuai dengan namanya, mobil ini terlihat kekar dan sporty. Ada ciri khas produk GR yang disematkan pada New Corolla Cross Hybrid GR Sport. Bagian depan mobil ini terlihat gagah dan elegan dengan beberapa panel bodi GR Sport. Di antaranya adalah New GR-S Front Bumper.

Ciri khas produk GR juga disematkan kepada New Corolla Cross Hybrid GR Sport. Pada area depan, postur tubuhnya yang elegan dan gagah diperkuat oleh sematan beberapa panel bodi GR Sport. Mulai dari New GR-S Front Bumper, New GR-S Radiator Grille, dan New GR-S Front Fog & Driving Lamp Combination, seketika mengubah wajahnya menjadi jauh lebih sporty.

Ke samping, siluet aerodinamis ditingkatkan oleh pemasangan New GR-S Rocket & Door Lower Moulding dan New GR-S Black Outer Mirror. Semakin sporty, terdapat New GR-S Alloy Wheel ukuran 18 inch.

Pindah ke belakang, kesan berkelas diperkuat oleh nuansa sporty dengan penggunaan New GR-S Rear Bumper dan New GR-S Clear Rear Combination Lamp. New GR-S Mark dilekatkan sebagai signatured brand GR dan Premium Horn menjaga rasa percaya diri pengemudinya.

Kombinasi body color baru yakni Two-tone Red dan Two-tone Platinum White menjadi opsi tambahan bagi Corolla Cross Hybrid GR Sport.

Interior Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

Kesan sporty sangat terasa ketika memasuki interior mobil. Joknya menggunakan bahan kulit pada kedua baris bangkunya. Kemudian, ada juga New GR-S Emboss Logo pada headrest depan, New GR-S Leather Shift Knob, New GR-S Floor Mat, sampai dengan New GR-S Push Start Button. Pada lingkar kemudinya juga sudah lengkap diberi tombol kontrol fitur TSS, MID, dan cruise control.

Fitur Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

Dengan harga yang tidak bisa dibilang murah, tentunya fitur Toyota Corolla Cross GR Sport ini cukup lengkap. Akan tetapi, fitur ini juga masih serupa dengan Corolla Cross yang versi non-GR.

Terdapat head unit 0 inci IPS display, Radio FM/AM, konektivitas bluetooth, NFC, Voice Command, Miracast, Wireless AACP (Apple CarPlay dan Android Auto), DVR, serta Panoramic View Monitor. Selain itu, sudah tersemat juga air purifier untuk menjaga udara tetap bersih di dalam kabin serta wireless charger. Ada pula active safety feature Blind Spot Monitor (BSM) serta Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Cross GR Sport telah dibekali dengan teknologi khusus, yaitu Toyota Safety Sense 2.0 yang merupakan fitur keselamatan dari Toyota. Fitur tersebut meliputi Pre-Collision System (PCS), Leading Vehicle Notice (LVN), Pedal Misoperation Control (PMC), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Assist (LDA), hingga Auto High Beam (AHB).

Masih ada lagi fitur khusus dari Toyota, yaitu T Intouch. Fitur ini memungkinkan pelanggan bisa dengan mudah mengakses layanan berbasis digital aplikasi mTOYOTA. Ada 2 kategori layanan, yaitu Safety Convenience dan Peace of Mind. Layanan Safety Convenience terdiri atas Find My Car, Stolen Vehicle Tracking, Vehicle Info, dan Geofencing. Sedangkan layanan Peace of Mind terdiri dari E-Care (maintenance mobil), Trip Driving Update, Road Assistance, dan Inquiry & Support Center. 

Suspensi Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

Selanjutnya, aspek yang bakal kita bahas adalah suspensi Toyota Corolla Cros GR Sport. Untuk menunjang performa dan kenyamanan, mobil ini menggunakan GR-S Suspension yang merupakan GR-S MacPherson pada suspensi depan dan GR-S Torsion Beam pada suspensi belakang.

Dengan adanya suspensi ini, mobil menjadi lebih rigid dan juga meminimalkan body roll agar manuvernya lebih mumpuni. Kekakuan sasis SUV ini ditambah dengan adanya GR-S Tunnel Brace yang dikombinasikan dengan Electronic Power Steering yang lebih besar. Handling mobil jadi lebih stabil akibat kombinasi ini.

Baca juga: Harga Mobil Toyota Terbaru 2022 dan Spesifikasinya

Harga Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023

Harga Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023 tidak terpaut terlalu jauh dari versi non GR-nya. Dengan harga Rp602 jutaan, OtoFriends sudah bisa membawa pulang mobil ini.

Demikian pembahasan tentang spesifikasi lengkap dari Toyota Corolla Cross GR Sport dan juga harganya.

Pastikan untuk menjaga performa kendaraan dengan cara servis rutin mobil di bengkel terdekat. Selain merawat komponen, servis berkala juga bisa membantu untuk mengidentifikasi kerusakan komponen secara lebih dini. Sehingga, usia pakai komponen bisa lebih awet, pengeluaran untuk servis mobil juga bisa lebih diminimalisasi. Temukan 2.000+ pilihan bengkel terdekat di aplikasi Otoklix!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Toyota Corolla Cross GR Sport


Toyota Corolla Cross baik yang versi GR maupun non GR adalah mobil berjenis SUV (Sport Utility Vehicle).


Toyota Corolla Cross GR Sport ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.798 cc 4 silinder DOHC VVT-i dengan kode 2ZR-FXE. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 98 PS pada 5.200 rpm. Torsinya 14,5 Kgm pada 3.600 rpm. Selain itu, mesin ini juga didukung dengan motor listrik yang bisa menghasilkan daya 72 PS dan torsi 16,6 Kgm. Sistem transmisinya menggunakan CVT.


Toyota Corolla Cross GR Sport dirilis pada pembukaan event Indonesia International Motor Show 2023 yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.