Wuling Formo adalah salah satu mobil MPV terbaru yang dirilis oleh produsen asal Tiongkok, Wuling Motors. Wuling Formo menyasar segmentasi Light Commercial Vehicle (LCV). Mobil ini cocok sebagai kendaraan angkutan umum dan usaha seperti travel, taksi hingga ekspedisi barang. Saat ini di Indonesia, segmen mobil dikuasai oleh Daihatsu Grand Max.

Wuling Formo hadir dalam tiga versi, yaitu minibus, blind van dan pick up. Mobil Wuling Formo S memiliki desain modern seperti mobil MPV dan fitur canggih yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Tidak lupa kabin mobil ini luas, mampu mengangkut penumpang sampai 8 orang. Yuk kita kenalan spesifikasi Wuling Formo secara lengkap!

    Mengenal Wuling Formo

    Wuling Formo resmi diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 7 Januari 2020 di ITC Cempaka Mas. Nama mobil ini memang tidak setenar produk Wuling lainnya, karena segmentasinya lebih ke mobil komersial. Jika dilihat, bentuk Wuling Formo S ini memiliki kemiripan dengan Wuling Confero, karena menggunakan basis yang sama dengan seri Confero.

    Wuling Formo S diluncurkan untuk mengisi segmen baru yang belum dimiliki Wuling Motors. 

    Memiliki dimensi ukuran yang besar dan mampu memuat 8 penumpang. Versi blind vannya mampu mengangkut banyak barang dengan konfigurasi 2 penumpang. Ada juga versi mobil pick up bernama Wuling Formo Max. Formo ini secara fitur lebih lengkap dibandingkan kompetitor di kelasnya. 

    Baca juga: Wuling Almaz RS: Harga, Tipe, dan Spesifikasi Lengkap

    Interior Wuling Formo

    Masuk ke dalam interior Wuling Formo S, interiornya menggunakan basis dari Wuling Confero versi termurah. Ada beberapa bagian yang dihilangkan seperti jam digital dan layar LCD pada dashboard. Kursi menggunakan bahan yang berbeda bertujuan agar lebih mudah dibersihkan. 

    Untuk jok kursi baris kedua dan ketiga, sayangnya tidak mendapatkan headrest sehingga kurang aman untuk kendaraan keluarga. Kompensasinya para baris depan mendapatkan seatbelt 3 titik dan baris kedua ketiga mendapatkan seat belt 2 titik. 

    Interior Wuling Formo memiliki desain menarik dan tampilan yang modern. Ruang kabinnya cukup luas dan memiliki kapasitas bagasi yang besar, sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang. Tidak lupa, terdapat juga AC untuk kenyamanan penumpang.

    Eksterior Wuling Formo

    Secara tampilan, eksterior Wuling Formo S mirip dengan Wuling Confero. Ada beberapa bagian yang berbeda seperti penggunaan velg kaleng, tidak ada fog lamp, grill yang lebih sederhana dan lampu depan biasa. Untuk versi Wuling Formo Blind Van, tampilannya sangat jelas berbeda. Jendela baris kedua, ketiga dan kaca belakang ditutup dengan plat. Tujuannya tentu untuk keamanan saat mengangkut barang. 

    Jika dilihat dari desain, Wuling Formo memiliki tampilan lebih enak dilihat daripada Daihatsu Grand Max yang memiliki desain serba mengotak. Daya angkut Wuling Formo Blind Van diklaim mampu membawa beban 595 kg atau setara 3.200 liter. Kira-kira mesin apa yang bisa membawa beban seberat ini?

    Mesin Wuling Formo

    Wuling Formo menggunakan mesin 4 silinder segaris i-VVT dengan kapasitas 1.206 cc. Tenaga mesin Wuling Formo mencapai 77,5 hp dan torsi 110 Nm. Tersedia dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan penggerak roda belakang. Kapasitas tangki BBM mampu menampung 42 Liter. Konsumsi BBM Wuling Formo sekitar diklaim bisa sampai 15 KM/Liter.

    Baca juga: Bocoran Mobil yang Akan Rilis 2023, Ada Mitsubishi XFC hingga Wuling Alfez!

    Kelebihan Wuling Formo

    Datang sebagai pendatang baru di mobil penumpang dan niaga, tentu Wuling Formo  harus memiliki nilai jual dibandingkan kompetitor yang lebih dulu. Apa saja yang menjadi kelebihan dari Wuling Formo? Berikut daftarnya:

    • Harga yang lebih murah, mulai dari Rp146 jutaan untuk varian Blind Van.
    • Eksterior yang lebih modern dan dinamis enak dilihat.
    • Fitur yang lengkap seperti power steering, instrument cluster yang lengkap dan MID.
    • Baris kedua dan ketiga memiliki kabin yang luas untuk penumpang.
    • Kapasitas angkut barang bisa sampai 3.200 liter, cocok untuk bisnis kecil dan menengah.
    • Posisi mesin berada di depan sehingga minim getaran.

    Perbedaan Wuling Formo dan Confero

    Wuling Formo dan Confero keduanya memiliki basis yang sama. Lalu apa yang menjadikan keduanya berbeda?

    • Segmentasi

    Segmentasi Wuling Formo lebih ke mobil komersial, sedangkan Wuling Confero lebih ke mobil penumpang.

    • Desain 

    Secara desain keduanya memiliki basis yang sama, hampir 90 desain eksteriornya sama. Ada beberapa bagian yang berbeda seperti velg, lampu-lampu dan grill.

    • Fitur 

    Fitur Wuling Formo lebih minim dibandingkan Wuling Confero, karena peruntukannya untuk mobil komersial.

    • Kapasitas mesin dan performa

    Wuling Formo menggunakan mesin 1.2 L dengan tenaga 77,5 hp dan torsi maksimal 110 Nm. Sedangkan Wuling Confero menggunakan mesin 1.5 L dengan tenaga 107 hp dengan torsi maksimal 142 Nm.

    • Harga

    Harga Wuling Formo dengan Wuling Confero terpaut sekitar 10 jutaan.

    Baca juga: Mobil China di Indonesia: Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

    Harga Wuling Formo

    Wuling Formo hadir dalam lima warna, yaitu Pristine White, Starry Black, Dazzling Silver, Aurora Silver dan Carnelian Red. Harga Wuling Formo Blind Van Rp146.2000 dan Wuling Formo S mulai dari Rp156.800.000. Varian terbaru Wuling Formo Max dijual dengan harga Rp162.000.000. Harga ini kami ambil dari website resmi Wuling.id.

    Agar mobil tetap awet, apalagi peruntukannya untuk kendaraan komersial. Kamu sebagai pemilik mobil harus lebih rutin melakukan service rutin dan ganti oli secara berkala. Carilah rekomendasi bengkel terdekat yang sudah berpengalaman dengan merk Wuling. Dengan aplikasi Otoklix, kamu bisa mendapatkan rekomendasi dan booking bengkel lewat smartphone. Yuk coba sekarang!

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Wuling Formo


    Wuling Formo merupakan jenis mobil niaga, ada tiga model yaitu Formo S untuk penumpang, Formo Blind Van dan Formo Pick Up.


    Wuling Formo menggunakan mesin 1.2 Liter 4 silinder bensin dengan tenaga 77,5 hp dan torsi 110 Nm bertransmisi manual.


    Harga Wuling Formo mulai dari 146 jutaan untuk versi termurahnya.