Toyota Yaris Cross baru saja diluncurkan pada Senin, 15 Mei 2023. Mobil ini digadang-gadang bakal jadi saingan Honda HR-V, Chery Omoda 5, Suzuki Grand Vitara dan Hyundai Creta. Sekitar 80 persen materialnya berasa dari dalam negeri, menjadi mobil yang rencananya bakal diproduksi lokal. Yaris Cross bakal jadi model hybrid Toyota yang diproduksi dalam negeri setelah Innova Zenix.

Penasaran dengan spesifikasi dan harga dari Toyota Yaris Cross 2023 ini? Simak ulasan selengkapnya di Blog Otoklix.

Resmi Rilis, Berikut Spesifikasi Yaris Cross 2023

Yaris Cross dibangun dengan platform Daihatsu New Global Architecture untuk segmen B (DNGA-B). Artinya untuk mobil-mobil subcompact car, crossover, SUV, dan mini MPV. Bagian depannya hampir sama dengan platform Avanza-Xenia. Namun, ada perbedaan pada under section dan wheelbase-nya. 

Mobil ini mengusung tema Urban SUV Meets Adventure. Medium SUV ini cocok untuk anak muda karena memiliki konsep youthful, fun to drive, tetapi tetap andal dan tangguh sebagai crossover.

Ini dia spesifikasi dari Toyota Yaris Cross 2023.

Mesin hybrid Yaris Cross 2023

Yaris Cross 2023 dibekali dengan mesin 1.500 cc DOHC Dual VVT-i 4 silinder. Terdapat dua pilihan mesin, yaitu bensin 2NR-VE dan hybrid 2NR-VEX. Mesin bensinnya bisa menghasilkan tenaga sampai 106 dk. Tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT. 

Transmisi matiknya menggunakan Dual Mode CVT atau D-CVT. Sebenarnya D-CVT ini sama dengan CVT konvensional lain. Namun, transmisi ini bisa split gear pada kecepatan di atas 60 km/jam.

Sementara itu untuk mesin hybrid dibekali dengan motor listrik dan juga baterai lithium ion. Mesin bensinnya bisa menghasilkan tenaga 89,9 dk dan torsi 121 Nm. Sedangkan motor listriknya bisa menghasilkan tenaga sampai 79 dk dan torsi 141 Nm. Namun, tidak disebutkan total tenaga dari kedua mesin tersebut. Hanya tersedia transmisi e-CVT saja pada Toyota Yaris Cross model hybrid.

Baterai lithium ion ini punya keunggulan, yaitu tahan suhu kerja ekstrem dan ukurannya lebih kompak. Selain itu, baterai hybrid ini ditempatkan di bawah bangku penumpang belakang. Sehingga tidak mengurangi area kabin penumpang maupun kapasitas bagasi.

Hanya tersedia dua grade, yaitu tipe G dan tipe S. Kedua tipe ini termasuk mid dan high, tidak ada tipe low. 

Baca juga: Sudah Murah! Ini Harga Yaris Bakpao Bekas Serta Modifikasinya

Fitur Yaris Cross 2023

Kekuatan dari mesin tersebut tidak cukup jika tidak dilengkapi dengan fitur yang mumpuni. Yaris Cross 2023 dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Di antaranya adalah jok elektrik, layar monior 10.1 inci yang terkoneksi dengan nirkabel, power back door dengan kick sensor, panoramic glass roof dengan sunshade elektrik, wireless charger, serta ambient illumination lamp.

Sementara itu, fitur keselamatan pada mobil medium SUV ini ada Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal, 6-airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Blind Spot Monitor (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan juga Panoramic View Monitor.

Tidak ketinggalan juga fitur keselamatan aktif khusus dari Toyota, yaitu Toyota Safety Sense atau TSS. Belum banyak terungkap isi fitur dari TSS yang disematkan di Yaris Cross. Salah satunya adalah Adaptive Cruise Control.

Eksterior Yaris Cross 2023

Berbeda dengan generasi sebelumnya, mobil ini punya dimensi yang sedikit lebih bongsor. Panjangnya 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm. Sedangkan wheelbase-nya 2.620 mm dan ground clearance 260 mm.

Tersedia dalam pilihan single tone dan dual tone. Untuk pilihan warna single tone ada Super White 2, Silver Metallic, Altitude Black Mica, Dark Red, Greenish Gunmetal, Platinum Pearl White (Premium), dan Scarlet (Premium).

Sedangkan pilihan warna untuk dual-tone ada yang atapnya berwarna Altitude Black Mica yang dikombinasikan dengan kelir bodi SIlver Metallic, Platinum Pearl White, maupun Scarlet.

Desain atapnya miring ke belakang. Ini juga dipadukan dengan spatbor melebar. Kombinasi ini membuat siluetnya tampak kokoh dan stabil dari samping. Selain itu ada juga roda dengan diameter besar yang membuat Yaris Cross tampak makin kekar.

Lampu belakangnya menggunakan LED dengan desain yang terkesan lebar. Kemudian, bumper belakangnya juga bergaya SUV modern. Desain ini dibuat dengan style Urban SUV, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang stabil. 

Baca juga: Jenis Mobil Toyota: SUV, MPV, Hatchback, Sedan, Sport

Interior Yaris Cross 2023

Kesan saat memasuki interior All-New Yaris Cross adalah roomy dan sporty. Terdapat panel soft dashboard yang lebar dan terkesan mewah. Desain itu juga membuat kabinnya terlihat lapang. Apalagi dengan tambahan Panoramic Glass Roof with Power Sunshade yang menambah kesan lapang.

Kemudian terdapat panel instrumen TFT 7 inci digital. Desainnya dipadukan dengan black piano finish sehingga memberikan kesan canggih dan berkualitas tinggi. Jahitan joknya diberi sulaman benang berwarna biru. Materialnya terbuat dari bahan fabric dan juga kulit sintetis. Terdapat Electric Seat Adjuster juga pada jok pengemudi.

Harga Yaris Cross 2023

Harga Yaris Cross 2023 memang belum diungkap dengan jelas oleh PT TAM pada peluncurannya. Namun, kabarnya bakal di range harga Rp300 juta sampai Rp400 juta lebih.

Sejarah Toyota Yaris Dari Generasi Pertama

Toyota Yaris pertama kali hadir pada 2005 di Jepang, tetapi masih menggunakan nama Toyota Vitz. kemudian ketika sudah dipasarkan di seluruh dunia pada 2006, namanya berubah jadi Yaris. Kemudian pada 2007 diluncurkan Yaris RS dengan mesin 1.8 liter.

Pada 2006, Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia. Tersedia model E, S, dan S limited. Semua modelnya menggunakan mesin 1.500 cc dengan VVT-i, sama dengan Toyota Vios. kemudian, pada 2009 hadir versi facelift-nya. Yaitu terdapat perbedaan pada bumper depan, gril, serta lampu belakang baru tanpa LED.

Versi facelift kedua hadir pada 2012. Ada sedikit perubahan pada bumper depan dan juga lampu kabut. Ubahan ini dirancang berbasis Vitz RS Jepang.

Baca juga: Rekomendasi 13 City Car Murah, Harga di Bawah Rp100 Jutaan

Toyota Yaris generasi ketiga diluncurkan pada Mei 2013. Mobil ini dirakit di Karawang, Jawa Barat. Tersedia tiga tipe, yaitu E, G, dan TRD Sportivo. Tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis. Namun, mesinnya masih sama seperti generasi sebelumnya.

Versi facelift dari generasi ketiga diluncurkan pada 2018. Sementara versi facelift kedua dari Yaris generasi ketiga diluncurkan pada 2020. Versi ini tersedia dalam dua tipe, yaitu G dan TRF Sportivo.

Tertarik membeli Toyota Yaris Cross 2023 untuk tampil lebih keren dan berkendara lebih nyaman? Mari kita tunggu angka pasti untuk harga Yaris Cross 2023 ini.

Bagi OtoFriends pelanggan Otoklix yang punya mobil Yaris sejak generasi pertama, pastikan untuk selalu merawatnya. Baik mobil lawas maupun mobil baru tetap membutuhkan perawatan berkala supaya performanya terjaga.

Bengkel Otoklix tersebar di wilayah Jabodetabek dan melayani berbagai servis mobil secara lengkap. Mulai dari ganti oli, servis AC, servis aki, servis rem, sampai dengan cuci mobil. Booking servis mobil lebih mudah menggunakan aplikasi Otoklix. Harganya juga transparan serta kompetitif.

Pertanyaan Seputar Yaris Cross

Toyota Yaris Cross sudah diluncurkan di Indonesia pada 15 Mei 2023.

Yaris Cross 2023 dibekali dengan mesin 1.500 cc DOHC Dual VVT-i 4 silinder. Terdapat dua pilihan mesin, yaitu bensin 2NR-VE dan hybrid 2NR-VEX. Mesin hybrid dibekali dengan motor listrik dan juga baterai lithium ion. Mesin bensinnya bisa menghasilkan tenaga 89,9 dk dan torsi 121 Nm. Sedangkan motor listriknya bisa menghasilkan tenaga sampai 79 dk dan torsi 141 Nm.

Yaris Cross adalah mobil jenis medium SUV yang bisa menampung sampai dengan 5 penumpang.