Mobil Honda Civic merupakan salah satu mobil keluaran pabrikan mobil Honda yang paling laris saat ini. Mobil yang satu ini sangat identik dengan anak muda karena memiliki tampilan yang sporty, mewah dan elegan.

Selain itu juga ternyata mobil ini memiliki berbagai fitur canggih di dalamnya. Bagi OtoFriends yang tertarik untuk memiliki mobil Honda Civic, simak terlebih dahulu beberapa informasi lengkap mobil yang satu ini dari Otoklix, simak selengkapnya.

Sejarah Mobil Honda Civic

Mobil Honda Civic merupakan salah satu mobil yang paling laris dalam pabrikan mobil Honda. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli tahun 1972 dan hingga saat ini setidaknya sudah ada sebelas generasi mobil Honda Civic. Mobil Honda Civic sendiri pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1980an.

Mobil Honda Civic generasi kesepuluh pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2017 lalu. Untuk varian terbarunya adalah Honda Civic Turbo yang diperkenalkan pada tahun 2019 dan sekaligus menjadi varian termahal Honda Civic di Indonesia.

Harga Mobil Honda Civic

Setelah mengetahui sejarah mobil Honda Civic, bagi OtoFriends yang ingin memiliki mobil ini, harga Honda Civic terbaru berkisar mulai dari Rp567 Juta, sampai Rp1,2 Miliar. Berikut ini adalah daftar lengkap harga mobil Honda Civic terbaru.

TipeHarga
New Honda Civic Hatchback RS 2022Rp567.000.000
New Honda Civic 1,5L VTEC TurboRp533.000.000
Civic Type R 6 Speed M/TRp1.180.000.000

Sementara untuk OtoFriends yang ingin memiliki mobil Honda Civic bekas, harganya mulai dari Rp10 Jutaan Rp400 Jutaan tergantung tahun generasi dan juga kondisi mobil tersebut. Berikut ini adalah daftar lengkap kisaran harga mobil Honda Civic bekas.

Tipe dan TahunHarga
Civic generasi pertama 1972 dan generasi keduaRp10.000.000 sampai Rp30.000.000
Civic Wonder SB3 1984-1987Rp20.000.000 sampai Rp90.000.000
Grand Civic 1988-1991Rp25.000.000 sampai Rp130.000.000
Honda Civic EstiloRp100.000.000 sampai Rp300.000.000
Honda Civic FerioRp38.000.000 sampai Rp155.000.000
Honda Civic VTIRp45.000.000 sampai Rp148.000.000
Honda Civic VTECRp55.000.000 sampai Rp345.000.000
All New Honda Civic 1.8LRp118.000.000 sampai Rp138.000.000
All New Honda Civic 2.0LRp105.000.000 sampai Rp257.000.000
All New Honda Civic E TurboRp183.000.000 sampai Rp650.000.000
All New Honda Civic 1.5L Turbo ESRp365.000.000 sampai Rp418.000.000

Spesifikasi Mobil Honda Civic

Setelah mengetahui beberapa harga mobil Honda Civic yang bisa OtoFriends pilih, kali ini Otoklix juga akan membahas tentang spesifikasi mobil Honda Civic terbaru. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Mesin Mobil Honda Civic

Spesifikasi pertama yang akan Otoklix bahas adalah mesin dari mobil Honda Civic. Mesin mobil Honda Civic ini memiliki empat silinder 1.500cc DOHC 16 katup VTEC Turbo. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 178 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 240 nm pada 1.700 sampai 4.500 rpm. 

Mobil ini juga menggunakan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology yang membuat transmisi perpindahan gigi menjadi lebih halus dan membuat performa mesin mobil menjadi lebih maksimal serta irit bahan bakar. 

Tenaga dari mobil Honda Civic ini juga termasuk tenaga paling besar dan paling kuat dibandingkan dengan beberapa mobil sedan medium lainnya.

2. Eksterior Mobil Honda Civic

Setelah mengetahui mesin dari mobil Honda Civic, Otoklix akan membahas eksterior dari mobil yang satu ini. Mobil Honda Civic ini adalah mobil sedan yang memiliki body yang dengan bentuk dan garis-garis yang tegas.

Mobil yang satu ini sangat identik dengan anak muda yang ingin terlihat sporty, mewah dan elegan. Mobil Honda Civic ini semakin menarik dengan hadirnya velg dengan ukuran 17 inci dan ban dengan ukuran 215/50R17.

Untuk dimensi atau ukuran dari masing-masing variasi Honda Civic terbaru yaitu Honda Civic Hatchback RS, Honda Civic 1,5L VTEC Turbo dan Honda Civic Type R, berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah daftar lengkap dimensi atau ukuran dari masing-masing variasi tersebut. 

TipePanjangLebarTinggiPanjang Wheel Base
Honda Civic Hatchback RS4,6 meter2,1 meter1,4 meter2,7 meter
Honda Civic 1,5L VTEC Turbo4,5 meter2,1 meter1,4 meter2,7 meter
Honda Civic Type R4,6 meter2,1 meter1,4 meter2,7 meter

Baca Juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

3. Warna Mobil Honda Civic

Spesifikasi mobil Honda Civic yang selanjutnya adalah warna dari mobil yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa variasi pilihan warna dari mobil Honda Civic Turbo.

Variasi warna yang pertama adalah Crystal Black Pearl yang merupakan warna hitam metalik yang terlihat sederhana namun tangguh.

Variasi warna yang kedua dan ketiga adalah Brilliant Sport Blue Metallic dan Rally Red. Kedua warna tersebut sangat cocok untuk OtoFriends yang ingin lebih terlihat menonjol dengan warna biru atau merah yang sangat keren.

Bagi OtoFriends yang menyukai warna putih, maka variasi warna mobil Honda Civic yang cocok untuk OtoFriends adalah Platinum White Orchid Pearl. Warna putih pada variasi warna putih ini akan memberikan kesan sederhana namun tetap mewah.

Lalu untuk variasi warna yang terakhir adalah Modern Steel Metallic. Variasi warna yang satu ini bisa menjadi pilihan OtoFriends yang ingin memiliki warna netral selain warna putih dan hitam.

Baca Juga: Catat! Daftar Bengkel Cat Mobil Terbaik di Jabodetabek

4. Interior Mobil Honda Civic

Setelah membahas tentang mesin dan tampilan luar yaitu eksterior serta variasi warna dari mobil Honda Civic, kini Otoklix akan mulai membahas tentang interior dari mobil ini. Untuk interior dari mobil Honda Civic terbaru yaitu Honda Civic Hatchback RS, Honda Civic 1,5L VTEC Turbo dan Honda Civic Type R, berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Untuk interior variasi Honda Civic Hatchback RS sudah menggunakan sistem push ignition, AC otomatis, dan ventilasi AC pada bagian samping. Untuk bagian kursi, setir dan transmisi telah dilapisi bahan kulit sintetis.

Untuk interior variasi Honda Civic 1,5L VTEC Turbo hampir sama seperti variasi Honda Civic Hatchback RS. Perbedaanya adalah pada bagian lapisan kulit sintetis yang ada pada kursi, setir, dan transmisi. Pada variasi Honda Civic 1,5L VTEC Turbo jahitan lebih jelas jika membandingkannya dengan variasi Honda Civic Hatchback RS.

Sementara untuk interior variasi Honda Civic Type R sama seperti variasi sebelumnya. Perbedaanya adalah pada variasi ini terdapat Head Unit Touchscreen yang telah dilengkapi beberapa fitur canggih. Beberapa fitur tersebut adalah seperti navigasi dan 3 Mode Drive.

Untuk ketiga variasi tersebut sama-sama memiliki kapasitas penumpang sampai lima orang dengan dua baris kursi.

Baca Juga: 6 Tren Modifikasi Interior Mobil Kekinian Biar Makin Wow

5. Fitur Mobil Honda Civic

Informasi spesifikasi mobil Honda Civic terakhir yang akan Otoklix bahas adalah beberapa fitur canggih yang ada pada mobil ini. Dimulai dari fitur keselamatan, beberapa fitur keselamatan pada mobil ini adalah Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, Rearview Camera, Uphill & Downhill Assist Control dengan Hill Start Assist, Vehicle Stability Control System, 6 Airbags(Dual Front SRS, Side & Side Curtain), dan Child safety locks.

Untuk fitur kenyaman dan keamanan terdapat beberapa fitur dalam mobil Honda Civic ini. Untuk fitur keamanan terdapat fitur Anti theft system, Smart Key Card, dan kunci otomatis saat pengguna menjauh atau Walk Away Auto Lock.

Untuk fitur kenyamanan dalam berkendara, mobil Honda Civic ini juga memiliki beberapa fitur. Beberapa fitur tersebut adalah, Tilt and Telescopic untuk pengaturan posisi setir mobil, Auto Digital AC, Ambient Lights, Cruise Control, Engine start stop button, Gearshift paddle, Lampu baca LED, Vanity mirror, Power steering dan sistem navigasi.

Untuk mendukung fitur keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara, terdapat juga fitur ADAS atau Advanced Driving Assist System yang bernama Honda Sensing. Dalam fitur canggih ini terdapat beberapa teknologi canggih yaitu Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, Road Departure Warning, Adaptive Cruise Control, dan Low Speed Follow.

Collision Mitigation Braking System dapat memberikan OtoFriends peringatan dan pengereman secara otomatis saat mobil mendeteksi potensi terjadinya benturan dengan kendaraan lain sampai dengan benturan dengan pejalan kaki.

Lane Keeping Assist akan membuat mobil tetap berada pada jalur yang seharusnya. Sementara Road Departure Warning memiliki peran untuk membuat mobil kembali pada jalur berkendara yang seharusnya apabila berpindah jalur secara tidak sengaja.

Adaptive Cruise Control memiliki manfaat untuk dapat melaju secara konsisten dengan menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan mobil. 

Sementara untuk Low Speed Follow, memungkinkan mobil untuk mengikuti kendaraan di depannya sampai kecepatan rendah.

Untuk fitur hiburan, mobil Honda Civic memiliki head unit dengan Advance Capacitive Touch screen Display Audio,USB Port, Bluetooth,Hands Free Telephone,AM/FM Radio,MP3/WMA dan Smartphone connection serta 8 Speaker pada bagian dalam interior mobil.

Kelebihan Mobil Honda Civic

Berdasarkan beberapa informasi mengenai spesifikasi mobil Honda Civic tersebut, mobil ini memiliki beberapa kelebihan. Beberapa kelebihan mobil Honda Civic antara lain adalah memiliki desain yang sporty, fitur keamanan yang meyakinkan karena mobil ini sudah menggunakan Honda Sensing yang didalamnya terdapat Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, Road Departure Warning, Adaptive Cruise Control, dan Low Speed Follow.

Mobil ini juga termasuk mobil yang irit bahan bakar dengan mode ECON dan transmisi CVT. Selain itu juga handling mobil termasuk bagus dan posisi duduk saat berada di dalam mobil ini juga ergonomis serta nyaman untuk OtoFriends. 

Itulah informasi lengkap mengenai mobil Honda Civic mulai dari sejarah, harga, spesifikasi lengkap sampai dengan beberapa kelebihan dari mobil ini. Jika OtoFriends tertarik memiliki mobil yang satu ini, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin di beberapa bengkel mobil terpercaya dari Otoklix.

Semoga informasi dari Otoklix tersebut dapat bermanfaat untuk OtoFriends dan jangan lupa untuk menyimak berbagai informasi otomotif menarik lainnya dari Otoklix.

Pertanyaan Seputar Mobil Honda Civic

Harga mobil Honda Civic terbaru adalah mulai dari Rp567 Juta sampai Rp1,2 Miliar

Beberapa variasi warna mobil Honda Civic terbaru adalah Crystal Black Pearl, Brilliant Sport Blue Metallic, Rally Red, Platinum White Orchid Pearl, dan Modern Steel Metallic

Mobil Honda Civic memiliki kapasitas penumpang sampai lima orang dengan dua baris kursi.