Honda Jazz merupakan salah satu city car dengan tipe hatchback yang sangat populer di dunia termasuk di Indonesia. Bagi OtoFriends yang tertarik untuk memiliki Honda Jazz, mendapatkan Honda Jazz bekas merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan mobil yang berkualitas dengan harga yang murah.

Sampai saat ini, di Indonesia sudah ada 3 generasi Honda Jazz yang pernah ada di pasar otomotif Indonesia. OtoFriends bisa memilih salah satu Honda Jazz bekas dari beberapa generasi tersebut. Tertarik untuk memiliki Honda Jazz bekas? Untuk lebih mengenal tentang mobil yang satu ini, simak informasi Honda Jazz bekas berikut ini.

3 Generasi Honda Jazz

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Honda Jazz sampai saat ini sudah memiliki 3 generasi mulai dari tahun 2001 hingga generasi terbaru di tahun 2020. Berikut ini adalah uraian lengkap dari masing-masing generasi Honda Jazz tersebut.

1. Generasi Pertama Honda Jazz

Generasi pertama Honda Jazz hadir mulai tahun 2001 sampai 2007. Honda Jazz generasi pertama ini memiliki kode GD3. Generasi pertama Honda Jazz ini berhasil terjual sampai dua juta unit di seluruh dunia. Honda Jazz bekas generasi pertama ini memiliki bentuk yang cukup kecil dan terkesan membulat namun tetap aerodinamis. 

Di Indonesia sendiri, Honda Jazz bekas generasi pertama yang dipasarkan mempunyai kapasitas mesin 1,5 L dengan sistem penggerak roda 2WD. Meskipun berukuran kecil, namun untuk kabin Honda Jazz generasi pertama ini ternyata cukup luas. Selain itu generasi pertama sangat sering dimodifikasi karena mudah untuk menambahkan berbagai aksesoris modifikasi mobil.

Untuk performa kendaraan, Honda Jazz bekas ini memiliki dua tipe teknologi mesin yang dapat OtoFriends pilih. Kedua teknologi mesin tersebut adalah i-DSI dan VTEC. i-DSI atau Intelligent Dual and Sequential Ignition yang mampu menghasilkan tenaga 87 PS dengan torsi maksimal 128 Nm.

Sementara untuk teknologi mesin VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 110 PS dengan torsi maksimal 143 Nm. Harga Honda Jazz bekas generasi pertama ini bisa OtoFriends dapatkan dengan kisaran harga mulai dari Rp70 Jutaan sampai dengan Rp 80 Jutaan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

2. Generasi Kedua Honda Jazz

Generasi kedua Honda Jazz ini memiliki kode GE dan pertama kali diperkenalkan pada 17 Oktober 2017 di Tokyo Motor Show dan mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 2008 sampai 2013. Di Indonesia sendiri, Honda Jazz bekas generasi kedua ini hadir dengan tiga tipe variasi, yaitu Honda Jazz tipe A, tipe S dan paling tertinggi adalah Honda Jazz tipe RS.

Generasi kedua Honda Jazz ini memiliki dimensi atau ukuran yang lebih besar dari generasi pertama sebelumnya. Honda Jazz generasi kedua ini memiliki ukuran panjang 3900mm, lebar 1695mm, tinggi 1525mm dan untuk kapasitas bahan bakar adalah 42 L.

Tidak hanya dari ukuran, tampilan Honda Jazz generasi kedua ini juga tentunya sangat berbeda dengan generasi sebelumnya dan lebih sporty. Meskipun terlihat berbeda, generasi kedua Honda Jazz ini tetap memiliki ciri khas yang sama seperti generasi pertama, yaitu ukuran head lamp depan yang cukup besar.

Untuk performa mesin, Honda Jazz generasi kedua ini memiliki kapasitas mesin 1.5 L dengan menggunakan teknologi i-VTEC. Mesin Honda Jazz generasi kedua ini mampu menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm. Harga Honda Jazz bekas generasi kedua ini dimulai dari Rp90 Jutaan sampai Rp 170 Jutaan tergantung tipe, kondisi dan tahun dari Honda Jazz tersebut.

3. Generasi Ketiga Honda Jazz

Generasi ketiga atau yang terakhir Honda Jazz memulai produksi pada tahun 2014 hingga 2021. Jika pada beberapa generasi sebelumnya untuk produksi Honda Jazz Indonesia melakukan impor dari Jepang, untuk generasi ketiga ini Indonesia sudah melakukan perakitan dalam negeri sendiri.

Generasi ketiga ini juga mendapatkan penyegaran dari sisi warna pada tahun 2017 dengan variasi warna terbarunya pada saat itu adalah kombinasi dari dua warna yaitu Phoenix Orange Pearl with Black Top.

Dari sisi performa mesin, generasi terakhir Honda Jazz ini masih mengandalkan teknologi i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 120 PS dan torsi 145 Nm.

Jika pada performa mesin masih mengandalkan teknologi seperti generasi sebelumnya, generasi terakhir ini mendapatkan perubahan yang sangat besar pada sisi eksterior seperti model head lamp depan yang kini sudah lebih menyempit dan runcing ke bawah serta perubahan dari sisi interior mobil.

Baca Juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

Terdapat dua tipe pada generasi ini, yaitu Honda Jazz S dan RS. Harga Honda Jazz bekas generasi ketiga saat ini masih terbilang cukup mahal. Untuk Harga Honda Jazz bekas generasi terakhir ini adalah berkisar mulai dari Rp 160 Jutaan sampai di atas Rp200 Jutaan. Harga tersebut tergantung tipe, kondisi dan tahun dari Honda Jazz tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai Honda Jazz bekas yang perlu OtoFriends ketahui sesuai dengan generasi dari masing-masing Honda Jazz tersebut. Berdasarkan informasi tersebut, dapat OtoFriends simpulkan Harga Honda Jazz bekas adalah mulai dari Rp70 Jutaan sampai di atas Rp200 Jutaan. Harga tersebut tergantung dari generasi, tipe, kondisi dan tahun Honda Jazz tersebut.

Memiliki mobil bekas memanglah menjadi suatu pilihan terbaik bagi OtoFriends yang ingin memiliki mobil dengan harga yang terjangkau. Namun perlu menjadi catatan penting bagi OtoFriends agar memperhatikan kondisi mobil bekas tersebut. Perhatikanlah mulai dari eksterior, interior dan juga kondisi mesin dari mobil bekas tersebut.

Untuk mendapatkan performa terbaik dari sebuah mobil termasuk mobil bekas, OtoFriends dapat mempercayakannya pada berbagai bengkel pilihan terpercaya dari Otoklix. OtoFriends dapat melakukan berbagai perawatan mulai dari pengecekan sampai perbaikan. Semoga informasi mengenai Honda Jazz bekas tersebut dapat menjadi pertimbangan OtoFriends dalam memilih mobil terbaik.