Mobil Panther sudah lama dikenal sebagai mobil keluarga nan kuat. Hal itu tidak lepas dari tenaganya yang besar serta mesin yang bandel.

Selain itu, Isuzu merancang salah satu produknya ini hemat bahan bakar. Tak heran mobil ini menjadi salah satu kendaraan yang paling diandalkan oleh keluarga di Indonesia.

Pertama kali muncul Isuzu Panther disiapkan untuk menghadang Toyota Kijang. Di Indonesia, Isuzu Panther sudah berkiprah sejak 1987. Generasi pertama ini dipasarkan hingga 1990. 

Isuzu Panther merupakan mobil bermesin diesel yang cukup legendaris, yang sampai saat ini masih eksis di jalanan tanah air. Konsumen di Indonesia banyak menyebutnya dengan Panther Kotak Pre-facelift.  

Sementara itu soal harga, mobil Panther bekas cukup bersahabat dengan kantong. Kisaran harga mobil Panther bekas di antara Rp 30 jutaan sampai Rp 150 jutaan.

Harga tersebut tergantung tipe, tahun dan kondisi dari mobil. Oleh sebab itu, Otoklix telah merangkumnya.

Generasi Pertama

Pertama kali dilaunching, Panther mengusung kode bodi TBR 52. Isuzu Panther ini mengandalkan mesin dengan kode C223.

Mesin ini memiliki kapasitas 2.238 cc dengan 4 silinder, OHV, Indirect Injection. Tenaga maksimum yang dihasilkan dapat mencapai 73 PS pada putaran 4.300 rpm dan torsi maksimumnya 140 Nm pada putaran 2.400 rpm.

Untuk generasi pertama, Panther dipasarkan dalam bentuk karoseri. Jenisnya cukup beragam, tipe Isuzu Panther lama mulai dari Bravo, Miyabi, Sparta, dan Golden. Lalu, Isuzu Panther juga hadir dengan tipe Hi Grade, Grand Deluxe, Deluxe, dan Standard.

Soal desain, Panther satu ini bisa dibilang cukup kaku. Sebab, bodinya yang besar dan bentuknya yang mengotak dan panjang. 

Namun, sejak awal mobil ini sudah memiliki reputasi sebagai mobil yang sangat irit konsumsi bahan bakar. Soal kapasitas, Isuzu Panther juga bisa dikatakan juara. 

Daya tampungnya bisa mencapai sembilan orang. Dua orang di baris pertama, tiga orang di baris kedua, dan empat orang di baris ketiga. Sebab, susunan kursi di baris ketiga dibuat menyamping sehingga posisi duduknya berhadap-hadapan.

Semantara itu, ada beberapa perbedaan tipe Isuzu Panther. Pada varian standard, Isuzu Panther hanya mengandalkan satu blower. Tapi, untuk varian lain di atasnya atau kasta yang lebih tinggi, sudah dibekali dengan fitur AC double blower.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Standar Untuk Mobil Panther

Generasi ini memiliki harga bekas mulai dari 30 jutaan hingga 50 jutaan saja. Namun, semua itu tergantung kondisi mobil yang akan dibeli.

Generasi Kedua

Generasi kedua Isuzu Panther di Indonesia hadir dengan 8 varian, yaitu Panther Grand Royal, New Royal, Royal, Hi–Grade, New Hi–Grade, Hi–Sporty, Deluxe, dan Standar. 

Mobil Panther generasi kedua ini ditenagai mesin berkapasitas 2.500 cc OHV (Over Head Valve) direct Injection dengan tenaga maksimum 86 hp di 3.900 rpm.

Mobil Panther generasi pertama dan kedua memiliki beberapa perbedaan. Salah satunya adalah spesifikasi mesin yang lebih bertenaga, desain eksteriornya juga berbeda. Namun, Panther tetap mempertahankan ciri khasnya dengan lampu depan yang lebar.

Masalah harga mobil Panther generasi kedua tidak jauh berbeda dengan generasi pertama. Mobil dibanderol mulai dari 40 jutaan saja.

Generasi Ketiga

Pada tahun 2000 silam, Isuzu meluncurkan generasi ketiga Panther. Pada generasi ini anther dipasangkan mesin yang tidak  jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

Panther pada generasi ketiganya meluncurkan New Panther, mobil yang sudah menggunakan transmisi otomatis dan mesin turbo diesel. Kemunculan New Panther ini merupakan produk baru dari ‘Sang Legendaris’ dan pada generasi ketiga ini juga menawarkan varian terbaru, yaitu Panther Grand Touring, Touring, SS, SV, LV, LM, dan SM.

Pada generasi ini juga, Isuzu Panther sudah tidak mengotak lagi bentuknya. Kali ini, bodinya seperti generasi keempat Toyota Kijang yang disebut “kapsul”. Maka itu, generasi ini juga disebut sebagai Panther Kapsul. Mesinnya masih dipertahankan dari generasi sebelumnya, yakni mesin berkode 4JA1.

Generasi ketiga ini memiliki harga bekas yang cukup tinggi dari generasi sebelumnya. Sebut saja dari Panther LS 2010 dijual dengan harga 153 jutaan.

Generasi Keempat

Mobil Panther generasi keempat bisa dibilang sebagai facelift dari generasi sebelumnya. Tak banyak perubahan pada generasi ini. 

Perbedaan dapat dilihat dari grill, desain lampu, dan interior yang lebih modern. Mobil Isuzu Panther yang mengaspal pada 2005 ini juga tidak banyak perubahan pada ruang bakarnya.

Namun, mobil generasi keempat ini dilengkapi dengan turbo berstandar Euro. Isuzu Panther generasi keempat memiliki beberapa varian, seperti LS Turbo, LS Hi – Grade, Grand Touring, Touring, Adventure, LV, LV FF, Smart, dan Smart FF.

Nah untuk Panther generasi ini memiliki harga jual bekas mulai dari 147 juta hingga 150 jutaan. Semua itu tergantung varian dan kondisi mobil tersebut.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta Terlengkap

Sementara itu, pada 2020 Isuzu memilih untuk menghentikan produksi Panther. Alasannya adalah emisi yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar Euro 4, yang menjadi standar emisi minimal untuk kendaraan baru di Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, produksi Isuzu Panther di Filipina, yang dipasarkan dengan nama Isuzu Crosswind, juga terpaksa dihentikan karena permasalahan yang sama. Lalu, pada 10 Februari 2021, PT Isuzu Astra Motor Indonesia secara resmi mengumumkan bahwa penjualan Isuzu Panther dihentikan.

itu dia beberapa varian mobil Panther yang beredar di Indonesia. Bagi OtoFriends pengguna Panther jangan lupa melakukan perawatan mobil kalian di Otoklix.

Sebab, Otoklix telah menyiapkan berbagai promo untuk kalian. Selain itu kalian bisa memilih bengkel dimana kalian akan melakukan service.

Pertanyaan Seputar Mobil Panther

Ada beragam jenis mobil Panther yang beredar di Indonesia mulai dari generasi awal hingga yang facelift.

Terdapat beragam harga mobil Panther yang beredar di Indonesia.

Isuzu memilih untuk menghentikan produksi Panther karena emisi yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar Euro 4.