AC yang tidak dingin adalah masalah yang cukup sering ditemui pada mobil. Macam-macam penyebabnya, termasuk salah satunya adalah filter AC yang sudah kotor atau bermasalah. 

Fungsi filter pada AC adalah untuk mencegah agar tidak ada debu atau kotoran yang masuk ke evaporator. Jika kondisi filter tidak bagus, maka tentu saja menghambat kerja AC.

Ini dia informasi seputar filter AC mobil, mulai dari harganya, waktu yang tepat untuk mengganti filter pada AC, dan fungsi filter AC.

Kisaran Harga Filter AC

Kisaran harga filter AC mobil bervariasi mulai dari Rp45-135 ribuan. Tetapi rentang harga itu masih cukup terjangkau, bukan?

Filter Kabin AC Daihatsu XeniaRp45 ribu
Filter Kabin AC Mitsubishi MirageRp65 ribu
Filter Kabin AC Nissan MarchRp75 ribu
Filter Kabin AC Nissan JukeRp80 ribu
Filter Kabin AC Honda All New CRVRp85 ribu
Filter Kabin AC Honda JazzRp85 ribu
Filter Kabin AC Hyundai New TucsonRp105 ribu
Filter Kabin AC Mitsubishi Pajero SportRp135 ribu

Kapan Saat yang Tepat Ganti Filter AC?

Filter AC sebaiknya diganti setiap 10.000 km atau setiap enam bulan sekali. Sama seperti anjuran mengganti oli mesin dan filter oli, ya. Jika jarang diganti, maka akan banyak debu menempel dan menyumbat sehingga menjadi penyebab AC menjadi tidak dingin.

Akan lebih baik lagi jika kamu mengecek kondisi filter AC setiap dua atau tiga bulan sekali, kalau perlu dibersihkan juga untuk menjaga kualitas AC. Kalau saat 10.000 km ternyata filter masih bagus, kamu bisa mengeceknya lagi pada servis AC berkala berikutnya.

Fungsi Penting Filter AC

Filter dan evaporator pada AC adalah komponen yang sangat penting pada AC mobil. Ada filter yang langsung terpasang pada AC, ada pula yang tidak. Umumnya, filter ini terpasang di dashboard mobil. Karena letaknya di bawah dashboard, mungkin kamu sulit menemukan filter kabin AC mobil jika hanya dilihat dari luar.

Pada mobil keluaran terbaru, biasanya sudah tersedia slot untuk memasang filter kabin AC ini. Jadi, kamu bisa membeli dan menambahkannya sendiri kalau ternyata belum ada filter AC di mobil.

Fungsi filter AC ini adalah sebagai penyaring udara agar yang masuk ke evaporator AC mobil adalah udara bersih. Filter kabin AC ini akan mencegah debu, bakteri, dan partikel kecil lain agar tidak masuk ke evaporator. Dengan begini, bisa meminimalisasi efek buruk bagi kamu yang memiliki alergi debu dan sebagainya.

Tanpa bahwa filter AC mobil kamu mungkin sudah kotor dan perlu diganti adalah bau tidak sedap pada kabin mobil kamu. Ada pula filter berbahan karbon yang bisa membunuh virus dan bakteri agar kabin tidak bau dan menjadi sarang penyakit.

Selain itu, filter yang penuh kotoran atau rusak bisa menyebabkan angin dari blower terhambat sehingga kurang terasa di dalam kabin mobil, udara dari AC kurang sejuk, bahkan bisa terjadi kebocoran pada evaporator.

Cara Membersihkan Filter AC

Kamu bisa melakukan pembersihan AC mobil di rumah tanpa perlu ke bengkel AC mobil. Meskipun bisa dibersihkan, tetapi filter AC mobil tetap butuh diganti setiap enam bulan sekali karena membersihkan filter tidak bisa membuat filter bersih maksimal.

1. Buka laci

Pertama, kamu bisa membuka laci dashboard mobil kamu dengan cara menarik ke atas dari sisi sebelah kiri. Kemudian, lakukan juga pada sisi kiri sampai terlepas sempurna. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak rusak, ya.

2. Kompartemen filter AC

Setelah laci sudah terbuka, kamu akan melihat kompartemen filter dan blower yang terletak bertumpuk. Biasanya filter AC berada di tumpukan atas.

3. Lepas filter AC

Lepaskan filter kabin AC dengan membuka sistem pengunci pada sisi boksnya. Sebelumnya, kamu perlu tahu bagaimana bentuk filter kabin AC. Jadi, tidak salah saat mengambilnya. Lakukan perlahan saat melepas filter kabin AC, karena kemungkinan banyak debu yang menempel. 

4. Bersihkan filter AC

Membersihkan filter AC tidak memerlukan keterampilan khusus. Kamu hanya perlu mengetik filter sampai debunya berjatuhan. Kamu juga bisa menggunakan kompresor agar bisa meniup debu dari bawah filter. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner.

Jangan merendam atau mencuci filter AC menggunakan air dan sabun ya. Bulu halus pada bagian filter akan hilang dan membuat filter tidak bekerja maksimal meskipun sudah dibersihkan.

5. Kembalikan ke tempat semula

Langkah terakhir adalah memasang kembali filter ke tempat semula, lalu tutup lacinya.

Jangan malas untuk membersihkan atau mengganti filter AC mobil, ya, karena bisa berdampak buruk untuk jangka panjangnya.

Kamu bisa menemukan bengkel AC mobil terdekat melalui aplikasi Otoklix, lho. Otoklix menggunakan fitur peta untuk mendapatkan bengkel terdekat lokasimu. Kamu juga bisa memilih bengkel berdasarkan rating dan fasilitas yang tersedia di Otoklix.

​​​​