Keluarnya asap putih dari AC mobil sering dikaitkan dengan adanya aktivitas api pada mesin. Padahal, ada banyak faktor penyebab AC mobil keluar asap.

Selain karena kurang perawatan, AC mobil yang tiba-tiba mengeluarkan asap juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen bagian dalamnya. Sebelum menjadi rusak parah, pahami beberapa penyebab AC mobil keluar asap putih beserta solusinya pada ulasan berikut.

Penyebab AC Mobil Keluar Asap

AC mobil menjadi salah satu komponen kendaraan yang mendukung kenyamanan berkendara. Jika terjadi kerusakan seperti keluar asap putih, tentu bisa menimbulkan rasa khawatir dan tidak nyaman.

Berikut Otoklix bagikan beberapa penyebab yang bisa memungkinkan AC mobil mengeluarkan asap putih secara tiba-tiba.

Kotornya evaporator

Evaporator atau dikenal juga dengan nama filter AC merupakan proses terakhir dalam sistem AC mobil. Evaporator umumnya terletak di bawah dashboard mobil. Namun, ada juga yang meletakkan evaporatornya di bagian lain tergantung jenis dan merek mobil.

Kondisi evaporator yang kotor dapat menyebabkan saluran untuk keluarnya udara dingin menjadi tersumbat. Alhasil, timbul gumpalan es yang bisa memicu keluarnya asap dari AC mobil.

Pulley macet

Pulley adalah sebuah bantalan dari tali kipas yang terdapat dalam sistem AC mobil. Setiap pulley memiliki bearing yang berguna untuk membantu perputaran tali kipas.

Apabila tali kipas terus bergeser secara terus menerus dalam waktu yang lama, maka akan bisa menjadi penyebab AC mobil keluar asap.

Kebocoran pada freon AC

Freon termasuk sistem AC mobil yang memiliki peran cukup krusial. Pada dasarnya, freon adalah zat kimia yang bisa dibilang sebagai titik utama proses pendinginan.

Apabila terjadi kebocoran, freon bisa menyebabkan keluarnya asap pada AC mobil atau bahkan mengeluarkan racun. Maka dari itu, apabila AC mobil keluar asap putih meskipun bukan disebabkan adanya api di bagian mesin mobil tetap perlu diwaspadai.

Baca juga: Kenali 6 Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis

Kelebihan air pada kotak pemanas

Jika asap yang keluar dari AC tidak berbau, kemungkinan besar terjadi karena kelebihan air pada kotak pemanas. Hal tersebut kemudian membuat asap yang terkumpul keluar dari AC saat terkena udara.

Masalah ini hanya akan teratasi dengan memanggil kontraktor HVAC. Sementara OtoFriends perlu memastikan pipa pembuangan AC bersih dari air atau benda kecil yang bisa menghalangi aliran udara.

Udara dingin bersentuhan dengan udara panas

Penyebab AC mobil keluar asap yang terakhir bisa terjadi karena udara dingin yang bersentuhan dengan udara panas. Hal tersebut bisa memicu terbentuknya uap air. 

Uap yang ada di udara inilah yang nantinya akan menghasilkan asap. Asap pada AC bisa diperparah jika kondisi ruangan memiliki kelembaban yang tinggi.

Cara Mengatasi AC Mobil Keluar Asap

Setelah memastikan apa yang menjadi penyebab AC mobil keluar asap putih, OtoFriends perlu mengambil langkah agar hal serupa tidak terjadi di kemudian hari. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya AC mobil keluar asap putih.

Periksa kondisi filter AC

Filter AC letaknya tersembunyi di balik dashboard mobil yang membuat kita tidak terlalu memperhatikan salah satu komponen AC tersebut. Fungsinya sudah pasti untuk menyaring debu dari karpet dan udara yang kemudian akan dihisap ke blower AC. 

Jika filter AC dalam kondisi kotor, maka udara yang melewati filter akan semakin berkurang. OtoFriends perlu memperhatikan komponen ini selalu dalam keadaan yang bersih dan tidak tersumbat.

Rutin membersihkan evaporator

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, evaporator yang kotor menjadi salah satu penyebab AC mobil keluar asap. Membersihkan evaporator secara rutin bisa menghindarkan mobil OtoFriends dari kejadian keluarnya asap putih dari AC mobil.

Melakukan perawatan AC secara teratur

Pastikan untuk selalu melakukan servis dan melakukan perawatan AC secara berkala sebagai upaya untuk mencegah terjadinya AC mobil keluar asap putih.

Estimasi Biaya Servis AC Mobil

Ada tipe mobil yang memang memerlukan perawatan mahal, ada juga yang lebih murah. Umumnya, bengkel AC mobil akan memeriksa mesin AC terlebih dulu sebelum menentukan tarif.

Biaya servis AC mobil di Jakarta umumnya berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp4 juta tergantung dari tipe mobil dan jenis kerusakannya. Biaya tersebut umumnya merupakan biaya paket perawatan atau perbaikan AC mobil, termasuk sparepart yang nantinya harus diganti apabila diperlukan

Baca juga: Rekomendasi Bengkel AC Mobil di Jabodetabek dan Biayanya

Itulah informasi lengkap seputar penyebab AC mobil keluar asap dan bagaimana cara mengatasinya. Perawatan AC mobil sangat diperlukan supaya kondisinya tetap optimal dan bisa mendinginkan kabin dengan baik. 

Demi mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat terkait AC mobil keluar asap putih, OtoFriends bisa membawa mobil ke bengkel servis AC terdekat.

Temukan bengkel servis AC terbaik dan terpercaya di aplikasi Otoklix. Otoklix akan merekomendasikan bengkel terdekat dengan lokasi kamu berada.

Pertanyaan Seputar Penyebab AC Mobil Keluar Asap

Selain karena kurang perawatan, AC mobil yang tiba-tiba mengeluarkan asap juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen di dalamnya.

Biaya servis AC mobil berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp4 juta tergantung dari tipe mobil dan jenis kerusakannya.

Evaporator umumnya terletak di bawah dashboard mobil. Namun, ada juga yang meletakkan evaporatornya di bagian lain tergantung jenis dan merek mobil.