AC mobil rusak dan sedang cari tempat sparepart AC mobil terdekat? Bengkel-bengkel recommended di bawah ini bisa OtoFriends datangi saat mengalami masalah pada AC mobil. Selain punya mekanik andal, sparepart AC mobil yang digunakan juga orisinal. 

Bengkel AC Mobil di Jabodetabek

Nama BengkelAlamatNo. Telepon
Mutiara Car Care CenterJl. Margonda Raya No.350, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok081905007050
Shop & Drive Margonda BaruJl. Raya Margonda No.428, Depok(021) 1500015
Family Andalan AutocareJl. Haji Naman No. 10, Kota Bekasi0816996274
Billabong MotorJl. Sudimampir Ruko Billabong Blok B, Kab. Bogor081388702005
Tavi GarageJl. Gaharu Blok F5 no. 10A Lipo Cikarang, Kab. Bekasi08121028513
Juber AC MobilJl. Radar Auri No.96, Cisalak, Kec. Sukmajaya, Kota Depok,(021) 87753450
AC QuicklyJl. KH Hasyim Ashari No.18, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang08111846393
Mitra Mandiri MotorJl. KH Hasyim Ashari No.57, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang081383781526
Fedid MotorJl. Inspeksi Saluran No. 30 Duren Sawit, Jakarta Timur0885730551570
Auto 88Jl. Utan Jati No. 40 Pasar Segar, Kalideres, Jakarta Barat
Shop&Drive Kelapa Gading BaruJl. Boulevard Barat Blok LC-8, Jakarta Utara(021) 1500015
999 Auto MobilJl. Rajawali Selatan Raya No.1D, Sawah Besar, Jakarta Pusat085282927458
Fresh Auto CareJl. Pasar Minggu Raya, No.88, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan (021) 79199570

Baca juga: Service AC Mobil: Waktu, Manfaat, dan Biaya Service

Sparepart AC Mobil

Setelah mengetahui di mana bengkel AC mobil terdekat se-Jabodetabek yang terpercaya, kita juga bakal membahas apa saja sparepart AC. Ini dia pembahasan tentang komponen AC mobil, mulai dari cara kerja dan fungsinya, serta harga jual yang ada di pasaran.

1. Kompresor AC

Fungsi dari kompresor AC mobil adalah untuk mengalirkan freon atau refrigerant dalam sistem AC mobil. Komponen kompresor digerakkan oleh mesin mobil. Biasanya juga didefinisikan sebagai alat mekanis yang mengusap uap refrigerant dari evaporator.

Setelah itu, kompresor melakukan penekanan atau compress. Sehingga suhu dan tekanan uap jadi lebih tinggi. Harga kompresor AC mobil berkisar antara Rp1,8 juta – Rp4,3 jutaan. 

2. Kondensor

Komponen berikutnya adalah kondensor. Fungsi kondensor adalah mendinginkan atau membuang panas dari freon atau refrigerant yang bersuhu dan bertekanan tinggi dari kompresor AC mobil. Kemudian, menggunakan cooling fan atau condenser fan untuk mengubah gas freon jadi cair.

Saat kondensor AC terlalu panas, kipas kondensor tersebut tidak akan bekerja maksimal. Kalau dibiarkan bisa bikin AC mobil rusak. Jadi, saat kita merasa ada masalah pada AC mobil, sebaiknya segera cek ke bengkel AC mobil terpercaya. Harga kondensor AC mobil berkisar Rp500 ribuan sampai dengan Rp1,4 jutaan.

3. Filter dryer

Sparepart AC mobil berikutnya ada yang namanya filter dryer. Fungsi dari komponen ini adalah menampung freon yang sudah mencair karena kondensor secara sementara. Selain itu, filter dryer juga berfungsi menyaring dan mengeringkan uap air di dalam sistem AC mobil. Ada juga komponen yang namanya filter kabin.

Fungsi dari filter kabin adalah menyaring debu. Letaknya berada di belakang laci kabin sebelah kiri. Debu ini harus disaring supaya tidak masuk ke evaporator. Sebab, cepat atau lambat AC mobil memang akan kotor seiring berjalannya waktu. Kalau tidak ada filter blower di mobil, debu dan kotoran bisa masuk ke evaporator melalui motor blower. Harga filter dryer ini berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp150 ribuan.

Baca juga: Ini Kisaran Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

4. Expansi valve

Expansi valve atau katup ekspansi ini juga adalah komponen penting pada AC mobil. Guna dari komponen ini adalah untuk menurunkan suhu dan tekanan pada refrigerant atau freon saat AC mobil bersirkulasi. Selain itu, fungsi dari expansi valve juga mengubah bentuk freon yang berbentuk cair. Tekanan freon yang tinggi diubah menjadi gas yang tekanannya lebih rendah.

Caranya adalah dengan melalui proses penguapan setelah melewati saluran yang sempit pada katup ekspansi. Freon yang berbentuk cair dan bertekanan tinggi akan menguap di dalam evaporator. Letak katup ekspansi ini berada pada saluran sebelum masuk evaporator.

Kemudian, ada dua jenis katup ekspansi mobil. Ada yang dengan sensor panas atau tipe orifice tube. Tidak perlu khawatir, biasanya jarang terjadi kerusakan pada komponen katup ekspansi AC mobil. Kalaupun terjadi kerusakan, biasanya karena kurang perawatan. Katup menjadi kotor atau bisa juga aus pada kompresor AC mobil. Gejala katup ekspansi rusak adalah udara yang keluar dari AC tidak terlalu dingin. Katup ekspansi bisa didapat dengan harga sekitar Rp200 ribuan.

5. Evaporator

Sparepart AC mobil berikutnya adalah cooling unit atau evaporator. Ini merupakan salah satu komponen AC mobil yang penting. Pada evaporator ini terjadi penguapan. Katup ekspansi akan mengalirkan udara diri ke dalam evaporator. Kemudian, blower akan menghembuskan angin sehingga udara dingin bisa menyejukkan kabin mobil.

Fungsi dari blower adalah untuk memastikan sirkulasi udara di dalam kabin terjadi dengan baik. Kemudian, evaporator dingin ini dilewati supaya AC berfungsi maksimal. Kalau komponen evaporator AC mobil rusak, bisa beli yang baru dengan harga sekitar Rp300 ribu – Rp500 ribuan.

Itu dia lima sparepart AC mobil yang perlu kita ketahui. Selanjutnya, mari kita simak cara merawat AC mobil supaya tetap dingin.

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Demi kenyamanan berkendara, kita perlu merawat AC mobil supaya kabin tetap terasa sejuk. Apalagi di iklim tropis seperti Indonesia, AC mobil sangat dibutuhkan. Ini dia beberapa cara agar AC mobil tetap dingin.

  • Menjaga kebersihan kabin mobil

Kabin mobil yang kotor dan berdebu bisa mengganggu kebersihan AC mobil juga. Hal ini bisa membuat AC tidak dingin dan juga udara yang keluar tidak sehat untuk dihirup karena kotor. Pasalnya, AC mobil menggunakan sistem sirkulasi tertutup dengan memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan secara berulang-ulang.

Baca juga: Cara Membersihkan AC Mobil dengan Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

  • Hindari membuka kaca mobil saat berkendara

Selanjutnya, sebaiknya tidak membuka kaca mobil saat berkendara dengan AC menyala. Sebab, kerja AC akan jadi terlalu berat

  • Hindari merokok di dalam mobil

Selanjutnya, hindari juga merokok di dalam mobil. Asap rokok ini bisa masuk ke sistem sirkulasi AC mobil sehingga udara dan aroma dari rokok akan bercampur dengan udara pendingin. Asap rokok juga bisa menempel di filter kabin atau filter AC. Usia pakai kedua komponen itu bisa lebih pendek.

  • Memilih pengharum mobil yang tepat

Aroma pengharum mobil yang menyengat bisa membuat AC cepat kotor. Selain itu juga bisa merusak interior mobil kalau meninggalkan bercak noda. Kandungan kimia di bahan beberapa pengharum juga bisa mengotori kondensor AC

  • Servis AC secara berkala

Sebaiknya lakukan servis berkala pada AC agar kondisinya tetap terjaga. Kalau melihat dari buku panduan, sebaiknya lakukan servis AC setiap 6 bulan atau 10.000 km.

Mencari bengkel terdekat untuk servis AC dan yang menjual sparepart AC mobil orisinal bisa dilakukan dengan menginstall aplikasi Otoklix, lho. Otoklix akan mencarikan bengkel terdekat karena menggunakan fitur peta yang mendeteksi lokasi pengguna.