AC mobil adalah salah satu komponen penting yang dapat menjaga sirkulasi udara. Selain itu, AC mobil juga bisa membuat suhu kabin mobil tetap stabil. Oleh sebab itu, setiap pemilik mobil harus tahu cara membersihkan AC mobil yang benar. Simak dalam artikel berikut!

Langkah-Langkah Membersihkan AC

1. Parkir mobil di tempat yang aman

Pertama-tama, parkir mobil di tempat yang aman. Pastikan mobil diparkir di tempat yang bersih dan tidak berdebu. Sebab, tempat yang berdebu akan memberikan sirkulasi udara buruk pada mobil. Langkah selanjutnya, siapkan peralatan untuk membersihkan AC mobil. Di antaranya sikat gigi, cairan pembersih mobil, brush, dan lap bersih.

2. Pastikan letak blower

Selanjutnya, cari tahu di mana letak blower. Biasanya blower terletak di bagian glove box atau laci di sisi dasbor. Buka glove box menggunakan obeng plus, kemudian ambil filter AC yang berbentuk persegi panjang.

3. Cek kondisi filter AC

Cara membersihkan AC mobil yang benar selanjutnya adalah cek apakah filter AC masih dalam kondisi baik atau sudah kotor. Apabila tidak terlalu kotor, bersihkan permukaannya dengan sikat untuk menghilangkan debu yang menempel. Namun, jika kondisi filter AC sangat kotor, ganti filter tersebut dengan filter yang baru.

4. Nyalakan AC mobil selama lima menit

Jangan lupa untuk menyalakan AC mobil minimal lima menit. Hal itu agar embun bisa keluar dari permukaan evaporator. Komponen evaporator berfungsi sebagai pengurai Freon ke selang-selang kecil yang akan membuat suhu mobil lebih dingin. Pembersihan evaporator akan semakin mudah dilakukan saat AC dalam kondisi menyala.

Baca juga: Cara Membersihkan AC Mobil dengan Mudah

5. Gunakan cairan pembersih AC di sisi blower

Cara membersihkan AC yang benar selanjutnya adalah kocok kaleng pembersih AC agar kandungannya tercampur rata. Lalu, letakkan spray di dekat sisi blower AC dengan posisi penyemprot yang mengarah ke blower. Dengan demikian, cairan pembersih AC mobil akan lebih mudah menyemprotkan cairannya dengan tepat sasaran.

6. Bersihkan selang ventilasi

Setelah blower AC bersih, cara membersihkan AC mobil yang benar selanjutnya adalah bersihkan selang ventilasi AC agar tidak tersumbat. Proses pembuangan kotoran akan lebih lancar apabila selang ventilasi AC dalam kondisi bersih. Cara membersihkan selang ventilasi sangat mudah. Tusuk selang ventilator AC dengan lidi tumpul hingga kotoran yang menyumbat keluar semua.

Apabila selang ventilator sudah dibersihkan namun suhu AC tetap tidak dingin, artinya ada kerusakan pada sistem AC. Bawalah ke bengkel mobil terdekat. OtoFriends bisa melakukan booking bengkel secara online lewat aplikasi Otoklix.

7. Pasang filter AC dan dasbor ke posisi awal

Setelah proses pembersihan AC selesai, pasang kembali filter AC dan dasbor pada posisi semula. Pastikan filter udara sudah benar-benar bersih dan tidak ada sisa-sisa kotoran yang tertinggal di filter. Kemudian, pasang kembali glove box atau laci dasbor ke tempat semula. AC pun bisa digunakan kembali seperti semula.

Baca juga: Harga Filter AC dan Cara Membersihkan Agar AC Tetap Dingin

Penyebab AC Mobil Kotor

1. Mesin mobil dimatikan saat AC masih menyala

Hindari kebiasaan buruk mematikan mobil saat AC masih menyala. Sebab, hal itu akan membuat AC mobil cepat kotor dan mempengaruhi kinerja aki. Selain itu, aliran listrik juga kurang stabil apabila mesin mobil dimatikan saat AC menyala. Jika kebiasaan buruk ini dilakukan terus-menerus, AC mobil bisa rusak.

2. AC mobil dinyalakan saat jendela terbuka

Jangan menyalakan AC mobil saat jendela terbuka. Sebab, itu akan membuat AC rusak dan cepat kotor. Selain itu, kerja kompresor juga lebih berat karena berupaya membuat suhu dalam mobil lebih dingin.

3. Gunakan parfum mobil bentuk gel

Parfum mobil berbentuk gel juga dapat menyebabkan AC mobil lebih cepat kotor. Sebab, parfum tersebut akan berubah menjadi gas, menguap, lantas menyebarkan aroma ke seluruh ruangan mobil. Uap tersebut akan kembali menjadi gel apabila terkena AC.

Menggunakan parfum gel dalam jangka panjang berisiko menyumbat evaporator dan filter AC. Oleh sebab itu, hindari menggunakan parfum mobil gel.

4. Merokok saat AC menyala

Kebiasaan buruk merokok di dalam mobil saat AC menyala akan membuat AC cepat kotor akibat asap dan debu dari puntung rokok yang terbakar. Selain itu, suhu AC mobil juga menjadi kurang maksimal. Apabila ingin merokok dalam mobil, pastikan mesin dan AC mobil dalam kondisi mati untuk meminimalisir paparan asap dan debu rokok.

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

Cara Merawat AC Mobil

1. Tutup kaca mobil saat AC masih menyala

Agar AC tetap terawat, tutup kaca mobil saat AC mulai menyala. Dengan demikian, kinerja AC tidak terlalu berat dan minim paparan debu jalanan.

2. Jangan merokok di dalam mobil

Seperti dijelaskan di atas, paparan asap rokok dapat merusak AC. Oleh sebab itu, jangan merokok di dalam mobil saat AC menyala.

3. Lakukan service AC secara berkala

Jangan lupa untuk melakukan perawatan AC mobil secara berkala. Lakukan service mobil dan AC mobil setiap 3-6 bulan sekali di bengkel terdekat.

4. Bersihkan kabin mobil secara teratur

Selain merawat AC, jangan lupa untuk membersihkan kabin mobil secara teratur. Hal itu akan membuat AC minim paparan debu. Dengan demikian, AC mobil lebih awet dan kinerjanya bisa maksimal.

Pertanyaan Seputar Cara Membersihkan AC Mobil

Ya. AC mobil harus dicuci secara rutin. Sebab, AC bisa kotor akibat debu yang terhisap ke evaporator. Sehingga, sirkulasi AC pun tidak lancar.

Biaya cuci AC mobil beragam, mulai Rp100 ribu hingga Rp150 ribuan. Sementara, biaya pengecekan AC mati berkisar Rp200 ribu, perbaikan spare part rusak mulai Rp300 ribuan, dan perawatan rutin kondensor mulai Rp100 ribuan.

Filter AC mobil sebaiknya rutin diganti setiap mobil menempuh jarak 25.000 km-30.000 km. Pilihlah filter AC yang direkomendasikan oleh buku petunjuk kendaraan.