Mabuk saat berkendara merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan mual hingga muntah. Kondisi mabuk mobil dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman dalam melakukan perjalanan. Untuk menghindarinya, berikut ini adalah beberapa tips agar tidak mabuk saat naik mobil.

1. Pilih Posisi Duduk yang Nyaman

Tips agar tidak mabuk saat naik mobil yang pertama adalah memilih posisi duduk yang nyaman dan tepat. Posisi duduk sangat menentukan keamanan dalam berkendara. Posisi yang nyaman dan tepat dalam berkendara agar tidak mabuk adalah mencari posisi duduk yang searah dengan arah lajunya mobil.

Sebagai contoh saat berkendara di angkutan umum yang memiliki posisi duduk menghadap ke samping, sebaiknya OtoFriends pindah ke bagian kursi depan yang memiliki posisi duduk yang searah dengan laju mobil. OtoFriends juga disarankan duduk dekat jendela karena bisa menghindari mabuk saat berkendara.

2. Hindari Makan Berlebihan

Tips agar tidak mabuk saat naik mobil yang kedua adalah menghindari makanan berlebihan. Jika ingin melakukan perjalanan terutama perjalanan jauh, OtoFriends sebaik makan secara cukup dan jangan berlebihan. Jika makan berlebihan dan kondisi perut terisi sangat penuh, hal inilah yang membuat OtoFriends lebih mudah menjadi mabuk mobil.

Selain makan makanan secara berlebih, OtoFriends juga sebaiknya menghindari mengkonsumsi minuman bersoda atau beralkohol. Kedua jenis minuman tersebut juga dapat membuat OtoFriends lebih mudah untuk mabuk selama dalam perjalanan nantinya.

3. Mencari Udara Segar

Tips yang berikutnya apabila saat dalam perjalanan OtoFriends sudah merasakan akan mabuk mobil, sebaiknya segera mencari udara segar. Karena itu pada poin pertama OtoFriends disarankan untuk duduk dekat jendela karena lebih mudah untuk mendapatkan udara segar.

Apabila posisi duduk tidak memungkinkan, segera minta berhentikan mobil sejenak agar OtoFriends dapat menghirup udara segar. OtoFriends juga sebaiknya menghindari wewangian yang kuat seperti pengharum mobil dengan wangi yang terlalu menyengat, aroma makanan yang kuat, atau aroma bensin.

Baca Juga: Pengharum Mobil Terbaik dan Tahan Lama, Ini Pilihannya!

4. Menghindari Membaca Buku atau Gadget

Tips agar tidak mabuk saat naik mobil berikutnya adalah menghindari membaca buku atau gadget. Menggunakan gadget atau membaca buku secara berlebih ternyata dapat menyebabkan mabuk mobil karena tidak terjadi sinkronisasi antara mata, telinga dan otak OtoFriends.

Karena hal tersebut sebaiknya OtoFriends menghindari kedua hal tersebut. Sebagai pengganti kedua kegiatan tersebut OtoFriends dapat berbincang dengan teman sekitar, mendengarkan musik, atau menikmati pemandangan selama perjalanan.

5 Berbaring Saat Terasa Mual

Tips selanjutnya yang bisa OtoFriends lakukan saat sudah mulai merasakan mual dan mabuk mobil adalah berbaring sejenak dan membuat tubuh rileks. Jika berbaring tidak memungkinkan, maka OtoFriends bisa juga bersandar dan meluruskan kaki serta memejamkan mata sejenak. 

Dengan kondisi tubuh yang rileks, bisa meredakan mabuk mobil. Cara ini bisa OtoFriends lakukan sebelum mobil berhenti. Setelah mobil berhenti OtoFriends bisa segera keluar dan menghirup udara segar agar perasaan mual bisa hilang.

Baca Juga: 10 Kasur Mobil Recommended Supaya Mudik Makin Nyaman

6. Mengkonsumsi Permen

Tips yang berikut ini bisa OtoFriends terapkan saat sudah mulai terasa mual dan mabuk mobil, tips tersebut adalah mengkonsumsi permen. Mengkonsumsi permen terbukti mengurangi rasa mual yang dirasakan saat mabuk mobil.

OtoFriends bisa mengkonsumsi permen jahe atau permen karet dengan rasa buah atau peppermint. Hal yang perlu OtoFriends ingat adalah ketika mengkonsumsi permen karet jangan sampai tertidur dan permen tersebut tertelan oleh OtoFriends.

7. Istirahat yang Cukup

Salah satu hal penting ketika akan melakukan perjalanan adalah memastikan kondisi tubuh sedang dalam kondisi terbaik dan telah beristirahat dengan cukup. Memiliki waktu istirahat yang cukup ketika akan melakukan perjalanan adalah cara terbaik untuk mencegah rasa mual dan mabuk mobil.

Beristirahat dengan cukup selain bisa mencegah rasa mual dan mabuk mobil, juga penting bagi OtoFriends agar menghindari kondisi mengantuk saat sedang mengemudikan mobil. Kondisi mengantuk saat mengemudikan mobil tentunya akan sangat berbahaya bagi keselamatan OtoFriends dalam berkendara.

8. Mengkonsumsi Obat Anti Mabuk

Tips agar tidak mabuk saat naik mobil yang selanjutnya bisa OtoFriends lakukan adalah mengkonsumsi obat anti mabuk. Obat anti mabuk saat ini memang sangat mudah untuk OtoFriends dapatkan di beberapa apotek terdekat, namun akan lebih baik jika OtoFriends menggunakan obat anti mabuk berdasarkan resep dokter.

Mengkonsumsi obat anti mabuk adalah tindakan pencegahan agar tidak mual dan mabuk mobil terutama saat akan melakukan perjalanan jauh. OtoFriends dapat mengkonsumsi obat ini satu atau dua jam sebelum melakukan perjalanan berkendara. 

9. Berkonsultasi ke Dokter

Berkonsultasi ke dokter bisa OtoFriends lakukan jika semua cara telah OtoFriends lakukan dan ternyata selama dalam perjalanan kondisi tubuh OtoFriends tidak kunjung membaik karena tetap merasakan mual dan mabuk mobil. 

Bisa jadi memang kondisi tubuh OtoFriends memang memerlukan bantuan dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi mual dan mabuk mobil selama dalam perjalanan. Konsultasi segera hal ini jika semua cara telah OtoFriends lakukan.

Itulah beberapa tips agar tidak mabuk saat naik mobil yang perlu OtoFriends ketahui. Mulai dari tips untuk mencegahnya seperti memilih posisi duduk yang nyaman dan tepat, menghindari makan dan bermain gadget secara berlebih, mengkonsumsi obat anti mabuk dan beristirahat dengan cukup sebelum melakukan perjalanan.

Apabila OtoFriends sudah merasakan mual dan mabuk mobil, OtoFriends bisa segera berbaring dan membuat tubuh rileks untuk mengurangi rasa mual, atau mengkonsumsi permen. Setelah mobil berhenti OtoFriends bisa segera mencari udara segar. Jika kondisi tidak kunjung membaik, maka sebaiknya OtoFriends segera berkonsultasi ke dokter.

Kondisi mual dan mabuk mobil selama melakukan perjalan bisa disebabkan banyak hal, salah satunya adalah kondisi mobil yang tidak nyaman untuk dikendarai. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya OtoFriends rutin untuk melakukan pemeriksaan di bengkel terpercaya yang ada di Otoklix. Semoga tips tersebut berguna untuk OtoFriends.