AC double blower merupakan salah satu fitur canggih yang ada pada mobil keluaran terbaru. Fitur AC double blower ini memberikan sensasi berkendara lebih sejuk dan nyaman, cocok digunakan untuk berkendara di lingkungan perkotaan yang panas. 

Sesuai dengan namanya, fitur AC double blower menggunakan kipas ganda untuk menghasilkan udara yang lebih dingin dan sejuk, sehingga OtoFriends dapat merasakan kenyamanan berlipat saat sedang berkendara. 

Baca juga: Rutin Cek Filter Udara Mobil, Mencegah Performa Mobil Loyo

Tidak ingin ketinggalan informasi terkait fitur canggih AC double blower di mobil keluaran terbaru, OtoFriends si pecinta otomotif wajib tau kekurangan dan keunggulan dari fitur Ac double blower ini. Berikut Otoklix rangkum, simak penjelasannya dibawah ini:

Perbedaan Fitur AC Double Blower dan Single Blower

Berbeda dengan AC single blower yang hanya terletak pada bagian depan dashboard mobil, AC double blower terletak pada bagian depan dashboard dan juga tengah kabin, sehingga udara dingin dapat menyebar secara merata memenuhi kabin mobil. 

Kehadiran AC double blower ini tentu akan membuat penumpang dan juga OtoFriends sebagai pengendara tidak perlu khawatir, karena dapat menikmati udara dingin dan sejuk, yang terjangkau hingga ruang belakang kabin mobil.

Kekurangan Mobil dengan Fitur AC Double Blower

Sesuai dengan fungsinya, AC double blower sudah pasti memberikan kelebihan dari sisi kenyamanan penumpang dan pengendara. Jika OtoFriends ingin membeli mobil dengan fitur AC double blower namun tidak memiliki budget yang cukup, melakukan pemasangan fitur AC double blower secara manual bisa menjadi solusi. Namun ingatlah, ada beberapa kekurangan fitur AC double blower yang perlu OtoFriends ketahui, yaitu:

  1. Penggunaan bahan bakar boros
  2. Performa kendaraan berkurang
  3. Tarikan mesin mobil berat
  4. Menambah pengeluaran
  5. Harus rutin melakukan servis dan perawatan

Kekurangan tersebut muncul karena fitur AC double blower merupakan fitur mobil yang membutuhkan kinerja mesin yang ekstra. Jika mesin mobil bekerja dua kali lipat, tentu penggunaan bahan bakar dan biaya perawatan mesin mobil akan bertambah, agar komponen mesin mobil dapat bekerja maksimal dan AC double blower dapat digunakan lebih optimal.

Penyebab AC Double Blower Mati

Tidak jarang komponen mobil mengalami masalah karena beberapa hal yang mengganggu. Jika OtoFriends menemukan masalah AC double blower OtoFriends mati dan tidak bisa digunakan, kemungkinan ada beberapa masalah yang terjadi. Berikut penyebabnya:

  1. Rusaknya Sekring dan Saklar Blower

Sistem AC mobil tidak pernah jauh dari komponen kelistrikan mesin mobil. Jika AC double blower mati, coba cek pada bagian sekring dan saklar blower, karena kemungkinan terbesar terjadi kerusakan atau masalah pada sekring dan saklar blower. Jika terdapat kabel yang terputus atau kerusakan pada saklar blower, ada baiknya OtoFriends segera membawanya ke bengkel untuk melakukan perbaikan. 

Kerusakan ini tidak bisa ditangani sendiri, OtoFriends akan dibantu oleh berbagai tenaga profesional di bengkel rekanan Otoklix. Jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan sekring dan saklar blower akan mengalami kerusakan yang semakin parah.

Baca juga: 11 Alasan Mesti Pakai Aplikasi Bengkel Mobil Otoklix  

  1. Resistor Blower Bermasalah

Resistor yang rusak atau terputus akan mempengaruhi kecepatan blower dalam berputar. Alhasil, AC tidak bisa menyala karena tidak ada aliran listrik yang mengalir. Jika hal ini sampai terjadi, OtoFriends hanya punya satu solusi, yaitu melakukan perbaikan di bengkel, sehingga AC double blower dapat hidup dan digunakan kembali.

  1. Rusaknya Motor Blower

Satu penyebab matinya AC double blower yang paling sering terjadi adalah akibat rusaknya motor blower. Motor blower merupakan dinamo berputar untuk mendapatkan arus listrik. Jika rusak atau mati, maka bisa dipastikan bahwa AC double blower tidak mendapatkan aliran listrik, sehingga tidak dapat berputar. Solusinya, OtoFriends harus mengganti  keseluruhan komponen AC mobil agar AC double blower dapat berfungsi kembali.

Tips Merawat AC Double Blower

AC mobil terdiri atas berbagai macam komponen. Berikut tips perawatan AC mobil yang harus Otofriends ketahui:

  1. Rutin Melakukan Pembersihan Filter AC

AC mobil yang jarang dibersihkan akan membuat kotoran menumpuk dan mengganggu kinerja dari AC double blower. Rutin melakukan pembersihan filter AC mobil dengan menjaga kondisi kebersihan mobil dari kotoran dan barang-barang yang dapat menyebabkan debu bertumpuk adalah salah satu hal yang bisa dilakukan, sehingga OtoFriends dapat menggunakan fitur AC double blower secara maksimal.

  1. Melakukan Servis Rutin

Terdiri atas banyak komponen kelistrikan mobil, OtoFriends perlu melakukan servis rutin untuk mengetahui ada bagian AC double blower apa saja yang perlu diperbaiki. Hal ini akan membantu menjaga kinerja dari AC double blower sehingga OtoFriends tidak perlu khawatir AC double blower OtoFriends mengalami kerusakan atau mati secara  mendadak.

  1. Jangan Membuka Jendela saat AC Double Blower Menyala

Sama halnya dengan penggunaan AC single, OtoFriends tidak boleh menggunakan atau menyalakan Ac double blower saat sedang membuka jendela. hal ini akan membuat kinerja AC double blower menjadi ekstra dua kali lipat karena menerima suhu yang berbeda dengan kondisi kebersihan udara yang juga berbeda. Alhasil AC double blower OtoFriends jadi mudah rusak karena tidak dapat mendinginkan suhu kabin mobil dengan seimbang.

Baca juga: Rekomendasi 13 City Car Murah, Harga Dibawah Rp100 Jutaan

Setiap fitur pada mobil memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jika memang OtoFriends menginginkan memasang fitur AC double blower pada mobil OtoFriends jangan lupa untuk menggunakan aplikasi Otoklix sehingga lebih mudah menemukan lokasi bengkel terdekat dari OtoFriends berada. 

Otoklix, your trusted automotive partner.

Pertanyaan Seputar AC Double Blower

AC double blower merupakan fitur canggih yang ada pada mobil keluaran baru saat ini. berfungsi untuk membuat udara dalam kabin mobil menjadi lebih sejuk dan dingin.

Biaya pemasangan AC double blower biasanya tergantung pada jenis Mobil. Untuk mobil MPV harga pemasangan AC double blower dibanderol mulai dari Rp8 juta rupiah.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab, seperti matinya saklar atau rusaknya dinamo AC mobil. Agar bisa mengetahui penyebabnya secara rinci, membawa mobil ke bengkel terdekat dapat menjadi solusi yang tepat.