service ac mobil, service ac mobil, biaya service ac mobil, harga service ac mobil, jasa service ac mobil, tarif service ac mobil, ongkos service ac mobil, bengkel service ac mobil

Service AC Mobil: Waktu, Manfaat, dan Biaya Service

AC yang berfungsi dengan baik, dinginnya terjaga, tidak berbau tidak sedap, tidak bising, pastinya akan membuat kamu dan penumpang mobil kamu lebih nyaman berkendara. Jadi, kenapa kamu harus service AC mobil secara berkala? Apa saja keuntungannya dan berapa biayanya?

Manfaat Service AC Mobil

Berikut beberapa manfaat service AC mobil yang perlu kamu ketahui:

1. Mencegah kerusakan lebih besar

Service AC mobil berkala akan membuat kamu lebih cepat mengetahui komponen mana yang perlu diganti atau diperbaiki. Sehingga kamu bisa segera menanganinya sebelum terjadi kerusakan yang lebih besar. Keuntungannya, kamu jadi terhindar dari risiko membayar perawatan yang lebih besar karena banyaknya komponen yang harus diganti atau diperbaiki.

2. Tetap nyaman digunakan

Seperti barang elektronik lainnya, jika AC mobil sering dilakukan service berkala, maka kamu akan selalu merasa nyaman saat menggunakan mobil kamu. Tidak akan terjadi AC mati mendadak atau mendadak panas jika kamu rutin melakukan perawatan AC mobil.

3. Menambah pengetahuan bagian AC mobil

Saat melakukan service AC mobil di bengkel, kamu juga sebaiknya proaktif dengan bertanya atau berdiskusi dengan montirnya. Sehingga, kamu pun memiliki wawasan tentang AC mobil. 

Pengetahuan ini bisa bermanfaat ketika kamu hendak memilih spare part AC mobil atau bahkan saat AC mobil kamu tiba-tiba rusak. Jadi, ketika ada masalah dengan AC mobilmu, kamu bisa mengatasinya sendiri sebelum membawa ke bengkel service AC mobil.

4. AC lebih awet

AC mobil yang sering melakukan perawatan rutin bisa memiliki masa pakai selama lima hingga sepuluh tahun. Akan tetapi, jika tidak melakukan perawatan rutin masa pakainya pun tidak akan tahan lama, apalagi jika kendaraan sering digunakan sehari-hari. Jadi, dengan melakukan service AC mobil rutin, kamu bisa menghemat ongkos service AC mobil.

5. Menghindari korosi pada komponen

Kondensor pada AC mobil adalah komponen yang rawan korosi karena terkontaminasi udara di oli kompresor AC. Oli yang terkontaminasi ini akan menjadi bersifat asam dan menjadi sumber endapan pada komponen pada mesin AC.

Selain kondensor, komponen di dalam mesin AC mobil juga terdiri dari material yang rentan korosi. Jadi, dengan service AC mobil berkala kamu bisa segera membersihkan komponen tersebut sebelum komponen tersebut rusak. Sehingga kamu tidak harus sering ganti spare part AC mobil.

6. Terhindar dari bakteri masuk kabin mobil

Filter pada mobil yang tidak pernah diganti akan menyebabkan bakteri berbahaya masuk ke dalam kabin mobil. Nah, ternyata kamu bisa mengecek kondisi filter kabin utama tanpa membawa ke bengkel service AC mobil, lho. Sehingga kamu bisa meminimalisasi biaya perawatan di bengkel.

7. Menghindari overheating pada sistem mesin ac mobil

Kipas radiator atau kipas kondensor mati bisa menyebabkan overheating pada sistem mesin AC mobil. Kerusakan pada kipas radiator ini dapat dideteksi apabila kita melakukan service berkala. Dengan demikian risiko yang meluas dapat diminimalisasi.

Perkiraan Biaya Service AC Mobil

Harga service AC mobil tentu saja berbeda-beda tergantung tingkat kerusakan, komponen yang perlu diganti, dan jenis mobilnya. Namun, rata-rata tarif service AC mobil mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp1,5 jutaan. Biaya ini adalah biaya penggantian spare part

Untuk penggantian medium biayanya Rp1 jutaan. Pengerjaan perbaikan ini bisa tanpa dibongkar. Sementara untuk servis besar, tarifnya dimulai dari Rp1,5 jutaan termasuk flushing system dan penggantian oli kompresor.

Penggantian beberapa komponen seperti seal, thrust bearing, soe, shaft seal bisa memakan biaya sekitar Rp475 ribu sampai dengan Rp700 ribu. Namun, dengan catatan, komponen utama seperti piston, noken as, dan silinder piston tidak ada yang mengalami kerusakan. 

Biaya paling murah dalam service AC mobil adalah penggantian fan belt dan extra fan. Harga sebuah fan belt AC mobil mulai dari Rp40 ribuan, sementara extra fan paling murah Rp300 ribuan. 

Beberapa jasa service AC mobil menawarkan untuk memperbaiki extra fan. Sebaiknya hindari saja, ganti dengan extra fan yang baru agar terhindar dari potensi kerusakan secara mendadak atau tiba-tiba.

Nah, itu tadi artikel tentang manfaat service AC mobil secara berkala dan kisaran biayanya. 

Jika kamu ingin mencari bengkel service AC mobil terbaik di Jabodetabek, kamu bisa buka web www.otoklix.com. Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *