Jangan abaikan ketika mesin mobil terasa kasar. Ada cara membuat mesin mobil halus kembali. Suara kasar pada mobil bisa saja terjadi akibat pemakaian yang sudah lama. Apalagi jika tidak dirawat dengan baik. 

Paling tidak ada delapan cara agar mesin mobil terasa halus. Mulai dari pemilihan dan pemakaian oli, komponen AC, komponen mesin lainnya, serta penggunaan bahan bakar. 

    Otoklix akan memberikan sejumlah cara untuk kembali membuat mesin mobil terasa halus. 

    Mari simak!

    1. Menggunakan oli dengan spesifikasi sesuai

    Saat ini, banyak oli yang tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi. Variasi dari berbagai produsen tersebut tentunya memiliki kualitas dan bahan penyusun yang berbeda-beda. 

    Nah, ketika memilih oli mobil, kamu perlu memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Jangan hanya ingin menggunakan oli dengan harga murah, tetapi mengesampingkan kesesuaian dengan spesifikasi mobil. Misalnya, mobil modern terbaru membutuhkan oli yang encer berbahan sintetis, tetapi kamu malah menggunakan oli mineral dengan tingkat kekentalan tinggi yang sebenarnya hanya cocok digunakan pada mobil-mobil lawas. Begitu pula sebaliknya.

    Penggunaan oli yang tidak sesuai spesifikasi ini yang membuat mesin mobil terasa kasar. Sebabnya, oli tidak mampu melakukan fungsinya secara sempurna. Terutama untuk fungsi pelumasan. Tidak hanya oli mesin, fluida-fluida lain di dalam mobil juga harus esuai spesifikasi. Jika sudah terlanjur menggunakan oli yang tidak sesuai spek, sebaiknya segera lakukan tune up total dan mengganti seluruh oli yang berada di dalam mobil.

    2. Volume oli yang cukup

    Apabila sudah menemukan oli apa yang cocok untuk mobil kamu, ada satu tips lagi tentang oli sebagai cara membuat mesin mobil halus. Selain menggunakan oli yang berkualitas, volume oli di dalam mesin juga harus cukup. Oli yang kurang tidak akan maksimal dalam melumasi seluruh komponen mesin secara merata. Maka dari itu, mesin mobil akan terasa kasar.

    Cara mengecek volume oli mobil adalah dengan dengan mengecek dipstik pada tangki oli. Apabila sudah berada di bawah batas minimum, segera tambahkan oli. Namun, jika kualitas oli sudah jelek, maka tidak hanya cukup ditambah, tetapi perlu mengganti seluruhnya dengan yang baru.

    3. Periksa kompresor AC, pastikan bersih

    Cara membuat mesin mobil halus berikutnya adalah dengan memastikan bahwa kompresor AC bersih. Kompresor AC yang sudah rusak bisa menimbulkan suara yang cukup berisik. Oleh sebab itu, jaga komponen AC agar selalu prima. Caranya adalah membersihkan kompresor AC secara rutin, menguras oli kompresor AC, serta memberi kondensor secara rutin.

    Komponen AC yang bersih dan prima membuat kerja mesin tidak terlalu berat, sehingga suara yang ditimbulkan juga tidak kasar. Sebaiknya lakukan kuras kompresor AC dua kali setiap tahun dan cek oli kompresor AC. Harga kuras kompresor AC ini biasanya sekitar Rp350 ribuan, harga ini biasanya juga sudah termasuk pengisian freon.

    4. Cek komponen bagian luar mesin

    Selanjutnya, cara membuat mesin mobil halus adalah dengan memeriksa komponen bagian luar mesin. Bagian luar mesin yang perlu diperiksa adalah fan belt, pullet, alternator, sampai dengan kipas pendingin. 

    Pasalnya, apabila komponen tersebut bermasalah, bisa membuat meisn mobil terasa kasar. Salah satu contohnya adalah apabila kipas pendingin yang sudah melemah sehingga bergetar. Jadi, cek dan pastikan masih dalam kondisi prima ya.

    5. Perhatikan celah katup mesin

    Selain hal-hal di atas, kamu juga perlu mengecek celah katup mesin. Suara mesin bisa terdengar kasar akibat celah katup mesin yang terlalu rapat. Apabila mendapat celah katup mesin terlalu rapat, sebaiknya lakukan penyetelan ulang celah katup seperti keadaan seharusnya. Jangan sampai terlalu rapat atau terlalu lebar.

    6. Periksa mounting

    Mobil memiliki bagian mounting atau dudukan. Misalnya adalah dudukan mesin, dudukan transmisi, dan dudukan suspensi. Mounting atau dudukan ini bisa rusak setelah pemakaian selama 7–10 tahun. Oleh sebab itu, sebaiknya periksa dan lakukan penggantian apabila kondisinya sudah tidak bagus.

    Beberapa kondisi yang membuat dudukan menjadi rusak adalah mobil sering membawa beban berlebih, sering melewati jalanan rusak dengan kecepatan tinggi, dan cara berkendara yang ugal-ugalan.

    7. Menggunakan bahan bakar yang dianjurkan

    Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai anjuran juga bisa membuat suara mesin mobil menjadi kasar. Misalnya, mobil modern memiliki kompresi yang cukup tinggi. Sehingga mobil modern perlu menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan minimal 92.

    Akan tetapi, kenyataannya banyak pengguna mobil modern yang masih menggunakan bahan bakar dengan oktan di bawah 92 karena harganya yang lebih murah. 

    Jadi, salah satu cara membuat mesin mobil halus adalah menggunakan bahan bakar sesuai yang dianjurkan.

    8. Perawatan rutin

    Di antara semua itu, agar suara mesin mobil terdengar halus adalah dengan melakukan perawatan rutin. Selain meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, melakukan perawatan rutin pada mobil juga bisa mempertahankan harga mobil agar tidak jatuh ketika dijual kembali.

    Itu dia 8 cara membuat mesin mobil halus. Kamu bisa meng-install Otoklix dan menemukan berbagai servis mobil. Otoklix menjadi one stop solution untuk perawatan mobil kamu. Mulai dari masalah oli, AC, ban, aki, bahkan sampai perawatan bodi mobil. Dapatkan beragam promonya.