Hampir semua orang akan mencari tahu lokasi pom bensin terdekat. Beberapa orang sudah tahu di mana lokasi pom bensin terdekat Pertamina, namun gak sedikit juga yang sulit menemukan pom bensin terdekat sehingga perlu mencari tahu melalui smartphone.

Fungsi pom bensin sendiri sekarang lebih luas, selain sebagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pom bensin juga difungsikan sebagai tempat beristirahat saat kita melakukan perjalanan atau sebagai tempat saat kita mencari masjid terdekat.

Jika kita sedang melakukan perjalanan dinas atau berada di luar wilayah kita, misalnya di Bogor, maka cara termudah untuk menemukan pom bensin Kota Bogor, Jawa Barat atau pom bensin Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan memanfaatkan gadget dan mencari lokasi pom bensin terdekat di internet.

Baca juga: Daftar Oktan Bensin Jenis Premium dan Oktan BBM Lainnya

5 Cara Mencari Pom Bensin Terdekat

Cara termudah menemukan pom bensin saat berada di luar kota adalah dengan bertanya kepada penduduk sekitar. Akan tetapi, bila OtoFriends sulit menemukan penduduk setempat atau orang yang bisa memberi tahu lokasi pom bensin terdekat, kita bisa mencari tahunya di internet dengan cara-cara berikut ini.

1. Mesin Pencari Google

Cara paling umum dilakukan saat mencari pom bensin terdekat adalah melalui mesin pencari Google. Caranya cukup mudah yakni kita hanya perlu mengakses Chrome atau browser lainnya. 

Kemudian di kolom pencarian, OtoFriends bisa menuliskan kata kunci yang diinginkan seperti lokasi pom bensin terdekat. 

Kita bisa mengisikan informasi secara spesifik seperti pom bensin Kota Bogor, Jawa Barat atau ada pom bensin/SPBU di dekat sini Denpasar. Lalu klik tombol “Search” atau “Cari”.

Tunggu sesaat hingga Google memberikan daftar SPBU Pertamina atau pom bensin lainnya yang berada di sekitar lokasi kita. Pilih salah satu pom bensin dan pilih menu “Directions” atau “Rute”. Kita akan diarahkan ke Google Maps.

2. Google Maps

OtoFriends bisa mencari langsung melalui aplikasi Google Maps yang telah terinstal di smartphone kita. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan GPS atau Location di smartphone telah aktif.
  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Di kolom pencarian, tuliskan “pom bensin terdekat” atau bisa lebih spesifik ada pom bensin/SPBU di dekat sini Banyuwangi.
  • Lalu klik menu “Search” atau “Cari”.
  • Informasi tentang pom bensin terdekat telah tampil di layar smartphone, kita tinggal pilih pom bensinnya.
  • Terakhir pilih menu “Rute” atau “Directions” lalu ikuti arahan dari Google Maps.

Baca juga: 32 Daftar Lokasi SPBU Vivo di Indonesia dan Harganya

3. Google Assistant

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi terkini pada smartphone kita. Salah satu teknologi tersebut yakni Google Assistant. 

Google Assistant merupakan fitur yang dikembangkan oleh Google berupa asisten virtual yang dapat memudahkan kita mencari informasi apapun di Google, termasuk mencari SPBU terdekat. Caranya sebagai berikut:

  • Pastikan fitur Google Assistant atau Assistant Voice Match telah aktif di smartphone.
  • Kemudian ucapkan “Ok Google” diikuti dengan informasi yang kita inginkan, misalnya “pom bensin terdekat” atau “daftar spbu pertamina terdekat”.
  • Google Maps akan menampilkan informasi tentang daftar pom bensin tersebut, kita bisa memilih salah satunya.
  • Lalu pilih “Rute” atau “Directions” dan tinggal ikuti arahan dari Google Maps.

4. Cara Mencari Tahu Pom Bensin Pertamina Terdekat

Selain 3 cara sebelumnya, kita bisa mencari pom bensin terdekat langsung sesuai SPBU yang kita inginkan, misalnya SPBU Pertamina. 

Ada 2 cara mencari tahu lokasi SPBU Pertamina terdekat yakni melalui website Pertamina Retail atau melalui aplikasi MyPertamina. Berikut ini cara mencari tahu daftar SPBU Pertamina.

Website Pertamina Retail

  • Mengakses website pertaminaretail.com melalui aplikasi browser di smartphone.
  • Memilih menu “Jaringan dan Fasilitas”.
  • Memilih “Provinsi” sesuai lokasi kita.
  • Pertamina Retail akan memberikan informasi terlengkap tentang lokasi dan fasilitas yang tersedia di SPBU tersebut.

MyPertamina

Cara selanjutnya melalui aplikasi MyPertamina, cara mengaksesnya cukup mudah yakni sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi MyPertamina terinstal.
  • Pastikan telah memiliki akun di dalam aplikasi tersebut. Jika belum memiliki akun, maka melakukan pendaftaran terlebih dulu melalui aplikasi MyPertamina.
  • Pastikan GPS smartphone telah aktif.
  • Setelah berhasil mengakses halaman Beranda, kita bisa memilih menu “Outlet Terdekat”.
  • Aplikasi tersebut akan memberikan informasi lengkap tentang lokasi SPBU dan fasilitas yang tersedia di SPBU tersebut.

Keunggulan lainnya menggunakan aplikasi MyPertamina adalah kita dapat menikmati fasilitas Delivery Service untuk membeli bahan bakar, gas hingga oli pelumas.

Baca juga: Paling Lengkap! Ini 33 Daftar Lokasi SPBU BP di Indonesia

5. Cara Mencari Tahu Pom Bensin BP AKR Terdekat

British Petroleum (BP) ikut memudahkan pelanggannya yang sedang mencari lokasi pom bensin BP AKR terdekat dari lokasi kita. Berikut ini langkah-langkah mengetahui lokasi SPBU BP AKR, antara lain:

  • Akses laman website https://www.bp.com/id_id/indonesia/home/produk-dan-layanan/spbu/lokasi-bp.html
  • Tunggu sebentar hingga maps lokasi tampil di layar smartphone.
  • Di kolom Kota atau Kabupaten terdekat, kita bisa isikan informasi sesuai yang diinginkan.
  • Laman website tersebut akan menampilkan informasi tentang SPBU terdekat.

6. Cara Mencari Tahu Pom Bensin Shell Terdekat

Cara lain untuk mengetahui SPBU lainnya seperti pom bensin Shell bisa dilakukan melalui website Shell Indonesia. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Akses laman website https://www.shell.co.id/in_id/pengendara-bermotor/pencari-spbu-shell.html.
  • Pada kolom pencarian, kita bisa menuliskan informasi lokasi SPBU terdekat dari lokasi kita.
  • Kemudian klik tombol “Search” atau “Cari”.
  • Tunggu beberapa saat hingga website tersebut menampilkan informasi tentang lokasi SPBU Shell terdekat.

Baca juga: Lengkap, Ini Daftar Lokasi SPBU Shell Serta Harganya

7. Cara Menemukan Pom Bensin Terdekat di Jalan Tol

Sementara itu, bila kita sedang berada di jalan tol maka kita bisa menemukan lokasi pom bensin terdekat di jalan tol melalui aplikasi Travoy Jasa Marga yang dikelola langsung oleh penyelenggara Jasa Marga. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi Travoy Jasa Marga telah terinstal.
  • Buat akun terlebih dulu menggunakan email.
  • Setelah berhasil membuat akun, maka di halaman Beranda kita bisa memilih menu SPBU.
  • Selanjutnya, aplikasi tersebut akan menampilkan peta digital lengkap dengan titik lokasi SPBU terdekat.
  • Terakhir kita bisa pilih lambang dispenser SPBU. Informasi tentang alamat SPBU akan tampil di layar smartphone kita.

Selain menampilkan informasi tentang lokasi SPBU terdekat, kita juga bisa mencari tahu informasi lain seputar jalan tol meliputi tarif tol, rest area, CCTV jalan tol, top up uang elektronik dan cek saldo, cetak resi digital hingga info lalu lintas.

Fasilitas di Pom Bensin Pertamina

Saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota, saat sulit mencari lokasi masjid terdekat biasanya kita mencari lokasi SPBU terdekat yang menyediakan fasilitas masjid. Adapun fasilitas-fasilitas yang biasa ada di pom bensin khususnya pom bensin Pertamina, antara lain:

  • Masjid atau mushola, untuk umat muslim yang sedang melakukan perjalanan jauh gak perlu khawatir saat mencari tempat beribadah sebab banyak SPBU yang menyediakan fasilitas tempat ibadah seperti masjid atau mushola.
  • Toilet, hampir seluruh pom bensin milik PT Pertamina (Persero) menyediakan fasilitas toilet untuk para pengendara yang membutuhkan toilet.
  • Minimarket, gak sedikit pom bensin yang menyediakan minimarket yang menjual berbagai keperluan kita selama perjalanan, seperti makanan dan minuman.
  • ATM, pom bensin milik PT Pertamina (Persero) juga menyediakan fasilitas mesin ATM di setiap pom bensin terpilih untuk memudahkan kita mendapatkan uang tunai.
  • Tempat Isi Angin dan Nitrogen, Pertamina menyediakan fasilitas khusus untuk mengisi angin atau nitrogen hingga air radiator untuk kendaraan.
  • Tempat beristirahat dan tempat makan, beberapa pom bensin juga menyediakan fasilitas tempat beristirahat khusus atau tempat makan. Kita bisa menemukan pom bensin seperti itu di SPBU jalan tol.

Cara Menemukan Bengkel Mobil Terbaik

Sedangkan cara termudah untuk menemukan bengkel mobil terbaik adalah dengan memanfaatkan aplikasi Otoklix. Ada banyak Bengkel Otoklix terdekat dari lokasi kita yang bisa kita cari tahu melalui aplikasi Otoklix.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Keunggulan melakukan servis mobil di Bengkel Otoklix adalah all in one experience di mana kita bisa melakukan konsultasi, booking service, hingga melakukan metode pembayaran secara online atau membayar langsung di bengkel mobil.

Menariknya, ada dasbor servis online untuk melihat riwayat servis mobil dan fitur notifikasi reminder servis mobil sehingga kita gak perlu khawatir kelupaan servis mobil di tengah padatnya kesibukan.

Demikianlah cara menemukan pom bensin terdekat dan bengkel mobil terbaik. Terus perhatikan kondisi kesehatan mobil agar memiliki performa terbaik.

Pertanyaan Seputar Pom Bensin Terdekat


Ada 3 cara mudah menemukan pom bensin terdekat, yakni melalui mesin pencari Google, melalui Google Maps atau Google Assistant. Khusus beberapa perusahaan bahan bakar seperti Pertamina, Shell dan BP AKR juga bisa kita temukan melalui website dan aplikasi khusus.


Ada 2 cara mencari tahu lokasi SPBU Pertamina terdekat yakni melalui website Pertamina Retail atau melalui aplikasi MyPertamina.


Umumnya fasilitas yang tersedia di pom bensin Pertamina antara lain masjid atau mushola, toilet, minimarket, ATM, tempat isi angin atau nitrogen dan tempat beristirahat serta tempat makan.