Dashboard retak sering menjadi salah satu masalah utama mobil yang sudah berusia di atas lima tahun. Umumnya, ini terjadi pada dashboard mobil yang terbuat dari material plastik karena sering terpapar sinar matahari langsung atau terkena suhu kabin yang tinggi.

Namun tak hanya retak, kerusakan pada dashboard mobil cukup beragam, mulai dari warna yang mengusam, hingga tergores. Sebelum mengetahui bagaimana cara service dashboard mobil, terlebih dahulu kenali bagian dashboard mobil berikut ini.  

    Bagian Utama Dashboard Mobil 

    1. Laci

    Bagian yang paling mudah dikenali dan penting untuk menyimpan sejumlah barang di mobil adalah laci dashboard. Laci berguna untuk menyimpan sejumlah penunjang berkendara, seperti senter, charger ponsel, kotak P3K dan lainnya. 

    2. Lampu Indikator Mobil

    Selanjutnya ada lampu indikator mobil yang menjadi bagian utama pada dashboard. Posisinya ada di depan pengemudi dan di balik setir mobil sehingga mudah untuk dilihat. 

    Indikator berguna untuk pengendara memperhatikan semua kondisi mobil sebelum dan saat berkendara. Contohnya speedometer, kondisi tangki bensin, airbag, apakah pintu sudah terkunci, dan masih banyak lagi. 

    3. Kunci Kontak

    Lalu ada kunci kontak yang berfungsi untuk memasukkan kunci mobil. Produsen mobil menempatkan kunci kontak pada dashboard tepatnya di bagian kanan bawah setir mobil.

    Namun pada mobil terbaru, sudah banyak yang menggunakan teknologi keyless sehingga menyalakan mobil hanya cukup menekan tombol pada bagian dashboard. 

    Baca Juga: Rekomendasi Penghitam Dashboard Mobil dan Cara Menggunakannya

    4. Tuas Mobil

    Semua mobil tentu memiliki tuas yang letaknya di sebelah kanan dan juga kiri setir. Letak tuas ini untuk mempermudah pengemudi menyalakan beberapa fungsi kendaraan dengan cepat. 

    Tuas yang berada di setiap sisi setir memiliki fungsi berbeda. Ada yang fungsinya untuk menyalakan lampu depan hingga tuas lampu sein. 

    Tuas terakhir di bagian setir berfungsi untuk menyalakan wiper. Jadi ketika posisi sedang hujan atau tampilan kaca buram pengemudi bisa menyalakannya. 

    Selain tuas di bagian setir, terdapat pula tuas transmisi di samping pengemudi tepatnya di bagian tengah atau di antara penumpang dan pengemudi. Tuas transmisi berfungsi memindahkan gigi saat mobil sedang berjalan sehingga laju kendaraan juga bertambah. 

    5. Head Unit

    Setiap dashboard mobil pasti memiliki bagian head unit yang fungsinya menyalakan fitur hiburan dalam kabin. Letak dari head unit ada di bagian tengah keseluruhan dashboard. 

    Baca Juga: Kenali Bagian Dashboard dan Cara Service Dashboard Mobil

    6. Pusat Kontrol Fitur Mobil

    Bagian terakhir yang terpenting adalah pusat kontrol fitur mobil yang ada di tengah dashboard, tepatnya di bawah head unit sehingga mudah untuk ditemukan. 

    Kontrol fitur mobil berguna untuk menyalakan AC, mengatur lampu hazard, tempat korek api, charger, dan masih banyak lagi.

    Jika sudah mengetahui bagian-bagiannya, berikut beberapa cara service dashboard mobil yang mengalami kerusakan. 

    Cara Service Dashboard Mobil Retak

    1. Pakai Cairan Pengisi Dashboard

    Jika dashboard mobil retak, OtoFriends bisa menggunakan cairan pengisi khusus dashboard yang bisa didapatkan di toko otomotif dan bengkel.

    OtoFriends bisa memilih beragam warna yang sesuai dengan kebutuhan supaya dashboard mobil kembali dalam kondisi baik. 

    2. Pakai Pelapis Dashboard

    Pelapis dashboard juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi dashboard mobil yang retak. Pelapis ini juga mudah ditemukan di toko variasi jok serta memiliki warna yang beragam. 

    Pada saat penggunaannya, OtoFriends perlu berhati-hati agar pelapis tidak menutupi airbag mobil. Sebab jika menutupi airbag akan mengganggu keselamatan saat terjadi kecelakaan.

    3. Mengganti Dashboard

    Jika kerusakan sudah sangat parah maka OtoFriends harus ganti dashboard mobil langsung di bengkel. Meskipun harganya agak mahal, pasti ada kepuasan tersendiri dan hasilnya sudah pasti bagus.

    Jika dashboard mobil yang rusak sudah kembali benar, selanjutnya OtoFriends harus rajin merawatnya supaya tetap awet. Berikut cara merawat dashboard mobil.

    Baca Juga: Kenali Dashboard Mobil Serta Fungsinya

    Cara Merawat Dashboard Mobil

    1. Bersihkan Bagian Permukaan Dashboard

    Supaya dashboard tidak tergena banyak goresan, singkirkan atau bersihkan barang-barang yang mengganggu seperti buku-buku, kertas nota, bungkus makanan, atau mainan-mainan yang tak terlalu penting. 

    2. Rutin Mengelap Permukaan Dashboard

    Selanjutnya, OtoFriends juga perlu mengelap permukaan dashboard mobil secara rutin. Ini meminimalisir debu atau kotoran menempel terlalu lama di dashboard mobil hingga berkerak.

    Gunakan kain halus berbahan microfiber serta air atau cairan pembersih yang disesuaikan dengan material dashboard mobil. 

    3. Bersihkan dengan Alat Penyedot debu

    Jika mengelap dengan kain dan cairan tambahan kurang maksimal untuk membersihkan dashboard mobil, gunakan alat penyedot debu untuk menghilangkan kotoran di celah-celah yang sempit. 

    Setiap celah sempit yang ada bisa dijangkau sehingga proses pembersihan menjadi lebih mudah dan cepat. Gunakan masker dan jangan lupa membawa hand sanitizer supaya kulit dan saluran pernapasan tidak terkena kotoran. 

    4. Bersihkan dengan Interior Cleaner

    Bisa dibilang pembersih paling ampuh. OtoFriends tinggal meratakan interior cleaner di seluruh bagian dashboard lalu diamkan selama 15 menit agar cairan bekerja dengan maksimal. Jika sudah, lanjutkan proses pembersihan dengan mengelap menggunakan kain lap microfiber atau kanebo. 

    5. Bersihkan Pakai Sikat Berbulu Halus

    Alat pembersih dashboard berikutnya adalah sikat berbulu halus. Alat ini bisa menjangkau bagian yang sulit dijangkau oleh tangan sekaligus menghilangkan debu. Sikat berbulu halus tidak akan membuat dashboard mobil lecet atau baret.

    Supaya mobil tetap terawat, jangan lupa untuk melakukan service dan perawatan rutin di bengkel rekanan OtoKlix. Tak perlu berlama mengantre, OtoFriends juga bisa booking online bengkel melalui aplikasi OtoKlix.

    Pertanyaan Seputar Service Dashboard Mobil

    Dashboard retak sering menjadi salah satu masalah utama mobil yang sudah berusia di atas lima tahun.

    Jika dashboard mobil retak, OtoFriends bisa menggunakan cairan pengisi khusus dashboard yang bisa didapatkan di toko otomotif dan bengkel.

    Tak hanya retak, kerusakan pada dashboard mobil cukup beragam, mulai dari warna yang mengusam, hingga tergores.