service dashboard mobil

Kenali Bagian Dashboard dan Cara Service Dashboard Mobil

Dashboard mobil kamu mengalami kerusakan dan kamu mau melakukan service dashboard mobil? Sebelum itu, kita pelajari dulu tentang dashboard mobil.

Salah satu bagian interior mobil yang sangat familiar adalah dashboard. Letaknya tepat di kabin mobil, di depan pengemudi dan kursi penumpang depan. Dashboard menjadi pembatas antara bagian depan mobil dengan pengendara. Pada dashboard ini kita akan menemukan berbagai panel, lampu indikator, dan sebagainya.

Otoklix akan memberikan kamu informasi mengenai bagian dashboard mobil dan cara service dashboard mobil. 

Bagian Dashboard Mobil

Saat pertama kali memiliki atau mengendarai mobil, kamu pasti bertanya-tanya bagian apa saja yang berada di dashboard mobil. Mari kita kenali bagian dashboard mobil.

1. Lampu indikator mobil

Tepat di depan pengendara, biasanya di belakang setir atau lingkar kemudi atau di bagian tengah dashboard, kamu akan menemukan lampu indikator mobil. Lampu indikator ini adalah petunjuk yang krusial.

Dari lampu indikator mesin ini kamu dapat melihat speedometer, fuelmeter, odometer, RPM, check engine, tanda sabuk pengaman, indikator airbag, temperatur mesin, rem, hingga pintu mobil. Dengan tugasnya masing-masing, barisan indikator ini wajib kamu perhatikan.

Simbol pengecekan mesin

Simbol Check Engine Light ini akan memberikan tanda jika ada masalah pada mesin mobil. Simbol ini akan menyala jika ada masalah soket aliran udara yang terputus, sensor oksigen rusak, atau mesin rusak. Bentuk dan warna simbol ini berbeda-beda tergantung kepada pabrikan mobil.

Segera bawa mobil ke bengkel untuk pengecekan kerusakan ketika simbol CEL menyala ya agar kerusakan bisa segera teratasi.

Simbol aki

Simbol aki ini bergambar seperti aki dengan tanda plus dan minus. Jika simbol aku ini menyala maka merupakan indikasi bahwa ada yang salah dengan kelistrikan mobil. Masalah aku ini bisa jadi aki yang sudah tua dan tak bisa mengisi daya atau bisa juga alternatornya terputus.

Simbol temperatur

Tidak semua mobil memiliki simbol temperatur pada dashboard-nya. Jika mobilmu ada lampu indikator ini, maka menunjukkan tingkat suhu mobil. Simbol akan berwarna biru apabila mobil masih dingin dan belum sepenuhnya siap digunakan. Jika sudah hilang, berarti mobil sudah cukup panas dan siap digunakan.

Ketika simbol temperatur menyala berwarna merah, tandanya mobil overheat. Sebaiknya berhenti sejenak agar mobil kembali dingin.

Simbol tekanan oli

Simbol ini bergambar seperti corong yang di ujungnya terdapat seperti gambar tetesan air. Kalau simbol ini menyala, bisa jadi menunjukkan adanya masalah pada mesin, terutama bagian oli. Misalnya, mobil kekurangan oli sehingga mengingatkan kamu untuk menambah atau mengisi oli. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel ketika simbol tidak kunjung padam.

Simbol ABS

Biasanya simbol ABS hanya menyala dalam waktu sekejap. Simbol ABS yang menyala dapat menjadi tanda bahwa ABS mobil bermasalah.

Simbol airbag

Mobil-mobil baru umumnya sudah memiliki fitur airbag. Waspada jika lampu dengan simbol airbag terus menyala. Hal itu bisa menandakan bahwa airbag tidak mengembang saat terjadi kecelakaan.

Simbol mengisi bensin

Kamu pasti sudah tahu dengan simbol ini. Simbol ini menandakan isi bensinmu di dalam tangki. Simbol ini juga menunjukkan tangki bensin berada di sebelah kanan atau kiri dengan memperhatikan arah panahnya.

Simbol lampu jauh

Terkadang kita tidak sadar menyalakan lampu jauh saat berkendara di malam hari dan menyebabkan pengendara lain terganggu. Jika simbol ini menyala, artinya kamu sedang menyalakan lampu jauh. Sebaiknya gunakan lampu jauh hanya jika sedang berada di jalanan yang minim penerangan.

Simbol rem tangan

Perhatikan simbol ini saat akan berkendara. Jika simbol ini ternyata masih menyala, artinya rem tangan mobilmu masih aktif. Mengendarai mobil dengan rem tangan aktif tentu dapat mengurangi performa dan akan ada bau rem yang tercium saat mobil sudah berjalan beberapa kilometer.

Simbol sabuk pengaman

Simbol ini akan menyala ketika ada penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Ingat, menggunakan sabuk pengaman dapat mengurangi risiko ketika terjadi kecelakaan.

2. Laci mobil

Laci mobil berada di depan kursi penumpang depan. Tetapi ada juga mobil dengan lampu indikator di bagian tengah, sehingga di depan pengemudi juga terdapat laci mobil.

3. Kunci kontak

Posisi kunci kontak untuk mobil-mobil Indonesia berada di bawah kanan setir mobil. 

4. Tuas

Tuas ini berfungsi untuk mengaktifkan sein, lampu, lampu kabut, dan lainnya. Letak tuas mobil ini berada di sisi kanan dan kiri pada setir mobil.

5. Head unit

Komponen ini adalah fitur hiburan dalam mobil. Bisa dipasangi radio atau komponen audio lainnya, atau bisa juga dilengkapi dengan layar yang mampu menunjukkan kamera mobil atau menonton tayangan.

6. Pusat kontrol fitur mobil

Pusat kontrol ini dapat mengatur AC, lampu hazar, dan lainnya secara terpusat oleh pengemudi. Biasanya letaknya berada di dekat head unit.

Service Dashboard Mobil

Nah, bagaimana kalau dashboard mobil retak dan kamu ingin service dashboard mobil kamu? Coba dulu cara-cara di bawah ini.

1. Cairan pengisi khusus dashboard

Biasanya toko otomotif dan bengkel memiliki cairan pengisi khusus dashboard. Kamu bisa mencoba cara ini. Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan karena cairan ini memiliki beragam warna.

2. Pelapis dashboard

Sama seperti cairan pengisi khusus dashboard, pelapis dashboard juga mudah kamu temui di toko variasi jok, bengkel, dan toko otomotif. Namun, untuk menggunakannya, kamu perlu berhati-hati agar pelapis tidak menutupi airbag mobilmu sehingga dapat mengganggu keselamatan saat terjadi kecelakaan.

3. Mengganti dashboard

Jika kerusakan sudah sangat parah, maka kamu harus service dashboard mobil kamu langsing di bengkel. Dashboard mobil kamu harus diganti seluruhnya. Meskipun agak mahal, tetapi pasti ada kepuasan tersendiri dan hasilnya sudah pasti bagus.

Mencari bengkel terpercaya untuk service dashboard mobil? Kamu bisa cek bengkel terdekat via Otoklix. Temukan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek yang lokasinya dekat dengan lokasimu. Tak perlu khawatir ada biaya tersembunyi, harga transparan sesuai aplikasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *