Perusahaan perlu mempertimbangkan urgensi jadwal servis kendaraan dinas supaya terhindar dari kerusakan fatal pada kendaraannya. 

Pasalnya, saat komponen mobil mengalami kerusakan ringan dan tak terdeteksi maka kerusakan tersebut dapat merembet ke komponen lain sehingga terjadi kerusakan yang cukup fatal dan membutuhkan biaya besar.

Untuk diketahui kendaraan dinas merupakan moda transportasi yang digunakan organisasi, institusi, perusahaan hingga pemerintah untuk menunjang seluruh aktivitas organisasi atau bisnis sehingga seluruh tugas dan fungsinya tercapai.

Biasanya dalam satu institusi atau perusahaan memiliki kendaraan dinas lebih dari 2 kendaraan. Bahkan perusahaan logistik memiliki kendaraan perusahaan puluhan. Bagaimana cara mengelola jadwal servis kendaraan operasional dengan jumlah sebanyak itu? Berikut ini tipsnya.

Baca juga: Cara dan Tips Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

1. Mengumpulkan Data Riwayat Servis Setiap Kendaraan Dinas

Walaupun Anda membeli 2 kendaraan dengan tipe dan spesifikasi yang sama, namun kondisi kesehatan mobil tersebut serta riwayat servisnya akan berbeda. Hal tersebut lantaran penggunaan kendaraan yang berbeda-beda seperti menempuh jarak tempuh yang berbeda.

Catat dalam satu aplikasi mengenai riwayat servis setiap kendaraan dinas. Sebagai contoh kapan terakhir kali kendaraan dinas tersebut ganti oli dan ganti aki mobil, berapa jarak tempuh kendaraan tersebut hingga riwayat servis pertama kali.

Apabila seluruh riwayat servis tersebut tersimpan di dalam satu platform tentu saja akan memudahkan perusahaan dalam memantau dan mengontrol perawatan kendaraan dinas operasionalnya. Hal ini membuat seluruh aktivitas perawatan kendaraan lebih efisien daripada harus mencatatnya secara manual.

2. Menetapkan Jadwal Servis

Idealnya untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan dan servis kendaraan berdasarkan jarak tempuh yang telah dicapai kendaraan itu. Akan tetapi, untuk beberapa kasus kurang tepat bila masih menggunakan parameter tersebut.

Sebagai contoh kendaraan yang sering melakukan mobilitas di sekitar ibu kota di mana kondisi lalu lintas sering macet. Walaupun jarak tempuhnya kecil, akan tetapi mesin mobil bekerja lebih lama daripada biasanya karena terjebak macet selama berjam-jam.

Melihat hal tersebut, Anda perlu mempertimbangkan pula medan lalu lintas yang dilalui setiap kendaraan dinas untuk mempertimbangkan waktu terbaik melakukan servis mobil.

Selain menggunakan parameter jarak tempuh kelipatan 10.000 kilometer, Anda juga bisa mempertimbangkan opsi servis kendaraan setiap 6 bulan sekali.

Setelah mempertimbangkan waktu servis selanjutnya, maka catat jadwal tersebut ke dalam aplikasi atau platform khusus secara online sehingga untuk jadwal servis selanjutnya Anda mendapatkan notifikasi reminder secara otomatis.

Baca juga: Pentingnya Pemeliharaan Kendaraan Operasional secara Rutin

3. Menyesuaikan Anggaran Perusahaan dengan Biaya Servis

Trik mengelola jadwal servis mobil dinas selanjutnya dengan mempertimbangkan anggaran perusahaan dengan biaya servis seluruh kendaraan. Mempertimbangkan biaya servis juga bisa mengefisiensikan anggaran perusahaan sehingga tak terlalu membengkak dan sesuai dengan kondisi kendaraan.

Di Bengkel Otoklix, Anda bisa memprediksikan biaya servis karena sistem harganya transparansi dan kompetitif. Caranya pun gampang dengan mengunduh aplikasi Otoklix, Anda bisa mendapatkan semua informasi tentang servis kendaraan bermotor roda 4.

Dengan mengetahui estimasi biaya servis, perusahaan bisa mengontrol laju uang kas perusahaan setransparan mungkin.

Baca juga: Rincian Biaya Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

4. Solusi Bengkel Terbaik untuk Organisasi atau Perusahaan

Melihat urgensi dalam membangun manajemen pengelolaan servis mobil dinas dan operasional organisasi atau perusahaan tersebut, Anda harus memilih bengkel mobil berkredibilitas terbaik yang mampu menjadi rekan perusahaan dalam merawat kendaraan perusahaan.

Otoklix menyediakan layanan khusus bagi perusahaan, organisasi, atau institusi pemerintah dalam melakukan perawatan kendaraan dinas. 

Layanan tersebut adalah Otoklix for Business, melalui layanan tersebut Otoklix menawarkan harga dan biaya servis paling kompetitif sehingga Anda dapat mengontrol biaya perawatan kendaraan dinas dengan transparan.

Layanan unggulan Otoklix, Otoklix for Business, bantu perusahaan merawat kendaraan operasional perusahaan. Informasi lebih lanjut download aplikasi Otoklix atau hubungi OtoBuddy melalui WhatsApp 0811-920-025.

Seluruh jenis servis kendaraan bisa Anda lakukan di Bengkel Otoklix. Adapun jenis servis mobil antara lain ganti oli mobil, ganti aki mobil, memeriksa kondisi sistem pengereman mobil, memeriksa kondisi oli dan cairan pelumasan mobil, memeriksa tekanan dan tapak ban mobil hingga servis tune up.

Demikianlah informasi tentang cara mengelola jadwal servis kendaraan dinas. Jangan lupa rutin melakukan servis mobil secara berkala.

Pertanyaan Seputar Servis Kendaraan Dinas :


Untuk diketahui kendaraan dinas merupakan moda transportasi yang digunakan organisasi, institusi, perusahaan hingga pemerintah untuk menunjang seluruh aktivitas organisasi atau bisnis sehingga seluruh tugas dan fungsinya tercapai.


Adapun jenis servis mobil antara lain ganti oli mobil, ganti aki mobil, memeriksa kondisi sistem pengereman mobil, memeriksa kondisi oli dan cairan pelumasan mobil, memeriksa tekanan dan tapak ban mobil hingga servis tune up.


Cara membuat jadwal servis mobil dinas antara lain dengan mengumpulkan data dan riwayat perawatan setiap kendaraan dinas, menetapkan jadwal servis berdasarkan kondisi kendaraan, menyesuaikan anggaran dengan biaya servis, dan menetapkan bengkel mobil yang memiliki fasilitas terbaik.