bengkel ac mobil

Bengkel AC Mobil Terbaik: Jenis, Biaya Servis, dan Tips Memilih

AC mobil mati memang salah satu yang membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Apalagi jika melakukan perjalanan jauh dan saat cuaca terik. Terlebih, tidak ada bengkel AC mobil terdekat yang bisa kamu datangi.

Kali ini Otoklix akan memberikan kamu informasi biaya servis dan tips memilih bengkel AC mobil yang bagus.

Jenis Kerusakan Pada AC Mobil

Pada dasarnya, ada tiga jenis servis AC mobil berdasarkan tingkat kerusakannya, yaitu servis kecil, servis sedang, dan servis besar.

  • Servis kecil. Servis ini meliputi servis blower, servis kondensor dan ganti filter kabin. Biaya yang dikeluarkan untuk servis kecil ini tergolong tidak terlalu mahal.
  • Servis sedang, meliputi servis blower, servis kondensor, ganti dryer filter, ganti filter kabin, vacuum + oli kompresor, freon. Lebih banyak komponen yang dilakukan perawatan, biayanya tentu lebih tinggi.
  • Servis besar membutuhkan biaya yang lebih besar karena perbaikannya juga lebih banyak, yaitu seperti servis evaporator, servis blower, servis kondensor, ganti dryer filter, ganti filter kabin, vacuum + oli kompresor, freon.

1. Ganti freon

Servis AC mobil seputar freon bisa berupa habis freon atau malah bocor. Jika freon bocor maka perlu dilakukan penambalan, biayanya sekitar Rp100-400 ribu. Sementara itu, untuk pengisian freon membutuhkan biaya Rp150-350 ribu.

2. Bau AC tidak sedap

Bau AC mobil tidak sedap bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena merokok dan makan di dalam mobil kamu, atau karena kabin mobil jarang dibersihkan. Biaya maksimal untuk pemeriksaan jika bau AC mobil kamu tidak sedap adalah Rp200 ribu. Kemudian AC akan dibersihkan. Biaya membersihkan AC ini sekitar Rp100-150 ribu.

3. AC mati

AC mati artinya benar-benar harus dibawa ke bengkel AC mobil. Untuk pengecekan AC mobil yang mati akan dikenakan biaya maksimal Rp200 ribu, lalu bengkel akan mengganti spare part yang rusak dengan harga Rp300-2 juta, tergantung harga spare part yang rusak.

4. Perawatan rutin AC

Nah, perawatan rutin AC ini wajib dilakukan untuk menjaga kualitasnya, lho. Perawatan rutin AC ini meliputi perawatan kondensor, ganti oli, flushing, dan komponen piston. 

Biaya perawatan rutin kondensor berkisar antara Rp100-200 ribu. Sementara itu, ganti oli, flushing, serta komponen piston berkisar antara Rp300-800 ribu.

Jika magnetic clutch perlu diganti, akan dikenakan biaya sekitar Rp350-550 ribu. Magnetic clutch ini perlu diganti jika AC mobil kamu kadang terasa dingin, kadang panas. Terakhir, untuk penggantian spare part kecil berkisar antara Rp250-850 ribu.

Tips Memilih Bengkel AC Mobil

Faktor pelayanan

Bengkel mana pun yang kita tuju sebaiknya memiliki pelayanan yang baik. Dimulai dari pengerjaannya yang cepat dan teliti, juga pegawai bengkel ramah kepada konsumen. Cari bengkel yang mendengarkan keluhanmu karena kamu tentunya tidak ingin servis AC mobil yang abal-abal.

Kamu juga bisa mencari bengkel AC mobil panggilan jika suatu saat kamu tidak bisa datang langsung ke bengkel. Bisa juga memiliki layanan antar jemput.

Faktor kelengkapan

Bengkel servis AC mobil yang memiliki kelengkapan spare part adalah salah satu indikator kita dalam memilih bengkel. Tak semua bengkel AC mobil memiliki spare part yang lengkap. Semakin lengkap spare part, maka akan memudahkan kita untuk memilih komponen AC mobil yang sesuai dengan bujet kamu.

Mekanik andal

Mekanik yang andal dapat langsung menemukan permasalahan kerusakan AC mobil kita dengan cepat. Sehingga, proses perbaikannya juga bisa menjadi lebih cepat. Mekanik yang andal juga bisa memperhitungkan penggunaan komponen AC mobil kita dengan baik.

Banyak servis AC mobil yang murah, tetapi ternyata baru sebentar keluar dari bengkel, AC mobil kamu sudah bermasalah lagi.

Kemudahan transaksi

Bengkel dengan fasilitas yang baik biasanya memudahkan dalam proses transaksi. Mereka menyediakan berbagai jenis pembayaran, bisa melalui debit atau credit card. Biasanya servis mobil bisa membutuhkan biaya ratusan ribu bahkan jutaan, sangat merepotkan kalau harus membawa uang tunai sebanyak itu, kan?

Faktor area bengkel

Bengkel servis AC mobil biasanya memiliki area yang luas untuk menampung mobil pelanggan. Jika banyak mobil yang ditangani, pastinya kamu juga tidak perlu mengantri lama untuk menunggu giliran mobil kita ditangani.

Pilihlah bengkel dengan area yang mampu menampung paling tidak tiga mobil. Area yang luas pun memudahkan mekanik untuk leluasa dalam bergerak.

Rekomendasi

Salah satu cara penting untuk mendapatkan bengkel AC mobil berkualitas adalah berdasarkan rekomendasi teman, kerabat, atau grup komunitas mobil. Biasanya melalui komunitas ini kamu akan dibantu menemukan jasa dan harga servis AC mobil yang sesuai dengan harapanmu.Kamu juga bisa menemukan bengkel AC mobil terbaik di Jabodetabek melalui aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *