Mobil MPV adalah salah satu mobil keluarga terbaik dengan potensial market yang masih sangat menjanjikan. Meskipun banyak bermunculan jenis mobil SUV, mobil sedan, sampai mobil sport yang menawarkan tampilan eksterior dan interior yang menggoda, namun mobil MPV mampu bertahan dengan potensial market yang tetap stabil setiap tahunnya.

Wajar saja, karena jenis mobil multi purpose vehicle (MPV) memiliki keunggulan daripada jenis mobil yang lain yaitu ruang kabinnya yang cukup luas dengan kapasitas penumpang mencapai 7 penumpang sehingga cocok digunakan untuk bepergian bersama keluarga.

Apabila dulu mobil MPV yang paling terkenal adalah Toyota Kijang, maka kini ada banyak jenis mobil MPV yang mendapatkan pembaruan mesin. Artikel ini akan membahas tentang jenis mobil MPV, keunggulan sampai daftar rekomendasi mobil MPV lengkap dengan harganya.

Kenali jenis-jenis mobil MPV

Mobil MPV dikenal sebagai mobil keluarga terbaik karena mampu menampung penumpang 7 sampai 9 penumpang orang dewasa. Sekalipun idealnya memang hanya diperuntukkan untuk 7 penumpang saja, tetapi karena ruang kabin yang begitu luas banyak dimanfaatkan untuk menampung sampai 9 penumpang.

Bukan hanya penumpang saja, melainkan barang yang cukup banyak juga bisa masuk ke mobil MPV. Karena, di bagian belakang ruang kabin memiliki bangku mobil yang bisa dilipatkan dan diperuntukkan untuk bagasi tambahan.

Perbedaan SUV dan MPV adalah bila MPV mampu mengangkut penumpang dan barang, lain halnya dengan mobil SUV yang unggul dengan ketangguhannya melintasi medan jalan ekstrem yang cukup menantang adrenalin. 

Baca juga: Apa itu Mobil SUV dan MPV? Ini Perbedaannya

Mobil MPV memiliki 3 jenis yang berbeda berdasarkan body mobilnya, berikut ini penjelasannya.

Low MPV

Jenis mobil Low MPV memiliki ciri khas body mobil yang mungil tetapi tetap mempertahankan keluasan ruang kabin. Contoh jenis mobil Low MPV di antaranya ada Daihatsu Sigra dan Toyota Avanza.

Low MPV tergolong sebagai mobil MPV paling irit bahan bakar sehingga cocok digunakan sehari-hari. Dilengkapi dengan fitur-fitur mobil yang sederhana namun cukup membantu pengemudi dalam berkendara.

Medium MPV

Satu tingkat di atas Low MPV ada Medium MPV dengan ciri khas body mobil lebih besar dibandingkan jenis Low MPV. Fitur dan teknologinya juga didesain lebih canggih dibandingkan jenis mobil Low MPV.

Contoh mobil Medium MPV beberapa di antaranya ada Honda Mobilio, Honda BR-V, Toyota Innova dan Toyota Sienta.

Premium MPV

Jenis mobil MPV terakhir adalah Premium MPV yang memiliki karakteristik body mobil paling besar dibandingkan dua jenis sebelumnya. Sesuai dengan namanya, Premium MPV, desain interior Premium MPV terlihat elegan dan mewah setara dengan mobil kelas VIP.

Contoh mobil Premium MPV yang termasuk ke dalam mobil MPV mewah di antaranya ada Hyundai H-1 dan Toyota Alphard.

Masing-masing jenis mobil MPV memiliki keunggulannya masing-masing yang perlu dirawat oleh pemilik mobil agar performa mesin mobil selalu dalam keadaan prima. Caranya adalah dengan rutin melakukan servis mobil seperti servis rem mobil, tune up, ganti aki mobil, atau ganti oli.

Baca juga: 12 Mobil Mewah Keluarga, Harga Rp400 juta sampai Rp3 miliar!

Keunggulan dan kelemahan mobil MPV

Keunggulan yang menjadi daya tarik utama dan alasan mengapa mobil MPV adalah mobil keluarga terbaik yang selalu memiliki potensi market tinggi setiap tahunnya adalah ruang kabin yang luas yang mampu menampung 7 sampai 9 penumpang orang dewasa.

Harga mobil MPV terhitung cukup murah bila dibandingkan dengan tipe mobil lain seperti mobil SUV atau mobil sedan. 

Sebut saja Toyota Calya yang dibanderol sekitar Rp140 jutaan, Honda Mobilio yang dijual Rp250 jutaan sampai yang termahal Nissan Serena yang dibanderol nyaris Rp500 jutaan.

Dengan harga yang serupa, bila OtoFriends membeli tipe mobil SUV atau sedan maka hanya mampu menampung maksimal 6 penumpang. 

Beda dengan mobil MPV dengan harga yang sama dengan mobil SUV atau sedan tetapi kapasitas tampungnya sampai 9 penumpang.

Keuntungan lainnya adalah mobil MPV terkenal dengan bagasi yang luas sehingga kamu bisa memaksimal seluruh ruang yang ada di dalam mobil untuk membawa penumpang dan juga barang.

Ada tambahan bagasi di bagian bangku belakang. Kita bisa melipat barisan bangku yang ada di belakang untuk dijadikan bagasi tambahan yang luasnya cukup besar.

Sekalipun banyak peminatnya, tetapi mobil MPV memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan sebagai bahan pertimbangan. 

Kekurangan yang pertama adalah mobil MPV kurang cocok dibawa berkendara di medan jalan yang ekstrem seperti jalanan berbukit atau bebatuan dan berlumpur.

Mobil MPV juga kurang mampu dibawa berkendara di medan jalan menanjak. Tampilan eksterior mobil MPV kurang sporty.

Namun, bila OtoFriends ingin memberi sedikit sentuhan agar tampilan eksterior mobil MPV sedikit lebih sporty atau elegan, kita bisa membawanya ke bengkel body repair untuk mendapatkan sedikit sentuhan sesuai gaya yang diinginkan.

Oleh karena itulah mengapa mobil MPV hanya cocok sebagai mobil keluarga yang dibawa berkendara di medan jalan perkotaan saja.

Daftar mobil MPV, spesifikasi dan harganya

Mobil mpv murah

1. Mitsubishi Xpander

Harga Mitsubishi Xpander: Rp250 jutaan – Rp300 jutaan

Mitsubishi Xpander termasuk jenis mobil Low MPV dengan kapasitas mesin 1.5 L. Ada dua pilihan tipe transmisi mesin, yaitu transmisi manual dengan 5 percepatan dan otomatis dengan 4 percepatan.

Mitsubishi Xpander dirancang dengan desain  dynamic shield yang menekankan betapa eksklusifnya mobil ini ditambah fitur tambahan seperti keyless entry, kamera sensor mundur, active stability control (ASC), hill-start assist sampai traction control logic (TCL).

2. Wuling Confero

Harga Wuling Confero: Rp140 jutaan

Mobil keluaran Tiongkok yakni Wuling ikut memproduksi mobil MPV dengan menghadirkan Wuling Confero. Wuling Confero termasuk ke dalam jenis Low MPV dengan kapasitas mesin 1.5 L DOHC DVT.

3. Toyota Avanza

Harga Toyota Avanza: Rp180 jutaan – Rp290 jutaan

Toyota Avanza menjadi penguasa mobil MPV kelas Low MPV sejak pertengahan tahun 2000-an. Bahkan Toyota Avanza mendapatkan julukan mobil sejuta umat karena menjadi mobil MPV murah namun tetap memberikan fungsionalitas yang maksimal sehingga efisien dan tepat untuk dijadikan mobil keluarga terbaik.

Toyota Avanza semakin canggih dengan melengkapi mesin penggerak depan (FWD) dan fitur Toyota Safety Sense (TSS) untuk mobil keluaran terbarunya. Saking murahnya, harga mobil mpv bekas ini hanya Rp80 jutaan.

Baca juga: Jenis Mobil Toyota: SUV, MPV, Hatchback, Sedan, Sport

4. Daihatsu Sigra

Harga Daihatsu Sigra: Rp120 jutaan – Rp170 jutaan

Mobil MPV murah selanjutnya adalah Daihatsu Sigra dengan pilihan kapasitas mesin 1.0 L dan 1.2 L. Mobil Sigra termasuk ke dalam jenis LCGC MPV dengan varian mesin di antaranya DOHC VVT-i dan 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i, dan 1KR-VE.

5. Daihatsu Xenia

Harga Daihatsu Xenia: Rp190 jutaan – Rp270 jutaan

Keunggulan Daihatsu Xenia sebagai mobil MPV adalah selain ruang kabin yang luas juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti Advance Safety Active (ASA), ruang kabin memiliki layar sentuh, socket USB, dan fitur ionizer atau air purifier di dalam mobil.

Ada dua tipe mesin untuk mobil Xenia yakni 1NR-VE DOHC Dual VVt-i dan 2NR-VE DOHC Dual VVT-i. Sedangkan untuk kapasitas mesinnya juga ada dua pilihan yaitu 1.3 L dan 1.5 L.

6. Renault Triber

Harga Renault Triber: Rp180 jutaan

Mobil MPV murah selanjutnya adalah Renault Triber dengan kapasitas mesin 1.0 L. Fitur yang terdapat pada mobil Triber di antaranya adalah sistem pengereman ABS, bluetooth, speaker, dan socket USB. Menariknya, Renault Triber memiliki desain yang cukup sporty layaknya SUV.

Mobil mpv paling irit

7. Toyota Calya

Harga Toyota Calya: Rp140 jutaan – Rp180 jutaan

Rekomendasi mobil MPV paling irit bahan bakar yang pertama adalah mobil LCGC keluaran Toyota yaitu Toyota Calya berkapasitas mesin 1.2 L. Mobil Calya dilengkapi dengan lampu depan LED.

8. Suzuki Ertiga

Harga Suzuki Ertiga: Rp210 jutaan – Rp260 jutaan

Suzuki Ertiga merupakan mobil MPV paling irit yang termasuk ke dalam jenis mobil Low MPV. Kapasitas mesinnya 1.4 L dengan spesifikasi mesin K14B DOHC dan kapasitas mesin 1.5 L dengan spesifikasi mesin K15B DOHC.

Selain ruang kabin yang luas, rupanya ground clearance mobil ini setinggi 185 mm sehingga kita akan tetap merasa nyaman saat berkendara di permukaan jalan yang cukup bergerigi.

9. Honda Mobilio

Harga Honda Mobilio: Rp190 jutaan – Rp250 jutaan

Dari luar memang Honda Mobilio terlihat cukup gahar layaknya mobil sport, namun ternyata pemakaian bahan bakar untuk mobil Mobilio terbilang cukup irit. Kapasitas mesinnya 1.5 L dan dilengkapi dengan teknologi i-VTEC dan pilihan transmisi CVT.

Salah satu jenis Low MPV ini mampu mengangkut penumpang sampai 7 penumpang namun ruang kabin masih tetap terasa nyaman.

Mobil mpv mewah

10. Toyota Alphard

Harga Toyota Alphard: Rp1 miliaran

Toyota Alphard dinobatkan sebagai mobil MPV mewah pertama dengan dua pilihan mesin yakni 2.4 L dan V6 3.5 L. Mulai dari desain eksterior, fitur sampai desain interior mobil ini mewah dan berkelas sehingga banyak orang yang memperhatikan sewaktu mobil Alphard melintas.

Baca juga: Harga Mobil Alphard Baru dan Bekas, Berikut Spesifikasinya

11. Nissan Serena

Harga Nissan Serena: Rp460 jutaan – Rp490 jutaan

Nissan Serena masuk ke dalam jejeran mobil MPV mewah. Tipe mesin yang digunakan mobil ini adalah MR20 4 silinder dengan kapasitas mesin 2.0 L serta pilihan transmisi mesin CVT dan ECO.

12. Honda Odyssey

Harga Honda Odyssey: Rp880 jutaan

Honda ikut mengeluarkan jenis mobil MPV mewah melalui Honda Odyssey. Jenis Premium MPV ini dilengkapi dengan sliding door, fitur keselamatan yang canggih sampai ruang kabin yang sangat luas dan nyaman. Bahkan, bangkunya saja diselimuti dengan material kulit dan arm rest. Tepat sekali bila Odyssey disebut sebagai mobil MPV paling nyaman.

13. Hyundai Stargazer

Harga Hyundai Stargazer: Rp240 jutaan – Rp300 jutaan

Brand mobil asal Korea yakni Hyundai mengeluarkan mobil MPV mewah dengan nama Hyundai Stargazer. Kapasitas mesinnya 1.5 L dengan beberapa fitur canggihnya seperti blind-spot collison-avoidance assist (BCA), lane keeping assist (LKA), forward collision-avoidance (FCA), dan rear cross-traffic collision-avoidance assist.

14. Chevrolet Orlando

Harga Chevrolet Orlando: Rp300 jutaan

Premium MPV alias mobil MPV mewah yang dimiliki Chevrolet adalah Chevrolet Orlando dengan tampilan eksterior yang mewah di bagian foglamp dan bumper. 

Selain ruang kabin yang luas dan desain dashboard yang elegan, faktor yang membuat mobil MPV ini terlihat mewah adalah karena adanya fitur modern seperti ABS, auto door lock dan airbag depan.

15. Toyota Sienta

Harga Toyota Sienta: Rp270 jutaan – Rp370 jutaan

Rekomendasi mobil MPV selanjutnya adalah Toyota Sienta yang tergolong sebagai Premium MPV berkapasitas mesin 1.5 L. Fitur yang dimiliki mobil ini di antaranya adalah sliding door dan konfigurasi jok untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada penumpang.

16. Toyota Vellfire

Harga Toyota Vellfire: Rp1 miliaran

Mobil MPV mewah terakhir yang direkomendasikan dari Toyota adalah Toyota Vellfire. Tipe mesin mobil MPV paling nyaman ini 2AR-FE 2.5 L 4-silinder segaris. Desain interior dan eksterior yang mewah mampu bersaing dengan kompetitornya yakni Toyota Alphard.

Pertanyaan Seputar Mobil MPV

Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle merupakan tipe mobil yang memiliki keunggulan pada ruang kabin yang begitu luas dan kapasitas penumpang mencapai 7 sampai 9 penumpang.

Bedanya mobil SUV dan MPV adalah terletak pada desain eksterior dan kapasitas penumpang. Mobil MPV memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak daripada mobil SUV, di mana mobil MPV mampu mengangkut sampai 9 penumpang sedangkan mobil SUV maksimal 6-7 penumpang. Namun, desain eksterior mobil SUV lebih sporty dan elegan serta bisa dibawa di medan jalan yang ekstrem.

Merek mobil MPV di antaranya ada Mitsubishi, Wuling, Toyota, Honda, Hyundai, Chevrolet, Suzuki, Renault Triber, sampai Daihatsu. Sementara itu harga mobil MPV murah mulai dari Rp120 jutaan untuk Daihatsu Sigra dan paling mahal Rp1 miliar untuk Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.