Mobil segmen city car cukup diminati banyak orang karena dianggap simpel untuk mobilitas di perkotaan yang cukup padat. Tak hanya model baru, mobil lawas seperti Kia Visto juga masih dicari guna memenuhi kebutuhan transportasi harian.

Jika OtoFriends salah satu yang ingin membeli city car mungil ini, simak dulu kelebihan dan kekurangan Kia Visto.

Kelebihan Kia Visto

Salah satu keunggulan Kia Visto adalah dimensinya yang kecil, yakni panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, dan tinggi 1.480 mm sehingga diminati banyak kalangan, terutama wanita. Sebab, mobil kecil akan lebih mudah dioperasikan, termasuk saat parkir.

Tak hanya itu, tentunya ada kelebihan lainnya dari Kia Visto ini, berikut ulasannya.

1. Kapasitas Mesin

Kia Visto kian lincah di jalan dengan paduan mesin cukup besar, yaitu 1000cc dengan 4 silinder 12 valve. Melalui mesin tersebut, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 55hp didukung torsi maksimum 82 Nm.

2. Jenis Mesin

Kia Visto terbilang modern di zamannya karena sudah menggunakan teknologi mesin injeksi yang mampu mengirit konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Kia Visto hanya membutuhkan bensin kisaran 1 liter untuk menempuh perjalanan 14 hingga 16 km.

3. Handling

Dari segi kenyamanan berkendara, Kia Visto terbilang memiliki handling yang presisi. Pengendara mampu membawa mobil ini dalam kecepatan tinggi dengan kondisi yang stabil dan mudah dikendalikan.

4. Interior yang Nyaman

Meski hadir sebagai city car yang kecil, Kia Visto memiliki interior yang cukup nyaman untuk pengendara maupun penumpangnya. Kia menyematkan sejumlah fitur mumpuni pada Visto, yakni AC, Heater, Rear Defogger, Power Steering dan Power Window.

Kendati demikian, membuka jendela pada baris kedua Kia Visto masih menggunakan engkol. Pelipatan kedua spion dari mobil ini juga masih manual.

Namun istimewanya, Kia Visto juga sudah dilengkapi fitur keamanan berupa seatbelt di bagian belakang. Padahal, rata-rata mobil di era 2000-an hanya memiliki seatbelt di bagian depan saja.

Sayangnya ada sejumlah kekurangan dari Kia Visto di balik kelebihannya itu. Mari kita bahas.

Baca Juga: Daftar Bengkel Mobil Kia, Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Kia Visto

Selain kelebihan, Kia Visto juga memiliki sejumlah kekurangan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Material Dashboard Bergetar

Kekurangan pertama dari Kia Visto adalah material dashboard yang jelek sehingga bergetar saat mesin dinyalakan dan menimbulkan suara mengganggu selama perjalanan. Parahnya, dashboard juga gampang melengkung bila terpapar sinar matahari secara terus-menerus dan kurang perawatan.

2. Penggunaan BBM Khusus

Kia Visto penggunaan bahan bakar lebih spesifik dari mobil lainnya karena harus menggunakan Pertamax yang dinilai dapat memaksimalkan performa mesin. Sebab, jika Kia Visto menggunakan BBM jenis lain justru akan lebih cepat merusak mesinnya.

3.  Suspensi Keras

Kekurangan selanjutnya pada KIA Visto adalah bantingan suspensi yang keras. Meski jenis suspensi yang digunakan sama dengan pesaingnya, Hyundai Atoz, Kia Visto berbeda dalam segi kualitas khususnya jika terjadi hentakan.

4. Kaki-kaki Ringkih

Kekurangan terakhir city car ini ada pada bagian kaki-kakinya yang ringkih sehingga kurang nyaman saat dikendarai di jalanan yang kurang rata. Bagian ini perlu perawatan ekstra untuk penggunaan jarak yang cukup jauh atau sering berpergian.

Baca Juga: SUV Kia Sorento, Review Fitur, Performa, dan Kisaran Harga

Harga Kia Visto

Jika OtoFriends tertarik untuk segera membeli city car mungil ini, berikut rincian harga Kia Visto bekas di tahun 2022. 

VarianTahunSpesifikasiHarga
KIA Visto 1.0 M/T20011.000 ccRp41 juta
KIA Visto 1.0 M/T20031.000 ccRp45 juta
KIA Visto 1.0 A/T20021.000 ccRp48 juta
KIA Visto 1.0 A/T20031.000 ccRp64 juta

Itulah penjelasan lengkap tentang mobil Kia Visto. Apabila OtoFriends ingin ganti oli, booking online lewat aplikasi Otoklix bisa dijadikan pilihan. Selain bebas antri, service di bengkel kategori OtoSelect juga bergaransi 30 hari setelah pengerjaan.