Toyota Alphard merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) premium yang paling terkenal dan unggul di kelasnya. Berapa harga mobil Alphard saat ini? Harga mobil bekasnya saja masih ada yang dijual dengan harga Rp1 Miliaran. Bagaimana dengan harga mobil Alphard terbaru?

Di Indonesia sendiri, merk Toyota termasuk merk mobil yang banyak peminatnya. Mulai dari mobil MPV sampai mobil sport diproduksi oleh Toyota. Sejak kali pertama dirilis di Jepang tahun 2002 dan diperkenalkan di Indonesia di tahun 2008, Toyota Alphard masih menjadi permaisuri dan banyak dicari-cari bahkan mobil bekasnya.

    Apabila OtoFriends mulai mempertimbangkan untuk membeli mobil Alphard, yuk cari tahu terlebih dulu harga mobil Alphard baru dan bekas serta spesifikasi Toyota Alphard.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota New Vellfire Variant

    Daftar harga mobil Alphard baru dan bekas

    Dikutip dari berbagai sumber berikut ini harga mobil Alphard terbaru dan bekas 2022.

    Harga mobil Alphard baru

    Tipe Mobil AlphardHarga Mobil Alphard
    Toyota Alphard 2.5 X A/TRp1,18 Miliar
    Toyota Alphard 2.5 G A/TRp1,34 Miliar
    Toyota Alphard 3.5 Q A/TRp1,62 Miliar

    Harga mobil Alphard bekas

    Tipe Mobil AlphardTahunHarga Mobil Alphard Bekas
    Toyota Alphard 2.5 G Van Wagon2022Rp1,27 Miliar
    Toyota Alphard 2.5 G Van Wagon2020Rp1,1 Miliar
    Toyota Alphard 2.5 G2019Rp1,16 Miliar
    Toyota Alphard 2.5 G2018Rp934 Juta
    Toyota Alphard 2.5 G Van Wagon2018Rp989 Juta
    Toyota Alphard 2.5 G Van Wagon2017Rp828 Juta
    Toyota Alphard 2.5 G Van Wagon2016Rp740 Juta
    Toyota Alphard 2.4 G2015Rp690 Juta
    Toyota Alphard 2.5 G Van Wagon2015Rp775 Juta
    Toyota Alphard 3.5 V2014Rp418 Juta
    Toyota Alphard 2.4 G2012Rp362 Juta
    Toyota Alphard 2.4 SC2012Rp370 Juta
    Toyota Alphard 2.4 G2010Rp270 Juta
    Toyota Alphard 2.4 V Van Wagon Matic2007Rp175 Juta
    Toyota Alphard 3.0 V Van Wagon2007Rp180 Juta

    Spesifikasi mobil Alphard

    1. Interior

    Bagian interior Alphard langsung menampakkan kesan mewah dan elegan. Di bagian dashboard, terdapat sentuhan kayu dan krom di konsol tengah. Selain itu, warna dasbor juga didominasi warna hitam.

    Kemudian, terdapat layar ukuran 9 inci dengan berbagai tombol pengaturan, salah satunya AC Digital dengan dual zone. Kesan nyaman juga tampak dari kursi mobil Alphard yang fleksibel dengan legroom. Pada tipe Alphard 3.5 Q, terdapat panel yang berfungsi mengatur posisi duduk serta pengaturan AC dan heater.

    Selain itu, terdapat rear-seat entertainment 13 inci yang dilengkapi HDMI dan phone mirroring. Apabila ingin aura kabin tampak beda, cukup nyalakan Color Ceiling Illumination dengan 16 warna berbeda yang dapat dipilih.

    2. Eksterior

    Hal yang paling menonjol dari sisi eksterior mobil Alphard adalah grill yang digunakan lebih besar dari model pre-facelift dengan finishing black piano dan krom. Selain itu, lampu depan Alphard juga tampak dinamis. Di bagian atas, terdapat lampu utama berteknologi LED, sementara di bagian bawah terdapat turn lamp dengan patter nyala sequential.

    Di bagian samping mobil Alphard, terdapat kaca spion yang dilengkapi fitur auto folding beserta lampu sein. Desain unik di bagian samping juga ditunjukkan melalui pillar-B yang diberi warna body, sementara pillar-C dibiarkan berwarna hitam.

    Kemudian, pada lampu belakang mobil Alphard tampak  jajar genjang dengan sedikit bagian lampu yang melebar ke samping. Lampu tersebut dipisahkan oleh rear garnish krom, sementara di bumper bawah terdapat reflektor beserta empat sensor parkir.

    3. Spesifikasi mesin

    Mesin Toyota Alphard terbagi menjadi dua dua pilihan powertrain. Untuk tipe 3.5 Q dibekali mesin V6 3.456 cc berkode 2GR-FKS. Mesin tersebut memiliki tenaga 295 HP di 6.200 rpm, serta torsi 360 Nm di 4.700 rpm.

    Sempentara, Toyota Alphard tipe  2.5 G dan 2.5 X menggunakan mesin empat silinder 2.494 cc DOHC Dual VVT-I berkode 2AR-FE. Mesin tersebut memiliki tenaga 177 HP di 6.000 rpm, serta torsi maksimal 235 Nm di 4.100 rpm

    Terkait performa mesin mobil Alphard, pada mesin mobil Alphard type 3.5 Q dapat menarik mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,2 detik. Selain itu, handling mobil Alphard juga cukup mengesankan. Alphard menggunakan sasis monokok dengan suspensi belakang double wishbone.  Mobil tetap stabil ketika bermanuver walaupun kecepatannya tinggi.

    Sementara, penggunaan bahan bakar mobil Alphard terbilang boros. Untuk tipe 3.5 Q, misalnya, konsumsi bahan bakar di dalam kota sekitar 6 km/ L dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Apabila di perjalanan terkena macet, konsumsi bahan bakar bisa naik menjadi 12 km/ L dalam kecepatan 80 km/jam.

    4. Fitur

    Kemudian, fitur yang disematkan Toyota pada mobil Alphard terbaru cukup banyak dan terlengkap, apalagi fitur-fitur tersebut telah menggunakan teknologi tercanggih. Misalnya saja fitur airbag pada mobil Alphard 3.5 Q sendiri terdapat dual-SRS airbag di bagian depan, side airbag, curtain airbag, dan knee airbag.

    Terdapat fitur sensor ultrasonik sebanyak 8 sensor yang tersebar di bagian depan dan belakang mobil yang berfungsi untuk mengidentifikasi objek lain yang berada di sekitar mobil dan terindikasi dapat memicu kecelakaan atau tubrukan.

    Fitur keamanan dan keselamatan lainnya di antaranya Hill-Start Assist, Pre-Collision System (PCS), Blind Spot Monitoring (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Lane Departure Alert with Steering Control, Rear-Cross Traffic Alert (RCTA), Traction Control (TC), Dynamic Radar Cruise Control, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan masih banyak lagi.

    Baca juga: Harga Mobil Alphard, MPV Nyaman dan Aman Terfavorit

    Kelebihan dan kekurangan mobil Alphard

    Toyota Alphard memberikan jaminan layanan servis di seluruh jaringan dealer Toyota di Indonesia. Selain faktor kenyamanan, Alphard juga menjadi simbol status sosial seseorang. Banyak kalangan menengah ke atas seperti selebritas hingga pejabat negara menggunakan Alphard sebagai kendaraan harian. Popularitas Alphard pun turut terdongkrak di pasaran.

    Meskipun demikian, Alphard juga memiliki sejumlah kekurangan. Misalnya, dari sisi harga, Alphard terbilang mahal. Padahal, di pasaran tidak sedikit mobil merek lain dengan spesifikasi dan fitur hampir sama dengan Alphard. Selain itu, mobil Alphard juga cukup berat sehingga menguras tenaga mesin.

    Tips merawat mobil Alphard

    Karena termasuk mobil mewah, tentu perawatan mobil Alphard tidak boleh asal-asalan. Berikut beberapa tips merawat mobil Alphard.

    1. Lakukan cek mesin

    Pertama-tama, cek bagian mesin karena menjadi pusat sistem kerja mobil. Lakukan servis berkala, mulai ganti oli hingga cek berbagai komponen mesin. Jika ingin servis mobil di bengkel terdekat, OtoFriends bisa melakukan booking online melalui Otoklix. Dijamin bebas antre dan dapat garansi!

    2. Cek ban mobil

    Terkait perawatan ban mobil, pastikan angka tekanan angin sesuai standar yang direkomendasikan. Di bagian kembangan ban, cek apakah ada benda yang terselip. Jangan lupa segera ganti ban bila ban tampak semakin tipis.

    3. Bersihkan komponen listrik

    Segala fitur hiburan dan komponen di dalam mobil Alphard tidak akan bisa digunakan apabila daya listrik tidak mencukupi. Jadi, bersihkan komponen listrik secara teratur dengan memutuskan aliran aki terlebih dahulu.

    4. Gunakan bahan bakar berkualitas tinggi

    Gunakan bahan bakar berkualitas dengan nilai oktan 92. Bahan bakar yang berkualitas akan membuat mesin tetap prima.

    5. Cek kondisi lampu

    Lampu mobil tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saja, melainkan juga untuk menjaga keselamatan selama berkendara di malam hari. Lakukan pengecekan kondisi lampu headlamp, sein, rem, dan lampu lainnya.

    Baca juga: 12 Mobil Mewah Keluarga, Harga Rp400 juta sampai Rp3 miliar!

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Harga Mobil Alphard

    Harga mobil Alphard dibanderol mulai dari Rp 1.133.150.000 hingga Rp 1.561.750.000 on the road DKI Jakarta.

    Sisi interior, eksterior, mesin, hingga teknologi yang ditawarkan sangat menarik. Toyota Alphard adalah mobil yang masuk kategori MPV mewah. Karena dimensinya yang besar, Alphard bisa mengangkut 7 orang penumpang.

    Toyota Alphard adalah tipe mobil MPV premium yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation sejak 2002. Pesaing Alphard adalah Honda Elysion dan Nissan Elgrand.

    Mobil Alphard memiliki kesan mewah, elegan, kabin luas, serta banyak fitur canggih. Itulah yang membuat MPV Alphard tidak pernah sepi peminat.