Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A kini sudah dibuka. Perlu diketahui, jalan tol ini juga tersambung dengan Jalan Tol Depok-Antasari (Desari). Saat uji coba pada 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, jalan tol ini dioperasikan tanpa tarif alias tidak berbayar.

Tol Cijago 3A menghubungkan wilayah Kukusan sampai Krukut. Namun, saat pengetesan jalan tol, pengguna jalan tol belum bisa keluar di Krukut, melainkan diteruskan ke Tol Desari dan mengarah ke Antasari. Untuk masuk Tol Desari, tarif yang dikenakan sebesar Rp3 ribu. Lalu, berapa tarif tol Cijago? Simak informasi selengkapnya!

    Jalan Tol Cijago menghubungkan wilayah Kukusan hingga Krukut

    Tol Cijago ruas 3A menghubungkan Kukusan hingga Krukut. Uji coba Jalan Tol Cinere hingga Jagorawi Seksi 3A dilakukan pada 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Berdasarkan keterangan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, apabila masuk dari Kukusan ke Desari, pengguna dikenakan tarif Rp3000.

    Baca juga: 11 Pelanggaran di Jalan Tol dan Cara Cek Tilangnya

    Seksi III Tol Cijago menghubungkan Kukusan-CInere

    Sebagai informasi, Seksi 3 adalah bagian dari proyek Jalan Tol Cijago yang dikembangkan PT Translingkar Kita Jaya. Nilai proyeknya sendiri mencapai Rp1,1 triliun. Seksi tol ini adalah sesi terakhir dari Tol Cijago serta bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang menjadi penghubung Kukusan-Cinere Depok sepanjang 5,5 kilometer. Dengan diselesaikannya Seksi 3 tersebut, Jalan Tol JORR I dapat terhubung dengan JORR II melalui Jalan Tol Desari dan Jalan Tol Cijago.

    Ruas jalan Tol Cijago (Cinere-Jagorawi)

    Jalan Tol ini dapat menghubungkan Cinere dengan Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi). Selain itu, Jalan Tol Cijago juga akan terhubung dengan jalan Tol Desari dengan interchange-nya yang berada di Krukut, Depok. Ruas jalan Tol Cijago terbagi menjadi tiga seksi sebagai berikut:

    • Seksi I: Jagorawi – Cisalak
    • Seksi II: Cisalak – Kukusan/Beji
    • Seksi III: Kukusan/Beji – Cinere

    Berikut daftar tarif Tol Cijago sebelum tanggal 7 Januari 2020

    • Kendaraan Golongan I Rp.4.500,-
    • Kendaraan Golongan II Rp.6.500,-
    • Kendaraan Golongan III Rp.9.000,-
    • Kendaraan Golongan IV Rp.11.000,-
    • Kendaraan Golongan V  Rp.13.000,-

    Sebagai informasi, per 7 Januari 2020, tarif tol Cijago menggunakan sistem tarif terbuka (jauh dekat bertarif sama) sehingga terjadi kenaikan tarif. Bahkan, kenaikan tarif tol Cijago bisa sampai 100 persen untuk kendaraan golongan I dan II. Hal itu diterapkan pasca beroperasinya ruas Seksi II pada 28 September 2019 hingga 6 Januari 2020).

    Baca juga: Cara Menyalip di Jalan Tol yang Benar dan Aman

    Tarif Tol Cijago per 7 Januari 2020

    • Kendaraan Golongan I Rp.9.000
    • Kendaraan Golongan II Rp.13.500
    • Kendaraan Golongan III Rp.13.500
    • Kendaraan Golongan IV Rp.17.500
    • Kendaraan Golongan V  Rp.17.500

    Ruas jalan Tol Desari (Depok-Antasari)

    Jalan Tol Desari terkoneksi dengan Jalan Tol JORR dan akan terkoneksi juga dengan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR)-Ciawi. Gerbang utama Tol Antasari adalah Gerbang Cilandak yang ada di sisi jalan TB Simatupang. Sementara itu, ruas Jalan Tol Desari dibagi menjadi tiga seksi sebagai berikut:

    • Seksi I : Antasari-Brigif
    • Seksi II : Brigif-Sawangan
    • Seksi III : Sawangan-Bojonggede

    Berikut daftar tarif Tol Desari Seksi I Antasari-Brigif:

    • Kendaraan Golongan I Rp.7.500
    • Kendaraan Golongan II Rp.11.500
    • Kendaraan Golongan III Rp.11.500
    • Kendaraan Golongan IV Rp.15.000
    • Kendaraan Golongan V Rp.15.000

    Baca juga: Awas Kena Tilang! Ini Batas Kecepatan Tol

    Tips berkendara dengan aman di Jalan Tol

    Seperti diketahui, tujuan dibuatnya jalan tol adalah untuk mempermudah mobilitas pengendara agar bisa tiba di tempat tujuan lebih cepat. Walaupun berkendara di jalur bebas hambatan, jangan menyetir sembarangan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut beberapa tips berkendara dengan aman di jalan tol:

    1. Cek kondisi kendaraan

    Pastikan kendaraan dalam keadaan prima saat digunakan bepergian. Cek kendaraan bukan hanya sebelum melakukan perjalanan jauh, melainkan lakukan secara rutin. Apalagi, saat ini sudah ada banyak cara mudah untuk servis kendaraan, salah satunya menggunakan aplikasi Otoklix. OtoFriends tinggal melakukan booking online, lalu datang ke bengkel tujuan sesuai waktu yang telah ditentukan.

    2. Pastikan tubuh dalam kondisi fit

    Bukan hanya mobil yang perlu dijaga, tubuh pun perlu dipastikan kesehatannya. Jangan sampai pergi jauh dalam kondisi kurang prima. Sebab, mengemudi adalah aktivitas yang membutuhkan energi dan konsentrasi tinggi.

    3. Jangan lupa bawa kartu tol

    Hal yang tidak kalah penting adalah kartu e-tol. Jangan lupa cek saldo e-tol sebelum bepergian. Apabila saldo tidak mencukupi, perjalanan akan terhambat dan bisa terjebak antrean kendaraan lainnya yang ingin membayar tunai.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan seputar Tol Cijago

    PT PP Presisi bersama entitas anak PT Lancarjaya Mandiri Abadi (PT LMA) menyatakan proyek Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3A Kukusan – Krukut LMA sudah beroperasi secara fungsional untuk mendukung kelancaran lalu lintas ketika libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

    TOL merupakan singkatan dari tax on location. Hal inilah yang mendasari mengapa pengendara dikenakan sejumlah tarif ketika melintasi atau menggunakan jalan tol.

    Sepeda motor tidak diperbolehkan melintasi jalan tol dengan alasan keselamatan. Hal itu tertuang dalam Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005. Jalan tol hanya diperuntukkan bagi kendaraan beroda empat atau lebih.