Mobil sport utility vehicle (SUV) menjadi salah satu jenis mobil favorit keluarga Indonesia. Sebab, mobil ini mempunyai ground clearance yang tinggi, irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM), serta memiliki kapasitas penumpang hingga tujuh orang. Selain itu, mobil SUV murah juga jadi primadona masyarakat. Yuk, simak daftarnya!

Rekomendasi Mobil SUV Murah

1.Honda BR-V S MT

Bisa menampung hingga tujuh penumpang, Honda BR-V S MT terkenal nyaman karena kabinnya yang lapang. Eksterior mobil ini dibekali headlamp LED dan foglamp. Sementara, mesin Honda BR-V memiliki kapasitas 1.497 cc dengan pilihan sistem transmisi manual dan CVT. Terkenal irit konsumsi bahan bakar, dimensi mobil ini mencapai panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan jarak sumbu roda 2.662 mm. Honda BR-V S MT merupakan tipe yang paling murah dengan harga sekitar Rp278,9 juta on the road Jakarta.

2. Toyota New Rush G

Toyota New Rush G juga menjadi favorit konsumen karena memiliki ground clearance cukup tinggi. Memiliki kapasitas mesin 1.495 cc, mobil ini dapat menghasilkan tenaga hingga 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi maksimum mencapai 136 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Sama seperti Honda BR-V S MT, mobil ini bisa menampung penumpang hingga tujuh orang. Memiliki interior yang mewah dan modern, mobil ini dibanderol mulai dari Rp275,3 juta on the road Jakarta.

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

3. MG ZS MCE Activate 

Memiliki tampilan modern dan fitur yang canggih, MG ZS MCE Activate dibanderol mulai dari Rp279,8 juta on the road Jakarta. Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, DOHC, 4 silinder, 16 katup, VTi-TECH, dan sistem injeksi multi point. Sementara, tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 114 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 150 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

4. Wuling Almaz 1.5T SE MT 

Wuling Almaz merupakan mobil pabrikan China bergaya Eropa. Memiliki teknologi canggih dan desain interior yang modern, mobil ini tampak mewah. Wuling Almaz dibekali mesin turbocharged dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, DVVT, dan berkapasitas 1.451 cc. Mesin Wuling Almaz dapat mengeluarkan tenaga maksimum hingga 140 hp pada putaran mesin 5.200 rpm, serta torsi maksimum mencapai 250 Nm pada rentang putaran mesin 1.800 rpm hingga 3.600 rpm. Mobil ini dibanderol mulai dari Rp265,5 juta on the road Jakarta.

5. Suzuki XL7 Zeta MT

Suzuki XL7 merupakan mobil SUV yang memiliki desain gagah, atraktif, dan tangguh. Memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang, mobil ini dibekali banyak fitur canggih. Salah satunya Electronic Stability Programme (ESP) yang dapat mengurangi risiko oversteer atau understeer ketika mobil berbelok.

Selain itu, mobil ini juga dibekali mesin K15B 4 silinder dengan kapasitas 1.462 cc. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 104,7 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi maksimum mencapai 138 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Apabila OtoFriends ingin memiliki mobil ini, harga paling murah sekitar Rp223 juta on the road Jakarta.

6. Nissan Magnite Upper MT

Memiliki desain gagah dan agresif, Nissan Magnite dibekali mesin 1.0 L yang dilengkapi turbocharger. Selain irit bahan bakar, mobil ini juga mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 100 PS dan torsi maksimum mencapai 160 Nm.

Mobil ini memiliki banyak fitur canggih yang akan memanjakan penumpangnya. Di antaranya fitur Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), airbag ganda SRS, serta sabuk pengaman pretensioner dan load limiter untuk pengemudi dan penumpang.

Harga Nissan Magnite Upper MT paling murah dibanderol mulai dari Rp240 juta on the road Jakarta.

Baca juga: Terbaik! 10 Mobil Offroad Murah Harga Dibawah 100 Juta

7. Daihatsu Terios 1.3 M MT

Daihatsu Terios merupakan mobil SUV yang mirip dengan Toyota Rush. Sebab, dimensi dan interior Terios hampir sama. Mobil Daihatsu Terios memiliki fitur ABS, EBD, serta VSC. Harga paling murah sekitar Rp202 juta on the road Jakarta.

8. Renault KWID Climber

Dibanderol mulai dari Rp183 juta, Renault KWID Climber dibekali mesin 3 silinder berkapasitas 999 cc. Sementara itu, tenaga yang mampu dihasilkan 67 hp dan torsi mencapai 91 Nm. Mobil ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya roof rail, ground clearance yang tinggi, head unit touch screen 8 inch, Android Auto dan Apple CarPlay, voice command, hingga kamera mundur.

9. DFSK Glory 560 1.5L Turbo 6MT B-Type

DFSK Glory 560 merupakan mobil produksi DFSK dari China yang fokus pada mobil jenis SUV. Mobil ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi. Selain itu, interior DFSK Glory dibekali floating head unit dengan layar sentuh 8 inci. Head unit tersebut sudah dilengkapi dengan navigasi GPS, radio, sambungan bluetooth, mirroring smartphone untuk iOS dan Android, serta kamera belakang untuk parkir.

Mobil ini juga dibekali mesin 1.5 L turbocharged yang bisa mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 150 PS serta torsi maksimum mencapai 230 Nm. Tipe DFSK termurah adalah Glory 560 1.5L Turbo 6MT B-Type yang dibanderol Rp202,5 juta on the road Jakarta.

10. Kia Sonet Standard MT

Kia Sonet dibanderol mulai dari Rp201,6 juta on the road Jakarta. Mobil SUV ini memiliki mesin DOHC dual CVVT, 4 silinder, dengan kapasitas 1.497 cc. Sementara, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 114 hp pada 6.300 rpm, serta torsi maksimum 144 Nm pada 4.500 rpm.

Kia Sonet memiliki banyak fitur canggih. Di antaranya ABS, EBD, HSA, VSC, kamera belakang, sunroof, lampu LED, hingga Remote Engine Start.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga SUV Tangguh Nissan Magnite 2022

Itulah 10 rekomendasi mobil SUV murah di Indonesia. Di antara daftar mobil SUV murah di atas, adakah yang OtoFriends inginkan? Bila sudah memiliki mobil impian, jangan lupa untuk rutin membawanya ke bengkel terdekat, ya. Lakukan booking online melalui aplikasi Otoklix agar terbebas dari antrian!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mobil SUV Murah

Banyak mobil SUV terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Di antaranya Toyota Rush, Honda HR-V, Wuling Almaz, Toyota Corolla Cross, Suzuki XL7, Hyundai Kona Electric, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang memilih mobil SUV karena kabin yang luas dan nyaman dikendarai. Selain itu, mobil SUV biasanya juga bisa melewati berbagai medan jalanan.

SUV merupakan singkatan dari sport utility vehicle. Seperti namanya, mobil ini memiliki aksen sporty dan desainnya terinspirasi dari mobil offroad. Oleh sebab itu, mobil ini memiliki fungsi utility, yaitu bisa menempuh segala medan. Ada tiga kategori SUV di pasaran, yakni compact SUV, medium SUV, dan big SUV.