Saat ini semakin banyak model mobil yang beredar di pasaran. Ada sedan, hatchback, minivan, SUV, dan MPV. Kedua jenis yang terakhir memiliki bentuk yang hampir mirip, tetapi sebenarnya apa itu mobil SUV dan MPV? Apa saja perbedaan di antara keduanya?

Yuk, simak artikel Otoklix.com berikut ini.

Pengertian Mobil SUV

SUV adalah singkatan dari sport utility vehicle. Seperti namanya, mobil ini memang memiliki aksen sporty dan desainnya diadaptasi dari mobil offroad. Oleh sebab itu, mobil ini memiliki fungsi utility, yaitu sanggup menempuh segala medan.

SUV dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu compact SUV, medium SUV, dan big SUV. Ini dia perbedaan dari ketiga kategori tersebut.

1. Compact SUV

Mobil ini memiliki bodi yang kecil dengan 4 kursi penumpang. Karakter ini dinamakan crossover. Cocok digunakan pada pengguna mobil yang hobi crossover, tetapi tinggal di daerah perkotaan. Mobil ini mampu melakukan manuver dengan baik saat terjadi kemacetan. Contohnya adalah Honda HR-V. 

2. Medium SUV

SUV kategori ini memiliki bodi yang lebih besar daripada compact SUV. Mobil ini memiliki 3 baris kursi penumpang atau 3 seater. Contohnya adalah Chevrolet Captiva, Nissan X-Trail, dan Honda CR-V.

3. Big SUV

Kategori ketiga adalah SUV dengan bodi paling besar. Mobil ini mudah menerjang daerah pegunungan, bisa juga digunakan di dalam kota. Contoh mobil big SUV adalah Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Pengertian Mobil MPV

MPV adalah singkatan dari multi-purpose vehicle. Artinya, mobil ini memang bisa digunakan secara multifungsi, bisa digunakan untuk membawa penumpang atau mengangkut barang. Kursi belakang mobil ini juga dapat dilipat sehingga ruang bagasi menjadi lebih besar. Ada 3 jenis MPV seperti di bawah ini:

1. Low MPV

Low MPV adalah mobil MPV dengan fitur sederhana. Bodinya tidak terlalu besar, tetapi mampu menunjang kegiatan sehari-hari serta irit bahan bakar. Contoh dari Low MPV adalah Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Toyota Calya, dan Daihatsu Sigra.

2. Medium MPV

MPV di kategori medium ini memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan dengan low MPV. Fiturnya pun lebih lengkap. Contohnya adalah Toyota Sienta, Honda Mobilio, Toyota Innova, dan Honda BR-V.

3. Premium MPV

Yang terakhir adalah premium MPV. ini adalah kategori teratas pada mobil MPV. Bodinya paling besar dan memiliki interior kelas VIP. Contohnya adalah Toyota Alphard, Hyundai H-1, dan lainnya.

Jadi, sudah paham apa itu mobil SUV dan MPV, bukan? Selanjutnya, mari kita bahas lebih rinci tentang perbedaan mobil SUV dan MPV.

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Perbedaan ini dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya berdasarkan fungsi, kapasitas penumpang, konsumsi bahan bakar, kapasitas mesin, material bodi, dan harga mobil. Yuk, simak.

1. Berdasarkan fungsi

Biasanya mobil SUV digunakan untuk melewati berbagai medan menantang. Cocok digunakan bagi kamu yang senang melakukan olahraga adrenalin, mendaki gunung, dan sejenisnya. Sementara itu, mobil MPV biasa digunakan sebagai mobil keluarga. Fungsinya lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan berkendara.

2. Berdasarkan kapasitas penumpang

Berdasarkan kapasitas penumpangnya, baik mobil SUV maupun MPV memiliki kabin yang cukup luas. Bisa menampung sampai dengan 8 orang penumpang. Tetapi ini hanya berlaku bagi MPV. Luas kabin mobil SUV lebih sempit, sehingga bisa menampung penumpang yang lebih sedikit dibandingkan mobil MPV.

Meskipun pada mobil-mobil SUV juga ada yang memiliki 3 baris kursi penumpang atau bisa digunakan untuk 7-seater, tetapi biasanya kursi penumpang baris belakang memiliki ketinggian yang agak rendah. Hal ini yang terkadang membuat kita terkecoh, apa itu mobil SUV dan MPV.

3. Konsumsi bahan bakar

Dilihat dari konsumsi bahan bakar, mobil SUV memang lebih boros dibandingkan MPV, bahkan dengan jenis mobil lainnya. Sementara itu mobil MPV memang ditujukan untuk mobil keluarga. Sehingga, biasanya sudah ada sistem pengelolaan bahan bakar yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

4. Kapasitas mesin

Dilihat dari kapasitas mesinnya, mobil SUV dan MPV memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jelas saja, mobil SUV memang ditujukan untuk melewati jalanan off road, sehingga pasti membutuhkan mesin dengan kapasitas besar. Rata-rata mobil-mobil SUV dilengkapi dengan kapasitas mesin di atas 1500 cc. Sedangkan mobil MPV yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari biasanya dibekali dengan mesin di bawah 1500 cc.

5. Material bodi mobil

Perbedaan berikutnya dapat dilihat dari material bodi mobil. Mobil-mobil SUV menggunakan bodi yang diposisikan di atas sasis, atau dikenal dengan istilah struktur body on frame. Fungsi dari desain bodi ini adalah agar mudah melintasi jalanan off road, misalnya bebatuan dan tanah berlumpur. Sasis ini juga membuat struktur mobil lebih kuat dan bentuknya tidak mudah berubah.

Mobil SUV terlihat lebih tangguh. Ground clearance-nya 200 milimeter akibat ban besar dan velg dengan ukuran 15 inci. Kontur ban yang digunakan juga didesain untuk tetap tangguh pada medan licin, jadi biasanya menggunakan kontur yang terlihat lebih garang.

Sementara itu mobil MPV didesain lebih tinggi dan lebih lebar. Tujuannya agar kabin mobil lebih luas, sehingga membuat penumpang lebih nyaman meskipun ditempati penuh. Ini yang membuat MPV disebut sebagai mobil keluarga. Mobil MPV dirancang lebih elegan dengan velg berukuran standar. Sehingga, mobil MPV tidak terlihat sekekar mobil SUV.

Ground clearance yang digunakan pada mobil MPV biasanya lebih rendah, karena melewati jalanan di perkotaan yang biasanya beraspal. Namun, beberapa mobil MPV terbaru juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, bahkan bisa menyamai SUV.

6. Ban cadangan

Salah satu yang menjadi ciri khas SUV adalah ban cadangan yang biasanya diletakkan di punggung belakang mobil. Hanya saja, penempatan ban ini sudah mulai ditinggalkan karena ternyata konsumen lebih menyukai desain yang ringkas dan elegan. Oleh sebab itu, mobil SUV saat ini banyak yang tidak lagi menempatkan ban cadangan di belakang mobil. Hal ini yang juga bisa membuat bingung, apa itu mobil SUV dan MPV.

7. Harga mobil

Aspek terakhir adalah harga mobil. Meskipun memiliki harga yang bervariasi, baik untuk SUV dan MPV, tetapi biasanya harga mobil MPV jauh lebih murah dibandingkan mobil-mobil SUV. Pasalnya, SUV memang dilengkapi dengan fitur kelas premium.

Nah, jadi sudah paham apa itu mobil SUV dan MPV serta perbedaannya, bukan? Terlepas dari SUV maupun MPV, keduanya membutuhkan perawatan rutin agar performanya terjaga.

Yuk, servis di bengkel mitra Otoklix. Selain bengkel berkualitas, Otoklix juga menggunakan sistem harga transparan, ada garansi 30 hari, dan juga akan mencarikan bengkel terdekat di lokasimu.