Jenis mobil Toyota yang tersebar di Indonesia dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu SUV, MPV, hatchback, sedan, commercial, bahkan hingga sport dan hybrid.

Tidak hanya unggul di pasar LCGC, tetapi juga unggul di mobil-mobil mewah. Toyota terkenal sebagai mobil dengan mesin yang bandel, nyaman, dan aman. Jadi, harga mobilnya tidak terlalu jatuh ketika dijual kembali.

Mari kita bahas satu per satu tipe-tipe mobil Toyota di bawah ini!

Jenis Mobil Toyota dan Tipe Mobilnya

Toyota sudah berdiri sejak 50 tahun yang lalu. Maka, tidak heran kalau sudah banyak memproduksi jenis mobil, bahkan sampai beberapa generasi untuk tiap mobil. Toyota juga selalu melakukan inovasi kepada setiap mobil produksinya. 

Jenis mobil Toyota  SUV

Mobil SUV adalah mobil-mobil dengan kecenderungan melakukan aktivitas offroad. Jadi, mobil ini lebih fleksibel, baik digunakan di perkotaan atau di jalanan yang tidak rata. Biasanya mobil SUV dibekali dengan kapasitas mesin yang besar.

1. Toyota Rush 

Mobil Toyota Rush ini dibanderol dengan harga Rp200 – 300 jutaan untuk setiap varian baru. Rush dibekali dengan mesin 1.4966 cc dengan dua jenis transmisi, manual dan otomatis. Mobil ini juga memiliki kabin belakang yang luas. Jadi, cocok digunakan sebagai mobil keluarga.

2. Toyota Fortuner 

Toyota Fortuner menawarkan kenyamanan yang tinggi. Mobil ini juga dinilai mewah di masyarakat. SUV dengan harga Rp500 – 700 jutaan ini dibekali mesin dengan kapasitas tinggi. Torsi maksimal mobil ini adalah 500 Nm.

3. Toyota Raize

Hadir sebagai pendatang baru, Toyota Raize menyedot perhatian masyarakat. Desainnya kompak dan bisa memuat 5 penumpang. Kalau digunakan di perkotaan, mobil ini terlihat sporty  dan gagah. Penggunaan bahan bakar juga cukup irit, 1 liter bisa menempuh sampai 20 km. Untuk mendapatkan Toyota Raize, OtoFriends harus merogoh kocek Rp200 jutaan.

4. Toyota Corolla Cross 

Toyota Corolla Cross hadir pada tahun 2020 sebagai SUV dengan interior yang mewah dan stylish. Eksteriornya juga terlihat. Terdapat berbagai fitur keamanan seperti Anti Lock Braking System, ISOFIX, Electronic Brake Distribution, sampai dengan Brake Assist. Ada juga gitur Vehicle Stability Control System agar berkendara lebih stabil. Harga baru Corolla Cross dengan mesin bensin adalah Rp460 jutaan dan hybrid Rp510 jutaan.

5. Toyota CH-R 

Seperti mobil SUV pada umumnya, Toyota CH-R juga memiliki desain yang modern futuristik dan sporty. Mobil ini juga memiliki interior yang mewah. Selain itu, performa mesin tangguh, eksterior menawan, dan fitur keamanan serta kenyamanan menjadi daya tarik mobil ini. Harga mobil baru mobil ini berkisar Rp511 – 545 jutaan.

6. Toyota Land Cruiser

Land Cruiser ini dilengkapi dengan mesin berperforma tinggi, yakni 4.5 liter. Desainnya yang terlihat gagah dan mewah ini menjadi daya tarik. Fitur keamanan dan kenyamanan mobil  ini juga mumpuni, terdapat SRS Airbag 10 buah. Penggunaan bahan bakar terbilang irit, 1 liter bisa digunakan untuk berjalan 12 km. harganya emmang cukup fantastis, yaitu Rp2 miliar.

Jenis mobil Toyota MPV

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) ini juga digemari masyarakat Indonesia. Memiliki kabin yang luas untuk menampung banyak penumpang, bensin irit, dilengkapi juga dengan mesin bertenaga. MPV Toyota memiliki harga yang bervariasi, dari yang ekonomis sampai mewah.

1. Toyota Calya 

Toyota Calya adalah LCGC dengan kapasitas 7 penumpang. Dari segi interior terlihat modern dan cukup sporty. Mobil ini memang cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Fitur keamanan pada mobil ini ada Anti-Theft System. Keunggulan lainnya adalah irit bensin, 1 liter bisa menempuh 20 km. Harga mobil ini cukup terjangkau, Rp140 – 160 jutaan.

2. Toyota Avanza

Toyota Avanza memiliki kabin yang juga luas. Berbagai fitur keamanan diberikan, seperti rem ABS. Fitur entertainment juga mumpuni. Penggunaan bensin cukup irit, 1 liter bisa menempuh 13 – 15 km. Cocok digunakan sehari-hari untuk mobilitas di perkotaan. Toyota Avanza dibanderol dengan harga Rp191 – 221 jutaan.

3. Toyota Sienta 

Dengan mesin 1500 cc, mobil kompak ini cukup kuat di kelasnya. Interior Sienca luas, simple, dan minimalis. Di bagian setir kemudi terdapat tombol start-stop engine yang membantu saat mobil terjebak macet. Suspensinya juga fleksibel untuk menahan goncangan. Terdapat juga fitur keamanan yaitu stability control, Hill Start Assist, dan ISOFIX. Mobil Sienta baru memiliki harga Rp274 – 313 jutaan.

4. Toyota Kijang Innova

Kijang Innova ini adalah MPV dengan kapasitas mesin yang tinggi, yaitu 2.0 L dan 2.4 L. mobil ini berkapasitas 7 penumpang sehingga cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Terdapat Cargo Net dan Luggage Tray di kabin belakang. Selain itu terdapat fitur keselamatan seperti SRS Airbags dan Curtain Shield Airbags, dan juga knee Airbags. Harga mobil ini memang cukup tinggi, yakni Rp340 – 442 jutaan.

5. Toyota Voxy 

Toyota Voxy adalah MPV High Roof dengan pintu geser. Mobil ini memberikan kesan praktis dan simpel. Voxy dibekali dengan kapasitas mesin yang tinggi, yaitu 2000 cc. Fitur hiburan terbilang canggih dengan Advanced Entertainment System.  Dengan interior yang mewah, harganya juga cukup tinggi, yaitu Rp510 jutaan.

6. Toyota Alphard

MPV mewah ini memiliki kapasitas mesin 2494 cc. Apalagi ditambah dengan Dual VV-TI, ETCS-i, dan ACIS untuk optimalisasi torsi. Jadi pasti sudah cukup bertenaga. Mobil ini dilengkapi dengan 7 airbags. Selain itu ada juga fitur hiburan audio visual dengan kualitas suara yang baik. Alphard memiliki dua jenis transmisi otomatis, yaitu CVT otomatis dan A/T. Mobil dengan interior mewah ini dihargai Rp1 – 2 miliar.

Jenis mobil Toyota Hatchback

Kemudian, yang ketiga adalah jenis mobil hatchback. Hatchback adalah perpaduan antara SUV dan sedan. Biasanya diminati oleh pasar anak muda atau wanita. Mari simak mobil-mobil hatchback dari Toyota.

1. Yaris 

Toyota Yaris adalah hatchback modern dengan desain yang stylish, sporty, dan kokoh. Penggunaan bahan bakar juga cukup irit, yaitu 1 liter bisa menempuh 13,8 – 17,4 km. Yaris juga memiliki 7 pilihan warna, yaitu Silver Metalic, Grey Metalic, Red Mica Metalic, Orange Metalic, Super White, Citrus Mica Metalic, dan Attitude Black Mica. Generasi terbaru Yaris dibanderol dengan harga Rp240 – 280 jutaan.

2. Vellfire

Vellfire ini memiliki desain interior premium dengan wood panel, jok fabric atau kulit. Pada fitur hiburan, kita bisa dimanjakan dengan 17 speaker. Modelnya mewah dan modern, hampir mirip dengan Alphard. Perbedaannya ada pada desain lampu dan juga bumper Vellfire lebih tegas dibandingkan Alphard. Harga Vellfire baru cukup tinggi, yaitu Rp1 miliar.

3. Agya

Ini dia salah satu LCGC Toyota yang paling banyak peminat, terutama di kalangan anak muda. Mobil ini memiliki desain yang simpel dan kompak. Ada 2 kapasitas mesin yang digunakan pada Agya, yaitu 1000 cc dan 1200 cc. Mobil ini bisa didapat dengan harga 140 – 170 jutaan.

Jenis mobil Toyota Sedan 

Toyota juga memiliki banyak mobil tipe sedan. Mobil ini dinilai berkelas dan memiliki harga yang cukup mahal. Simak selengkapnya!

1. Toyota Vios

Mesin yang digunakan pada Vios berkapasitas 1.5 L yang membuat mobil ini tangguh. Penggunaan bensin juga cukup efisien. 8.2 liter bensin dapat menempuh 100km. Vios sudah dilengkapi dengan keyless entry dan tombol push start. Harga Toyota Vios mulai dari Rp250 – 280 jutaan.

2. Corolla Altis 

Corolla Altis tersedia dengan bahan bakar bensin dan hybrid yang membuat mobil ini ramah lingkungan. Dasbor mobil ini juga emmberikan kesan yang mewah dan elegan. Head unit advanced dan LCD layar sentuh 4.2 inci membuat mobil ini terlihat semakin mewah. Selain itu, ada pula layar MID Attractive Design yang memberkan informasi terkait kondisi mobil. Harga mobil baru Toyota Altis mulai dari Rp486 – 486 jutaan.

3. All New Camry 

All New Camry ini dilengkapi dengan mesin 2.5 L yang membuat mobil ini bertenaga. Selain itu, head unit mobil ini juga telah dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 9 inci. Harga baru Toyota All New Camry berkisar Rp649 – 683 jutaan.

Jenis mobil Toyota sport 

Terakhir, mari kita bahas tentang mobil sport dari Toyota. Meskipun banyak pengguna mobil SUV, MPV, hatchback, dan sedan, Toyota juga memiliki jenis sport, yaitu Toyota Supra dan Toyota FT86. Mobil-mobil ini memberikan kesan mewah. Mesin yang digunakan juga tentu saja bertenaga dan memberikan kesan berkendara yang agresif. Selain itu, interior juga terlihat mewah. Akan tetapi, kedua mobil ini memang cocok digunakan untuk balapan, bukan digunakan sehari-hari.

Itu dia artikel tentang jenis mobil Toyota lengkap dengan spesifikasi dan harganya. Jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala mobil Toyota milikmu melalui aplikasi Otoklix.

Ada banyak keuntungan, mulai dari menemukan bengkel terdekat, harga transparan, banyak promo, dan keuntungan lainnya. Coba sekarang juga!