Konferensi Tingkat Tinggi alias KTT G20 kemarin di Bali selama 15 sampai 16 November 2022 berjalan lancar dan sukses. Pada konferensi tersebut, yang cukup menarik perhatian adalah penggunaan beragam mobil canggih yang telah disematkan teknologi tercanggih. Apa saja mobil KTT G20? Ini daftar dan spesifikasinya.

Mengingat visi KTT G20 tahun ini di Indonesia adalah mewujudkan dunia nol emisi, maka pemerintah bekerja sama dengan beberapa perusahaan mobil terbaik untuk menyediakan mobil listrik selama G20 yang akan digunakan oleh para kepala negara dan delegasinya. 

Namun, rupanya, ada beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, China, Rusia, Turki, dan Perancis yang memboyong sendiri mobil mereka ke Indonesia. Tak heran bila KTT G20 kemarin bertabur mobil-mobil terbaik yang telah dilengkapi dengan teknologi termutakhir. Yuk, kita intip spesifikasinya.

Baca juga: Bandingkan Mobil Presiden Jokowi, Bung Karno, dan Joe Biden

Daftar Mobil di KTT G20

Sebut saja Amerika Serikat, Rusia, Turki, Cina, dan Perancis yang memboyong sendiri mobil supercar mereka yang dilengkapi dengan berbagai teknologi termutakhir, salah satunya adalah teknologi antipeluru. Berikut ini 6 mobil yang digunakan oleh tiap-tiap kepala negara tersebut.

1. The Beast

Mobil yang digunakan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menjadi daftar mobil di KTT G20 pertama yang menarik cukup perhatian. Mobil limosin berukuran besar tersebut dijuluki dengan sebutan The Beast. 

Berat mobil ini mencapai 9 ton dengan berbagai sistem perlindungan. Beberapa di antaranya adalah ketebalan kaca mobil sebesar 5 inci, penyematan sasis truk GMC Top Kick sesuai permintaan Secret Service, terdapat pelat anti bom di bagian lantai mobil, oksigen, telepon satelit hingga kode nuklir. 

2. Hongqi N701

Cina juga membawa mobil anti pelurunya sendiri yakni Hongqi N701. Mobil yang menjadi moda transportasi Presiden China Xi Jinping ini merupakan mobil tertua di Cina, sedangkan kode N701 sendiri merupakan kode khusus yang hanya diberikan khusus untuk mobil kepresidenan.

Limosin Hongqi tersebut memiliki fitur dan teknologi yang tidak jauh berbeda dengan mobil yang digunakan Presiden Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, Cina membawa dua unit sekaligus mobil Hongqi N701 ini.

3. Mercedes Benz G-Guard

Berbeda dengan dua kepala negara sebelumnya yang memilih mobil Limosin sebagai moda transportasi kenegaraan. Justru, Presiden Prancis Emmanuel Macron memilih menggunakan mobil SUV Mercedes-Benz G-Guard yang telah disematkan fitur antipeluru selama KTT G20 di Bali.

Mobil SUV milik Kepresidenan Prancis ini memiliki sistem perlindungan sekelas VR7 dengan kapasitas mesin V8 5.5 L dan kemampuan off-road terbaik.

4. Mercedes-Maybach S600 Guard

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memilih Mercedes-Maybach S600 Guard sebagai mobil kepresidenannya selama KTT G20 di Bali. Bukannya hanya sebagai mobil KTT G20 saja, melainkan ada banyak pemimpin di belahan dunia lain yang menggunakan mobil serupa untuk memperlengkap protokol perlindungan kepresidenan.

Fitur perlindungan mobil Presiden Turki ini tergantung dari permintaan tim keamanan kepresidenan. Namun, secara hitam di atas putih, Mercedes-Maybach telah mengantongi sertifikat perlindungan balistik level tinggi yakni VR10.

5. Audi A8L Security

Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan dijemput mobil anti peluru Audi A8L Security setibanya di Indonesia. Mobil yang diproduksi di Jerman ini memiliki daya tahan serangan tembak bidik terbaik, daya tahan granat tangan dan senjata otomatis terbaik.

Sementara itu, di bagian kaki-kaki mobilnya, ban mobil Audi A8L Security dirancang khusus sehingga memungkinkan mobil tetap dapat melaju sekalipun tidak ada tekanan udara di dalam ban mobil.

6. Toyota Land Cruiser GXR

Daftar mobil KTT G20 terakhir adalah mobil anti peluru Toyota Land Cruiser GXR yang digunakan oleh untuk menjemput Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak. 

Mobil SUV ini dibekali kapasitas mesin sebesar 5.700 cc yang memiliki rancangan khusus dari Land Cruiser 200 Series. Sistem perlindungan yang disematkan di mobil SUV ini diantaranya sistem perlindungan anti peluru di bagian body mobil, kaca dan tangki bahan bakar.

Baca juga: Harga Toyota Land Cruiser Terbaru dan Spesifikasi Lengkap!

Daftar Mobil Listrik G20

Sedangkan, kepala negara dan para delegasi lainnya menggunakan mobil yang telah difasilitasi oleh Pemerintah Indonesia yakni mobil listrik. Mobil listrik yang digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 ini cukup menarik perhatian pasar otomotif Indonesia. Berikut ini daftar mobil KTT G20 berdaya listrik murni.

1. Mobil Genesis G80

Mobil Genesis G80 menjadi mobil KTT G20 pertama yang menarik cukup perhatian. PT Hyundai Motors Indonesia mengeluarkan 131 mobil Genesis G80 yang terbagi ke dalam dua jenis. 

Di mana Hyundai Genesis G80 disediakan sebanyak 87 unit dan Hyundai Genesis Electrified G80 Special Edition diproduksi sebanyak 44 unit.

Sesuai dengan namanya, mobil Genesis G80 special edition ini memang sengaja diproduksi sebagai mobil KTT G20 sehingga kita tidak akan menemukan mobil dengan spesifikasi yang serupa lagi. Mobil ini mendapat pembaruan di bagian panjang mobil yang lebih panjang sebesar 20 cm dan logo G20 dalam desainnya.

Sementara itu, di bagian dapur pacunya, mobil Genesis G80 dibekali baterai lithium-ion dengan kapasitas 87,2 kWh dan disematkan pula 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang. 

Dengan kapasitas mesin tersebut, Genesis G80 mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 370 Ps dan capaian torsi maksimal 700 Nm. Tak ketinggalan sistem penggerak roda e-AWD disematkan pada mobil ini.

2. Hyundai Ioniq 5

Selain mobil Genesis G80, Hyundai juga menyerahkan mobil Hyundai Ioniq 5 sebanyak 262 unit sebagai mobil KTT G20. Mobil ini yang digunakan oleh tim pengawalan, tim penyelamat, protokol, rombongan delegasi lain dan dipersiapkan sebagai unit cadangan.

Hyundai Ioniq 5 yang diturunkan Hyundai merupakan tipe paling tertinggi yakni Signature Long Range. Mobil ini dibekali baterai lithium-ion yang memiliki kapasitas 72,6 kWh dan kemampuan menempuh jarak maksimal hingga 451 km. 

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya 10 sampai 80 persen hanya selama kurang lebih 18 menit menggunakan pengisian ultra cepat 350 kWh. 

Hyundai Ioniq 5 dibekali motor listrik tunggal yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 217 Ps dan capaian torsi maksimal sebesar 350 Nm. Terakhir, mobil ini merupakan mobil listrik pertama yang dibuat di atas Electrical Global Modular Platform atau E-GMP.

3. Wuling Air Ev

Wuling Motors ikut berpartisipasi dalam menyediakan mobil KTT G20 di Bali dengan menerjunkan sebanyak 300 unit mobil Wuling Air Ev. yang akan digunakan oleh panitia KTT G20 dan para tamu delegasi negara. Sebanyak 216 unit Wuling Air Ev tip Long Range dan 84 unit Wuling Air Ev tipe Standard Range.

Kedua tipe ini sama-sama dibekali baterai lithium ferro phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh, daya motor listrik sebesar 30 Kw, dan sistem penggerak roda belakang (RWD).

Bedanya hanya terletak pada kemampuan jarak tempuhnya. Tipe Long Range mampu menempuh jarak maksimal sebesar 300 km sedangkan Standard Range hanya mampu menempuh jarak 200 km dimulai dari saat baterai terisi penuh.

4. Lexus UX300e

Mobil KTT G20 berdaya listrik lainnya adalah Lexus UX300e. Mobil Crossover ini langsung diterbangkan dari Jepang oleh PT Toyota Astra Motor sebanyak 103 unit. Dibekali motor listrik berkapasitas 54,3 kWh yang mampu mencapai daya maksimal sebesar 21 Ps dan capaian torsi maksimal sebesar 300 Nm.

Lexus UX300e juga dibekali dengan baterai lithium-ion yang mampu mencapai jarak tempuh sebesar 300 km untuk satu kali pengisian baterai. Mobil ini diklaim sebagai Crossover premium karena fitur yang disematkan oleh pabrik.

Di antaranya jok mobil menggunakan material kulit motif sashiko, signature Lexus spindle grille, 3-LED projector headlights,sistem audio menggunakan Mark Levinson dengan 13 speaker hingga inovasi lampu belakang yang menggunakan desain limitless line bentuk horizontal.

5. Toyota BZ4X

Mobil KTT G20 yang terakhir adalah mobil Toyota BZ4X yang diserahkan PT Toyota Astra Motor sebanyak 41 unit. Mobil ini dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 74 kWh yang mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 204 Ps dan capaian torsi maksimal sebesar 266 Nm. 

Adapun fitur yang disematkan pada Toyota BZ4X di antaranya motor penggerak AC synchronous electric generator, anti-theft alarm, central locking, anti-theft device, power door locks dan sistem penggerak roda depan (FWD) dan penggerak roda depan-belakang (AWD).

Mobil ini mampu menempuh jarak maksimal sebesar 375 km dalam satu kali pengisian. Durasi pengisian baterai mobil ini mencapai 12 jam. 

Akan tetapi, bila OtoFriends menggunakan Fast Charging maka untuk mengisi daya hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu selama 40 menit.

Baca juga: 10 Mobil Paling Keren yang Bakal Dirilis Dalam Waktu Dekat

Terbesit pertanyaan, kemanakah nantinya mobil listrik yang digunakan sebagai mobil KTT G20 setelah konferensi ini berakhir? Menurut Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, mobil-mobil ini akan dikembalikan ke produsen mobil. Bisa saja mobil ini akan dijual nantinya atau dilelang, itu semua tergantung dari masing-masing produsen mobil.

Apakah OtoFriends tertarik untuk membeli mobil listrik yang digunakan pada KTT G20 di Bali? Bila iya, sebelum benar-benar secara resmi dijual, sebaiknya kita lengkapi dulu informasi mengenai mobil listrik seperti cara perawatannya, cara cuci mobil, hingga cari tahu bengkel mobil terdekat yang mampu menangani mobil listrik.

Pertanyaan Seputar Mobil KTT G20

Mobil listrik yang digunakan sebagai mobil KTT G20 di antaranya ada mobil Hyundai Genesis G80, Hyundai Ioniq 5, Wuling Air Ev, Lexus UX300e, dan Toyota BZ4x.

Ada dua mobil listrik Hyundai yang digunakan, di antaranya ada Hyundai Genesis G80 yang terbagi ke dalam dua tipe yakni Hyundai Genesis G80 dan Hyundai Genesis Electrified G80 Special Edition, serta Hyundai Ioniq 5.

Hyundai Ioniq 5 yang diturunkan Hyundai merupakan tipe paling tertinggi yakni Signature Long Range. Mobil ini dibekali baterai lithium-ion yang memiliki kapasitas 72,6 kWh dan kemampuan menempuh jarak maksimal hingga 451 km.