Pada tahun 2020, PT Garuda Mataram Motor memperkenalkan Audi Q3 generasi terbaru sebagai salah satu mobil SUV premium. Sebelumnya, mobil besutan Audi ini telah dikeluarkan sejak tahun 2011. Baru kemudian mengalami perkembangan hingga menjadi versi Q3 dengan fitur dan desain yang semakin canggih serta mewah. Mobil ini mempunyai varian yakni Q3: 1.4 TFSI.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Q3 terbaru ini memiliki dimensi mobil yang lebih besar. Bertambah besarnya dimensi mobil mengakibatkan kapasitas ruang di dalam mobil makin luas. OtoFriends mungkin sudah merasa penasaran dengan spesifikasi terbaru dari mobil Audi ini beserta fitur-fitur yang dimilikinya.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Jeep Cherokee 2022, SUV Tangguh!

    Spesifikasi Mobil Audi Q3

    Sekilas melihat, mobil ini meninggalkan kesan sporty yang menawan dengan imbuhan fitur canggih seperti misalnya Audi virtual cockpit plus. Terdapat tambahan fitur lainnya yang menarik untuk dicermati. Selain itu, OtoFriends mungkin sudah tidak sabar lagi menahan rasa penasaran untuk mengetahui spesifikasi mobil Audi tipe Q3 ini.

    1.      Mesin dan performa

    Dari segi mesin, mobil ini menggunakan TFSI 4 silinder 1,4 L yang semakin lengkap dengan dukungan turbocharger. Mesin Audi Q3 mempunyai performa dalam menghasilkan tenaga maksimum sebesar 150 HP pada putaran mesin 5000 rpm sampai dengan 6000 rpm. Sedangkan torsi maksimum yang mampu dihasilkan yaitu 250 Nm pada putaran 1500 rpm sampai dengan 3500 rpm.

    Tenaga dan torsi didistribusikan ke sistem penggerak depan menggunakan transmisi bernama S-tronic 6-speed. Kemampuan akselerasi mobil dalam jangka 0-100 km/jam dapat menempuh waktu sekitar 9,2 detik. Jadi, kecepatan puncak yang bisa diraih mobil ini yaitu menembus 204 km/jam. Konsumsi bensin yang dihabiskan mobil Audi ini untuk menempuh perjalanan panjang adalah sekitar 16,9 – 17,5 km/liter.

    2.      Dimensi

    Seperti yang sudah pernah disinggung sebelumnya, dimensi mobil generasi baru dari Q3 ini lebih besar daripada generasi sebelumnya. Detail dimensi mobil ini meliputi panjang 4484 mm, lebar 1849 mm, dan tinggi 1585 mm. Jarak wheelbase atau sumbu roda sepanjang 2680 mm meningkat 77 mm daripada generasi sebelumnya. Dimensi mobil yang makin besar ini menyebabkan ruang di dalam mobil lebih luas dan leluasa.

    3.      Warna mobil

    Bagi OtoFriends yang sudah bosan dengan warna mobil itu-itu saja bisa merasa tenang karena mobil ini mempunyai beberapa varian warna. Mobil Q3 hadir dengan warna yang menarik dan elegan yakni pulse orange dan chronos gray. Kedua varian warna itu bisa disesuaikan dengan selera pembeli.

    Baca juga: Harga Toyota Camry Terbaru serta Spesifikasi Lengkap

    Kelebihan dan Kekurangan Audi Q3

    Setiap mobil mempunyai kelebihan yang membuatnya banyak diminati sekaligus kekurangan yang membuat orang kembali menimang-nimang kembali. Q3 mempunyai keunggulan berupa desain yang menarik dari segi eksterior maupun interior. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan seperangkat fitur canggih sehingga akan memudahkan pengemudi dan penumpang dalam menempuh perjalanan.

    Salah satu fiturnya yang bagus yaitu bagian keselamatan di mana tersemat Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist, electronic stability control, kontrol traksi, Electronic Brake-force Distribution (EBD), airbag, dan lain sebagainya. Apalagi didukung dengan mesin yang menghasilkan performa baik membuat Q3 dari Audi ini menjadi banyak peminatnya.

    Sementara itu, terdapat beberapa kekurangan dari mobil ini. Mobil ini masih belum dilengkapi dengan active cruise control. Jika mengalami kerusakan atau butuh perawatan, sedikit sulit menemukan bengkel resminya karena jumlahnya yang cukup terbatas. Selain itu, mobil ini tidak dilengkapi dengan panoramic roof yang bisa menambah nilai kemewahan mobil.

    Desain Mobil Audi Q3

    Desain mobil Audi Q3 interior maupun eksterior turut menjadi pertimbangan sebelum membeli. Berikut adalah detail mengenai desain mobil ini dilihat dari segi luar maupun dalamnya.

    1.      Interior

    Memasuki bagian dalam mobil, OtoFriends bisa melihat desain mobil yang semakin modern dan terkesan elegan. Pada bagian dashboard tersemat layar sentuh berukuran 7 inci yang berguna untuk mengoperasikan fitur hiburan. Selain itu, terdapat tombol pengatur AC yang bisa dinyalakan atau dimatikan dengan mode digital. Berpindah ke bagian setir, bisa dilihat kemudi mobil dibalut menggunakan bahan kulit.

    Pada bagian kemudi dilengkapi layar virtual cockpit yang berfungsi untuk menampilkan informasi seperti arah navigasi. Jumlah kursi yang tersedia di dalam mobil sebanyak lima kursi. Kapasitas bagasi Q3 kurang lebih sekitar 530 liter dan dapat lebih luas lagi ketika kursi penumpang bagian belakang dilipat.

    2.      Eksterior

    Beralih pada bagian luar atau eksterior mobil, OtoFriends bisa menyimak bahwa tampilannya menjadi lebih sporty. Terlebih lagi desain lampu baik depan dan belakang ditata dengan baik sehingga terlihat simetris. Lampu mobil telah didukung teknologi LED di mana penerangannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Pada bagian samping, mobil kelihatan lekuk bodinya dan garis bahu yang membuat tampilannya jadi tangguh.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

    Berapa Harga Mobil Audi Q3?

    Akhirnya, kita telah sampai ke pembahasan mengenai harga Audi Q3. Mobil besutan Audi ini dibanderol dengan harga yang berbeda-beda pada setiap daerahnya. Range harga mobil ini berkisar di antara R[ 839 juta hingga Rp 959 juta. Untuk informasi mengenai harga Audi tipe Q3 yang lebih akurat, OtoFriends bisa mengunjungi dealer terdekat.

    Bagaimana? Apakah OtoFriends berminat meminang pulang mobil Audi Q3 ini? Jika ingin mendapatkan informasi update mengenai berita otomotif, silahkan kunjungi laman situs Otoklix. Di sana tersedia berbagai informasi utamanya dalam dunia otomotif. Selain itu, Otoklix juga menawarkan jasa bengkel bagi OtoFriends yang ingin memperbaiki kendaraan.

    Pertanyaan yang Sering Diajukan

    Kapasitas mesin mobil sebesar 1395 cc..

    Kursi di dalam mobil tersedia sebanyak lima.

    Pulse orange dan chronos gray.