Keunggulan mobil keluarga yang paling menonjol adalah irit bensin, termasuk Mobilio. Cari tahu konsumsi BBM Mobilio untuk penggunaan dalam kota dan luar kota.

Honda Mobilio termasuk ke dalam mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan kapasitas maksimal penumpang sebanyak 7 orang. Idealnya mobil keluarga selain unggul karena memiliki kapasitas penumpang yang besar, mobil keluarga juga terkenal dengan irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Bagaimana dengan mobil andalan Honda, mobil Mobilio? Berikut ini penjelasan selengkapnya konsumsi BBM Mobilio dan bandingkan dengan mobil MPV lainnya.

Baca juga: 13 Pilihan Mobil Irit Bensin 2022 Beserta Spesifikasinya

Konsumsi BBM Mobilio

Konsumsi BBM Mobilio manual dan matic berbeda. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan GridOto terhadap mobil Honda Mobilio transmisi CVT, konsumsi BBM Mobilio matic pemakaian dalam kota sebesar 14,8 km/liter, sedangkan pemakaian di ruas jalan tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam membutuhkan bensin sebesar 18,9 km/liter.

Pengujian lain dilakukan oleh Klub Mobility Depok untuk mengetahui sejauh mana keiritan bahan bakar Mobilio. 

Mengutip dari Carmudi disebutkan bahwa konsumsi bensin Mobilio sebesar 31,5 km/liter. Adapun tes uji coba yang dilakukan dengan gaya berkendara hemat yakni gak menyalakan AC mobil, jumlah penumpang hanya 2 orang dan volume tangki bensin yang terbatas.

Kemudian uji coba terpisah kembali dilakukan di tahun 2020 dengan skema rute kombinasi dan jarak sejauh 350 km. Mobil ini membutuhkan bahan bakar sebesar 12,7 km/liter. 

Rute kombinasi yang dimaksud merupakan rute dalam kota dengan struktur jalan macet, melintasi ruas jalan tol, kondisi langsam hingga akselerasi.

Sedangkan bila kita berkendara menggunakan mode Eco Driving  dengan jarak tempuh sejauh 40 km. Honda Mobilio membutuhkan BBM sebesar 23,7 km/liter.

Sejak kali pertama diperkenalkan di Indonesia tahun 2013 hingga saat ini, mobil Mobilio konsisten menggunakan mesin berkapasitas 1.5 L dan rasio kompresi mesin sebesar 10,3:1. Melihat rasio kompresinya tersebut, Honda Mobilio lebih cocok menggunakan bensin bernilai oktan RON 92 seperti Pertamax.

Baca juga: Ganti Oli Honda Mobilio, Ini Dia Biaya dan Waktunya

Kenapa Konsumsi BBM Mobilio Irit? Ini Alasannya

Konsumsi bensin Honda Mobilio yang hemat didukung dengan penggunaan transmisi yang maksimal dan keluaran tenaga yang maksimal sehingga memberikan respons mesin yang lebih optimal.

Honda membekali mobil Mobilio dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, 16 valve SOHC i-VTEC yang dikawinkan dengan 2 pilihan transmisi yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi CVT serta penggerak roda depan mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 116 dk dan capaian torsi maksimal 145 Nm.

Kita akan merasakan sensasi perpindahan transmisi halus sejak putaran bawah mesin pada mobil Honda Mobilio bertransmisi CVT. Sedangkan untuk transmisi manualnya dinilai lebih baik lagi.

Selain itu, OtoFriends bisa mengandalkan mode Eco Driving dengan mengontrol putaran mesin rendah yakni 2.000 rpm. 

Untungnya Honda menyematkan fitur Eco Indicator untuk memberi tahu pengemudi sejauh mana kehematan bensin mobilnya. Lampu Eco Indicator akan berwarna hijau bila kita berkendara dengan gaya berkendara Eco Driving.

Walaupun Honda telah membekali teknologi dan fitur untuk menghemat konsumsi bensin mobil ini, namun bila kita berkendara dengan gaya berkendara yang kurang bijaksana dan kurang memperhatikan perawatan mobil maka tetap saja konsumsi bensin bisa boros.

Pasalnya saat performa dan kualitas mesin dalam kondisi baik, maka tarikan mesin dan respons mesin jadi lebih optimal sehingga penggunaan bahan bakarnya dapat terkontrol.

Oleh karena itu penting untuk memeriksa kondisi oli mobil dan cairan pelumasan mobil lainnya, kondisi aki mobil, rutin membersihkan AC mobil hingga rutin melakukan servis tune up mobil.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Baca juga: Biaya Service Mobil Honda Mobilio dengan Berbagai Kilometer

Konsumsi BBM Mobilio vs Avanza

Gak hanya Honda Mobilio, mobil MPV lain yang irit bensin antara lain Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga Daihatsu Xenia. Bila dibandingkan konsumsi BBM Mobilio vs Avanza, mana yang lebih irit?

Honda Mobilio berkapasitas mesin 1.5 L mampu mengonsumsi bensin rata-rata sebesar 15 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan 20 km/liter untuk penggunaan di jalan tol.

Mobil Mobilio bermesin diesel justru lebih irit lagi konsumsi bensinnya. Rata-rata konsumsi bahan bakar Mobilio bermesin diesel rata-rata sebesar 20 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan penggunaan di ruas jalan tol sebesar 25 km/liter.

Bagaimana dengan Toyota Avanza? Mobil Avanza berkapasitas mesin 1.3 L mengonsumsi BBM rata-rata sebesar 16 km/liter untuk penggunaan dalam koda dan 21 km/liter untuk penggunaan di ruas jalan tol. 

Varian Toyota Avanza berkapasitas mesin 1.5 L justru lebih irit lagi dengan rata-rata konsumsi bensin rata-ratanya 15 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan penggunaan di ruas jalan tol sebesar 19 km/liter.

Demikianlah informasi tentang konsumsi BBM Mobilio dan perbandingannya dengan Toyota Avanza. Semoga informasi ini bermanfaat untuk OtoFriends.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Mobilio

Konsumsi BBM Honda Mobilio terbilang irit dengan konsumsi rata-rata bahan bakarnya sekitar 14,8 km/liter hingga 18,9 km/liter.

Konsumsi BBM Mobilio manual dan matic berbeda. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan GridOto terhadap mobil Honda Mobilio transmisi CVT, konsumsi BBM Mobilio matic pemakaian dalam kota sebesar 14,8 km/liter, sedangkan pemakaian di ruas jalan tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam membutuhkan bensin sebesar 18,9 km/liter

Gak hanya Honda Mobilio, mobil MPV lain yang irit bensin antara lain Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga Daihatsu Xenia.