Salah satu LCGC yang digandrungi karena fungsi dan harga yang ekonomis adalah Daihatsu Sigra. Sejalan dengan harga mobil, harga ban mobil Sigra pun tidak terlalu mahal. Mulai harga Rp400 ribuan saja sudah bisa ganti ban baru. Yuk, catat 7 merek ban yang menjadi pilihan ban mobil Sigra.

Umumnya, mobil-mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan Honda Brio Satya menggunakan ukuran ban 175/65 R14. Harga ban dengan ukuran tersebut bisa didapatkan mulai dari harga Rp400 ribuan. Misalnya untuk GT Radial Champiro Eco yang dibanderol dengan harga Rp450 ribuan, Hankook Kinergy Eco 2 Rp576 ribuan, dan lainnya.

Di bawah ini adalah pilihan Otoklix mengenai ban mobil Sigra, berupa penjelasan spesifikasi dan harganya.

1. Bridgestone Ecopia

Bridgestone Ecopia E150 ini memang sudah resmi menjadi ban standar LCGC (Low Cost Green Car) untuk mobil All New Calya dan Daihatsu Sigra. Kedua tipe mobil tersebut cocok menggunakan ban Ecopia dengan ukuran 175/65 R 14 82T. Ban Ecopia juga termasuk ke dalam ban ramah lingkungan dengan kadar karbondioksida rendah pada emisi gas buangnya. 

Selain itu ban ini juga dirancang agar mampu beroperasi pada berbagai medan jalan, kering maupun basah. Desain konstruksinya yang canggih mampu mengurangi hambatan gulir (rolling resistance) sehingga bahan bakar menjadi lebih efisien.

Ban Bridgestone Ecopia dengan ukuran 175/65 dan ring 14 ini mengadopsi teknologi radial dan tubeless. Selain digunakan pada Daihatsu Sigra, Ecopia juga digunakan sebagai ban bawaan Honda BR-V dan Toyota Sienta tipe Q.

Harga ban mobil Sigra dari merek Bridgestone ini mulai dari Rp560 ribuan.

2. GT Radial Champiro Eco

Ban mobil yang satu ini menjadi salah satu brand unggulan dalam negeri, alias merupakan produsen ban lokal. Ban GT Radial telah menggunakan fitur-fitur yang menjadi andalan. Misalnya alur ban yang digunakan sampai dengan bahan yang dibuat untuk lapisan ban dalam.

Salah satu fitur andalan dari ban GT Radial Champiro Eco adalah penggunaan potongan alur kecil dengan bentuk seperti gelombang. Alur ini sangat baik dalam menekan suara, sehingga ban mobil ini terasa senyap ketika digunakan.

Ada pula fitur lain yang digunakan pada lapisan inner liner atau pengganti ban dalam, yaitu teknologi nanosilika. Teknologi ini membuat tekanan angin ban bertahan lebih lama, sehingga penggunaan bahan bakar lebih irit, serta pengendalian dan pengereman yang lebih optimal. Tentu saja hal ini juga mencegah efek aquaplaning/

Harga ban mobil Sigra dari merek GT Radial Champiro Eco berukuran 175/65 R14 ini adalah mulai dari Rp450 ribuan. Harga ini biasanya sudah termasuk ongkos pasang, balancing, dan isi nitrogen.

3. Accelera Eco Plus

Ban mobil yang satu ini juga terkenal memiliki fitur-fitur andalan dan dikenal sebagai ban yang ramah lingkungan. Selain itu, penggunaan bahan bakar juga lebih irit serta menekan kadar CO2. Keunggulan lain dari ban Accelera Eco Plus sebagai salah satu pilihan ban mobil Sigra adalah rolling resistance yang rendah. Hal inilah yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan juga mampu mereduksi kadar CO2.

Harga ban mobil Sigra dari Accelera Eco Plus mulai dari Rp420 ribuan. Terjangkau, bukan?

4. GT Radial Touring AS Series

Masih dari GT Radial, kali ini adalah tipe Touring AS Series yang bisa digunakan untuk ban mobil Sigra. Ban mobil ini memiliki keunggulan dari fitur-fiturnya. Salah satunya adalah ketahanan dan kekuatan ketika menempuh berbagai medan, baik licin, basah, terjal, sampai curam. Harga ban mobil GT Radial Touring AS Series adalah Rp500 ribuan.

5. Goodyear Assurance Duraplus

Merek berikutnya adalah Goodyear dengan tipe Assurance Duraplus. Ban ini mampu menjelajah sampai dengan 100.000 km, menunjukkan bahwa ban ini memiliki daya tahan yang cukup baik. Ban mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Kevlar (bahan fiber sintetis) yang dapat memberikan daya tahan pada segala kondisi cuaca. Harga ban mobil Sigra dari Goodyear Assurance Duraplus ini adalah Rp550 ribuan.

6. Dunlop SP Touring R1

Dunlop Touring series tipe R1 juga cocok digunakan sebagai ban mobil Sigra. Tampilan dari ban ini terlihat sporty sehingga mobil terlihat lebih dinamis. Selain itu, daya tahan ban ini juga tentunya cukup baik. Dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp460 ribuan untuk ukuran ring 14, tentunya ban ini bisa menjadi salah satu ban mobil untuk mobil Sigra kamu.

7. Toyo Teo Plus

Merek ban terakhir adalah Toyo Teo Plus. ban ini adalah produksi dari Toyo Tires. Ban ini menggunakan fitur desain TRASA TEO yang unik dan memiliki daya cengkeram yang tinggi pada jalan kering maupun basah.

Selain itu, ban Toyo Teo Plus juga senyap dan tidak mudah aus. Sehingga berkendara menjadi lebih nyaman. Ban ini menggunakan senyawa tapal silika yang mampu memberikan cengkeraman yang sangat baik. Hal ini juga membuat bahan bakar menjadi lebih hemat. 

Ban Toyo dengan ukuran 175/65 ring 14 cocok digunakan pada mobil Sigra dan dibanderol dengan harga Rp780 ribuan. Cukup mahal, tetapi sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

Itu dia berbagai pilihan dan harga ban mobil Sigra. Pilih sesuai dengan kualitas dan ketersediaan dana ya. Agar ban mobil lebih tahan lama dan nyaman digunakan, kamu perlu melakukan spooring dan balancing dengan rutin.

Temukan bengkel ban mobil terbaik untuk spooring dan balancing melalui aplikasi Otoklix. Dapatkan harga yang bersaing dan garansi 30 hari setelah pengerjaan. Kumpulkan juga OtoPointsnya untuk ditukar dengan perawatan mobil berikutnya!