Bagi kamu pengguna Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan mobil diesel keluaran terbaru lainnya, tentu akan memberikan oli mobil diesel full synthetic terbaik. Mobil mesin diesel biasanya memiliki kerja yang berat. Oleh sebab itu harus diimbangi dengan pemilihan oli full synthetic terbaik.

Apa saja oli mobil diesel full synthetic terbaik rekomendasi dari Otoklix? Berikut ini ada sejumlah rekomendasi oli untuk mobil diesel dengan bahan penyusun utama full sintetis. Mari kita bahas.

TOP 1 Evolution Diesel

Oli rekomendasi yang pertama adalah TOP 1 Evolution Diesel dengan kekentalan 5W-40. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa oli ini adalah oli khusus diesel. Salah satu oli mobil diesel full synthetic terbaik ini digunakan untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi common rail.

Terdapat tambahan zat aditif berupa Extreme Low Share dan Ester Fortifier yang bisa memberikan perlindungan maksimal untuk mesin mobil kamu. Extreme Low Share dapat menjaga tingkat kekentalan oli pada saat temperatur mesin dingin. Sehingga dapat menjaga komponen dari keausan. 

Selain itu juga melindungi dari timbulnya karat serta lebih tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi. Sedangkan teknologi Ester Fortifier berfungsi mengikat oli pada permukaan logam agar tidak terjadi gesekan antar komponen untuk waktu yang lebih lama.

Oli TOP 1 Evolution Diesel ini memiliki usia pakai yang lebih lama untuk penggantian oli selanjutnya, yaitu mencapai 20.000 km. oli ini direkomendasikan untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Isuzu Panther, dan Innova Diesel.

Shell Helix HX8

Rekomendasi oli mobil diesel full synthetic terbaik berikutnya adalah dari merek Shell. Shell HX8 juga tergolong baru di pasar otomotif Indonesia. Oli ini tersedia dalam dua varian, yaitu viskositas 5W-30 dan 5W-40. Selain digunakan pada mobil mesin diesel, dapat digunakan pula pada mesin bensin.

Terdapat teknologi Flexi Molecule pada zat aditifnya. Fungsi teknologi ini adalah memberikan perlindungan terhadap komponen mesin untuk segala kondisi jalanan dan gaya berkendara ketika harus stop and go.

Selain itu ada teknologi Active Cleansing. Teknologi ini dapat membersihkan ruang mesin dari sisa hasil pembakaran yang mengendap. Sisa hasil pembakaran ini dapat menyebabkan korosi pada komponen, sehingga tentu saja dapat menghambat kerja mesin.

Oli Shell HX8 diklaim dapat mencegah penguapan 58 persen lebih baik dan menjaga kekentalan 78 persen lebih baik dibandingkan oli dengan standar API SN lainnya.

STP Diesel Oil

STP Diesel juga merupakan salah satu oli mobil diesel full synthetic terbaik. Oli ini dapat digunakan pada mobil lama maupun baru dengan mesin turbo charger, TDI, DI, Common rail, dan Inter-Cooled.

Oli ini mengandung detergent dan dispersant yang bisa membersihkan ruang mesin serta mengurangi kerak pada ruang mesin. Sehingga performa mesin lebih responsif dan juga penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat.

Terdapat teknologi zat aditif Anti-Wear yang mencegah pembentukan buih pada ruang mesin saat temperatur tinggi. Sebaik itu, oli ini juga memiliki komponen TBN tertinggi di kelasnya. Oli cocok digunakan pada mobil diesel dengan bahan bakar solar dengan kandungan sulfur cukup tinggi. 

Kandungan sulfur ini membuat tingkat keasaman oli meningkat dan dapat menurunkan kualitas oli mesin. Jadi, dengan kandungan TBN ini dapat mencegah pembentukan asam, sehingga dapat melindungi mesin dari korosi dan keausan.

Castrol Magnatec

Oli mobil diesel full synthetic terbaik berikutnya adalah Castrol Magnatec dengan kekentalan 10W-30. Oli ini memiliki molekul pintar yang dapat melapisi permukaan komponen mesin sejak pertama kali dihidupkan.

Oli ini cocok digunakan pada mobil diesel dengan mesin common rail, turbo charger, TDI, DI, dan Inter-Cooled. Menggunakan oli ini dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan menjaga performa mesin agar tetap responsif.

Selain itu, oli Castrol Magnatec 10W-30 juga bisa memberikan perlindungan maksimal dalam mencegah pembentukan endapan sisa hasil pembakaran dan menjaga tingkat kekentalan oli pada berbagai temperatur.

Shell Rimula R5 E

Masih dari Shell, yaitu varian Shell Rimula R5 E. Pelumas Shell Rimula R5 E ini mampu menjaga temperatur mesin tetap stabil sehingga tidak terjadi overheat. Penggunaan bahan bakar juga lebih efisien serta performa mesin yang optimal.

Shell Rimula R5 E ini direkomendasikan untuk mobil-mobil dengan sistem exhaust-gas circulation (EGR) yang biasa digunakan pada mobil mesin diesel terbaru. Sehingga cocok digunakan pada Innova Diesel, Fortuner, dan Pajero Sport. 

Oli ini juga dapat melindungi mesin dari korosi akibat pembentukan asam, mencegah terbentuknya deposit, dan mencegah oksidasi. Harga oli Shell Rimula R5 E ini tergolong terjangkau, hanya Rp117 ribuan per liter dan Rp455 ribuan per 4 liter. Tak heran jika oli ini menjadi salah satu oli mobil diesel full synthetic terbaik.

Fastron Diesel

Fastron juga memiliki oli untuk mobil diesel. Oli Pertamina ini direkomendasikan untuk digunakan pada mobil diesel dengan sistem common-rail injection, turbocharger, maupun exhaust-gas recirculation.

Oli ini memiliki viskositas 15W-40 dan API CI-4. Pelumas ini dapat mereduksi getaran dan suara kasar dari mesin yang sedang bekerja. Selain itu, daya lumasnya juga optimal sehingga dapat melindungi komponen mesin dari gesekan dan keausan. Oli ini juga dapat menetralisir asam akibat proses pembakaran.

Harga untuk 1 liter Fastron Diesel ini cukup murah, hanya Rp72 ribuan. Sementara itu untuk oli kemasan 4 liter, hanya dibanderol dengan harga Rp290 ribuan.

Fuchs Titan Truck Plus 15W-40

Titan Truck Plus 15W-40 adalah pelumas mesin dengan kinerja sangat tinggi untuk berbagai mesin diesel dan bensin. Pelumas ini memberikan perlindungan maksimal walaupun mesin terus bekerja pada kondisi ekstrim dengan tetap memberikan daya maksimal pada mesin. Melindungi mesin dari korosi walaupun menggunakan bahan bakar diesel dengan kandungan sulfur tinggi.

Itu dia daftar oli mobil diesel full synthetic terbaik versi Otoklix. Jangan lupa untuk ganti oli secara rutin sesuai dengan waktu penggantiannya ya. Servis dan ganti oli via Otoklix bisa dapat promo lho. Cek dan booking jadwal ganti oli di bengkel terdekat via Otoklix!

Pertanyaan Seputar Oli Mesin Diesel

Rekomendasi oli mobil diesel terbaik yakni Shell Helix HX8, Shell Rimula R5 E, TOP 1 Zenzation Diesel, TOP 1 Evolution Diesel, TOP 1 HD Heavy Duty, Castrol Magnatec, STP Diesel Oil, Fastron Diesel, Fuchs Titan Truck Plus.

Shell Rimula R5 E sehingga cocok digunakan pada Innova Diesel, Fortuner, dan Pajero Sport.

Oli dengan SAE 5W-40 untuk mobil diesel dengan teknologi commonrail. Kemudian oli 5W-30 yang bisa dipakai untuk mesin diesel ataupun mesin bensin.