Tidak hanya memperbaharui mesin, ukuran bodi pun berbeda, sehingga ukuran wiper Avanza lawas juga berbeda dengan Avanza baru.

Ukuran wiper Grand New Avanza untuk bagian depan adalah 14 inci dan 21 inci. Berbeda dengan ukuran wiper Avanza generasi lawas (2004-2011), yaitu 20 inci dan 16 inci. Sementara itu ukuran wiper belakang Avanza adalah 14 inci.

Harga wiper Avanza juga bervariasi, mulai dari Rp75 ribu sampai dengan Rp420 ribu, tergantung merek, jenis, dan toko aksesoris mobil tempat kamu membeli wiper. Jangan sampai salah ukuran ya.

Alasan Ukuran Wiper Berbeda

Ukuran wiper Avanza dan juga kebanyakan mobil lainnya pada sisi kiri dan kanan berbeda. Mengapa didesain begini? Pasti ada alasan di balik pembuatan ukuran yang berbeda.

Jadi, ukuran wiper yang lebih panjang pada sisi kanan atau sisi pengemudi adalah karena desain kaca mobil terbaru lebih landai dan lebar dibandingkan dengan desain kaca sebelumnya. Sehingga, ukuran wiper juga mengikuti ukuran kaca depan mobil.

Alasan yang kedua adalah agar pandangan pengendara menjadi lebih jernih karena sapuan dari wiper menjadi semakin luas. Maka dari itu ukuran wiper Avanza di sisi kanan lebih panjang daripada sisi kiri.

Jenis Wiper Mobil Avanza

Jenis wiper untuk mobil Avanza juga bervariasi, ada jenis standar atau konvensional, frameless, blade, dan hybrid. Jenis wiper hybrid memiliki harga yang paling mahal dibandingkan jenis lainnya karena merupakan kombinasi antara konvensional dan frameless.

Pilihan Wiper untuk Mobil Avanza

Kalau kamu masih bingung memilih wiper Avanza, Otoklix punya rekomendasinya nih untuk kamu. Ini dia pilihan wiper untuk mobil Avanza dari berbagai merek dan tentunya memiliki harga yang berbeda pula.

1. Bosch Advantage

Siapa yang tidak kenal dengan merek Bosch. Jika kamu pengguna kendaraan atau penyuka otomotif pasti mengetahui merek ini. Wiper keluaran Bosch ini mengklaim bahwa kualitas wiper mobil mereka masih akan terjaga dengan baik meskipun sudah melakukan 200.000 siklus sapuan.

Selain itu adaptor dari wiper mobil Bosch juga sangat mudah dipasang dan ukurannya pas dengan gagang wiper. Batang wipernya dibuat dari bahan bajar berkualitas dan dilapisi zinc. Penggunaan baja ini dapat menahan terbentuknya karat bahkan apabila disiram cairan garam selama 96 jam.

Karet yang digunakan pada Bosch Advantage juga dibuat dari bahan yang tidak mudah getas ketika terkena panas matahari. Harga wiper ini dibanderol sekitar Rp65 ribu.

2. Denso Tournament Standard (DCS)

Kualitas wiper Denso sudah terbukti bagus dan juga tahan lama. Selain itu juga terkenal sebagai suku cadang orisinil. Wiper ini tidak mudah berkarat dan juga tidak berisik. Harga wiper Denso untuk Avanza sekitar Rp37 ribu untuk ukuran 21 inci dan Rp27 ribu untuk ukuran wiper Avanza 14 inci.

3. Hella Premium Graphite

Hella Premium Graphite telah menggunakan karet berlapis nanotechnology graphite. Bahan karet wiper Avanza ini membuat sapuan halus, bersih, dan tidak berisik. Karet wiper ini dibuat dari bahan sintetis dan sangat aman bagi kaca mobil Toyota Avanza. Harga wiper ini dibanderol sekitar Rp71 ribuan.

4. 3M Frameless Wiper

Wiper 3M ini telah dilengkapi dengan aerodinamis terbaru dan menggunakan karet berkualitas tinggi. Karet ini lembut pada kaca depan mobil. Selain itu sistem pengaitnya menggunakan universal model hook “U” sehingga mudah dipasang. Harga sepasang wiper 3M untuk mobil Avanza adalah Rp100 ribuan.

5. Raiton Frameless Wiper

Wiper hybrid ini memiliki desain kontur fleksibel yang mampu mengikuti lekukan kaca depan mobil. Hal ini membuat sapuan wiper menjadi sempurna dan cocok digunakan pada segala kondisi cuaca.

Desain yang aerodinamis juga membuat wiper ini tidak terangkat angin saat melaju. Bahan yang digunakan pada gagangnya adalah stainless steel sehingga tidak mudah berkarat. Harga wiper ini adalah sekitar Rp99 ribuan untuk 1 set ukuran wiper Avanza.

Selain merek di atas, ini dia daftar merek wiper beserta harga yang cocok untuk mobil Avanza.

JenisHarga
Wiper Bosch Standard 1 setRp80 ribu
Wiper Denso hybrid 1 setRp235 ribu
Wiper Hella Hybrid 1 setRp230 ribu
Wiper Bosch Frameless 1 setRp170 ribu
Wiper Klikoto Frameless 1 setRp120 ribu
Wiper Bosch Frameless 1 setRp100 ribu
Wiper Denso Standard 1 setRp90 ribu

Nah, itu tadi informasi tentang ukuran wiper Avanza dan juga merek-merek yang direkomendasikan.

Dapatkan wiper mobil terbaik dan orisinal di bengkel mitra Otoklix yang termasuk ke dalam Power Workshop. Harganya juga lebih murah daripada bengkel mitra Otoklix biasa.

Cek bengkel terdekat untuk ganti wiper melalui fitur bengkel terdekat Otoklix!