Jika tidak dirawat dengan baik, cat velg mobil akan mudah mengelupas. Hal ini akan membuat tampilan mobil jadi lusuh dan tidak bagus. Salah satu solusinya adalah harus melakukan cat ulang velg mobil. 

Selain membuat tampilan mobil jadi bagus, melakukan cat velg mobil juga memiliki manfaat untuk melindungi velg mobil dari korosi atau kerusakan akibat debu, air hujan, dan zat-zat kimia lainnya.  

Biaya untuk cat ulang velg mobil bervariasi pada setiap bengkel. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti warna yang dipilih, ukuran velg mobil, hingga merek cat velg mobil yang dipakai. 

Berikut ini informasi lengkapnya buat OtoFriends terkait biaya cat velg mobil, tips perawatan, hingga rekomendasi warna cat velg mobil yang bagus. 

Baca juga: Ini Daftar Bengkel Velg Mobil yang Ada di Jakarta

Biaya Cat Velg Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau biaya cat velg mobil ini ditentukan oleh beberapa hal, seperti merek cat velg mobil, ukuran ring velg mobil, hingga jenis mobilnya. Semakin besar ukuran ring velg mobil, maka biayanya juga akan semakin mahal.

Umumnya, prosedur cat velg mobil ini ada dua cara, yakni cat velg mobil per 2 pcs dan juga per 4 pcs langsung. Jadi, tidak menerima satuan, ya. Berikut ini informasi biaya cat velg mobil mengutip dari Lifepal.co.id.

1. Cat Velg Mobil per 2 Pcs

Ukuran velg mobilBiaya
Ring 14Rp550 ribu
Ring 15Rp725 ribu
Ring 16Rp850 ribu
Ring 17Rp1 juta
Ring 18Rp1,25 juta
Ring 19Rp1,4 juta

2. Cat Velg Mobil per 4 Pcs

Ukuran velg mobilBiaya
Ring 12Rp325 ribu
Ring 14Rp425 ribu
Ring 17Rp650 ribu
Ring 18Rp750 juta

Biaya di atas hanya estimasi saja dan bisa berbeda-beda pada setiap bengkel, ya. Untuk memastikannya, OtoFriends bisa bertanya langsung pada pihak bengkel. 

Biar lebih praktis, OtoFriends bisa memanfaatkan Aplikasi Otoklix untuk mengetahui biaya cat velg mobil sebelum datang ke bengkel.

Baca juga: Modifikasi Velg Mobil Offroad: Bahan dan Model yang Tepat

Perbedaan Cat Velg dengan Repair Velg

OtoFriends mungkin berpikir bahwa cat velg mobil bisa sekaligus melakukan repair velg mobil. Padahal, keduanya tidaklah sama. 

Cat velg mobil adalah perawatan yang dilakukan dengan mengecat ulang velg mobil agar tampilannya terlihat baru dan bersih. 

Sedangkan, repair velg mobil dilakukan dengan tujuan memperbaiki bagian-bagian velg yang rusak atau penyok. 

Biaya repair velg dan cat velg mobil juga berbeda. Umumnya, biaya repair velg mobil lebih murah, yakni mulai dari Rp250 ribu untuk memperbaiki velg yang penyok di bagian luar. Biaya untuk repair velg bagian dalam biasanya lebih mahal, yakni mulai dari Rp350 ribu. 

Tips Merawat Velg Mobil

Merawat velg mobil dengan baik adalah langkah penting untuk menjaga penampilan dan kinerja velg mobil dalam jangka waktu yang lebih lama. Berikut adalah beberapa tips merawat velg mobil:

1. Cuci velg secara teratur

Biarpun mobil jarang digunakan, sebaiknya tetap bersihkan velg mobil secara teratur menggunakan air dan sabun mobil yang lembut. 

Hindari menggunakan sabun cuci piring atau bahan kimia berbahaya yang dapat merusak lapisan cat velg mobil.

Gunakan juga sikat atau spons lembut untuk membersihkan velg agar tidak menggores permukaannya. Jangan menggunakan sikat berbulu kasar atau benda tajam yang bisa merusak cat atau finishing velg.

2. Lindungi dari bahan kimia dan garam

Jika mobil sering terkena bahan kimia, garam, atau aspal, segera bersihkan velg dari kotoran tersebut. Sebab, bahan-bahan tersebut dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan korosi.

Apabila tidak rajin dibersihkan, maka cat pada velg mobil juga akan mudah mengelupas dan membuat tampilan mobil jadi kusam. 

Gunakan produk perawatan khusus untuk velg, seperti pembersih dan pelindung velg, sesuai dengan rekomendasi produsen atau merek yang digunakan.

3. Perhatikan saat mencuci mobil

Apabila pergi ke tempat pencucian mobil, sebaiknya hindari tempat pencucian mobil yang  menggunakan mesin pencuci tekanan tinggi. Hal ini dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan masalah lain pada velg.

4. Hindari benturan dan goresan

Berhati-hatilah saat parkir atau berkendara di daerah yang memiliki permukaan kasar, misalnya jalanan yang berlubang atau berbatu. 

Hindari juga bersentuhan langsung dengan trotoar atau benda keras lainnya yang bisa merusak velg.

Pastikan juga ban yang dipasang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk velg tersebut. Ban yang salah ukuran atau tipe dapat menyebabkan kerusakan pada velg dan performa mobil.

Baca juga: Modifikasi Velg Mobil Sport? Catat Pilihan dan Plus Minusnya

Rekomendasi Warna yang Bagus untuk Velg

Jika OtoFriends ingin memodifikasi mobil dan mengubah warna cat velg mobil, berikut ini rekomendasinya untuk kamu.

Warna mobilWarna cat velg mobil yang cocok
Putih
  • Abu-abu
  • Silver
  • Hitam
  • Gold
  • Bronze
Hitam
  • Abu-abu
  • Putih
  • Hitam doff
  • Gold
  • Bronze
Biru
  • Hitam
  • Silver
  • Putih
Merah
  • Silver
  • Hitam
  • Bronze
  • Gold
  • Chrome
Silver
  • Putih
  • Abu-abu
  • Hitam
Abu-abu
  • Hitam 
  • Putih
  • Abu-abu

Warna di atas umumnya adalah warna netral. Namun, jika kamu suka tampil mencolok, kamu bisa mencoba beberapa warna seperti fuschia, kuning, biru, pink, hingga ungu.

Jangan lupa juga untuk periksa secara berkala kondisi velg, termasuk adanya goresan atau kerusakan lainnya. Jika ada goresan yang dalam atau masalah lain yang lebih serius, segera perbaiki di bengkel profesional.

OtoFriends bisa membawanya ke bengkel Otoklix terdekat untuk dilakukan pengecekan. Booking layanan di bengkel Otoklix bisa lewat Aplikasi Otoklix, loh, jadi lebih praktis dan cepat. 

Balancing velg di bengkel Otoklix murah, mulai dari Rp22 ribu! Rutin melakukan balancing membuat berkendara jadi aman dan nyaman. Download Aplikasi Otoklix dan booking sekarang juga.

Pertanyaan seputar Cat Velg Mobil

Velg mobil bisa dicat apabila kondisinya sudah mengelupas. Pengecatan velg dilakukan dengan tujuan untuk mencegah korosi.

Jika mobil warna merah, maka cat velg mobil yang cocok adalah gold, silver, hitam, bronze, dan chrome.

Biaya cat velg mobil mulai dari Rp350 ribuan hingga Rp1,4 jutaan.