Memiliki mobil irit bensin menjadi keuntungan tersendiri karena bisa mengurangi pengeluaran untuk pembelian bahan bakar. Terlebih jika OtoFriends Memiliki kendaraan yang efisien dalam pemakaian bensin memberi kelebihan berupa penghematan biaya bahan bakar.

Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi OtoFriends yang rutin menggunakan mobilnya untuk bekerja dan menjalankan kegiatan sehari-hari. Nah, kira-kira apa saja mobil paling irit yang bisa menunjang mobilitas OtoFriends?

Mobil sering diibaratkan sebagai rumah kedua lantaran lebih banyak menghabiskan waktu di mobil daripada di rumah. Selain aspek keamanan dan Baru-baru ini, melonjaknya harga bahan bakar menjadi alasan banyak orang mulai mencari informasi tentang mobil paling irit BBM.

Untuk OtoFriends yang sedang berencana membeli mobil yang hemat dalam konsumsi BBM, terdapat beberapa pilihan mobil hemat bahan bakar dengan harga yang ramah di kantong yang bisa ditemukan di Indonesia.

Yuk, simak rekomendasi mobil paling irit dan tips memilih mobil yang hemat BBM dari Otoklix berikut ini!

Baca juga: 8 Penyebab Bensin Mobil Boros, Hindari Agar Kantong Anti Jebol

13 Mobil Paling Irit BBM

Mobil yang hemat bahan bakar menjadi pilihan favorit belakangan ini, terutama setelah harga minyak melonjak. Akan tetapi, memilih mobil yang efisien dalam penggunaan bahan bakar bukanlah perkara mudah, terutama dengan berbagai teknologi modern dan mesin canggih yang tersedia pada mobil-mobil saat ini.

Teknologi yang disematkan pada mobil modern membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi jauh lebih efisien. Lantas adakah mobil dengan konsumsi bensin Mobil modern dilengkapi dengan teknologi terkini yang membuatnya dapat menggunakan bahan bakar secara lebih hemat.

Namun, apakah ada mobil yang benar-benar efisien dalam penggunaan bensin? Berikut ini daftar beberapa mobil paling irit yang bisa kamu jadikan pilihan:

1. Daihatsu Xenia

Siapa yang tak kenal dengan salah satu mobil andalan keluarga Indonesia yang satu ini? Daihatsu Xenia dilengkapi dengan mesin 2NR-VE 1,5L berteknologi Dual VVT-i yang membuatnya lebih irit bensin.

Penggunaan bensin mobil Daihatsu Xenia mencapai 10-13 km/liter. Artinya, 1 liter bensin bisa menempuh jarak 10-13 km. Tak heran jika Daihatsu Xenia cocok digunakan untuk bepergian jarak jauh bersama keluarga karena hemat bensin.

2. Toyota Avanza

Selain memiliki tipe yang banyak, Toyota Avanza juga dikenal sebagai mobil irit bensin. Pesaing berat Daihatsu Xenia ini juga tak mau kalah irit dengan rivalnya. Konsumsi bensin Toyota Avanza diketahui sekitar 12,5 km/liter.

Alasan mengapa Toyota Avanza ini bisa irit bensin tidak terlepas dari kubikasi mesin yang tidak terlalu besar. Belum lagi ditambah dengan teknologi VVT-i yang hadir untuk menghemat konsumsi bensin.

3. Honda Brio

Salah satu city car favorit keluarga Indonesia ini konsumsi bensinnya bisa mencapai 20-30,1 km/liter jika melaju di jalanan bebas hambatan dan stabil. Tidak berlebihan rasanya bila Honda Brio disebut-sebut sebagai mobil irit bensin terbaik di kelasnya.

Efisiensi konsumsi bensin pada Honda Brio tidak lepas dari mesin berkapasitas 1.199 cc, 4 silinder, SOHC, 16 katup, VTEC, Drive By Wire. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 88 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 110 Nm @4.800 rpm. 

4. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga jadi mobil irit bensin yang berikutnya. Suzuki membekali mesin berkapasitas 1.462 cc dengan 4 silinder, DOHC, dan VVT yang membuatnya irit bensin.

Konsumsi bensin Suzuki Ertiga saat dilakukan pengujian mencapai angka 23 km/liter. Konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit jika kita menggunakan ECO driving, yaitu 30 km/liter.

5. Toyota Agya

Ciri utama mobil irit bensin bisa dilihat dari bodinya yang kecil atau mini. Toyota Agya yang berukuran kecil ini dibekali dengan teknologi Dual VVT-i. Selain itu, mobil irit bensin ini juga sudah dilengkapi dengan ECO driving sehingga akan bisa sangat efisien dan irit bahan bakar.

Julukan kecil-kecil cabe rawit sangat pantas disematkan untuk mobil ini. Saat di tes, konsumsi bensin Toyota Agya mencapai 19,5 km per liter yang membuatnya menjadi salah satu mobil irit bensin yang tidak boleh terlewatkan.

6. Nissan Kicks E-Power

Konsumsi bahan bakar Nissan Kicks E-Power diklaim mampu mencapai 23 km/liter pada varian 2 wheel drive. Sementara varian 4 wheel drive hanya 19,2 km/liter.

Sayangnya mobil pabrikan Jepang ini masih cukup langka di Indonesia. Pastikan suku cadangnya mudah ditemukan jika tertarik membeli Nissan Kicks-E-Power.

7. Honda Civic

Siapa yang menyangka bahwa mobil irit bensin selanjutnya berasal dari segmen mobil sedan. Honda Civic dibekali dengan mesin berkapasitas 1,498 cc dan 4 silinder serta tenaga turbo 173 PS dengan torsi 220 Nm. 

Untuk urusan penggunaan bahan bakarnya, Honda Civic mampu menempuh jarak 17 km dengan 1 liter bensin. Selain irit, mobil ini juga memiliki kecepatan yang bagus hingga 200 km per jam.

8. Suzuki Ignis

Satu lagi mobil irit bensin yang diproduksi oleh Suzuki selaku produsen mobil ternama asal Jepang. Suzuki Ignis dibekali mesin berkapasitas 1.197 cc dengan pilihan transmisi manual dan otomatis dengan 5 percepatan.

Soal konsumsi bensinnya, mobil SUV fenomenal ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 23 km/liter. Pemakaian bahan bakarnya akan lebih irit lagi jika menggunakan transmisi manual.

9. Honda Mobilio

Mobil Low MPV ini digemari konsumen Indonesia karena memiliki konsumsi bensin yang irit. Berbekal mesin 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC, konsumsi bensin Honda Mobilio bisa mencapai 17 km/liter

Penggunaan bahan bakar yang irit membuatnya sering difungsikan sebagai armada taksi. OtoFriends bahkan bisa menggunakan 1 liter bensin untuk menempuh jarak sejauh 22,8-28 km dengan mode ECO driving.

10. Datsun GO

Datsun GO yang termasuk dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas 1.200 cc ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit berkat kombinasi mesin, girboks dan bobot bodi yang ringan. 

Mobil hatchback ini sangat irit karena bisa melaju sampai 23,5 km dengan 1 liter bensin saja. Angka tersebut menjadikan Datsun GO menjadi pilihan mobil irit bensin di kelasnya.

11. Daihatsu Ayla

Kembaran Toyota Agya ini juga turut menjadi salah satu mobil irit bensin. Daihatsu Ayla dilengkapi dengan mesin berkapasitas 998 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal.

Angka konsumsi mobil LCGC dari Daihatsu bisa mencapai 18-20 km/liter bergantung pada kondisi jalan yang dilalui. Tipe terbaru Daihatsu Ayla sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200 cc yang dilengkapi teknologi Dual VVT-i.

12. KIA Picanto

Salah satu jenis city car asal Korea Selatan ini juga dikenal sebagai mobil irit bensin dengan kapasitas 1200 cc. KIA Picanto sudah dilengkapi dengan mesin dan transmisi yang canggih, sehingga mampu menghemat konsumsi bensin lebih optimal.

Berbekal mesin 1.200 MPI, KIA Picanto mampu menghadirkan tenaga 87 ps/6.000 rpm dan memiliki torsi puncak 120 Nm pada 4.000 rpm. Adapun untuk angka konsumsi bensin KIA Picanto sebesar 19 km per liter.

13. Toyota Corolla Cross Hybrid

Mobil irit bensin yang terakhir yaitu Corolla Cross Hybrid yang diproduksi oleh Toyota. Toyota Corolla Cross Hybrid dibekali mesin bensin konvensional 2ZR-FXE THS II 4-silinder segaris 16 Valve DOHC chain drive with VVT-i dengan kubikasi 1.798 cc.

Hasil pengujian bahan bakar mobil ini untuk penggunaan dalam kota mampu mencatatkan angka hingga 23,7 km/liter. Angka tersebut pastinya cukup untuk membuktikan bahwa mobil ini layak dimiliki.

Baca juga: 17 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, Terbukti Tambah Hemat

Tips Memilih Mobil Irit Bensin

Banyaknya pilihan mobil irit bensin di atas tentu membuat bingung bukan? Beberapa diantaranya kini juga mudah sekali ditemukan di showroom atau dealer mobil. OtoFriends tidak perlu bingung dalam memilihnya, simak tips berikut sebagai pertimbangan ketika akan membeli mobil mobil irit bensin.

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Hal terpenting dalam membeli mobil adalah ketersediaan budget yang dimiliki. Jangan sampai kita memaksakan membeli mobil yang tidak sesuai dengan budget yang dimiliki. OtoFriends bisa mencari referensi beserta harga mobil irit bensin apa yang akan dipilih melalui internet.  

Perhatikan kapasitas mesin

Perlu diketahui bahwa mobil dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc umumnya memiliki konsumsi bensin yang irit. Namun, irit atau tidaknya mobil juga tergantung dari cara pemakaian. Apabila OtoFriends sering berada di tengah kemacetan, konsumsi bensin mobil secara otomatis akan akan lebih boros.

Cek spesifikasi mobil

Melihat banyaknya jenis dan merek mobil irit bensin saat ini, ada baiknya jika OtoFriends  mencari tahu spesifikasi mobil secara detail dan lengkap lewat internet atau sosial media. Bandingkan antara informasi dari sumber yang satu dengan lainnya untuk menghindari kesalahan informasi yang dapat merugikan.

Jika kali pertama membeli mobil, jangan ragu untuk meminta saran dari teman yang paham tentang mobil atau setidaknya sudah pernah membeli mobil. Hal ini perlu dilakukan agar OtoFriends bisa mendapatkan mobil yang sesuai harapan. 

Pilih mobil yang suku cadangnya mudah didapat

Tips yang satu ini kerap kali dilupakan begitu saja. Padahal, mobil irit bensin atau mobil lain yang ingin dibeli belum tentu memiliki suku cadang yang mudah didapatkan.

Memilih mobil dengan suku cadang yang mudah didapat itu akan memudahkan perbaikan ketika ada kerusakan. Selain itu, suku cadang yang bisa didapatkan dengan mudah juga umumnya memiliki harga yang terjangkau.

Baca juga: Jangan Sampai Tertipu, Ini Cara Bedakan Sparepart Mobil Asli Vs Palsu

Itulah beberapa informasi pilihan mobil irit bensin serta tips memilihnya yang perlu OtoFriends ketahui. Jika terjadi kerusakan, pilihlah bengkel terpercaya untuk perawatan mobil irit bensin melalui aplikasi Otoklix yang bisa memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Mobil Irit Bensin

Ada 13 pilihan mobil irit bensin yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu:
Daihatsu Xenia
Toyota Avanza
Honda Brio
Suzuki Ertiga
Toyota Agya
Nissan Kicks E-Power
Honda Civic
Suzuki Ignis
Honda Mobilio
Datsun GO
Daihatsu Ayla
KIA Picanto
Toyota Corolla Cross Hybrid.

Toyota Avanza juga dikenal sebagai mobil irit bensin dengan konsumsi bensin sekitar 12,5 km per liter.

Salah satu penyebab mengapa konsumsi bensin boros yaitu penggunaan bahan bakar dengan kualitas yang lebih rendah daripada standar bawaan pabrik.