Konsumsi BBM Ayla diklaim irit karena terbukti hanya dengan 1 liter bahan bakar, mobil Ayla mampu berkendara hingga 20 kilometer. Tak heran jika mobil populer satu ini masuk dalam 5 kategori mobil teririt di dunia. Menjadi primadona di kalangan keluarga muda, Daihatsu Ayla cocok digunakan OtoFriends yang suka berkendara di jalur perkotaan. Lantas seperti apa konsumsi BBM Ayla dan spesifikasi mesin yang ditawarkan? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru Daihatsu Ayla

Konsumsi BBM Ayla

Masuk dalam kategori Low Cost Green yaitu mobil dengan bahan bakar terhemat dan harga terjangkau, menjadikan mobil Ayla semakin laris dipasaran. Meski kalah beberapa km dengan para pesaingnya yaitu mobil Honda Brio dan Toyota Agya, tidak menjadikan mobil Daihatsu Ayla ini minim pembeli. Berdasarkan uji konsumsi bahan bakar, konsumsi BBM Ayla untuk transmisi manual sebesar 21 kpl sedangkan untuk varian transmisi automaticnya, sebesar 18 kpl.  

OtoFriends juga bisa mencicipi berkendara dengan varian baru dari Daihatsu Ayla ini juga karena diklaim memiliki konsumsi BBM yang irit. Tipe barunya dilengkapi dengan mesin 1,200 cc dan sudah memiliki teknologi Dual VVT-i. Teknologi tersebut membantu varian baru Daihatsu Ayla lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Sistem dual VVT-i merupakan teknologi yang berfungsi untuk mengatur waktu dan ukuran buka tutup katup bahan bakar sesuai dengan putaran mesin, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih optimal.

Perbandingan Konsumsi BBM Ayla 1.0L dan 1.2L

Daihatsu Ayla memiliki beberapa varian dan pilihan mesin. Mobil Daihatsu Ayla bermesin 1.0L memiliki penggunaan tenaga yang tidak terlalu besar, namun mampu memberikan kenyamanan berkendara yang optimal. Adapun mobil Daihatsu Ayla 1.0L ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 998 cc, dengan daya maksimal 64 pada putaran 6.000rpm dan torsi 86 Nm. Konsumsi BBM Ayla 1.0L menjadi daya tarik tersendiri karena kapasitas silindernya membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien. Adapun berdasarkan uji konsumsi bahan bakarnya mobil Daihatsu Ayla ini mampu menempuh perjalanan hingga 18 km/l hingga 20 km/l.

Berbanding dengan konsumsi BBM Ayla varian 1.0L, konsumsi BBM Ayla varian 1.2L memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil namun torsi yang lebih besar. Dibekali dengan mesin 3NR-VE 4 silinder dan teknologi dual VVT-i, mobil Ayla 1.2L ini memiliki kapasitas silinder 1.197. Tenaga yang digunakan lebih maksimal dan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Adapun mobil Daihatsu Ayla 1.2L ini mampu berkendara di atas 60 km/jam dibandingkan mesin Daihatsu Ayla 1.0L.

Harga Mobil Ayla

Berminat melakukan pembelian mobil Daihatsu Ayla, OtoFriends harus menyiapkan kocek mulai dari Rp103,3 juta hingga Rp 161,8 juta. Namun rentang harga tersebut bergantung pada varian dari mobil Daihatsu Ayla yang OtoFriends pilih. 

Baca juga: Harga Mobil Ayla Baru 2022

Jika harga terlalu tinggi, tidak ada salahnya untuk membeli varian bekas dengan harga Rp50 juta hingga Rp115 jutaan. Tetap berhati-hati jika memilih untuk membeli mobil Daihatsu Ayla bekas karena OtoFriends tentu harus memperhatikan setiap kelayakan mesin dan komponen mobil. Jangan sampai merugi karena harus melakukan perbaikan melebihi budget yang sudah disediakan.

Tips Membuat Konsumsi BBM Mobil Irit

Selain spesifikasi dan penggunaan bahan bakar, gaya berkendara bisa membantu konsumsi BBM Ayla menjadi lebih irit. Berikut adalah beberapa tips untuk berkendara hemat bahan bakar yang bisa OtoFriends terapkan dalam berkendara sehari-hari:

  • Lakukan akselerasi secara perlahan. Pengendara diharapkan untuk tidak langsung menekan pedal gas terlalu dalam ketika mulai berakselerasi.
  • Berkendaralah dengan sedikit akselerasi dan deselerasi, yaitu mengemudi dalam kecepatan yang konstan sambil tetap menjaga jarak dengan mobil di depan.
  • Manfaatkan engine brake secara positif, serta melepas dan tidak menekan pedal akselerator berlebihan
  • Hindari menempatkan mesin dalam kondisi idle atau berhenti di tempat dalam waktu lama, khususnya ketika berhenti sesaat dalam waktu lebih dari 10 menit.

Baca juga: 13 Pilihan mobil Irit Bensin 2022 Beserta Spesifikasinya

Perawatan di Otoklix

Berniat untuk memiliki mobil, OtoFriends harus mengimbanginya dengan kesiapan finansial dan kerutinan pengecekan mesin mobil. Kedua hal tersebut saling terhubung karena apabila ada komponen mobil yang rusak dan tidak segera diperbaiki, OtoFriends harus rela merogoh kocek lebih dalam. Hal ini tentu dapat menjadi penyebab kantong jebol. Oleh sebab itu, rutin melakukan perawatan mobil setidaknya setiap 6 bulan sekali tidak boleh ditinggalkan. 

Booking servis di bengkel rekanan Otoklix lebih mudah dan cepat karena harga servis akan diberitahu di awal booking. Harga lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi. Bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek, 20.000+ mobil telah ditangani. Download app nya sekarang untuk berikan perawatan maksimal pada mobil kesayangan OtoFriends!

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Ayla

Konsumsi BBM Ayla diklaim irit karena terbukti hanya dengan 1 liter bahan bakar, mobil Ayla mampu berkendara hingga 20 kilometer.

Adapun berdasarkan uji konsumsi bahan bakarnya mobil Daihatsu Ayla ini mampu menempuh perjalanan hingga 18 km/l hingga 20 km/l.

Dengan konsumsi BBM 1 liter, mobil Ayla mampu berkendara hingga 20 kilometer