Alfa Romeo kembali membangkitkan mobil sport modern pertama yakni Alfa Romeo 33 Stradale di tahun 2024 mendatang. Walaupun proses produksinya baru akan dilakukan tahun 2024, namun mobil ini sudah laku terjual habis.

Mengingat kembali masa kejayaan di mana Alfa Romeo menciptakan mobil sport modern pertama di tahun 1966-1967 dengan bentuk pintu bergaya kupu-kupu. Saat itu Alfa Romeo hanya memproduksi 33 Stradale sebanyak 18 unit saja.

Setelah lebih dari 50 tahun, Alfa Romeo 33 Stradale bereinkarnasi kembali dengan konsep yang masih sama yakni menjadi mobil sport moden pertama yang dikembangkan berdasarkan permintaan atau custom.

Baca juga: Intip, Ini 6 Supercar Unggulan di Film Fast and Furious 9

Proyek Reinkarnasi Alfa Romeo 33 Stradale 2024

Baru-baru ini mobil Alfa Romeo kembali terlihat pada even Formula 1 bersama dengan Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu. Monza kembali dipilih Alfa Romeo untuk memperkenalkan desain terbaru dari Alfa Romeo 33 Stradale, sama seperti lokasi pertama kali model asli mobil ini muncul di tahun 1967.

Sayangnya mobil yang tampil di Monza tersebut masih berupa prototipe. Desain terbaru Alfa Romeo 33 Stradale baru akan diproduksi secara massal di tanggal 24 Juni 2024. 

Pihak terkait belum mengumumkan secara resmi berapa harga per unitnya. Beberapa kabar beredar harga mobil reinkarnasi 33 Stradale ini mencapai Rp28,5 miliaran.

Kendati begitu mahal, ternyata hingga saat ini mobil Alfa Romeo tersebut justru sudah habis terjual. Alfa Romeo memang sengaja memproduksi mobil ini sebanyak 33 unit. 

Fakta lainnya selain keterbatasan unit yang diproduksi yakni sistem kustomisasi diterapkan selama produksi sehingga gak ada yang sama dari masing-masing mobil 33 Stradale ini.

Sebab bukan hanya sebagai moda transportasi saja, mobil supercar modern pertama ini juga menjadi karya seni bagi pemiliknya. Tim produksinya sendiri terdiri dari insinyur, desainer, dan sejarawan profesional yang berkolaborasi untuk memenuhi kustomisasi dari konsumen.

Untuk pengembangan mobil ini, Alfa Romeo mempercayakan Maserati MC20 sedangkan proses produksi mobil 33 Stradale dilakukan oleh Carrozzeria Touring Superleggera.

Baca juga: Daftar Mobil Mewah Alan Walker dan Spesifikasinya

Spesifikasi Alfa Romeo 33 Stradale

Apabila kita melihat wajah mobil ini, maka sudah bisa mengetahui bahwa sumber inspirasi supercar Alfa Romeo ini adalah sportcar klasik dari Tipo 33. Mulai dari desain eksterior seperti desain lampu, desain body mobil hingga siluetnya. Namun bagaimana dengan performa mesinnya?

1. Mesin dan Performa

Alfa Romeo memberikan pilihan 2 jenis mesin yakni mesin bensin konvensional dan yang kedua adalah mesin elektrik.

Untuk mesin konvensional, mobil 33 Stradale menggunakan mesin Maserati MC20 yakni mesin V6 twin turbo berkapasitas 3.000 cc bertransmisi DCT 8 percepatan menghasilkan tenaga maksimal sebesar 620 dk dan capaian torsi maksimal 730 Nm yang disalurkan melalui roda belakang.

Fun fact untuk mobil varian mesin bensin ini, Alfa Romeo melakukan facelift bagian mesin dengan parameter angka 3, sesuai dengan namanya Alfa Romeo 33 Stradale. 

Mulai dari kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3 detik dengan kecepatan maksimal 333 km/jam. Kemudian mobil dapat melakukan pengereman dari kecepatan 100 km/jam sampai benar-benar diam dengan jarak 33 m.

Sementara itu, untuk versi elektriknya, belum ada informasi spesifik dari Alfa Romeo mengenai konfigurasi motor penggeraknya. 

Produsen hanya memberikan informasi bahwa akan dibekali 3 motor penggerak yang mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 750 hp atau 130 hp dan jarak tempuh maksimal 450 km. Keluaran tenaganya jauh lebih besar daripada mesin bensinnya. 

Fakta menarik lainnya sistem tuning mobil ini bekerja sama dengan pembalap F1 dari tim Alfa Romeo yakni Valtteri Bottas, sedangkan untuk mesinnya sendiri berkolaborasi dengan Carrozzeria Touring Superleggera.

Baca juga: Deretan Bengkel Mobil Mewah, Servis Supercar dan Sports Car

2. Desain Mobil

Di bagian body mobilnya, Carrozzeria Touring Superleggera membuat desain body mobil 33 Stradale secara handmade agar tampilannya lebih berkarakter, modern dan lebih menawan.

Material pembuatan body mobilnya menggunakan bahan serat karbon dan aluminium agar bobot body mobil lebih ringan tapi tetap kuat. 

Bagian eksteriornya, Alfa Romeo masih mengadopsi tarikan garis dari generasi terdahulu dengan tambahan ornamen khusus agar kesan modernnya lebih terasa. OtoFriends bisa lihat nanti di bagian desain lampu depan dan lampu rem yang menggunakan lampu LED.

Pemilik mobil akan merasakan nuansa seperti sedang berada di kabin pesawat karena desain kabinnya begitu ringkas.

Terdapat fitur audio steering di bagian setir kemudi, speedometer mobil ini mengadopsi desain kombinasi digital dan analog dan head unit berukuran besar di bagian tengah.

Selanjutnya bagian velg mobilnya menerapkan desain palang 5 finishing emas dan rem keramik karbon dari Brembo untuk mengontrol tenaga liarnya.

Dimensi mobil Alfa Romeo 33 Stradale memiliki panjang berukuran 4.638 mm, lebar 1.956, dan tinggi 1.226 mm. Untuk jarak sumbu rodanya sebesar 2.700 mm. 

Demikianlah informasi tentang generasi terbaru Alfa Romeo 33 Stradale, mobil sportcar modern pertama yang sudah hadir sejak tahun 1960-an.

Meskipun mobil yang kita miliki belum sportcar, akan tetapi kita tetap bisa merasakan sensasi respons mesin mobil sportcar yang cepat apabila rutin melakukan perawatan mobil.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Oleh karena itu, rutin periksa cairan pelumasan mobil OtoFriends, perhatikan kondisi mesinnya seperti kondisi aki mobil dan rutin melakukan servis tune up. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Pertanyaan Seputar Alfa Romeo 33 Stradale

Keunggulan mobil Alfa Romeo 33 Stradale sehingga mobil ini hanya ada 33 unit di dunia antara lain desain mobil ini menerapkan sistem kustomisasi sehingga setiap mobil nantinya memiliki karakter yang berbeda satu sama lain.

Alfa Romeo memberikan pilihan 2 jenis mesin yakni mesin bensin konvensional dan yang kedua adalah mesin elektrik.

Untuk mesin konvensional, mobil 33 Stradale menggunakan mesin Maserati MC20 yakni mesin V6 twin turbo berkapasitas 3.000 cc bertransmisi DCT 8 percepatan menghasilkan tenaga maksimal sebesar 620 dk dan capaian torsi maksimal 730 Nm yang disalurkan melalui roda belakang.