Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah memperkenalkan Mitsubishi XRT Concept pada event Bangkok International Motor Show 2023 ke-44 yang diselenggarakan sejak 22 Maret sampai 2 April 2023.

Kabarnya XRT Mitsubishi Concept model pikap tersebut merupakan calon desain mobil Triton generasi keenam yang akan dijual di tahun fiskal 2023. Mengapa demikian? Sebab pemilihan negara Thailand sebagai negara pertama kali All New Triton generasi ke-6 diperkenalkan sejalan dengan basis produksi dan pasar terbesar Triton saat ini, Thailand.

Mitsubishi mengawinkan konsep pikap ganda dan compact SUV baru pada XRT Concept tersebut adalah langkah penyegaran yang cukup berani. Seperti apa rupanya XRT Mitsubishi tersebut? 

Baca juga: Daftar Harga Mobil Triton 2023 dan Spesifikasinya

Desain Mitsubishi XRT Concept

Setelah secara resmi memperkenalkan XRT Concept pada acara Bangkok International Motor Show tersebut, Mitsubishi merilis video teaser yang memperlihat secara detail bagaimana konsep dan desain generasi Triton tersebut.

Karakteristik mobil gagah sudah bisa kita lihat dari bagian depan mobil dan kap mesinnya. Kita akan menemukan berbagai aksesoris tambahan yang biasa digunakan pada mobil off-road namun Mitsubishi menyematkannya di mobil konsep tersebut.

Belum lagi tambahan corak berdesain mencolok yang terinspirasi dari belahan batu lava menutupi seluruh body mobil, mulai dari bagian jendela mobil samping sampai ke unit pencahayaan.

Beralih ke bagian samping mobil terdapat kelir berbentuk horizontal yang tampak mencolok. Kemudian desain grafis berupa garis paralel sebanyak 10 garis sebagai iko Ralliart untuk memvisualkan kegagahan mobil ini.

Mitsubishi membekali mobil konsep tersebut dengan over fender depan dan belakang. Desain grill mobil konsep ini berbentuk kotak. Terdapat ban khusus dengan grip kuat agar kendaraan ini mampu melintasi permukaan jalan yang berlumpur, 2 ban cadangan di bak belakang, snorkel dan pijakan samping.

Secara keseluruhan, Mitsubishi ingin memvisualkan mobil XRT Mitsubishi Concept ini sebagai mobil yang penuh gaya, tetap terlihat stylish dan fashionable namun unsur gagah dan sporty gak hilang. Sehingga penggunaannya bisa dilakukan di berbagai medan jalan, mulai dari jalanan licin, kombinasi hingga medan yang terjal sekalipun.

Belum dikabarkan dengan terperinci seperti apa spesifikasi mesinnya dan tenaga penggeraknya. Ada kabar menyebutkan bahwa mesin diesel akan digunakan untuk generasi selanjutnya.

Kendati demikian, kita bisa melihat prototype Mitsubishi XRT Concept ini di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023.

Baca juga: Hanya Ada 120 Unit, Ini Spesifikasi Mitsubishi Triton Knight

XRT Concept Berlaga di Asia Cross Country Rally 2023

Asia Cross Country Rally sudah berlangsung selama 1 pekan pada tanggal 13 Agustus 2023 sampai 19 Agustus 2023. Mitsubishi Ralliart mendapatkan kesempatan untuk menggunakan prototipe cross country dari Mitsubishi Motors yakni All New Triton.

Hiroshi Masuoka merupakan direktur sekaligus pemimpin tim Mitsubishi Ralliart yang pernah menjuarai Reli Dakar 2002 dan 2003.

Menurut Hiroshi, Mitsubishi sedang melakukan fase finishing atau penyempurnaan dari mobil All New Triton sebelum secara resmi diluncurkan di pasar otomotif. Seluruh pengetahuan akan aktivitas reli sudah dilakukan termasuk uji ketahanan mendetail di seluruh dunia.

Kapan Generasi Triton Resmi Diluncurkan?

Untuk diketahui mobil XRT Concept ini merupakan mobil Triton generasi ke-6 yang menggunakan desain gabungan secara menyeluruh dari desain Triton generasi ke-5 tahun 2014 dan facelift yang dilakukan Mitsubishi di tahun 2018.

Walaupun sedang memasuki fase penyempurnaan, Mitsubishi belum mau membocorkan seperti apa spesifikasi mobil Mitsubishi XRT Concept yang menjadi konsep mobil Triton generasi ke-6. 

Adapun Triton adalah salah satu mobil terlaris dan terpopuler dari Mitsubishi Motors yang diproduksi di Pabrik Laemchabang, Thailand. 

Nantinya mobil pikap ganda ini akan menjadi kendaraan strategis yang akan diekspor ke kurang lebih 150 negara di seluruh dunia. Beberapa di antaranya adalah negara di kawasan ASEAN, Oseania, dan pasar otomotif global lainnya.

Namun sebelum jauh ke sana Mitsubishi baru akan memperkenalkan dan menjual mobil truk pikap midsize ini di Thailand.

Baca juga: Bengkel Mobil Mitsubishi, Pilih Bengkel Resmi atau Umum?

Demikianlah informasi tentang XRT Concept dari Mitsubishi. Berdasarkan keterangan dari situs Mitsubishi Motors, tahun fiskal di mana mobil ini akan dipasarkan di Thailand mulai dari bulan April 2023 hingga Maret 2024. Lalu baru dipasarkan secara mendunia.

Tunggu kabar selanjutnya mengenai kapan mobil XRT Concept yang menjadi prototipe mobil All New Triton generasi terbaru ini melalui blog Otoklix.

Otoklix Flagship merupakan layanan inovasi dari Otoklix untuk membantu mempermudah kita dalam merawat dan memperbaiki mobil. Bengkel mobil Otoklix menjamin seluruh kemampuan tim mekaniknya profesional, kelengkapan peralatan bengkel hingga jaminan keaslian spare part setara OEM.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Menariknya, konsep Al in One Experience yang dihadirkan Otoklix, mulai dari konsultasi secara online, mencari tahu harga dan biaya servis secara online, booking service, hingga pilihan metode pembayaran secara online cocok banget untuk generasi milenial saat ini. Segera download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar XRT Concept

Secara keseluruhan, Mitsubishi ingin memvisualkan mobil XRT Mitsubishi Concept ini sebagai mobil yang penuh gaya, tetap terlihat stylish dan fashionable namun unsur gagah dan sporty gak hilang. Sehingga penggunaannya bisa dilakukan di berbagai medan jalan, mulai dari jalanan licin, kombinasi hingga medan yang terjal sekalipun.

Asia Cross Country Rally sudah berlangsung selama 1 pekan pada tanggal 13 Agustus 2023 sampai 19 Agustus 2023. Mitsubishi Ralliart mendapatkan kesempatan untuk menggunakan prototipe cross country dari Mitsubishi Motors yakni All New Triton.

Demikianlah informasi tentang XRT Concept dari Mitsubishi. Berdasarkan keterangan dari situs Mitsubishi Motors, tahun fiskal di mana mobil ini akan dipasarkan di Thailand mulai dari bulan April 2023 hingga Maret 2024. Lalu baru dipasarkan secara mendunia di pasar ASEAN, Oseania, dan pasar global lainnya.