Stigma yang berlaku saat ini bahwa memiliki kendaraan khususnya mobil supercar atau sportcar hanya bisa melakukan perawatan di bengkel resminya saja. Padahal ada banyak bengkel mobil mewah selain bengkel resmi yang memiliki teknisi berpengalaman dan andal untuk merawat mobil supercar atau sportcar.

Tujuan melakukan servis mobil di bengkel mobil mewah bukan karena ingin mendapatkan biaya servis mobil mewah yang murah saja melainkan karena pengerjaan dan perbaikan mobil yang dapat dilakukan sekaligus dalam satu kali datang yang membuat kita tak perlu membuang waktu untuk terus datang ke bengkel.

    Jika OtoFriends mau mengulik lebih detail, ada banyak bengkel mobil mewah di kota-kota besar di Indonesia yang dengan peralatan bengkel dan kemampuan teknisi profesional. Berikut ini ulasannya.

    Bengkel Umum untuk Mobil Mewah

    Ternyata pemilik mobil super-kencang seperti supercar dan sportcar juga menyukai servis di bengkel umum. Bukan hanya mengejar harga servis yang lebih murah, tetapi juga karena banyak hal yang bisa dikerjakan di bengkel umum secara sekaligus, misalnya modifikasi atau upgrade performa.

    Ini dia daftar bengkel mobil mewah untuk menangani mobil-mobil supercar dan sportcar.

    1. Bengkel Otoklix Simprug

    Rekomendasi bengkel spesialis yang pertama adalah Bengkel Otoklix Simprug yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Di bengkel ini kita bisa melakukan servis tune up, servis AC mobil, hingga detailing dan cuci mobil.

    Alamat : Jalan Terusan Sinabung No. 1 Grogol Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama,

    Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    Telepon : 0811 920 025

    Baca juga: 11 Alasan Mesti Pakai Aplikasi Bengkel Mobil Otoklix

    2. Bengkel Otoklix Mangga Dua

    OtoFriends yang tinggal di sekitar Mangga Dua tak perlu pusing untuk mencari bengkel mobil mewah. Cukup mendatangi Bengkel Otoklix Mangga Dua yang berada di Jalan Gunung Sahari Raya. Di sana kita bisa melakukan berbagai perawatan dan perbaikan mobil. Mulai dari ganti aki mobil, periksa AC mobil hingga servis tune up dan kaki-kaki mobil.

    Alamat : Rukan, Mangga Dua Square, Jalan Gunung Sahari Raya, 1 Lantai Lower

    Decker, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    Telepon : 0811 920 025

    3. Bengkel Otoklix Ciputat

    Sementara itu, di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, ada rekomendasi bengkel spesialis terpercaya yaitu Bengkel Otoklix Ciputat yang berada di Jalan RE Martadinata. 

    Ada banyak pelanggan yang meninggalkan bintang lima di Ulasan Google atau Google Revie. Beberapa komentar langsung dari pelanggan seperti hasil perbaikan dan servis dari teknisi yang sangat memuaskan hingga kenyamanan ruang tunggu.

    Alamat : Jalan RE Martadinata No. 12, Ciputat, Cipayung, Tangerang Selatan, Kota

    Tangerang Selatan

    Telepon : 0822 9837 8787

    4. Concept Motorsport

    Bengkel yang terletak di Alam Sutera, Tangerang Selatan ini menerima servis berkala untuk sports car dan supercar. Servis berkala di bengkel ini meliputi ganti oli, cek rem dan suspensi, dan modifikasi tampilan mobil.

    Concept Motorsport juga menjadi perwakilan beberapa merek aftermarket ternama seperti Power Craft, BBS, dan Novitec Rosso & Toronado.

    Alamat :Komplek Pergudangan T8 No. 12, Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

    Telepon : 0818 184 242

    5. Cockpit Navigator

    Nama bengkel yang terletak di Kedoya, Jakarta Barat ini telah akrab di antara para pecinta mobil Eropa. Bengkel ini juga kerap menjadi tempat nongkrong komunitas M Owner Club Indonesia, yaitu pemilik BMW M-Series.

    Bengkel ini menerima perawatan berkala, overhaul, modifikasi, sampai dengan chip tuning. Selain menangani sports car Jerman, bengkel ini juga menangani mobil-mobil buatan Jepang.

    Cockpit Navigator menjadi perwakilan resmi untuk beberapa tuner chip tuning, seperti Alientech, JB4, dan GSR.

    Alamat : Jalan Pilar Raya No. 32A, Kedoya, Jakarta Barat.

    Telepon : 021 5835 4788

    6. Auto One Super Garage

    Bengkel mobil mewah satu ini juga terletak di Jakarta Barat. Tepatnya di Kebon Jeruk. Bengkel ini menerima semua jenis supercar kecuali Lamborghini karena sudah ada kesepakatan dengan Lamborghini Indonesia.

    Auto One Garage dapat melayani segala jenis servis, mulai dari mesin sampai dengan kaki-kaki. Terdapat fasilitas body repair, workshop, dan ruang tunggu konsumen juga. Workshop digunakan untuk servis mobil biasa yang bukan jenis supercar, mulai dari Rp600 ribuan.

    Bengkel ini juga menyediakan jasa servis ringan untuk supercar dengan harga rata-rata Rp5 jutaan. Produk Chrysler, Jeep, dan Dodge juga dapat melakukan perawatan di bengkel ini.

    Alamat : Jalan Meruya Ilir No.5, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

    Telepon : 021 5367 8080

    7. Top Gear Performance (TGP)

    Satu lagi bengkel mobil mewah yang berlokasi di Alam Sutera. Bengkel ini sebenarnya spesialis Porsche, tetapi juga melayani sports car lain seperti Ferrari sampai dengan muscle car Amerika.

    Jasa di bengkel ini meliputi servis ringan sampai body repair. Biayanya mulai dari Rp5 jutaan. Selain servis, bengkel ini juga menerima restorasi mobil sport klasik yang bisa dikerjakan dalam waktu 6 bulan. 

    Alamat : Kompleks Pergudangan Alam Sutera T8 No. 32-36, Serpong, Tangerang.

    Telepon : 0853 1933 3207

    8. Smart Autowerks (CBU)

    Salah satu tips memilih bengkel mobil spesialis terbaik adalah dengan melihat halaman bengkel itu sendiri. Apabila terlihat banyak mobil terparkir di halaman bengkel maka ada banyak pelanggan yang telah mempercayai bengkel tersebut. 

    Hal tersebut akan kita lihat di halaman Bengkel Smart Autowerks (CBU), ada banyak mobil mewah terparkir di halamannya untuk diperbaiki.

    Alamat : Jalan Taman Bintaro Barat No. 8, RT 08/RW 08, Bintaro, Kecamatan

    Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan

    Baca juga: 12 Mobil Mewah Keluarga, Harga Rp400 juta sampai Rp3 miliar!

    Bengkel Mobil Mewah Lainnya Spesialis Mobil Eropa

    Selain keempat bengkel di atas, mobil-mobil Eropa yang dikenal dengan mobil mewah juga bisa melakukan servis di bengkel mobil mewah di bawah ini. Ini dia bengkel mobil Eropa terdekat di Jakarta.

    1. MDS Motor (Spesialis Volvo)

    Bengkel spesialis Volvo ini memiliki scanner khusus untuk Volvo Seri S40, S60, dan S80. Ada pula scanner manual untuk Volvo 960 dan S90. Untuk mempermudah pengecekan suspensi dan kolong juga tersedia lift.

    Alamat : Jl. Pinang Kuningan I No. 25, Pondok Pinang, Jakarta Selatan

    2. Anugrah Motor (Spesialis BMW)

    Bengkel mobil mewah satu ini dapat menjadi alternatif bagi pemilik BMW. Anugrah Motor dapat menangani perbaikan mesin, transmisi, elektrikal, suspensi, AC, sampai dengan press ulang plafon BMW.

    Bengkel ini juga telah dilengkapi dengan laptop, radiator pump, CO tool-kit untuk mengecek emisi gas buang, dan ATF oli changer.

    Alamat : Jalan H. Nawi Raya No. 57, Jakarta Selatan

    3. Quattro (Spesialis AUDI & VW)

    Quattro sering menangani mobil Audi A4 2.6, 1.8, dan 2.0, Audi A6, dan VW New Beetle serta VW Caravelle. Alat di bengkel ini cukup canggih dengan adanya scanner, launch untuk reset ECU Audi dan VW, dan beberapa lift.

    Bengkel ini juga menyediakan sparepart baik kondisi baru atau limbah ECU atau transmisi otomatis sampai dengan mesin.

    Alamat : Jalan Marinir CIlandak KKO No. 1A, Cilandak, Jakarta Selatan

    4. Starpro Service (Spesialis Mercedes-Benz)

    Bagi pemilik Mercy, kita bisa mendatangi Starpro Service yang telah berdiri sejak 2016 dan memiliki mekanik berpengalaman lebih dari 20 tahun dan bersertifikat Mercedes-Benz.

    Tak perlu khawatir dengan peralatan yang digunakan karena bengkel ini memiliki special tools dan software diagnosis terbaru. Terdapat pula layanan antar jemput kendaraan, emergency call mekanik, dan derek 24 jam.

    Alamat: Bursa Otomotif Sunter G1-2, Jalan Yos Sudarso Kav. 87-88, Sunter, Jakarta Utara.

    5. Ali Motor (Spesialis Peugeot)

    Bengkel mobil eropa di Jakarta berikutnya adalah Ali Motor. Bengkel ini telah menggunakan peralatan yang canggih dan cukup lengkap, seperti Peugeot Scanner, CO tester, injector cleaner ultrasonic, dan beberapa unit lift.

    Bengkel ini juga dapat melakukan perbaikan dan perawatan mesin, suspensi, transmisi, elektrikal, sampai dengan body repair.

    Alamat: Jalan H. Muhi Raya No. 14, Jakarta Selatan.

    Baca juga: 20++ Merk Mobil Mewah Ini Harganya Fantastis, Ada yang Rp90 Miliar

    Estimasi Biaya Servis Mobil Mewah

    Kemudian setelah mengetahui lokasi bengkel-bengkel spesialis mobil supercar dan sportcar, OtoFriends juga bisa mempersiapkan biaya servis mobil-mobil mewah tersebut. Berikut ini estimasi biaya servis mobil mewah termahal. Estimasi biaya di bawah ini dikonversikan dengan nilai kurs USD1 = Rp14.041.

    Merk Mobil Mewah

    Estimasi Biaya Servis Mobil Mewah

    Keterangan

    Dodge Grand Caravan

    USD12.700 atau Rp178,3 jutaan

    10 tahun

    Mercedes-Benz C63 AMG S

    USD12.800 atau Rp179,7 jutaan

    10 tahun

    Audi A4

    USD12.950 atau Rp181,8 jutaan

    10 tahun

    Audi A4 Allroad Quatro

    USD13.700 atau Rp192,4 jutaan

    10 tahun

    Porsche 718 Boxster

    USD13.700 atau Rp192,4 jutaan

    10 tahun

    Infiniti Q45

    USD13.900 atau Rp195,2 jutaan

    10 tahun

    Lincoln MKS

    USD14.600 atau Rp205 jutaan

    10 tahun

    BMW M4

    USD14.900 atau Rp209,2 jutaan

    10 tahun

    BMW 640i Gran Coupe

    USD15.700 atau Rp220,4 jutaan

    10 tahun

    Porsche 911

    USD19.600 atau Rp275,2 jutaan

    10 tahun

     

    Biaya servis mobil mewah di atas merupakan biaya perawatan selama 10 tahun termasuk biaya servis kerusakan ringan hingga berat. Salah satu contoh biaya servis mobil mewah lebih detail adalah mobil McLaren. Kita perlu mempersiapkan biaya servis sebesar Rp5 jutaan sampai Rp7 jutaan untuk satu kali perawatan mobil McLaren.

    Biaya servis tersebut sudah mencakup jasa teknisi, ganti oli mobil, filter oli, drain plug dan pemeriksaan pada 95 titik rawan dan krusial pada mobil. Selain itu, ada juga biaya khusus untuk membeli spare part mobil yang bisa didatangkan langsung dari daerah asal pabrik mobil.

    Tips Memilih Bengkel Mobil Berkualitas Terbaik

    Cukup sulit mencari bengkel spesialis mobil mewah di Indonesia. Biasanya kita akan mudah menemukan bengkel mobil mewah di wilayah perkotaan besar. Biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan merawat mobil juga terbilang cukup mahal.

    Untuk satu kali servis saja bisa mencapai lebih dari Rp5 jutaan. Belum lagi biaya spare part baru bila diperlukan untuk mengganti spare part. Oleh karena itu, kita perlu cermat dan teliti dalam memilih bengkel mobil mewah. Berikut ini tips memilih bengkel mobil mewah berkualitas terbaik.

    Lakukan Riset Beberapa Bengkel Mobil Mewah

    Riset yang bisa OtoFriends lakukan melalui internet adalah mencari bengkel spesialis mobil supercar atau sportcar terdekat dari lokasi kita. Sebaiknya mencari tahu bengkel spesialis lebih dari dua bengkel supaya kita memiliki perbandingan yang cukup signifikan.

    Selanjutnya, cari tahu mengenai beberapa hal seperti lokasi bengkel, nomor bengkel, layanan perawatan mobil, sampai komentar dari para pelanggan yang pernah memperbaiki mobil supercar atau sportcar di sana.

    Bertanya pada Orang Terdekat

    Cara riset lain yang bisa kita lakukan adalah dengan meminta rekomendasi dari keluarga, teman, kenalan sampai anggota komunitas mobil. 

    Mereka yang memiliki pengalaman merawat mobil supercar atau sportcar akan memberikan ulasan jujur dan informasi tentang bengkel-bengkel yang mereka anggap kompeten dari segi teknisi, kelengkapan peralatan hingga biaya jasa dan harga spare partnya. 

    Dengan begitu, kita akan mendapatkan data yang lebih akurat bila mengetahui langsung dari pelanggan bengkel tersebut.

    Trial Pelayanan dan Servis Bengkel

    Setelah melakukan riset pada beberapa bengkel spesialis mobil mewah, termasuk berdasarkan rekomendasi orang terdekat. Maka tak ada salahnya untuk mencoba melakukan servis mobil di salah satu bengkel tersebut.

    Mulai dari servis mobil ringan seperti ganti oli mobil atau spooring & balancing. Apabila setelah percobaan servis mobil tersebut kita mendapatkan pengalaman yang positif, maka lakukan servis untuk yang kedua dan ketiga kali.

    Bila pada setiap servis mobil yang kita lakukan selalu memuaskan kita sebagai konsumen sekaligus pemilik mobil, dengan kualitas hasil perbaikan yang cukup memuaskan, karenanya kita bisa menobatkan bengkel tersebut sebagai bengkel terbaik untuk merawat mobil mewah kita.

    Pastikan Teknisi dan Mekanik Profesional

    Cara paling sederhana untuk memastikan apakah bengkel tersebut memiliki teknisi dan mekanik profesional, andal dan berpengalaman adalah dengan mengajaknya berdiskusi terkait kerusakan dan perbaikan mobil. Bila kita segan untuk bertanya langsung tentang sertifikat para teknisi atau mekanik, OtoFriends bisa menggunakan alternatif cara seperti ini.

    Bahkan biasanya para teknisi dan mekanik profesional justru akan mengajak pemilik mobil untuk berdiskusi tentang kerusakan mobil, langkah perbaikan, sampai bagaimana cara merawat mobil mewah kita.

    Cari Tahu Kelengkapan Peralatan Bengkel dan Suku Cadang

    Tips memilih bengkel mobil mewah selanjutnya adalah dengan mencari tahu kelengkapan peralatan bengkel termasuk kelengkapan spare part atau suku cadang untuk mobil kita. Beberapa bengkel yang menggunakan suku cadang aftermarket biasanya akan bertanya langsung kepada pelanggannya apakah berkenan untuk menggunakan suku cadang aftermarket tersebut.

    Kendati demikian ada beberapa teknisi atau mekanik yang enggan melakukan hal tersebut dan langsung mengganti suku cadang mobil kita. Alternatif cara lainnya OtoFriends bisa langsung bertanya tentang kelengkapan suku cadang saat disarankan untuk menggantinya. Lalu melihat secara fisik suku cadang baru dan yang dimiliki oleh mobil.

    Bengkel Memiliki SOP Jelas

    Tips yang terakhir adalah dengan memperhatikan Standar Operasional atau SOP bengkel tersebut, termasuk sistem quality control (QC). Umumnya bengkel khusus memperbaiki air conditioner (AC mobil) atau bengkel detailing dan cat mobil memerlukan tim QC untuk memastikan tahapan pengerjaan akhir telah sempurna.

    SOP yang dimaksud juga mencakup bagaimana komunikasi para teknisi dan pekerja bengkel terhadap pelanggan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, apakah para teknisi tersebut mengajak pemilik mobil untuk berdiskusi tentang jenis kerusakan, solusi perbaikan hingga tips merawat mobil tersebut.

    Namun yang tak kalah pentingnya adalah SOP tambahan lain seperti ruang tunggu yang nyaman selama teknisi memperbaiki mobil.

    Jadi, tidak perlu bingung mencari bengkel mobil mewah di sekitar Jabodetabek ya. Untuk melakukan servis umum, kamu juga bisa mencari bengkel umum di aplikasi Otoklix. Temukan bengkel terdekat dari lokasimu dan dapatkan promonya.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat :


    OtoFriends bisa mendatangi bengkel spesialis Otoklix di Simprug, Mangga Dua, dan Ciputat.


    Biaya servis mobil mewah seperti Porsche 911 sebesar Rp275,2 jutaan untuk 10 tahun, Audi A4 Rp181,8 jutaan untuk 10 tahun, Mercedes-Benz C63 AMG S Rp179,7 jutaan per 10 tahun, BMW M4 sebesar Rp209,2 jutaan per 10 tahun hingga Lincoln MKS sebesar Rp205 jutaan per 10 tahun.


    Cara memilih bengkel mobil mewah antara lain melakukan riset dan bertanya kepada orang terdekat, melakukan trial perbaikan atau servis mobil, memastikan para teknisi dan mekanik profesional, mencari tahu kelengkapan alat bengkel termasuk suku cadang hingga SOP bengkel.