Audi Q5 diperkenalkan oleh PT Garuda Mataram Motor sebagai Agen Pemilik Merek Audi di Indonesia pada BCA Expo Hybrid 2022. Terdapat perubahan yang menyegarkan dari mobil ini terutama bagian tampilannya. SUV ini dibangun menggunakan platform Audi MLB di mana kabinnya memiliki berbagai fitur dan teknologi canggih terbaru.

Mobil yang diperkenalkan dalam acara BCA Expo tersebut merupakan penyegaran dari model Q5 yang sebelumnya sudah rilis di Tanah Air. Model Q5 ini pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2008 yang lalu. Kehadiran model ini mengisi kekosongan medium luxury SUV yang sebelumnya telah diisi oleh Audi model Q7.

Varian mobil Audi model Q5 yaitu Q5 2.0 TFSI Quattro. Saingan terdekat dalam level mobil ini antara lain Jaguar F PACE, Mercedes-Benz GLC-Class, atau BMW X5 dan X3. Penasaran dengan spesifikasinya? Mari cari tahu jawabannya berikut ini.

Baca Juga: Peugeot 5008: Harga, Spesifikasi, dan Keunggulannya

Info Detail Mobil Audi Q5

Mobil SUV atau Sports Utility Vehicle merupakan jenis mobil yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tampilannya yang sporty dengan interior yang sedap dipandang menjadikan mobil SUV diminati oleh banyak pengguna mobil. Mobil tersebut laris di masyarakat karena mampu memuat banyak penumpang, konsumsi bahan bakar hemat, dan tampilan keren.

Salah satu mobil SUV dengan tampilan keren adalah Audi Q5. Mesin yang terpasang memiliki tenaga yang cukup untuk menghadapi jalanan di Indonesia.

  1. Mesin dan performa

Model Q5 dilengkapi dengan mesin diesel 2.0 liter dan konfigurasi mesin 4 silinder serta mengandalkan teknologi TFSI. Pada konfigurasi mesin menggunakan direct fuel injection, turbocharging dan Audi valve system.

Performa dari mobil ini bisa dilihat dari hasil tenaga dan torsinya. Tenaga maksimal yang dapat mesin ini hasilkan yaitu sebesar 252 hp pada putaran 5.000 – 6.000 dan torsi maksimum hingga 370 Nm.  

  1. Dimensi

Dimensi mobil model Q5 memiliki panjang 4.663 mm, lebar 1.893 mm, dan tinggi 1.659 mm. Bisa dibilang panjang keseluruhan badan mobil mencapai 4 meter, lebar mobil sekitar 2 meter, dan tingginya 1,6 meter. Selain itu, jarak poros roda yang cukup jauh dapat menjamin kenyamanan leg room penumpang di baris kedua agar tetap lebar sehingga bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak.

  1. Warna mobil

Urusan warna mobil tergantung dari preferensi masing-masing orang. Variasi warna yang tersedia untuk mobil model Q5 antara lain azores green, brilliant black, florett silver, glacier white, ibis white, manhattan gray, matador red, monsoon gray, moonlight blue, mythos black, atau navarra blue. Pilih warna yang OtoFriends sukai dan pastikan tersedia di dealer mobil terdekat.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga VW T-Cross, SUV Compact!

Keunggulan Mobil Audi Q5

Setiap kendaraan mempunyai keunggulan yang membuatnya menjadi laris atau terkenal. Begitu pula dengan mobil Audi model Q5, terdapat keunggulan atau kelebihan yang menuai pujian. Namun, disisi lain, tidak ada barang yang seutuhnya benar-benar sempurna. Oleh karena itu, berikut akan disajikan kelebihan dan kekurangan dari model Q5.

  1. Kelebihan Mobil Model Q5

Kelebihan yang tampak oleh mata yaitu desain eksterior mobil yang terkesan elegan. Didukung dengan kabin dan fitur yang memadai sehingga kesan kemewahan mobil dapat dirasakan. Apalagi dengan sistem penggerak Quattro membuat perpindahan gigi mobil menjadi lebih cepat dan halus.

  1. Kekurangan Mobil Model Q5

Kekurangan dari Audi Q5 terletak pada perawatannya yang membutuhkan usaha ekstra sebab bengkel resminya masih belum tersebar luas ke seluruh penjuru negeri. Selain itu, nilai jual kembali mengalami kesulitan prediksi disebabkan peminatnya yang tak terlalu banyak.

Baca Juga: Spesifikasi Ford Everest 2022, Kelebihan dan Kekurangannya

Desain Mobil Audi Q5

Desain pada mobil bisa dilihat dari segi interior maupun eksteriornya. Rata-rata produk Audi mempunyai desain interior dan eksterior yang terlihat biasa tetapi dilengkapi dengan fitur yang luar biasa.

  1. Interior

Pada bagian interior mobil yaitu area kabinnya dihiasi menggunakan cahaya ambient. Fungsi cahaya tersebut agar pengemudi dan penumpang bisa lebih rileks ketika berada di perjalanan. Sisi dashboard Q5 dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti Audi Virtual Cockpit. Fitur itu berguna untuk mengubah panel speedometer menjadi peta digital. Selain itu, volume bagasi pada mobil dapat memuat cukup banyak barang.

  1. Eksterior

Dilihat dari segi eksterior, tampilan bodi depan mobil dihiasi menggunakan lampu LED dengan teknologi high beam adaptive. Jadi, lampu bisa otomatis menyala ketika sensor mendeteksi kondisi jalan yang minim pencahayaan. Pada bagian samping mobil, Q5 mempunyai tampilan bagasi yang lebih baik dibandingkan sisi depannya.

Hal itu bertujuan membuat kaca penumpang lebih lebar sehingga pengemudi yang berada di depan bisa melihat jalanan dengan cakupan penglihatan lebih leluasa. Sedangkan pada bagian depan menggunakan motif grill yang berfungsi menjaga suhu mesin supaya tidak mengalami kenaikan yang signifikan ketika dipakai.

Berapa Harga Mobil Audi Q5?

Akhirnya, kita telah berada di ujung pembahasan yang mungkin sudah OtoFriends sebagian nantikan. Harga Audi Q5 bisa berbeda-beda tergantung dari agen penjual mobil. Perkiraan harga Audi model Q5 berada pada kisaran Rp1,3 Miliar hingga Rp1,5 Miliar. Harga itu bisa tetap atau turun tergantung dari kondisi.

Itulah pembahasan terkait mobil Audi Q5 yang bisa OtoFriends perhatikan. Cermati spesifikasi lengkapnya beserta desain baik itu interior maupun eksterior. Jika membutuhkan bengkel mobil terpercaya maka bisa mengunjungi Otoklix segera.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Audi Q5

Volume kapasitas tangki BBM Audi Q5 sebesar 70 L.

Berat mobil Audi Q5 seberat 1760 kilogram.

Ukuran ban mobil Audi Q5 adalah 235/55.