Punya mobil dengan fitur sunroof menjadi impian bagi setiap orang. Selain menampilkan kesan mewah dan elegan, mobil dengan sunroof memiliki keunggulan tersendiri.

Saat berkendara pengemudi maupun penumpang di dalam kabin bisa menikmati angin alami dan sinar matahari. Sementara saat malam hari, kabin terasa lebih cerah karena sinar bulan dan lampu jalan masuk ke dalam.

Umumnya banyak orang mengira mobil dengan fitur sunroof dibanderol dengan harga tinggi. Padahal, OtoFriends bisa mendapatkannya dengan harga murah mulai Rp100 jutaan saja.

Berikut rekomendasi mobil murah sunroof 2022 mulai dari Honda Odyssey, Kia Sonet, Hyundai Creta, hingga Toyota Corolla dengan spesifikasinya, yang sudah Otoklix rangkum khusus untuk OtoFriends.

Baca Juga: Bikin Mobil Makin Stylish, Berikut Harga Pasang Sunroof

Daftar Mobil yang Ada Sunroof

1. Honda Odyssey

Honda Odyssey menjadi salah satu mobil dengan fitur sunroof dengan harga bekasnya di bawah Rp100 jutaan. Honda Odyssey lansiran 2001 sampai 2003 ini memiliki mesin 2.3 liter dengan tenaga maksimal 143 dk dan torsi puncak seitar 203 Nm.

Adapun harganya, di berbagai laman mobil bekas daring, Honda Odyssey dibanderol mulai dari Rp50 jutaan hingga Rp80 jutaan tergantung kondisi dan pajaknya.

2. Hyundai Tucson

Rekomendasi pertama untuk mobil murah dengan fitur sunroof adalah Hyundai Tucson tipe XD tahun 2014. Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini dapat menampung hingga lima penumpang.

Adapun untuk dapur pacunya, Hyundai Tucson dibekali mesin 2.0 liter dengan tenaga maksimal 166 dk dan torsi 197 nm. OtoFriends bisa mendapatkan mobil bekas ini seharga mulai dari Rp120 juta hingga Rp170 juta tergantung kondisi dan pajak kendaraan.

2. Ford Escape XLT

Selanjutnya, ada Ford Escape XLT yang bisa menjadi pilihan OtoFriends jika ingin mobil dengan fitur sunroof. Mobil yang diluncurkan pada 2011 ini dibekali mesin 2,3 liter sehingga menyemburkan tenaga maksimal 157 HP dan torsi maksimal 200 Nm.

Harganya, Ford Escape XLT dibanderol dengan harga Rp130 jutaan. Mobil ini cocok untuk OtoFriends yang punya banyak anggota keluarga dan sering bepergian membawa berbagai bawaan.

3. Chevrolet Trax

Kemudian pilihan selanjutnya ada Chevrolet Trax 2015. Mobil dengan tampilan cukup modern ini dijual mulai Rp160 sampai Rp190 jutaan.

Untuk mesinnya, SUV ini memiliki mesin 1.4 liter dengan klaim tenaga maksimal 138 hp dan torsi 200 Nm.

4. DFSK 580

Mobil satu terbilang murah untuk ukuran SUV. Hanya dengan harga Rp250 juta OtoFriends bisa mendapatkan mobil dengan kapasitas 7 penumpang dilengkapi sunroof dan fitur Vehicle Running Recorder.

Garasi juga cukup luas sehingga mampu menampung banyak barang bawaan.

5. KIA Sonet

Jika ingin mobil yang lebih kekinian, OtoFriends bisa memilih KIA Sonet yang dilengkapi fitur sunroof. Mobil ini juga memiliki keunggulan lainnya, seperti smartkey dan penyejuk udara digital.

Sonet menggunakan mesin bensin 4-silinder dengan 1,6 liter naturally aspirated. Torsi maksimal mobil ini mencapai 144 Nm dengan tenaga hingga 115 Ps.

Mobil ini menggunakan opsi transmisi manual 6 percepatan. KIA Sonet bisa didapatkan dengan harga Rp265 juta saja.

6. MG ZS

SUV compact ini memiliki mesin 1,5-liter naturally aspirated. Tepatnya pakai engine kode 15S4C DOHC 4-silinder, 1.498 cc, dengan teknologi katup variabel VTi-TECH.

Tenaga yang dihasilkan 114 PS/6.000 rpm dan momen puntir 150 Nm/4.500 rpm. Mobil ini diklaim cukup irit yaitu hanya memiliki 5,9 liter per 100 km.

Mobil dengan panoramic sunroof seluas 1,19 m2 ini dilengkapi pula dengan daytime running light LED dengan kabut lampu. Harganya, cukup terjangkau untuk mobil kekinian, yaitu Rp295 juta saja.

7. Wuling Almaz

Wuling Almaz merupakan salah satu mobil dengan fitur panoramic sunroof berkapasitas penumpang sebanyak 7 orang. Fitur sunroof bisa didapatkan pada varian Smart Exclusive CVT 7 Seater hingga RS Pro yang merupakan tipe tertinggi.

Harganya juga tidak mahal untuk ukuran SUV di kelasnya. OtoFriends bisa membeli mobil besutan China ini mulai dari Rp367 jutaan.

8. DFSK I-Auto

DFSK Glory i-Auto, merupakan kendaraan penumpang memiliki berbagai keunggulan. Mobil ini memiliki kecanggihan beruma smartkey yang dilengkapi fitur keamanan kendaraan.

Smart Key ini memiliki fungsi rahasia untuk membuka dan menutup kaca jendela. Pengguna hanya cukup menahan tombol lock untuk menutup jendela dan menekan tombol unlock untuk membuka kaca jendela.

Bicara soal harga DFSK I-Auto dibanderol mulai dari Rp335 juta on the road DKI Jakarta.

9. Mitsubishi Outlander Sport PX

Mobil sunroof dari Mitsubishi ini disokong mesin berkapasitas 1.998 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 150 PS pada 6.000 rpm dan torsi 197 Nm pada 4.200 rpm.

Penumpang dimanjakan dengan fitur Panoramic Sunroof sehingga membuat tampilan interiornya semakin mewah dan stylish. Mitsubishi Outlander Sport PX dijual dengan harga Rp370 jutaan.

10. Honda HR-V Prestige 1.8

Salah satu varian Honda HR-V ini dijual dengan harga Rp370 jutaan bermesin 1.8 Liter (1.799cc) yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi menembus 169 Nm pada 4.300 rpm.

Mobil sunroof besutan Honda ini diklaim memiliki sistem keamanan dan keselamatan terbaik dikelasnya. Semua fitur tersebut dipadu desain sporty serta headlamp LED dan DRL LED.

Semua fitur tersebut kian istimewa dengan fitur Panoramic Sunroof dilengkapi sistem otomatis untuk membuka dan menutup.

11. Hyundai Creta Prime

Rekomendasi selanjutnya mobil kekinian dengan sunroof adalah Hyundai Creta Prime. Mobil ini cukup diminati masyarakat Indonesia karena harganya yang terjangkau dibekali fitur canggih.

Harganya, Hyundai Creta Prime dibanderol Rp399 juta. Adapun fitur canggih dibawa berupa sunroof, instrumen digital 10,25 inci yang bisa berubah tampilan sesuai empat Drive Mode yang tersedia, yakni Eco, Comfort, Smart dan Sport.

12. Toyota Corolla Cross 1.8 AT

Toyota Corolla Cross 1.8 AT hadir dengan desain dan fitur-fitur menarik yang siap memanjakan pengemudi maupun penumpang ketika berkendara.

Beberapa fitur tersebut antara lain Classy Interior Design, Comfortable Cabin Space, Multi-Purpose Head Unit, Dual Zone With Auto Function, Elegant Steering Wheel Design dan juga Electric Power Seat. Untuk harganya Toyota Corolla Cross 1.8 AT dibanderol mulai dari Rp540 jutaan.

Agar tak keliru, OtoFriends juga perlu mengetahui ada jenis lainnya pada sunroof. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Daftar Mobil yang Atapnya Bisa Dibuka dan Ditutup Terbaru

Jenis Sunroof pada Mobil

1. Moonroof

Moonroof tidak jauh berbeda dengan sunroof. Bedanya, metode pembukaan Moonroof ke bagian dalam atap mobil sementara sunroof ke atas atap mobil.

2. Panoramic Roof

Panoramic roof merupakan model sunroof yang memberikan pengalaman pengendara melihat pemandangan lebih luas. Mobil dengan panoramic roof memiliki kaca berukuran lebih besar.

Tentunya, mobil dengan fitur sunroof memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, pahami kelebihan dan kekurangan mobil sunroof berikut ini.

Kelebihan Mobil Sunroof

1. Cahaya Lebih Banyak dalam Kabin

Salah satu keuntungan sunroof yaitu pengemudi akan lebih mendapatkan cahaya dan angin alami di dalam kabin. Selain itu, jika dibuka angin yang masuk kebisingannya lebih kecil dibanding membuka jendela samping.

2. Terkesan Mewah

Seperti diketahui, keunggulan mobil dengan sunroof karena kesannya yang mewah sehingga tampak seperti kendaran mahal. Kendati demikian, ada beberapa kekurangan mesti sunroof dianggap membawa kesan mewah.

Kekurangan Mobil Sunroof

1. Perangkat Sunroof Mengganggu

Mobil dengan fitur sunroof umumnya membutuhkan tempat instalasi cukup besar. Akibatnya, mobil sunroof terkadang mengganggu ruang pada kepala.

2. Terasa Panas saat Siang

Mobil dengan sunroof menimbulkan panas jika dibuka di siang hari. Umumnya sunroof mobil menggunakan bahan kaca sehingga tidak bisa menghalau panas matahari. 

Namun, OtoFriends bisa menghalaunya dengan pemasangan kaca film agar panas tidak langsung masuk ke kabin. 

3. Boros Bahan Bakar

Mobil dengan sunroof cenderung lebih boros bahan bakar karena menambah beban cukup berat di atap. Perangkat sunroof sendiri memiliki berat sekitar 20-30 kg. Makin berat mobil, kian boros konsumsi bahan bakarnya.

Baca Juga: Tampak Mirip, Ini Perbedaan Sunroof dan Moonroof pada Mobil

Cara Merawat Sunroof

Agar sunroof tetap awet, OtoFriends perlu merawatnya secara rutin. Perhatikan selalu kondisi rel sunroof yang sering dipakai atau termakan usia.

Penting untuk dipahami, hindari mobil terkena paparan sinar matahari langsung saat parkir lama. Sebab, karet pada sunroof bisa cepat getas atau pecah-pecah apabila terkena sinar matahari langsung.

Selanjutnya, jangan biarkan sunroof tidak terpakai dalam waktu lama. Setidahkan gerakkan sunroof dengan membuka dan menutupnya minimal tiga minggu sekali agar rel tidak lengket.

Selain itu, lakukan perawatan rutin mobil OtoFriends di bengkel terpercaya yang bisa ditemukan di aplikasi Otoklix. Nikmati ragam fitur canggih seperti booking online agar service lebih efektif. 

Pertanyaan Seputar Mobil Murah yang Ada Sunroof

Berikut rekomendasi mobil murah sunroof 2022 mulai dari Honda Odyssey, Kia Sonet, Hyundai Creta, hingga Toyota Corolla.

Wuling Almaz merupakan salah satu mobil dengan fitur panoramic sunroof berkapasitas penumpang sebanyak 7 orang. Fitur sunroof bisa didapatkan pada varian Smart Exclusive CVT 7 Seater hingga RS Pro yang merupakan tipe tertinggi.

Panoramic roof merupakan model sunroof yang memberikan pengalaman pengendara melihat pemandangan lebih luas. Mobil dengan panoramic roof memiliki kaca berukuran lebih besar.