Fast and Furious 9 yang tayang di tahun 2021 lalu cukup menjadi ikonik karena menggunakan kurang lebih 24 mobil mewah dan mobil sport premium dalam atraksi kejar mengejar.

Universal Studio gak main-main saat menggarap film ini hingga bisa menghadirkan deretan mobil sport mewah dan premium dengan berbagai modifikasi, khususnya bagian dapur pacunya agar dapat menghasilkan tenaga lebih maksimal lagi.

Gak sedikit juga kita bisa menemukan mobil langka atau mobil berstatus collector item yang muncul dalam film Fast and Furious seri kesembilan ini. Penasaran apa saja koleksi mobil sport mewah dan elegan di film Fast and Furious 9? Bersama-sama kita intip beberapa koleksi sport car premiumnya berikut ini.

Baca juga: Deretan Bengkel Mobil Mewah, Servis Supercar dan Sports Car

1. Dodge Charger

Mobil Dodge Charger masih menjadi mobil andalan Dominic Toretto yang diperankan oleh Vin Diesel. Sejak Fast and Furious seri pertama, Dom telah menggunakan mobil Dodge Charger R/T 500 keluaran tahun 1970 saat balapan dengan Brian O’Conner.

Sedangkan muscle car asal Amerika Serikat yang digunakan Dom pada seri kesembilan adalah mobil Dodge Charger 500 tahun 1968 yang telah mendapatkan banyak modifikasi.

Salah satunya adalah penggunaan mesin berkonfigurasi V8 supercharger di mana pembatas antara mesin dengan ruang kemudi hanya berupa kaca plexiglass.

Mobil Dodge Charger masih menjadi mobil ikonik di film Fast and Furious. Saat melakukan aksinya di Montequinto, Dom masih menggunakan mobil Dodge Charger SRT Hellcat atau Hellacious Widebody yang memiliki kecepatan maksimal hingga 315 km/jam dengan semburan daya maksimal 797 hp.

Menariknya, Universal melakukan modifikasi pada mobil ini dengan menyematkan magnet di bagian samping body mobil sehingga mobil yang berada di sekitarnya bisa menempel dengan mobil Dom. 

2. Ford Mustang

Berbeda dengan sang kakak yang lebih menyukai mobil Dodge Charger sebagai muscle car andalannya. Jacob Toretto, adik kandung Dom, justru lebih menyukai muscle car lain yakni Ford Mustang GT350.

John Cena yang memerankan peran Jacob Toretto mengendarai Ford GT350 yang memiliki tampilan eksterior kelir biru serta aksen warna putih yang menyebar di bagian kap mesin mobil hingga buritan ini menggunakan mesin V8 supercharger berkapasitas 5.2 L mampu menghasilkan daya maksimal 640 hp.

Baca juga: Intip Rekomendasi Muscle Car, Mobil Langka yang Jadi Idaman

3. Noble M600

Koleksi sport car lainnya yang digunakan Universal Studio dalam film Fast and Furious 9 adalah mobil Noble M600. Supercar asal Inggris tersebut bar secara resmi diluncurkan tahun 2010. 

M600 memang terkenal sebagai supercar harga selangit. Salah satu alasan kenapa mobil ini sangat mahal lantaran material pembuatan mobilnya menggunakan stainless steel dan carbon fibre. 

Sedangkan dari dapur pacunya sendiri mobil ini menggunakan mesin Volvo atau mesin Yamaha V8 twin turbo berkapasitas 4.4 L. Selain itu, kemampuan akselerasi mobil ini dari 0-100 kpj menempuh waktu selama 3 detik dengan kecepatan maksimal 362 km/jam.

Salah satu kru Dom yakni Megan Ramsey, seorang hacker yang diperankan Nathalie Emmanuel, mengendarai mobil ini. Selain itu, Magdalene Shaw juga sempat mengendarai mobil M600 saat berhasil mencuri supercar ini untuk kabur dari polisi.

4. Toyota Supra

Selain pertemuan kakak-beradik Toretto, kehadiran Han Lue yang diperankan oleh Sung Kang cukup membuat kita berpikir. Bukankah salah satu mobil Fast and Furious: Tokyo Drift kemarin yang terbakar adalah mobil Mazda RX-7 milik Han yang membuat dirinya saat itu dinyatakan telah meninggal.

Justru di sekuel terbarunya Fast and Furious 9 Han kembali hadir dengan mengendarai mobil Toyota Supra tahun produksi 2020. Di tengah gempuran sport car dan supercar asal Amerika Serikat dan Inggris, justru satu supercar asal Jepang berani menjajal aspal Fast and Furious.

Toyota membekai Toyota Supra dengan mesin berkapasitas 3.000 c, 6 silinder yang dikawinkan dengan twin scroll turbo. Kecepatan maksimal mobil ini bisa mencapai 250 km/jam.

5. Honda (Acura) NSX

Mobil Honda NSX atau Acura NSX sendiri pernah menjadi salah satu koleksi mobil Fast and Furious 2 yang dikendarai oleh Tej Parker. Kini, Tej kembali mengendarai Honda NSX 2020 bersama Roman agar sampai ke Edinburgh.

Honda mengklaim supercar buatannya cukup ramah lingkungan walaupun menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. 

Akan tetapi, ternyata Honda menyematkan mesin powertrain hybrid-elektrik untuk mobil Acura NSX ini dengan tipe mesin V6 berkapasitas 3.5 L twin-turbocharged dan motor elektrik itu sendiri. Semburan daya maksimalnya bisa mencapai 573 hp.

6. Mobil Jeep

Dalam sekuel kesembilan film Fast and Furious, mobil Jeep sendiri hadir dalam 3 varian yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang berbeda. Walaupun begitu, ketiga mobil ini selalu dikendarai atau ditumpangi oleh Roman Pearce.

Mobil jeep pertama yang terlihat saat Roman bersama Tej dan Ramsey mendatangi Dom di rumahnya untuk mengabarkan peristiwa pesawat Mr.Nobody. Roman mengendarai mobil Jeep Grand Cherokee Trackhawk yang memiliki tipe mesin v* turbocharged berkapasitas 6.2 L. Sayangnya dalam atraksi lainnya mobil Jeep gak lagi digunakan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Jeep Cherokee 2022, SUV Tangguh!

Jeep Wrangler JL menjadi salah satu koleksi mobil Jeep yang digunakan Roman. Mobil kebangsaan masyarakat Amerika Serikat ini merupakan mobil supercar dengan tipe mesin V6 berkapasitas 3.600 cc dan Jeep Wrangler JL berkapasitas 2.000 cc 4 silinder. Ada juga varian dieselnya berkapasitas 2.200 cc turbo.

Mobil Jeep terakhir yang dikendarai Roman adalah mobil Jeep Gladiator tahun 2020 yang memiliki kapasitas mesin 3.0 L tipe mesin EcoDiesel dan 3.6 L dengan tipe mesin bensin Pentastar V6. Tej dan Ramsey mengendarai mobil ini dengan kecepatan di atas 100 km/jam saat akan menghindar dari ledakan ranjau.

Kekokohan mobil ini terlihat jelas saat Roman harus masuk ke dalam mobil agar bisa lolos sampai ke perbatasan, di mana perlintasan yang harus dilaluinya adalah lintasan yang curam dan jembatan tali. Kemampuan akselerasi dari 0-90 km/jam hanya 7,2 detik.

Demikianlah koleksi mobil-mobil super dan sport car yang digunakan para pemain utama dan pendukung di film Fast and Furious 9. Dari keenam mobil tersebut, mana yang jadi favorit OtoFriends?

Sebenarnya, kita bisa saja melakukan modifikasi mobil agar performanya semakin maksimal. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat melakukan modifikasi. Jangan sampai hasil modifikasi tersebut justru menurunkan harga mobil hingga Rp10 juta.

Tips untuk melakukan modifikasi mobil adalah lakukan modifikasi mobil selain komponen mesinnya. Misalnya saja modifikasi dengan menggunakan velg aftermarket high-end, mengganti jok mobil dengan jok bermaterial kulit, hingga peningkatan suspensi coil cover.

Sementara itu, bila OtoFriends tetap memaksakan kehendak untuk melakukan modifikasi di bagian mesin mobil, maka dampaknya cukup fatal. Kita jadi sulit mengetahui kondisi mesin mobil yang sebenarnya.

Jika OtoFriends menginginkan performa tenaga yang maksimal cukup rutin melakukan servis mobil secara berkala di bengkel mobil terpercaya.

Perhatikan kondisi kesehatan komponen mobil seperti rutin mengganti oli mobil, membersihkan AC mobil, memperhatikan kondisi dan tekanan angin ban mobil, hingga bila perlu melakukan servis tune up pada kondisi tertentu.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Gak semua bengkel dapat menangani kerusakan mobil-mobil mewah dan sport car. OtoFriends bisa percayakan perawatan mobil di Otoklix. Segera hubungi OtoBuddy untuk melakukan konsultasi.

Pertanyaan Seputar Fast and Furious 9


Mobil Dodge Charger masih menjadi mobil andalan Dominic Toretto yang diperankan oleh Vin Diesel. Sejak Fast and Furious seri pertama, Dom telah menggunakan mobil Dodge Charger R/T 500 keluaran tahun 1970 saat balapan dengan Brian O’Conner. Kini Dom menggunakan Dodge Charger 500 tahun 1968 di sekuel kesembilannya.


Selain pertemuan kakak-beradik Toretto, kehadiran Han Lue yang diperankan oleh Sung Kang cukup membuat kita berpikir. Bukankah salah satu mobil Fast and Furious: Tokyo Drift kemarin yang terbakar adalah mobil Mazda RX-7 milik Han yang membuat dirinya saat itu dinyatakan telah meninggal.


Mobil Dodge Charger masih menjadi mobil ikonik di film Fast and Furious. Saat melakukan aksinya di Montequinto, Dom masih menggunakan mobil Dodge Charger SRT Hellcat atau Hellacious Widebody yang memiliki kecepatan maksimal hingga 315 km/jam dengan semburan daya maksimal 797 hp.