Mobil Ayla termasuk mobil keluaran terbaru yang paling banyak peminatnya. Karena menggunakan mesin yang baru, maka kamu tidak boleh sembarangan memilih oli mobil Ayla. Ada spesifikasi oli tertentu yang bisa digunakan untuk mobil Ayla.

Apa saja tips dan rekomendasinya?

Ganti Oli Mobil Ayla, Encer atau Kental?

Semakin modern sebuah mesin mobil, maka semakin canggih dan semakin presisi. Selain itu, celah antar komponennya juga rapat. Oleh karena itu, untuk mobil keluaran terbaru, disarankan untuk menggunakan oli yang lebih encer. Termasuk untuk oli mobil Ayla yang termasuk LCGC (Low Cost Green Car).

Oli yang encer memiliki spesifikasi SAE 0W-20 atau SAE 5W-30. Bagi kamu yang belum mengerti tentang tingkat kekentalan oli ini mungkin tidak tahu menahu ketika pihak bengkel memberikan oli 10W-40. Padahal oli 10W-40 ini termasuk oli yang kental.

Dampak Mengisi Oli Mobil Ayla yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Menggunakan oli mobil yang kental pada mobil Ayla akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Sebabnya karena oli yang lebih kental akan membuat putaran mesin menjadi berat. Sehingga mesin mencari sumber tenaga lain, yaitu bahan bakar.

Selain boros bahan bakar, mesin juga menjadi tidak bertenaga. Efek jangka panjangnya adalah mesin bisa rusak. Meskipun secara teori oli 10W-40 masih bisa menjadi alternatif dari oli 5W-30, tetapi sebaiknya tidak menggunakan oli ini untuk waktu yang lama. Kembali gunakan oli SAE 5W-30 atau 0W-20 ketika penggantian oli berikutnya.

Baca Juga: Harga Mobil Ayla Baru 2022

Pilihan Oli Mobil Ayla

Di bawah ini adalah beberapa merek yang memiliki varian oli dengan kekentalan 0W-20 atau 5W-30 yang sesuai untuk mobil Ayla.

1. Fuchs Titan GT 1 Pro Flex SAE 5W-30 

Fuchs Titan GT 1 Pro Flex 5W-30 adalah pelumas mesin dengan kinerja premium yang didesain dengan teknologi baru – XTL yang memberikan kinerja optimum pada saat mesin berada di kondisi suhu start awal yang rendah dan akan terus memberikan kinerja tertinggi untuk penggunaan jangka panjang. Teknologi XTL juga terbukti dapat menghemat konsumsi bahan bakar sehingga lebih ekonomis.

Untuk varian 0W-20, oli ini memiliki tingkat penguapan yang rendah sehingga konsumsinya lebih terjaga. Keduanya juga telah melewati standar ILSAC GF-5. Konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih irit.

Baca Juga: Mengenal Oli Fuchs, Kualitas Jerman Harga Terjangkau

2. TOP 1 HP Sport

Oli TOP 1 HP Sport 0W-20 direkomendasikan untuk mobil Ayla dan mobil-mobil LCGC lainnya, seperti Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Toyota Agya, dan Honda Brio Satya. Terdapat tambahan zat aditif Xtra-Clean Additives yang mampu membersihkan mesin secara menyeluruh. Zat aditif ini dapat mengikat kotoran dan mencegah kotoran menempel kembali.

Selain itu ada pula formula stop and go yang membuat oli tetap bekerja maksimal meskipun mobil sedang terjebak macet. Oli dengan bahan full sintetis ini telah memiliki sertifikat SN GF-5. Oli ini dibanderol dengan harga Rp90-100 ribuan per liter dan sekitar Rp400 ribuan untuk kemasan 4 liter.

3. Fastron Eco Green 5W-30

Fastron adalah produk dari Pertamina. Salah satu oli mobil Ayla yang direkomendasikan adalah Fastron Eco Green 0W-20 dan 5W-30. Kedua varian tersebut memiliki kelebihan mencegah terbentuknya deposit sehingga kinerja mesin menjadi lebih terjaga dalam segala kondisi berkendara, yaitu pada kecepatan tinggi maupun saat terjebak macet.

Kemudian dapat mencegah komponen mesin dari keausan dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Selain itu tingkat penguapan olinya juga rendah sehingga oli tidak cepat habis atau berkurang. Harga Fastron Ecogreen ini dibanderol sekitar Rp250 ribuan.

4. Shell Helix Eco

Shell Helix Eco juga memiliki 2 varian, yaitu 0W-20 untuk oli Fully Synthetic dan Shell Helix Eco 5W-30 untuk jenis Synthetic. Keduanya memiliki teknologi Active Cleansing Technology yang mampu membersihkan endapan kotoran pada mesin. Komponen mesin yang bersih akan lebih awet.

Baca Juga: Harga Oli Shell Terbaik dan Cara Membedakan Asli dan Palsu

5. Daihatsu Genuine Oil (DGO)

Sesuai dengan produsennya, Daihatsu Ayla cocok menggunakan oli Daihatsu Genuine Oil (DGO). DGO memiliki varian oli SAE 0W-20 dengan standar API SN-GF-5 Fully Synthetic. Standar SN ini merupakan nilai tertinggi untuk saat ini.

Beberapa kelebihan DGO adalah sebagai berikut:

  • Memiliki teknologi Coolmax Technology  yang mampu melindungi mesin secara menyeluruh bahkan ketika saat suhu rendah atau ketika mobil baru saja dinyalakan dalam kondisi mesin masih dingin.
  • Memiliki formulasi seimbang untuk efisiensi penggunaan bahan bakar dan memberikan akselerasi yang baik.
  • Memiliki zat aditif yang cocok untuk mesin modern yang dilengkapi “After Treatment Device”

Perlu kamu ketahui bahwa berbeda generasi mobil Ayla, berbeda pula rekomendasi olinya. Daihatsu Ayla 1.0 disarankan untuk menggunakan DGO 5W-30 sementara Daihatsu Ayla 1.2 direkomendasikan menggunakan DGO 0W-20.

Masing-masing harga untuk 4 liter oli DGO SAE 0W-20 adalah Rp400 ribuan, sementara untuk DGO SAE 5W-30 adalah Rp350 ribu.

Jadi, jangan salah ketika memilih oli mobil Ayla terbaik ya. Gunakan sesuai dengan spesifikasi mesin agar kinerjanya tetap terjaga.

Kamu bisa ganti oli di bengkel rekomendasi Otoklix. Terdapat Power Workshop yang merupakan bengkel yang kualitasnya sesuai dengan standar Otoklix dan spare part-nya juga orisinal. Install dan booking service melalui Otoklix ya!

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Ayla

Seperti pada Daihatsu Ayla dan Sigra 1.000 cc menggunakan oli dengan spesifikasi 5W-30. Sedangkan untuk tipe mesin 1.200 cc memakai oli 0W-20.

Kapasitas oli mesin Ayla 1.000 CC dan 1.200 CC berkisar di angka 3 dan 3,5 liter. Sedangkan karakter kekentalan oli yang dibutuhkan biasanya berkode SAE 5W-30.

Kapasitas oli mesin Ayla 1000cc hanya 2,8 liter, tanpa mengganti filter oli dan 3 liter jika mengganti filter oli.