Sebagai pengguna kendaraan bermotor, OtoFriends pasti sudah hafal dengan bahan bakar yang dijual di SPBU. Tetapi pernahkah kamu tahu berapa nilai oktan semua bahan bakar tersebut? 

Di SPBU pertamina menjual bahan bakar bensin jenis Premium, Pertaline, Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamax Racing. Dari semua bahan bakar tersebut kira-kira berapa kandungan oktan bahan bakarnya?

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Pada artikel kali ini Otoklix akan membahas mengenai kandungan oktan pada bahan bakar. Tidak hanya Pertamina, melainkan ada Shell, Vivo dan BP.

Simak sampai akhir pembahasan ya!

Apa Itu Oktan bahan bakar

Sebelum lanjut mengenai kandungan oktan dalam bahan bakar kendaraan, OtoFriends sudah tahu belum apa yang dimaksud Oktan?

Oktan adalah besaran angka dari bahan bakar yang menunjukan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Besaran nilai oktan pada bahan bakar disebut dengan istilah Research Octane Number (RON).

Semakin tinggi nilai oktan dari bensin, maka semakin baik pembakaran di ruang mesin. Tidak heran bila harga bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan tinggi lebih mahal.

Pengaruh oktan pada bahan bakar

Kendaraan keluaran terbaru saat ini kebanyakan disarankan untuk menggunakan bensin dengan oktan tinggi. Untuk kendaraan lama, menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah tidak jadi masalah.

Pengaruh oktan pada bahan bakar adalah pembakaran menjadi lebih sempurna sehingga ruang bakar di mesin lebih bersih. Hasilnya, sisa pembakaran yang dibuang menjadi lebih ramah lingkungan.

Pengaruh lain dari oktan bahan bakar adalah kandungan yang dimiliki lebih lengkap dari bensin yang memiliki RON rendah. Selain itu nilai oktan yang tinggi bisa membuat kendaraan tarikannya lebih ringan dan lebih hemat bahan bakar.

Saat ini, untuk bahan bakar dari Pertamina dengan oktan tertinggi adalah jenis bensin Pertamax Turbo dan terendah adalah Premium. Untuk mengetahui bahan bakar apa yang cocok dengan kendaraan kamu bisa cek besaran kompresinya.

Contoh untuk mobil Avanza Xenia keluaran tahun 2018 kebawah menggunakan mesin kompresi 11,5 : 1. Direkomendasikan dari pabrik menggunakan bahan bakar jenis Pertamax RON 92, tetapi masih boleh menggunakan bahan bakar jenis Pertalite RON 90. Kira -kira berapa bilangan oktan jenis premium? Ada yang bisa menjawabnya?

Baca juga: 10 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Bilangan Oktan Bensin Jenis Premium

Bilangan oktan jenis premium adalah RON 88. Sadarkah bahwa sekarang Premium sudah tidak dijual lagi di SPBU Pertamina? Jika tidak percaya silahkan cek di SPBU terdekat, bahan bakar subsidi paling murah adalah Pertalite.

Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tanggal 10 Maret 2022. Isinya mengatakan bahwa produk Premium sudah tidak dijual lagi ke masyarakat dan digantikan oleh Pertalite.

Premium direkomendasikan untuk mesin yang memiliki kompresi dibawah 9 : 1. Kebanyakan dijumpai untuk mesin-mesin mobil lama. Sudahkah cek berapa kompresi mesin mobil yang kamu miliki?

Berikut daftar rasio kompresi dan kandungan oktan yang direkomendasikan:

  • Rasio kompresi dibawah 9:1 direkomendasikan bensin RON 90.
  • Rasio kompresi 9:1 – 10:1 direkomendasikan bensin RON 92.
  • Rasio kompresi 10:1 – 11:1 direkomendasikan bensin RON 95.
  • Rasio kompresi 11:1-12:1 direkomendasikan bensin RON 95 ke atas.

Untuk bahan bakar diesel memiliki pengukuran yang berbeda, yaitu menggunakan Cetane Number (CN) bukan RON.

Nilai Oktan Bahan Bakar Pertamina

Di Indonesia, Pertamina menjadi pemimpin SPBU, bahkan sampai pelosok negeri sudah ada. Sekarang malah muncul terobosan baru dengan adanya Pertamini, yaitu SPBU pertamina versi mini.

Pertamina menjual berbagai jenis bahan bakar bersubsidi untuk kendaraan, berikut daftarnya:

  • Pertalite

Pertalite merupakan bahan bakar bersubsidi dari Pertamina yang memiliki nilai oktan RON 90. Pertalite memiliki warna Hijau, pastikan selalu cek apalagi saat membeli bahan bakar eceran dengan botol.

Kandungan Pertalite lebih cocok untuk mesin dengan kompresi rendah. Pertalite memiliki banyak peminat karena harganya yang murah dan bersubsidi.

  • Pertamax

Pertamax merupakan bahan bakar dari Pertamina yang memiliki nilai oktan RON 92. Pertamax berada satu tingkat diatas Pertalite. Pembakarannya diklaim lebih sempurna sehingga lebih ramah lingkungan.

Ciri Pertamax memiliki warna Biru. Harga Pertamax di Indonesia tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, sehingga harganya lebih mahal, mengikuti harga minyak dunia.

Jika kamu ingin mesin kendaraan lebih awet, lakukan service rutin dan gunakan bahan bakar jenis Pertamax.

  • Pertamax Turbo

Pertamax Turbo merupakan bahan bakar dari Pertamina yang memiliki nilai oktan RON 98. Pertamax Turbo lebih cocok digunakan untuk mesin canggih dengan kompresi tinggi.

Cari dari Pertamax Turbo memiliki warna Merah. Pembakarannya lebih sempurna sehingga ramah lingkungan. Klaimnya bisa membersihkan kerak dalam ruang bakar sekitar 80%. 

Pertamax Turbo tidak dijual di semua SPBU Pertamina, kebanyakan ditemui di SPBU besar saja.  

  • Pertamax Racing

Pertamax Racing merupakan bahan bakar dari Pertamina yang memiliki nilai oktan RON 100. Nilai kandungan sulfurnya sangat rendah sehingga sangat ramah lingkungan.

Pertamax Racing cocok untuk mobil balap dengan kompresi tinggi. Bahan bakar ini lebih stabil serta responsif, dan sudah terbukti digunakan untuk ajang balapan kelas dunia. 

Nilai Oktan Bahan Bakar Shell

Shell merupakan perusahaan minyak dan gas yang berasal dari Belanda. Kamu bisa menemui beberapa SPBU Shell saat ini baru tersedia di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara saja.

Nah agar kamu tidak bingung saat akan membeli bensin di Shell, berikut bahan bakar yang dijual oleh Shell:

  • Shell Regular

Shell Regular merupakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan RON 90, sama seperti Pertalite. Shell Regular cocok untuk mesin dengan kompresi dibawah 9:1. Tetapi untuk harga perliter Shell Regular lebih mahal karena tidak ada subsidi dari Pemerintah.

  • Shell Super

Shell Super merupakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan RON 92, sama seperti Pertamax.Shell Super cocok untuk mobil dengan kompresi mesin 9:1 sampai 10:1, contohnya seperti Avanza, Xenia, Xpander dan sejenisnya.

  • Shell V-Power

Shell V-Power merupakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan RON 95. V-Power cocok untuk mesin dengan kompresi tinggi dari mobil keluaran terbaru.

  • Shell V-Power Nitro

Shell V-Power Nitro merupakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan RON 98, sama seperti Pertamax Turbo. Bahan bakar ini bisa kamu pakai untuk kebutuhan seperti mobil balap.

Baca juga: 6 Cara Cari Pom Bensin Terdekat, Praktis dan Efisien

Nilai Oktan Bahan Bakar Vivo

Vivo atau di Indonesia menggunakan nama perusahaan PT. Vivo Energy Indonesia merupakan perusahaan yang berasal dari Swiss. SPBU Vivo saat ini baru tersedia di area Jabodetabek saja. 

Agar tidak bingung berikut produk dari SPBU Vivo di Indonesia:

  • Revvo 89

Revvo 89 merupakan bahan bakar yang memiliki nilai RON 89, satu angka lebih tinggi dari Premium yang memiliki RON 88.

  • Revvo 90

Revvo 90 merupakan bahan bakar yang memiliki nilai RON 90, sama seperti Pertalite dan Shell Regular.

  • Revvo 92

Revvo 92 merupakan bahan bakar yang memiliki nilai RON 92, sama seperti Pertamax dan Shell Super.

  • Revvo 95

Revvo 95 merupakan bahan bakar yang memiliki nilai RON 95, sama seperti Shell V-Power..

Nilai Oktan Bahan Bakar BP

BP atau British Petroleum adalah perusahaan minyak yang berasal dari Inggris.BP merupakan SPBU swasta yang menjual bahan bakar di Indonesia selain Shell dan Vivo. SPBU BP bisa ditemukan di Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Berikut produk BBM yang dijual di SPBU BP:

  • BP 90

BP 90 merupakan bahan bakar yang memiliki nilai RON 90, sama seperti Pertalite dan Shell Regular.

  • BP 92

BP 92 merupakan bahan bakar yang memiliki nilai RON 92, sama seperti Pertamax dan Shell Super.

  • BP 95

BP 95 merupakan bahan bakar yang memiliki nilai RON 95, sama seperti Shell V-Power.

Bahan Bakar Terbaik Untuk Kendaraan?

Dari semua bahan bakar tersebut diatas, kira-kira mana yang terbaik untuk kendaraan kamu? Jawabannya sesuai dengan kompresi mesin masing-masing kendaraan.

Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang rendah bisa menyebabkan knocking. Knocking adalah pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar sebelum piston mencapai titik puncak. Biasanya pada mesin muncul suara ketukan atau suara mesin menggelitik.

Jika sudah muncul gejala seperti ini segera bawa ke bengkel terpercaya langganan kamu, lakukan cek karena knocking bukan masalah sepele. Selalu lakukan service rutin dan tune up mesin agar performa mobil tetap baik. Kamu bisa mencari rekomendasi bengkel terbaik dengan bantuan aplikasi Otoklix.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

 

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat 

Premium adalah bahan bakar minyak dengan oktan RON 88.

Bensin yang memiliki kadar oktan RON 90 biasa kamu temukan pada BBM jenis Pertalite, Shell Regular, Vivo 90 dan BP 90.

Bensin yang memiliki kadar oktan RON 92 biasa kamu temukan pada BBM jenis Pertamax, Shell Super, Vivo 92 dan BP 92.