Untuk mendukung produktivitas penggunaan smartphone pada pengendara, beberapa pabrikan mobil sudah menyematkan soket USB agar pengendara dapat mengisi daya smartphone mereka di dalam mobil. Hanya saja, hal ini terdapat pada mobil-mobil keluaran terbaru, sedangkan mobil-mobil lama umumnya tidak memilikinya. Biasanya pemilik mobil lama menambahkan soket USB tambahan agar bisa mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Namun, tahukah OtoFriends bahwa tidak semua pemilik kendaraan menambahkan atau menggunakan soket tersebut untuk mengisi daya dalam mobil mereka. Hal ini disebabkan karena mengisi daya di dalam mobil menggunakan soket USB perlu dilakukan dengan aman dan tepat. Jika penggunaan soket USB tidak tepat ketika mengisi daya, terdapat akibat fatal yang bisa terjadi, terutama pada kelistrikan mobil, hingga bisa memicu potensi timbulnya api dan membuat mobil terbakar.

Lalu, bagaimana agar pengemudi maupun penumpang dapat mengisi daya smartphone ketika daya lemah dan smartphone tersebut dibutuhkan? Jawabannya adalah dengan menggunakan wireless charger mobil terbaik. OtoFriends pasti sudah tahu atau mendengar tentang wireless charger. Ini adalah teknologi yang memungkinkan pengisian daya smartphone dilakukan tanpa menggunakan kabel.

Karena tidak menggunakan kabel, tentu saja hal ini tidak membahayakan komponen kelistrikan mobil, sebab smartphone hanya perlu didekatkan dengan wireless charger agar bisa mengisi daya.

Berikut Otoklix berikan rekomendasi beberapa produk wireless charger mobil terbaik yang bisa digunakan untuk mengisi daya ketika berkendara. Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Kerja Wireless Charger

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengisian daya smartphone menggunakan wireless charger tidak memerlukan kabel. Hal ini disebabkan karena teknologi ini memanfaatkan prinsip kerja induksi elektromagnetik. Saat arus listrik mengalir melalui satu kumparan, maka menciptakan medan elektromagnetik. Hal ini yang membuat arus listrik dapat mengalir ke kumparan lainnya.

Pada wireless charger, terdapat tatakan tempat menaruh smartphone. Pada tatakan ini terdapat setidaknya 1 buah koil induksi yang membuat wireless charger dapat menghantarkan arus listrik tanpa kabel.

Kemudian ketika smartphone ditempatkan pada tatakan wireless charger akan menerima medan elektromagnetik tersebut yang akan diubah menjadi arus listrik. Hal ini disebabkan karena smartphone sebagai penerima arus tersebut juga memiliki kumparan penerima di dalamnya, sehingga dapat mengubah gelombang menjadi arus listrik dan digunakan sebagai pengisi daya.

Hingga saat ini, wireless charger terus dikembangkan sebab memiliki banyak ruang untuk pengembangan lebih jauh. Wireless charger dengan induksi elektromagnetik menjadi standar internasional yang disebut juga sebagai sistem Qi.

Baca juga: 15 Rekomendasi Dashcam Mobil Murah Terbaik

Cara Memilih Wireless Charger

Produk wireless charger telah beredar luas di pasaran gadget di Indonesia. Terdapat berbagai produk yang bisa digunakan. Oleh karena itu, OtoFriends perlu tahu bagaimana cara memilih wireless charger mobil terbaik agar dapat digunakan ketika berkendara.

Sayangnya tidak semua smartphone bisa langsung menggunakan wireless charger, hanya smartphone tertentu yang memiliki kumparan penerima agar bisa mengisi daya menggunakan wireless charger. Alternatifnya, OtoFriends dapat menggunakan power bank untuk mengisi daya ketika berkendara tanpa mengganggu sistem kelistrikan mobil. Tentu saja power bank membutuhkan kabel USB agar terhubung pada HP untuk mengisi daya.

Namun, jika smartphone OtoFriends dipastikan sudah bisa menggunakannya, berikut cara memilih wireless charger yang baik. Pertama, pastikan memilih wireless charger yang mendukung fitur pengisian daya cepat atau fast charging terutama jika smartphone OtoFriends juga memiliki fitur fast charging. Hal ini agar pengisian daya dapat dilakukan dengan cepat dan fitur fast charging smartphone dapat berjalan sempurna.

Baca juga: Rekomendasi 5 Merek Audio Mobil Berkualitas dengan Suara Ngebass

Kedua, perhatikan jumlah kumparan (koil) yang terpasang pada wireless charger. Jika memiliki lebih dari satu kumparan, jangkauannya lebih luas, tidak terpaku pada posisi tertentu saat mengisi daya, jumlah daya diterima cenderung tidak berubah, tetapi harganya lebih mahal. Wireless charger yang memiliki satu kumparan area jangkauannya terbatas, smartphone perlu ditempatkan pada posisi yang ditentukan, tetapi harganya lebih murah.

Ketiga, pilih wireless charger yang memiliki fitur sistem pengendali panas. Baterai jenis Li-Ion yang disematkan pada smartphone cenderung tidak tahan panas dan dapat turun performanya. Tidak jarang juga panas pada smartphone ketika mengisi daya dapat merusak body belakang gadget hingga casing yang meleleh.

Oleh karena itu, pilihlah wireless charger yang dilengkapi dengan sistem pengendali panas ketika pengisian daya dilakukan. Terlebih, jika bisa, pilihlah wireless charger yang mampu menghentikan daya pengisian baterai secara otomatis ketika melampaui suhu panas tertentu.

Baca juga: 7 Inverter Mobil Terbaik: Harga, Fungsi, dan Tips Memilihnya

12 Rekomendasi Wireless Charger Mobil Terbaik

Setelah mengetahui cara kerja dan cara memilih wireless charger yang baik, berikut beberapa produk yang bisa kamu pilih yang Otoklix rekomendasikan.

1. Baseus Wireless Charger Digital LED Fast Charging Pad Quick Charge 15W

Dimulai dari wireless charger dengan harga terjangkau, OtoFriends bisa memilih produk dari Baseus. Selain harganya yang terjangkau, wireless charger satu ini juga memiliki tampilan LED indikator untuk mengetahui daya dan voltase yang sedang digunakan. Wireless charger satu ini juga sudah memiliki fitur fast charging 15W yang membuat pengisian daya jadi lebih cepat. Tenang, produk ini juga sudah kompatibel dengan berbagai tipe smartphone yang sudah mendukung wireless charging.

Kamu bisa dapatkan produk ini di e-commerce favorit mulai dari harga Rp139 Ribu.

2. McDodo QI Magnetic Wireless Charger for iPhone 12

Selanjutnya, jika OtoFriends pengguna iPhone 12, OtoFriends bisa menggunakan wireless charger dari McDodo sebagai pengisi daya cadangan jika dirasa produk dari Apple terlalu mahal. 

Bentuknya mirip dengan produk milik Apple, magnetic-nya dibuat presisi dan kuat sehingga tidak mudah selip, sudah memiliki fitur fast charging 15W, dan ukurannya yang compact merupakan berbagai kelebihan yang dimiliki produk McDodo ini.

OtoFriends bisa dapatkan produk satu ini di e-commerce dengan harga mulai dari Rp199 Ribu.

3. KiiP C9 Wireless Charger Docking 20W Qi Fast Charging

Ingin memiliki wireless charger yang praktis, tidak memakan tempat, dan mendukung pengisian daya cepat 20W? Produk dari Kiip ini bisa OtoFriends jadikan sebagai pilihan.

Bentuk model docking yang dimilikinya dapat membuat pengisian daya dilakukan baik dalam posisi vertikal maupun horizontal. Tidak hanya itu, bahan yang digunakan adalah aluminium alloy dan fabric panel yang tidak akan membuat gadget tergores sehingga lebih aman.

OtoFriends bisa dapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp299 Ribuan di e-commerce favorit.

Baca juga: Daftar 14 Aksesoris Mobil yang Wajib Tersedia

4. Starco Wireless Car Charger Phone Holder Sensor Fast Charging 15W

Produk dari Starco ini merupakan wireless charger yang sekaligus sebagai car holder yang membuat pengisian daya smartphone ketika berkendara jadi lebih aman dan tidak mudah jatuh sebab adanya sensor Intelligent Clip Arm. Sensor tersebut sebagai pengunci otomatis. 

Fitur-fitur lainnya seperti LED indikator status pengisian daya, proteksi overheat, overcharge, dll. menjadi kelebihan wireless charger satu ini.

Memiliki harga yang lebih mahal dari produk sebelumnya, tetapi tetap worth, OtoFriends bisa dapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp500 Ribuan di e-commerce.

5. Vivan Power Bank 10000 mAH Wireless 3 Output Fast Charging 18W QC3.0

Siapa yang tidak mengenal Vivan? Produsen yang banyak memproduksi berbagai aksesori smartphone termasuk power bank ini memang tidak diragukan lagi kualitasnya, walaupun harga produknya cenderung murah.

Vivan juga memiliki power bank wireless yang bisa digunakan pengisian daya tanpa kabel. Bahkan, klaimnya, power bank ini mampu mengisi daya iPhone 13 50% hanya dalam 30 menit. Tenang saja, produk ini tetap kompatibel dengan berbagai produk Android maupun iOS.

Produk ini memiliki berbagai kelebihan, seperti quick charge versi 3.0, automatic power off, anti-over current, anti-short circuit, dan anti-overvoltage. Produk yang cukup menarik, bukan?

Harga power bank Vivan ini di e-commerce dibanderol mulai dari Rp242 Ribuan.

6. Sniper Desktop Travel S211001

Tidak hanya Vivan, Sniper juga menjadi produsen yang terkenal akan produk-produknya yang berkualitas yang berhubungan dengan gadget, sehingga sering diburu konsumen.

Sniper memiliki wireless charger, yaitu Sniper Desktop Travel dengan berbagai kelebihannya sendiri. Wireless charger satu ini memiliki tambahan port USB, sudah mendukung teknologi quick charge 3.0, disematkan fitur super protect, hingga kompatibel dengan berbagai produk smartphone.

Dibanderol dengan harga Rp400 Ribuan, wireless charger ini sangat cocok OtoFriends pilih untuk pengisian daya saat berkendara. Kekurangannya hanyalah pada bobotnya yang sedikit lebih berat.

Baca juga: 10 Aksesoris Interior Mobil Canggih Yang Bikin Tampilan Futuristik

7. Rock RWC0246

Rock RWC0246 didesain agar dapat ditempelkan pada bagian kaca mobil, dashboard, hingga AC mobil agar membantu pengemudi mengakses ponsel dengan mudah ketika pengisian daya. Jadi pengemudi tidak perlu khawatir jika membutuhkan akses GPS sementara smartphone sedang diisi baterai, sebab tetap bisa diakses dengan mudah.

Produk ini juga mampu menahan bobot gadget yang memiliki ketebalan 5-11mm hingga lebar 66-87mm. Selain itu, produk ini juga sudah memiliki fitur pengisian daya cepat, dibuat dengan material solid anti api kombinasi ABS + PC + aluminium, hingga dapat digunakan berbagai perangkat gadget.

OtoFriends bisa mendapatkan produk satu ini di e-commerce dengan harga mulai dari Rp360 Ribuan.

8. Aukey Wireless Charger Station 3-in-1

OtoFriends membutuhkan wireless charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya berbagai jenis perangkat gadget? Produk dari Aukey ini adalah jawabannya. Hal ini disebabkan karena Aukey Wireless Charger Station 3-in-1 ini tidak hanya dapat mengisi daya smartphone, tetapi juga smartwatch, hingga TWS. Praktis sekali, bukan?

Sayangnya, produk ini tidak menyebutkan apakah memiliki fitur sistem pengendali panas atau tidak. Namun, jika OtoFriends tidak masalah dengan hal tersebut, OtoFriends bisa memilih produk ini dengan kelebihannya yang mampu mengisi daya berbagai jenis perangkat.

Harganya dibanderol mulai dari Rp1,3 Jutaan di e-commerce.

9. Anker PowerPort Qi Wireless Charger A2511012

Selanjutnya perangkat canggih dari Anker ini memiliki berbagai kelebihan. Wireless charger dari Anker ini sudah memiliki fitur sistem pengendali suhu, sehingga suhu smartphone yang diisi daya dapat dikontrol dengan baik dan dapat meminimalisasi terjadinya overheat. Selain itu, smartphone ini juga memiliki karet yang anti-selip, LED indikator, dan desain yang cukup minimalis sehingga bisa digunakan sambil berkendara.

Untuk harganya sendiri, wireless charger Anker ini dibanderol mulai dari Rp265 Ribuan di e-commerce.

10. Zikko AirStation AS100

Wireless charger dengan bentuk docking sehingga dapat mengisi daya gadget dalam posisi apapun juga dimiliki oleh Zikko. Nama produknya adalah Zikko AirStation AS100. Bobotnya juga cukup ringan dengan daya hingga 10W sehingga dapat dibawa ke mana pun dan digunakan saat berkendara dalam mobil.

Selain itu, Zikko AirStation AS100 sudah dilengkapi dengan heat sink di bagian belakang yang mampu mencegah perangkat cepat panas ketika terlalu lama digunakan. Penyangga charger juga cukup kuat, bahkan mampu menahan bobot sebuah iPad.

OtoFriends bisa dapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp428 Ribuan di e-commerce.

11. Apple MagSafe Duo Charger

Perusahaan raksasa gadget Apple juga tidak ingin kalah dan mengeluarkan wireless charger yang khusus dibuat untuk pengguna produk-produk Apple. Bahkan, produk ini menjadi produk wireless charger terbaik untuk traveler.

Tidak hanya mengisi daya iPhone, Apple MagSafe Duo Charger juga mampu mengisi daya Apple Watch, AirPods, hingga berbagai produk gadget yang sudah memiliki sertifikasi Qi.

Bentuknya yang compact dan dapat dilipat menjadi bentuk yang lebih kecil memang sangat cocok digunakan di dalam mobil ketika bepergian. Selain itu, produk ini juga mampu mengisi daya iPhone 12 dengan daya 15W berkat adanya sistem magnetik yang dapat terhubung ke iPhone.

Harganya memang terbilang cukup mahal, tetapi kualitasnya pun tidak diragukan sehingga cukup worth untuk dimiliki. Produk ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp2,2 Jutaan di e-commerce.

12. Samsung Wireless Charger Duo Pad

Tidak hanya Apple, raksasa Samsung juga memiliki produk wireless charger yang sama canggihnya dengan milik Apple. Memiliki dua pad pengisian, wireless charger Samsung juga tidak hanya untuk mengisi daya smartphone, tetapi juga berbagai perangkat lain yang sudah mendukung pengisian daya tanpa kabel.

Yang menarik dari produk ini adalah, disematkannya kipas dan ventilasi internal yang bahkan tidak dimiliki produk lain. Gunanya adalah untuk menjaga suhu ponsel agar tetap dingin saat diisi daya, sehingga suhu panasnya tidak merusak baik body belakang maupun casing smartphone.

Produk milik Samsung ini dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding pesaingnya,yaitu mulai dari Rp1,2 Jutaan di e-commerce.

Baca juga: Kenali Dashboard Mobil Serta Fungsinya

Itulah penjelasan dan beberapa rekomendasi produk wireless charger mobil terbaik yang bisa dipilih sebagai teman bepergian dan menjaga daya ponsel agar tetap terisi. Di samping itu, tentu saja menggunakan smartphone saat berkendara cukup berbahaya, jadi pastikan untuk menggunakannya jika memang benar-benar diperlukan.

Namun, jika menurut OtoFriends berbagai produk tersebut terbilang mahal dan lebih ingin menggunakan soket USB untuk pengisian daya dan berbagai kebutuhan lain, OtoFriends bisa membeli dan memasangnya di bengkel tepercaya milik Otoklix.

Jika artikel ini bermanfaat, OtoFriends juga bisa kunjungi berbagai informasi menarik seputar otomotif lainnya, seperti harga, spesifikasi kendaraan, tips, dll. hanya di Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Wireless Charger Mobil Terbaik

Wireless charger merupakan teknologi yang memungkinkan pengisian daya berbagai perangkat gadget dilakukan tanpa menggunakan kabel.

Wireless charger memanfaatkan prinsip kerja induksi elektromagnetik. Saat arus listrik mengalir melalui satu kumparan, maka menciptakan medan elektromagnetik. Hal ini yang membuat arus listrik dapat mengalir ke kumparan lainnya. Smartphone sebagai penerima, mengubah gelombang menjadi arus listrik sebagai pengisi daya baterai.

Jika penggunaan soket USB tidak tepat untuk mengisi daya, terdapat akibat fatal yang bisa terjadi, terutama pada kelistrikan mobil, hingga bisa memicu potensi timbulnya api dan membuat mobil terbakar.