Memilih shockbreaker mobil terbaik sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan karena bisa memengaruhi kenyamanan berkendara. Komponen ini termasuk salah satu bagian dari sistem suspensi yang dianjurkan untuk dilakukan penggantian setiap 5 tahun sekali.

Fungsi utama shockbreaker adalah sebagai peredam guncangan saat berkendara dalam kecepatan normal maupun tinggi, terutama di jalanan yang tidak rata atau berlubang. Shockbreaker juga berfungsi menjaga kestabilan mobil dengan menahan ayunan bodi mobil yang beratnya ratusan kilo.

Komponen shockbreaker mobil terbaik tentunya akan lebih memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang. Jika masih bingung, simak beberapa rekomendasi shockbreaker mobil terbaik dan tips memilihnya berikut ini.

Baca juga: Komponen Shockbreaker Mobil, Fungsinya, dan Cara Perawatan

Tips Memilih Shockbreaker Mobil Terbaik

Pemakaian shockbreaker memang memiliki dampak cukup besar untuk tingkat kenyamanan berkendara, terlebih saat melintasi jalanan yang tidak rata. Maka dari itu, diperlukan shockbreaker yang empuk agar pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman.

Supaya tidak sampai salah dalam memilih produk shockbreaker mobil terbaik, coba terapkan beberapa tips penting berikut:

Pertimbangkan jenis material

Sebelum membeli shockbreaker mobil terbaik, cari tahu terlebih dahulu jenis material apa yang digunakan untuk mengisi shockbreaker. Sebab, hal itu akan berpengaruh terhadap performa kendaraan.

Apabila isinya didominasi oleh oli, maka shockbreaker cenderung lebih empuk dan nyaman digunakan. Sebaliknya, shockbreaker yang didominasi oleh material gas akan memiliki karakteristik yang lebih keras. Untuk mengetahui isi materialnya, OtoFriends bisa coba menarik dan mendorong ujung shockbreaker

Shockbreaker yang menggunakan oli sebagai material utamanya tidak akan terasa lembek saat ditekan dan terasa berat saat ditarik. Sedangkan shockbreaker yang isinya menggunakan material gas akan terasa berat saat ujungnya ditekan maupun ditarik.

Berdasarkan materialnya, shockbreaker berisi gas lebih disarankan untuk mendukung performa kendaraan yang lebih agresif.

Cek kondisi fisik shockbreaker

Pastikan untuk melakukan pengecekan kondisi fisik shockbreaker sebelum memutuskan membeli. Hal ini bertujuan untuk menghindari shockbreaker rekondisi yang banyak beredar. 

Tanda shockbreaker masih baru dan bagus diantaranya tidak adanya bekas titik las, cat pada permukaannya merekat kuat dan tidak mengeluarkan bau, stiker dan cetakan hurufnya terbaca jelas, serta lubang di bagian baut terlihat rapi tanpa ada tambahan dempul penutup.

Sesuaikan karakteristiknya dengan jenis mobil

Mengingat tidak semua shockbreaker dapat bekerja maksimal pada kendaraan, maka penting bagi OtoFriends untuk mengetahui secara persis karakteristik shockbreaker yang dibutuhkan oleh kendaraan. Terdapat dua jenis shockbreaker yang dijual di pasaran, yaitu shockbreaker single action dan shockbreaker double action.

Jenis shockbreaker single action memiliki tekanan tinggi atau rendah yang lebih cocok digunakan untuk kendaraan berbobot ringan. Sementara jenis shockbreaker double action dikenal memiliki tekanan tinggi, sehingga lebih cocok dipakai oleh kendaraan bermuatan banyak dan berbobot berat.

Baca juga: Ciri shockbreaker Mobil yang Bagus, Jangan Salah Pilih!

Merk Shockbreaker Mobil Terbaik

Shockbreaker bawaan pabrik sebenarnya sudah cukup untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Namun, pemilik kendaraan terkadang menginginkan shockbreaker mobil terbaik dengan tingkat kelenturan lebih.

Memilih shockbreaker mobil terbaik juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Berikut Otoklix rekomendasikan beberapa produk shockbreaker yang bagus beserta harganya sebagai referensi:

1. Kayaba Ultra

Kayaba Ultra merupakan shockbreaker mobil terbaik yang termasuk jenis heavy duty. Artinya, shockbreaker ini dikhususkan untuk kendaraan yang kerap mengangkut beban berat atau kendaraan pribadi yang sering melalui jalanan tidak rata.

Karakteristik utama dari Kayaba Ultra yaitu bantingan yang ekstra keras dengan materialnya berupa gas sebanyak 75% dan oli 25%. Apabila kedua ujungnya ditarik, Kayaba Ultra akan terasa berat karena efek dari double action.

Sebagai shockbreaker heavy duty, ketangguhan Kayaba Ultra tergolong sangat kuat dan bisa membuat kendaraan dengan aktivitas berat menjadi lebih awet. Namun, Kayaba Ultra tidak disarankan untuk digunakan pada mobil pribadi jenis MPV yang hanya dipakai di jalan aspal.

Shockbreaker Kayaba Ultra sering digunakan pada mobil Avanza dan mobil Xenia karena dinilai tangguh dan cukup awet. Harganya pun juga cukup terjangkau, di pasaran hanya dibanderol kurang lebih Rp600 ribu rupiah.

2. Monroe

Shockbreaker mobil terbaik berikutnya adalah Monroe. Shockbreaker ini akan membuat kendaraan menjadi lebih nyaman saat digunakan. Selain itu, shockbreaker Monroe punya tampilan unik dan menarik yang dilengkapi bahan berkualitas.

Produk ini bahkan mampu meredam atau menetralisir getaran spring pada mobil dengan baik. Saat mobil berjalan dalam kondisi tidak beraturan, shockbreaker Monroe mampu membuat mobil lebih stabil saat dikemudikan. Itulah yang menjadikan shockbreaker Monroe digunakan pabrikan mobil Suzuki untuk mobil besutannya.

Selain itu, harga yang ditawarkan juga terjangkau. Harga shockbreaker Monroe untuk mobil Suzuki Ertiga dibanderol pada kisaran Rp900 – Rp1,2 jutaan.

3. Bilstein

Bukan tanpa alasan jika Bilstein termasuk salah satu merk shockbreaker mobil terbaik yang banyak digunakan. Pasalnya, shockbreaker asal Jerman ini memang punya kemampuan yang bagus sebagai peredam kejut.

Shockbreaker Bilstein dengan pengalaman lebih dari 50 tahun dibekali dengan teknologi canggih yang membuatnya tetap nyaman dan empuk meski mobil dipacu dalam kecepatan tinggi sekalipun.

Keunggulan lain dari shockbreaker mobil terbaik ini adalah mampu menahan beban berat dan meredam guncangan dengan maksimal saat mobil dipacu di jalanan yang tidak rata. Sayangnya, tingkat keempukan shockbreaker Bilstein tidak bisa diatur sesuai keinginan.

Melihat kualitas yang ditawarkan, tak heran jika harga shockbreaker Bilstein menjadi salah satu yang termahal. Misalnya shockbreaker untuk Honda CR-V, harga yang beredar di pasaran berkisar antara Rp6 – Rp7 jutaan untuk satu set depan belakang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Merk Aki Terbaik, Ratusan Ribu hingga Jutaan

4. Tokico

Produk peredam kejut dari Jepang ini umumnya digunakan sebagai pengganti shockbreaker dari Toyota Avanza hingga Nissan Serena. Tokico memiliki berbagai kelebihan sehingga membuatnya dipercaya sebagai pemasok utama shockbreaker mobil-mobil buatan pabrik.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh shockbreaker Tokico adalah harga yang bersahabat dan awet. Karakternya yang empuk sesuai dengan demografis penduduk dan kondisi jalan di Indonesia.

Harga shockbreaker Tokico yang beredar di pasaran untuk Toyota Avanza, Xenia, Rush, dan Terios satu set dijual mulai harga Rp550 – Rp700 ribuan. 

5. KONI

KONI terkenal sebagai salah satu merk shockbreaker mobil terbaik yang punya tingkat durabilitas yang bagus. Peredam kejut KONI banyak digunakan oleh mobil-mobil retro pada tahun 1990-an.

Shockbreaker KONI yang berasal dari Belanda ini banyak digunakan pada mobil sedang keluaran Jepang dan Eropa, seperti Honda, Toyota, hingga Audi. Di pasaran, harga shockbreaker KONI untuk Honda Genio dan Estilo dipasarkan mulai Rp 700-800 ribuan.

6. Kayaba Excel-G

Kayaba Excel-G menjadi salah satu rekomendasi shockbreaker mobil terbaik lantaran cocok untuk kendaraan yang sering melakukan perjalanan jarak jauh. Shockbreaker ini memiliki karakteristik keras dan termasuk dalam jenis double action.

Dilihat dari sisi materialnya, Kayaba Excel-G memiliki komposisi gas antara 40% – 50% dan komposisi oli 50% – 60%. Dengan komposisi tersebut, shockbreaker ini memiliki karakter keras, namun tetap empuk dan punya tingkat kestabilan yang cukup bagus.

Harga Kayaba Excel-G masuk dalam kategori shockbreaker mobil terjangkau, dengan harganya berada di kisaran Rp800 ribuan.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Shockbreaker Mobil Terbaik

Shockbreaker merupakan bagian dari sistem suspensi yang berfungsi sebagai peredam guncangan saat berkendara dalam kecepatan normal maupun tinggi.

Beberapa merk shockbreaker mobil terbaik di antaranya Kayaba Ultra, Monroe, Bilstein, Tokico, KONI, Kayaba Excel-G.

Shockbreaker dianjurkan untuk dilakukan penggantian setiap 5 tahun sekali.